Shipping

Sukses kirim paket COD & non-COD dengan berbagai pilihan kurir

CRM

Beri notifikasi status paket ke pelangganmu otomatis

CRM

Sistem kerja otomatis buat kontak pelanggan jadi loyal

Chat

Buat percakapan jadi mulus dan cuan pakai WA Official

Ads

Iklanin produk minim resiko banned dengan akun whitelisted

Funnel

Bikin LP winning tanpa coding untuk promosikan produkmu

Chat

Buat usahamu makin dipercaya pakai WA Official anti-banned

Jasa Buat LP

Bantu buatin Landing Page tinggi konversi sesuai kebutuhanmu

TikTok Management

Bantu bikin konten FYP, live cuan, dan penjualan meningkat

DebitCard

Solusi pembayaran iklan di Meta, Google, dan Tiktok

Ads

Iklanin produk minim resiko banned dengan akun whitelisted

Funnel

Bikin LP winning tanpa coding untuk promosikan produkmu

Chat

Buat usahamu makin dipercaya pakai WA Official anti-banned

Jasa Buat LP

Bantu buatin Landing Page tinggi konversi sesuai kebutuhanmu

TikTok Management

Bantu bikin konten FYP, live cuan, dan penjualan meningkat

DebitCard

Solusi pembayaran iklan di Meta, Google, dan Tiktok

Marketplace Management

Bikin kunjungan tokomu ramai dan penjualan jadi optimal

TikTok Shop Management

Bantu bikin penjualan TikTok Shop-mu meningkat

Funnel

Kelola pesanan sampai kirim barang dengan form & keyboard canggih

Funnel

Atur dan bagi chat masuk dari satu LP ke banyak nomor WA CS

Chat

Kelola percakapan masuk ke banyak CS dari 1 nomor WA Official

Shipping

Sukses kirim paket COD & non-COD dengan berbagai pilihan kurir

CRM

Beri notifikasi status paket ke pelangganmu otomatis

CRM

Sistem kerja otomatis buat kontak pelanggan jadi loyal

Chat

Buat percakapan jadi mulus dan cuan pakai WA Official

Ads

Iklanin produk minim resiko banned dengan akun whitelisted

Funnel

Bikin LP winning tanpa coding untuk promosikan produkmu

Chat

Buat usahamu makin dipercaya pakai WA Official anti-banned

Jasa Buat LP

Bantu buatin Landing Page tinggi konversi sesuai kebutuhanmu

TikTok Management

Bantu bikin konten FYP, live cuan, dan penjualan meningkat

DebitCard

Solusi pembayaran iklan di Meta, Google, dan Tiktok

Ads

Iklanin produk minim resiko banned dengan akun whitelisted

Funnel

Bikin LP winning tanpa coding untuk promosikan produkmu

Chat

Buat usahamu makin dipercaya pakai WA Official anti-banned

Jasa Buat LP

Bantu buatin Landing Page tinggi konversi sesuai kebutuhanmu

TikTok Management

Bantu bikin konten FYP, live cuan, dan penjualan meningkat

DebitCard

Solusi pembayaran iklan di Meta, Google, dan Tiktok

Marketplace Management

Bikin kunjungan tokomu ramai dan penjualan jadi optimal

TikTok Shop Management

Bantu bikin penjualan TikTok Shop-mu meningkat

Funnel

Kelola pesanan sampai kirim barang dengan form & keyboard canggih

Funnel

Atur dan bagi chat masuk dari satu LP ke banyak nomor WA CS

Chat

Kelola percakapan masuk ke banyak CS dari 1 nomor WA Official

Panduan

Temukan Informasi dan Tutorial Dalam Penggunaan Platform Everpro

Fitur Update

Cek update terbaru yang sudah kami rancang khusus biar bisnis onlinemu makin gahar

Panduan

Temukan Informasi dan Tutorial Dalam Penggunaan Platform Everpro

Fitur Update

Cek update terbaru yang sudah kami rancang khusus biar bisnis onlinemu makin gahar

Selisih Ongkir

1. Bagaimana cara menghitung ongkos kirim untuk pengiriman paket?

Ongkos kirim akan dihitung secara otomatis berdasarkan berat yang dimasukkan untuk produk tersebut. Penjual/pengirim dapat mengisi berat produk dan ukuran paket melalui dashboard Everpro saat pembuatan pesanan baru.

Berikut ini adalah ketentuan pengiriman paket yang perlu diketahui:

A. Pembulatan Berat
Jika paket melebihi 1,30 kg maka paket akan di bulatkan ke berat selanjutnya yaitu 2 kg

Contoh:
1. 1,30 kg = Dibulatkan menjadi 2 kg
2. 2,30 kg = Dibulatkan menjadi 3 kg
3. 3,30 kg = Dibulatkan menjadi 4 kg
4. 4,30 kg = Dibulatkan menjadi 5 kg

B. Perhitungan Berat Asli Paket (Actual Weight)
Berat produk sesuai timbangan asli yang didapat dengan menimbang produk (dalam kg)

C. Perhitungan Berat Volumetrik (Volumetric Weight)
– Berat yang digunakan untuk menghitung ongkos kirim adalah nilai terbesar antara berat produk dan berat volumetrik produk.
– Berat produk adalah berat yang didapat dengan menimbang produk (dalam kg).
– Berat volumetrik adalah berat yang dihitung dari ukuran paket.
– Jika besar paket melebihi perhitungan volumetrik ekspedisi maka akan dikenakan sesuai biaya volumetrik tersebut.

Rumus perhitungan berat volumetrik = (Panjang x Lebar x Tinggi)/ Nilai Pembagi

Courier Service Nilai Pembagi
Anteraja All Service 6000
Go Send All Service 6000
Grab Express All Service 6000
ID Express ID Express-Cargo 4000
ID Express ID Express-Standard & iDLite 6000
Indah Logistik All Service 6000
J&T Cargo J&T Cargo-Fast Track 6000
J&T Express All Service 6000
JNE JNE-City to City Trucking 5000
JNE JNE-Trucking 5000
JNE All Service 6000
Lion Parcel All Service 6000
Paxel All Service 6000
Pos Indonesia Pos Indonesia-KIRIMAN PAKET POS REGULER 6000
REX All Service 6000
SAP SAP Logistic-Kargo Darat 4000
SAP All Service 6000
Sentral Cargo All Service 6000
SiCepat All Service 6000

Contoh perhitungan: (43 cm x 25 cm x 25 cm)/6000 = 4.47 kg

Baca Juga:  Kelengkapan Alamat & Nomor Telepon Aktif

2. Bagaimana cara melakukan pengukuran paket dengan akurat?
a. Siapkan alat ukur, seperti meteran atau penggaris
b. Ukur produk dari 3 (tiga) sisi yang berbeda (panjang, lebar, dan tinggi)
c. Saat mengukur, pastikan Anda mengukur kemasan produk menggunakan jarak terpanjang dari masing-masing sisi
d. Masukan hasil ukuran paket yang sudah diukur pada saat pembuatan pesanan di bagian kolom “Volume” saat membuat pesanan di dashboard Everpro, bisa menggunakan perhitungan centimeter atau meter

3. Apa Saja Penyebab Selisih Ongkir?

a. Perbedaan Berat (Different Weight)
– Perbedaan berat produk (beban pesanan pada saat ditimbang di ekspedisi lebih berat dibandingkan berat yang di input oleh Penjual/pengirim di dashboard Everpro)
– Perhitungan volume produk (karena adanya perbedaan ukuran paket pada saat diukur ulang di ekspedisi dan yang di input oleh Penjual/pengirim di dashboard Everpro)

Berat yang digunakan adalah berat yang lebih tinggi antara berat massa dan berat volumetrik (ukuran paket).

b. Perbedaan Alamat Penjual/pengirim (Different Origin) dan Perbedaan Alamat Penerima (Different Destination)
Pada saat Penjual/pengirim membuat pesanan di Everpro, sistem akan menghitung perkiraan ongkos kirim dari alamat Penjual/pengirim menuju alamat Penerima.

Perbedaan Alamat Penjual/pengirim : Terdapat perbedaan origin dari alamat Penjual/pengirim yang dicantumkan di everpro dengan alamat aktual pengambilan/drop off paket di ekspedisi

Jika Penjual/pengirim melakukan pengiriman/drop paket ke cabang ekspedisi namun berbeda lokasi dengan alamat Penjual/pengirim yang di input di sistem atau jika Penjual/pengirim infokan ke ekspedisi untuk melakukan pengambilan paket/pick up ke alamat yang berbeda dengan yang di input di sistem, maka perhitungan ongkos kirim akan menyesuaikan ke alamat terbaru.

Perbedaan Alamat Penerima : Terdapat perbedaan destination dari alamat penerima yang dicantumkan di everpro dengan alamat aktual pengantaran paket oleh ekspedisi ke penerima

Jika Penjual/pengirim melakukan pengiriman, namun alamat Pembeli/penerima yang dicantumkan di sistem Everpro berbeda dengan alamat Penerima yang benar, maka perhitungan ongkos kirim akan menyesuaikan ke alamat terbaru/yang benar.

Baca Juga:  Kategori Paket yang Dilarang Untuk Di Kirim Secara General

Apabila hal ini menimbulkan perbedaan ongkos kirim, maka kelebihan ongkos kirim (selisih ongkir) akan ditanggung oleh Penjual/pengirim.

Contoh:
Alamat Penjual/pengirim: Kota Bandung
Alamat Penerima: Kota Medan
Perkiraan ongkos kirim Rp35.000

Kasus 1:
Jika Penjual/pengirim melakukan pengiriman selain dari alamat gudang Penjual/pengirim yang tercantum di sistem (misalnya contoh: Kota Jakarta Utara). Namun setelah dicek, perkiraan ongkos kirim dari Kota Jakarta Utara ke Kota Medan tetap Rp35.000. Hal ini tidak menyebabkan perbedaan ongkos kirim.

Kasus 2:
Jika Penjual/pengirim melakukan pengiriman selain dari alamat gudang Penjual/pengirim (misalnya contoh: Kota Tangerang). Namun setelah dicek, perkiraan ongkos kirim menjadi Rp41.000 dan menyebabkan perbedaan ongkos kirim Rp6.000 (Rp41.000 dikurang Rp35.000), maka selisih tersebut akan ditanggung oleh Penjual/pengirim.

⚠️ Catatan
– Penjual/pengirim dapat mengatur/mengubah/menambah alamat pada fitur Buku Alamat
– Pastikan alamat yang dicantumkan adalah alamat yang paling sesuai dengan lokasi penjemputan/pengantaran/pengiriman/pengembalian.

 c. Perbedaan Layanan (Different Service)
Terdapat perbedaan service/layanan yang digunakan/dipilih Penjual/pengirim pada sistem everpro dengan layanan aktual ekspedisi

d. Perbedaan Tarif (Different Rate)
Terdapat perbedaan rate/tarif pada sistem everpro dengan aktual di ekspedisi

4. Apa yang Harus Penjual/pengirim Lakukan Jika Terdapat Selisih Ongkir?
Informasi terkait selisih ongkir didapatkan oleh Everpro dari pihak ekspedisi. Sesuai dengan ketentuan Everpro, apabila terdapat selisih ongkir akibat kesalahan Penjual/pengirim, maka selisih akan ditanggung oleh Penjual/pengirim. Untuk menghindari kesalahan ini, Penjual/pengirim dapat :

a. Memeriksa berat massa dan berat volumetrik, dengan memperhatikan hal berikut:
1. Sebelum mengirimkan pesanan, pihak ekspedisi akan melakukan penghitungan ulang berat paket. Pihak ekspedisi akan memilih berat yang lebih tinggi antara berat massa dan berat volumetrik. Pastikan untuk memasukkan info berat dan dimensi paket di Everpro sesuai produk asli demi menghindari perbedaan pembayaran ongkir Everpro yang ditagih oleh Ekspedisi.
2. Pastikan berat produk yang dimasukkan telah mencakup berat kemasan (bubble wrap, kardus, kemasan kayu, atau kemasan lain) untuk perhitungan ongkos kirim yang lebih akurat.
3. Pastikan ukuran paket telah dimasukkan saat pembuatan pesanan sebagai dasar perhitungan berat volumetrik.

b.  Memastikan pengaturan alamat pengiriman (Penjual/pengirim dan Penerima) adalah alamat yang paling sesuai

c.  Jika Penjual/pengirim terkena selisih ongkir, mohon pastikan Penjual/pengirim melakukan konfirmasi terkait selisih ongkirnya. 
1. Lakukan pengecekan terlebih dahulu untuk kesesuaian berat/volume/tarif.
2. Sebelum melakukan pengiriman, ambil foto paket untuk dokumentasi agar dapat digunakan sebagai bukti saat melakukan banding ke ekspedisi jika berat/volume/tarif paket sudah sesuai.

Panduan Terkait

Menu
Produk

Shipping

Sukses kirim paket COD & non-COD dengan berbagai pilihan kurir

CRM

Beri notifikasi status paket ke pelangganmu otomatis

CRM

Sistem kerja otomatis buat kontak pelanggan jadi loyal

Chat

Buat percakapan jadi mulus dan cuan pakai WA Official

Ads

Iklanin produk minim resiko banned dengan akun whitelisted

Funnel

Bikin LP winning tanpa coding untuk promosikan produkmu

Chat

Buat usahamu makin dipercaya pakai WA Official anti-banned

Jasa Buat LP

Bantu buatin Landing Page tinggi konversi sesuai kebutuhanmu

TikTok Management

Bantu bikin konten FYP, live cuan, dan penjualan meningkat

DebitCard

Solusi pembayaran iklan di Meta, Google, dan Tiktok

Ads

Iklanin produk minim resiko banned dengan akun whitelisted

Funnel

Bikin LP winning tanpa coding untuk promosikan produkmu

Chat

Buat usahamu makin dipercaya pakai WA Official anti-banned

Jasa Buat LP

Bantu buatin Landing Page tinggi konversi sesuai kebutuhanmu

TikTok Management

Bantu bikin konten FYP, live cuan, dan penjualan meningkat

DebitCard

Solusi pembayaran iklan di Meta, Google, dan Tiktok

Marketplace Management

Bikin kunjungan tokomu ramai dan penjualan jadi optimal

TikTok Shop Management

Bantu bikin penjualan TikTok Shop-mu meningkat

Funnel

Kelola pesanan sampai kirim barang dengan form & keyboard canggih

Funnel

Atur dan bagi chat masuk dari satu LP ke banyak nomor WA CS

Chat

Kelola percakapan masuk ke banyak CS dari 1 nomor WA Official

Info

Panduan

Temukan Informasi dan Tutorial Dalam Penggunaan Platform Everpro

Fitur Update

Cek update terbaru yang sudah kami rancang khusus biar bisnis onlinemu makin gahar

© 2025 Everpro by Evermos.