Everpro

10 Cara Membuat Nama Domain di Everpro, Panduan Lengkap yang Efektif!

Daftar Isi:

Jika kamu punya bisnis dan pengen bangun website untuk ningkatin brand awareness, memilih nama domain adalah langkah awal yang harus kamu lakukan. Kenapa sih nama domain penting? 

Nama domain berfungsi sebagai identitas brand kamu secara online. Ibaratnya, website adalah rumah kamu dan layanan web hosting adalah tanah tempat rumah kamu didirikan. 

Nah, domain ini adalah alamat yang bisa digunakan orang-orang supaya mereka bisa ke rumah kamu. Jadi, bisa dibilang domain adalah komponen utama dari website. 

Memilih nama domain juga nggak boleh asal-asalan. Kamu harus pertimbangkan nama domain dengan sangat matang.

Daripada kamu bingung memilih nama domain yang efektif, yuk langsung aja simak panduan langkah demi langkah untuk membuat nama domain berikut ini. 

Apa itu Nama Domain?

cara membuat nama domain
Sumber: canva.com

Buat kamu yang masih awam dengan domain, jadi nama domain adalah alamat unik untuk membuka dan mengakses suatu website.

Sama seperti alamat fisik yang mengarahkan seseorang ke lokasi tertentu, nama domain mengarahkan pengguna ke lokasi spesifik di internet. 

Contoh nama domain terkenal yang mungkin sering kamu temui yaitu .com, .org, .net, .id, .ac.id, dan banyak lagi. Adapun contohnya dengan nama situs yaitu Facebook.com dan Everpro.id. 

Nah, nama domain ini penting banget di dalam dunia digital, karena:

  • Pengganti alamat IP numerik menjadi nama yang mudah diingat dan diakses.
  • Sebagai alat branding dan identitas unik dari situs website.
  • Memudahkan pengguna untuk mencari, mengakses, dan mengunjungi situs web.
  • Membangun profesionalisme bagi bisnis maupun perusahaan. 

Kriteria Nama Domain yang Baik

cara membuat nama domain
Sumber: canva.com

Supaya kamu makin gampang memilih nama domain, ada beberapa kriteria nama domain yang baik dan bisa kamu jadikan panduan. 

  • Kependekan dan Kejelasanya

Kamu pasti pengen pengunjung mudah mengingat dan menemukan website kamu. Nah, salah satu caranya adalah dengan membuat nama domain yang pendek dan jelas. 

Dua aspek itu penting banget supaya target pengunjung nggak salah ketik ataupun lupa dengan nama domain website kamu. 

Kalau secara teknik, kamu bisa pakai nama domain hingga 63 karakter. Tapi, rata-rata pengguna website menggunakan nama domain 8 sampai 20 karakter aja. 

  • Kemudahan Pelafalan dan Penulisan

Kriteria nama domain yang baik juga bisa dilihat dari pelafalan dan penulisannya. Kamu perlu hindari nama domain dengan karakter khusus seperti tanda hubung dan simbol.

Selain itu, jangan gunakan variasi kata yang nggak standar, misalnya nama domain kamu “cars.com”, tapi kamu mengganti huruf “s” menjadi “z” sehingga nama domain jadi “carz”

Ini bakal bikin susah target pengunjung untuk mengingat dan mengetik nama website kamu loh.

  • Relevansi dengan Konten

Nama domain juga harus mencerminkan isi website dan kata kunci yang relevan dengan bisnis kamu. Ini penting agar identitas merek kamu jadi lebih kuat. 

Ketika nama domain relevan dengan konten, pengunjung bisa saja mempromosikan dan membagikan situs website kamu ke orang lain. 

  • Unik dan Tidak Terlalu Mirip dengan Nama Domain Lain

Nama domain yang mirip dengan kompetitor bakal bikin pengunjung kesulitan mengenali dan mengingat website kamu. Jadi, buatlah nama domain yang unik dan menarik. 

Selain itu, nama domain yang unik juga akan bantu website kamu lebih menonjol dari kompetitor dan terlihat lebih profesional dalam bisnis. 

Baca Juga: Atur Domain Utama: Pastikan Pelanggan Sampai ke Halaman yang Tepat!

Langkah-Langkah Membuat Nama Domain

cara membuat nama domain
Sumber: canva.com

Kalau kamu udah paham apa aja kriteria nama domain yang baik, kini saatnya membuat nama domain pilihanmu! Yuk simak langkah mudahnya berikut ini. 

  • Brainstorming Ide

Pertama-tama, mulailah dengan identifikasi kata kunci utama yang berkaitan dengan inti bisnis atau konten di website kamu. 

Misalnya, kamu pengen bangun website untuk brand jilbab, nah kamu bisa memilih kata kunci seperti “hijab”, “jilbab”, “kerudung”, atau “scarf”.

Kamu bisa gunakan thesaurus atau kamus untuk mengumpulkan sinonim atau variasi kata dengan makna yang serupa, atau gunakan gabungan kata agar lebih unik dan menarik. 

  • Cek Ketersediaan Nama Domain

Kalau nama domainnya sudah ada,eits jangan langsung didaftarkan ya! Kamu perlu cek dulu nama tersebut udah dipakai website lain atau belum. 

Ada banyak tools untuk cek domain yang bisa kamu pakai, seperti GoDaddy, Namecheap, atau tools lainnya. Kamu juga bakal dapetin ide nama domain tambahan dari tools tersebut loh.

Pilihlah dengan seksama sampai kamu menemukan alternatif nama yang sempurna. 

  • Memilih Ekstensi Domain

Selanjutnya, saatnya pilih ekstensi domain yang sesuai dengan jenis website kamu. Ekstensi domain adalah bagian akhir dari nama domain website. 

Ekstensi domain yang paling dikenal dan umum digunakan yaitu top level domain (TLD), seperti:

  • .com: Domain untuk website komersial.
  • .net: Domain untuk organisasi yang berkaitan dengan jaringan atau network.
  • .id: Domain untuk website dengan target audiens dari Indonesia. 
  • .co.id: Domain untuk perusahaan yang berdiri dan berada di Indonesia. 
  • .co: Domain untuk keperluan bisnis (startup, perusahaan, dan jenis usaha lainnya). 
  • .store: Domain untuk website shop timeline. 
  • .tech: Domain untuk website dari perusahaan teknologi. 
  • .blog: Domain untuk website blog. 
  • .biz: Domain untuk website bisnis online atau jenis bisnis lainnya. 
  • .org: Domain untuk website organisasi non-profit atau nirlaba. 
  • Pendaftaran Nama Domain

Kalau kamu udah ikutin langkah-langkah di atas dengan seksama, nah sekarang saatnya daftarkan nama domain pilihan kamu di layanan daftar domain untuk website.

Layanan pendaftar domain adalah pihak yang mencadangkan dan mengelola nama domain agar pebisnis memiliki hak atas nama tersebut.

Untuk daftar nama domain, kamu bisa gunakan layanan gratis maupun berbayar. Tinggal nyesuain sama kebutuhan kamu bikin website ya!

Nah, kalau nama domain sudah didaftarkan, tinggal lanjut ke tahap membuat situs website deh

Baca Juga: Ini Kumpulan Ide Nama Domain dan Penjelasan Lengkapnya!

Tips Tambahan dalam Membuat Nama Domain

  • Hindari Tren Sementara

Sebisa mungkin, kamu perlu hindari membuat nama domain yang didasari atas tren. Biasanya, tren bakal cepat berubah dan sifatnya sementara. 

Karena itu, cukup fokus pilih nama domain yang tahan lama dan mencerminkan nilai bisnis kamu dalam jangka panjang.  

  • Cek Hak Cipta dan Merek Dagang

Nama domain ternyata juga bisa berdampak ke tindakan hukum loh! Yaitu ketika kamu menggunakan nama domain yang melanggar hak cipta dan merek dagang. 

Nah, karena itu juga melakukan pengecekan nama domain penting banget agar kamu terhindar dari pelanggaran hak cipta, denda, dan potensi kehilangan nama domain pilihan. 

  • Pertimbangkan SEO

Kalau dikaitkan dengan SEO, nama domain ini juga jadi faktor penentu peringkat website di mesin pencari. Kalau kamu pakai nama domain yang relevan dengan niche website dan bisnis, dijamin angka klik dan kunjungan website kamu bakal lebih tinggi. 

  • Gunakan Alat Pembuat Nama Domain

Kalau kamu bingung dan ngerasa buntu untuk milih nama domain yang efektif, tenang aja, kamu bisa minta bantuan domain name generator kok!

Beberapa rekomendasi generator nama untuk domain yang bisa kamu coba gunakan seperti Domain Wheel, GoDaddy, Shopify, Nameboy, Namecheap, dan banyak lagi.

Study Case: Contoh Nama Domain yang Sukses

Supaya kamu bisa lebih paham tentang cara membuat nama domain yang efektif, kamu bisa analisis contoh nama domain terkenal seperti “Tokopedia.com”.

Tokopedia.com adalah situs web milik salah satu startup teknologi di Indonesia. Dari namanya saja, sudah terlihat bahwa “Tokopedia” punya nama domain yang singkat dan mudah diingat. 

Sebagai pengguna, kamu mungkin juga merasakan mudahnya cari situs website Tokopedia tanpa kesulitan mengingat URL nya, bukan? 

Nah, selain namanya yang singkat dan mudah diingat, “Tokopedia” juga punya nama yang unik dan tidak umum. Jadi, akan lebih mudah dikenali tanpa khawatir tertukar dengan situs web lain. 

Dari nama domainnya ini, Tokopedia juga punya peringkat yang bagus di mesin pencari (SEO) loh. Kamu bisa cek deh, jika kamu mencari kata kunci produk yang ditawarkan Tokopedia di mesin pencari, situs website Tokopedia bakal muncul di peringkat atas. 

Selain Tokopedia.com, beberapa startup teknologi di Indonesia yang juga memiliki nama domain yang efektif yaitu Traveloka.com, Gojek.com, Shopee.co.id, dan banyak lagi. 

Daftar Nama Domain di Everpro dengan Mudah

Dari penjelasan di atas, semoga kamu paham ya bagaimana cara membuat domain yang efektif. Intinya, nama domain harus unik, singkat, jelas, mudah diingat, dan relevan.

Nah, kalau kamu bingung dapetin layanan pendaftaran nama domain yang terpercaya, Everpro jadi solusi untuk kamu! Mulai dari layanan gratis sampai berbayar bisa kamu dapetin di Everpro, loh!

Lewat layanan pembuatan Landing Page di Everpro, tersedia fitur “buat alamat subdomain” dengan ekstensi “.productlink.id” yang pastinya mudah digunakan.

Bingung cara mendaftarkannya? Yuk ikuti langkah berikut ini:

  • Pastikan kamu sudah registrasi akun di website Everpro. Jika belum, kamu bisa daftar dengan klik disini
  • Login ke dashboard Everpro dengan akun kamu.
cara membuat nama domain di everpro
Sumber: Dokumentasi Everpro
  • Klik Funnel di sebelah kiri layar, lalu klik Landing Page, lalu klik Berikutnya hingga selesai. 
cara membuat nama domain di everpro
Sumber: Dokumentasi Everpro
  • Klik Buat Landing Page untuk membuat subdomain baru. 
cara membuat nama domain di everpro
Sumber: Dokumentasi Everpro
  • Isi Subdomain sesuai dengan tampilan yang kamu inginkan. 
cara membuat nama domain di everpro
Sumber: Dokumentasi Everpro
  • Klik Simpan, apabila muncul pop up dengan tulisan berwarna merah, artinya subdomain yang ingin kamu gunakan sudah pernah didaftarkan sebelumnya. 
cara membuat nama domain di everpro
Sumber: Dokumentasi Everpro
  • Jika demikian, kamu perlu mengganti nama domain hingga memperoleh nama yang belum pernah terdaftar sebelumnya.

Nah kalau kamu sudah berhasil mendaftarkan nama domain di Everpro, kamu bisa nikmati fitur membuat Landing Page dengan mudah tanpa coding dan hosting.

Yuk, daftarkan nama domain pilihan kamudi Everpro sekarang juga! Pakai Everpro Pasti Cuan!

Daftar Sekarang

Artikel Terkait

Daftar GRATIS sekarang atau cari tahu paket berlangganan Everpro