Solusi pengiriman

Cashback besar, layanan lengkap

Dijamin 1×24 jam setelah delivered

Didukung teknologi dan support sigap

Bebas manual tanpa biaya per hit

Solusi tools marketing

Scale tanpa limit dan bebas restrict

WABA resmi simple dan affordable

Loading cepat, tracking makin akurat

Kelola data pelanggan dengan CRM

Solusi jasa dan konsultasi

Dongkrak penjualan dengan praktek tersertifikasi

Urus Shop, konten FYP, Live, sampai GMV Max

Belajar tingkatin order dari para mentor Everpro

Miliki LP yang didesain khusus untuk konversi

Ilmu

Pelajari cara, tips, dan trik pakai Everpro

Dapatkan berbagai inspirasi buat bisnismu

Belajar Live, online bareng komunitas

Tools

Cari tahu ongkir dan cashback di Everpro

Dapatkan proses terkini dari nomor resimu

Temukan kode pos akurat untuk alamat tujuanmu

Pemilihan Waktu Pick up Paket

Pemilihan waktu pick up paket sangat penting untuk memastikan proses pengiriman berjalan lancar. Berikut beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan oleh Penjual/pengirim:

  1. Penjual/pengirim bisa sesuaikan waktu pick up dengan jam operasional gudang, agar kurir dapat tepat waktu datang melakukan pick up sebelum jam operasional gudang tutup.
  2. Pastikan waktu pick up memungkinkan paket sampai tepat waktu sesuai dengan kebutuhan.
  3. Pastikan Penjual/pengirim sudah menyiapkan bukti serah terima paket (HO / Handover) dengan cara mengunduh (download) melalui dashboard. Adanya bukti serah terima sangat penting apabila terjadi kendala pick up seperti pick up scan issue dimana paket sudah di pickup namun status tidak berubah menjadi in process. Bukti serah terima paket menjadi tanggung jawab Penjual/pengirim saat serah terima barang (pick up). Saat ini kurir belum menyediakan form bukti serah terima paket dari ekspedisi, kecuali ekspedisi SAPX (contoh bukti serah terima paket dari SAPX https://prnt.sc/lQEnpDYDP1wU).

Berikut langkah-langkah download bukti serah terima paket di Everpro:

  1. Masuk ke dashboard, pilih menu Kirim Order.

  2. Filter tanggal.

  3. Tandai centang untuk resi mana saja yang akan diproses pick up.

  4. Pilih menu Download Tanda Terima Kurir.

  5. Muncul Pop up, klik download.

  6. Bukti serah terima paket akan terdownload sesuai dengan ekspedisi yang dipilih. Penjual/pengirim bisa meminta tanda tangan kurir yang melakukan pick up pada bukti serah terima paket dan menyimpannya.



Kurir Ekspedisi <> Kurir Instant

Perlu dipahami juga oleh Penjual/pengirim bahwa kurir ekspedisi tidak sama dengan kurir instant, khususnya pada proses pick up paket. Berikut perbedaan kurir jasa ekspedisi dengan kurir instant dalam proses pick up:

Kurir Ekspedisi:

  • Proses pick up biasanya terjadwal dan terorganisir, dengan koordinasi yang lebih kompleks karena melibatkan pengelolaan inventaris dan pengiriman dalam skala besar.
  • Mereka mungkin mengumpulkan barang dari berbagai lokasi dalam satu waktu untuk pengiriman yang lebih efisien.

 

Kurir Instant:

  • Proses pick up lebih cepat dan fleksibel, sering kali dilakukan dalam waktu singkat berdasarkan permintaan pelanggan.
  • Kurir instant biasanya mengambil barang dari satu lokasi dan segera mengantarkannya ke tujuan tanpa banyak pengaturan sebelumnya.

SLA Pick Up

Masing-masing jasa ekspedisi memiliki jadwal pick up time dan juga batas waktu (SLA) pick up. Berikut landing page untuk jadwal pick up time ekspedisi:
https://everpro.id/panduan/shipping/jadwal-pickup-dan-titik-drop-off-ekspedisi-di-everpro/ 

⚠️ Catatan
– Penjual/pengirim dapat menyesuaikan jadwal pick up dari setiap jasa ekspedisi dengan memperhatikan SLA nya.
– Jika masih dalam SLA namun paket belum di pick up, Penjual/pengirim bisa menunggu terlebih dahulu sampai batas waktu maksimal yang sudah ditentukan.
– Penjual/pengirim juga bisa melakukan eskalasi pick up paketnya melalui dashboard ticketing atau nomor WhatsApp Official Customer Support Everpro https://wa.me/6287716144758  agar bisa dibantu untuk follow up ke ekspedisi.

 

 

 

Panduan Terkait

Solusi

Bahan gratis

Terbaru