Pemilihan Waktu Pick up Paket

Pemilihan waktu pick up paket sangat penting untuk memastikan proses pengiriman berjalan lancar. Berikut beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan oleh Penjual/pengirim:

  1. Penjual/pengirim bisa sesuaikan waktu pick up dengan jam operasional gudang, agar kurir dapat tepat waktu datang melakukan pick up sebelum jam operasional gudang tutup. 
  2. Pastikan Penjual/pengirim sudah menginfokan kepada tim Sales/AM Everpro untuk jadwal pick up harian paket agar bisa diinfokan ke pihak ekspedisi untuk proses pick up sesuai jadwal.
  3. Hubungi tim sales / AM everpro untuk koordinasi jika ingin kurir datang setiap hari di waktu tertentu. 
  4. Pastikan waktu pick up memungkinkan paket sampai tepat waktu sesuai dengan kebutuhan.
  5. Pastikan Penjual/pengirim sudah menyiapkan bukti serah terima paket (HO / Handover) dengan cara mengunduh (download) melalui dashboard. Adanya bukti serah terima sangat penting apabila terjadi kendala pick up seperti pick up scan issue dimana paket sudah di pickup namun status tidak berubah menjadi in process. Bukti serah terima paket menjadi tanggung jawab Penjual/pengirim saat serah terima barang (pick up). Saat ini kurir belum menyediakan form bukti serah terima paket dari ekspedisi, kecuali ekspedisi SAP (contoh bukti serah terima paket dari SAP https://prnt.sc/lQEnpDYDP1wU). 

Berikut langkah-langkah download bukti serah terima paket di Everpro:

  1. Masuk ke dashboard, pilih menu Kirim Order.


  2. Filter tanggal.


  3. Tandai centang untuk resi mana saja yang akan diproses pick up.


  4. Pilih menu Download Tanda Terima Kurir.


  5. Muncul Pop up, klik download.


  6. Bukti serah terima paket akan terdownload sesuai dengan ekspedisi yang dipilih. Penjual/pengirim bisa meminta tanda tangan kurir yang melakukan pick up pada bukti serah terima paket dan menyimpannya.
Baca Juga:  Cara Membuat Landing Page



Kurir Ekspedisi <> Kurir Instant

Perlu dipahami juga oleh Penjual/pengirim bahwa kurir ekspedisi tidak sama dengan kurir instant, khususnya pada proses pick up paket. Berikut perbedaan kurir jasa ekspedisi dengan kurir instant dalam proses pick up:

Kurir Ekspedisi:

  • Proses pick up biasanya terjadwal dan terorganisir, dengan koordinasi yang lebih kompleks karena melibatkan pengelolaan inventaris dan pengiriman dalam skala besar.
  • Mereka mungkin mengumpulkan barang dari berbagai lokasi dalam satu waktu untuk pengiriman yang lebih efisien.

Kurir Instant:

  • Proses pick up lebih cepat dan fleksibel, sering kali dilakukan dalam waktu singkat berdasarkan permintaan pelanggan.
  • Kurir instant biasanya mengambil barang dari satu lokasi dan segera mengantarkannya ke tujuan tanpa banyak pengaturan sebelumnya.

SLA Pick Up


Masing-masing jasa ekspedisi memiliki jadwal pick up time dan juga batas waktu (SLA) pick up. Berikut untuk jadwal pick up time ekspedisi:

  • Waktu pickup Everpro adalah jam 08.00 – 22.00
  • Batas waktu pembuatan pesanan untuk mendapatkan pickup time di hari yang sama adalah jam 15.00
  • Opsi pemilihan waktu pickup akan mengikuti waktu pembuatan pesanan
Baca Juga:  Kirim Massal: Cara Buat Order Sekaligus Tanpa Batas (Bulk Order)

Contoh :
a. Contoh 1
Penjual/pengirim membuat pesanan hari ini jam 06.10, maka opsi pickup yang akan muncul adalah 
          –  Hari ini, 08.00 – 22.00
          – Besok, 08.00 – 22.00
          – Lusa, 08.00 – 22.00

b. Contoh 2
Penjual/pengirim membuat pesanan hari ini jam 11.10, maka opsi pickup yang akan muncul adalah 
         – Hari ini, 12.00 – 22.00
         – Besok, 08.00 – 22.00
         – Lusa, 08.00 – 22.00

c. Contoh 3
Penjual/pengirim membuat pesanan hari ini jam 16.10, maka opsi pickup yang akan muncul adalah 
         – Besok, 08.00 – 22.00
         – Lusa, 08.00 – 22.00

⚠️ Catatan
– Penjual/pengirim dapat menyesuaikan jadwal pick up dari setiap jasa ekspedisi dengan memperhatikan SLA nya.
– Jika masih dalam SLA namun paket belum di pick up, Penjual/pengirim bisa menunggu terlebih dahulu sampai batas waktu maksimal yang sudah ditentukan.
– Penjual/pengirim juga bisa melakukan eskalasi pick up paketnya melalui dashboard ticketing atau nomor WhatsApp Official Customer Support Everpro https://wa.me/6287716144758  agar bisa dibantu untuk follow up ke ekspedisi.


Panduan Terkait

Over SLA Return

Klaim Over SLA Return (Yang Sudah Melewati Estimasi Pengiriman Retur) adalah jenis klaim yang dapat dilakukan bila paket dalam proses retur dan sudah melewati batas

Baca Selengkapnya »

 Over SLA Pengiriman

Klaim Over SLA Pengiriman adalah jenis klaim yang diajukan karena pengiriman sudah melewati SLA pengiriman (delivery) dan belum terdapat percobaan pengiriman pertama dari pihak ekspedisi/kurir

Baca Selengkapnya »