Makin mudah membangun, mengelola, serta mengembangak bisnis online Anda dengan Layanan Pengiriman COD di Everpro.

Nikmati layanan pengiriman COD serba mudah dengan biaya termurah di Everpro

Everpro
Everpro

Apa Itu Pengiriman COD? Yuk Cek Disini!

Everpro

Daftar Isi:

Di Indonesia peningkatan berbelanja online terbilang cukup drastis, bersamaan dengan mulai menjamurnya berbagai online shop dan marketplace. Alasan mengapa berbelanja online di gandrungi masyarakat karena praktis, efisien dan tak terbatas waktu. Anda hanya tinggal klik saja barang akan langsung menghampiri anda. Tapi mungkin bagi sebagian orang yang tidak begitu melek teknologi melakukan pembayaran online terdengar agak sulit. Maka dari itu saat ini banyak marketplace dan logistik yang menawarkan sistem pengiriman COD atau Cash On Delivery. 

Sebenarnya COD adalah sebuah sistem pembayaran di mana pembeli ataupun penjual harus bertemu satu sama lain di tempat atau waktu yang sudah disepakati. Biasanya pembayaran COD berupa barang yang harus di cek langsung layaknya kendaraan, ponsel maupun barang elektronik, lalu keduanya akan melakukan negosiasi terkait penjualan tersebut. Tapi itu sebelum maraknya marketplace. Bagaimana sekarang? Saat ini marketplace dan logistik sudah banyak yang menyediakan jasa pengiriman COD. namun sistem nya sudah agak berbeda dengan pembayaran COD yang kita tahu. 

Seperti Apa Pengiriman COD? 

Pengiriman COD
Sumber : Pexels.com

Sedikit berbeda dengan COD yang sering kita dengar. Pengiriman COD biasanya di lakukan oleh ekspedisi. Sudah banyak ekspedisi yang menerapkan sistem pembayaran ini karena di nilai efisien dan cocok untuk beberapa masyarakat yang belum begitu melek dengan teknologi. 

Kalau COD umumnya bisa di bilang pembeli dan penjual bertemu di suatu waktu dan tempat lalu bisa saling bernegosiasi terkait harga barang nya. Tapi jika dalam pengiriman COD anda di wajibkan harus membayar produk tersebut tanpa terkecuali meski produk tersebut tak sesuai dengan keinginan anda. 

Karena pihak pengiriman hanya bertugas untuk mengantarkan produk tersebut pada konsumen dan anda wajib membayar ongkos kirimnya, masalah benar atau salahnya itu tergantung antara pembeli dan penjualnya. Lalu bagaimana dengan nasib pembeli yang sudah rugi harus mengeluarkan uang? 

Yang harus anda ingat pengirim COD hanya di tugaskan untuk mengirim produk anda saja, jika terdapat keluhan terhadap produk anda. Anda bisa langsung melakukan komplain pada pihak penjualnya langsung. Biasanya penjual akan menawarkan untuk mengirimkan produk yang baru atau melakukan pengembalian dana yang sudah terpotong dengan ongkos kirimnya. 

Seringkali terjadi beberapa konsumen yang masih agak awam dengan COD terkadang melakukan pembongkaran langsung di depan kurir. Ketika produk tersebut tak sesuai dengan keinginan nya, si konsumen justru tak mau membayar biaya kurir tersebut. Hal ini justru merugikan pihak pengiriman dan pihak di dalamnya. 

Apa Saja Kelebihan Pengiriman COD? 

pengiriman COD
Sumber : Pexels.com

Pengiriman jenis ini memang cukup menguntungkan untuk pihak konsumen ataupun penjual. Adapun beberapa kelebihannya seperti berikut : 

1. Memudahkan Transaksi Bagi yang Belum Terlalu Paham Teknologi

Meski memang zaman sudah canggih dan bisa melakukan pembayaran langsung lewat m-banking, OVO dan lain-lainnya. Nyatanya tidak semua orang punya metode pembayaran seperti itu. Layaknya ibu-ibu rumah tangga, lansia, dan anak-anak kecil. Pastinya mereka berbelanja online membutuhkan bantuan orang yang paham dengan teknologi. Oleh karena itu sistem pengiriman COD sangat membantu mereka untuk melakukan pembayaran. Mereka tidak perlu memikirkan metode pembayaran online. 

2. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Ketika melakukan pengiriman COD konsumen akan langsung melihat barang nya dan melakukan pembayaran. Jika barang nya sesuai dengan keinginan konsumen. Para konsumen akan merasa puas dan tentunya akan merekomendasikan toko online penjual. 

3. Terhindar dari Penipuan 

Dengan pengiriman COD juga si penjual tidak akan sembarang memberi barang abal-abal atau palsu karena sistem pengiriman ini konsumen akan membayar setelah mendapatkan barang nya. Tentunya penjual juga merasa takut tidak di bayar oleh konsumennya. Selain itu jika melakukan penipuan konsumen juga bisa mempengaruhi kepercayaan konsumen lainnya. 

4. Menarik Konsumen-konsumen Baru 

Metode pengiriman COD adalah sistem yang sangat mengandalkan kepercayaan konsumen dan akan saling merekomendasikan, itu berarti jika salah satu konsumen merasa puas itu akan “menarik” calon-calon konsumen baru anda untuk cari tahu produk-produk di toko online anda. 

Bagaimana Cara Transaksi Pengiriman COD? 

Pengiriman COD
Sumber : Pexels,com

Sebenarnya transaksi pengiriman COD via marketplace mempunyai peraturan nya masing-masing. Tapi secara umum cara transaksi nya seperti berikut : 

  • Konsumen melakukan check out  atau pembelian melalui marketplace. Setelah memasukan alamat yang di tuju. Konsumen tidak akan melakukan pembayaran ketika memesan barang dan memilih pembayaran saat pengiriman. 
  • Setelah itu. Faktur pemesanan akan di siapkan oleh penjual yang akan di tempelkan pada barang pesanan. 
  • Kurir akan mengambil produk tersebut dari penjual dan akan langsung di antarkan ke konsumen. 
  • Konsumen melakukan pembayaran secara tunai. 
  • Setelahnya kurir akan menyetorkan ke akun mitra logistik. Lalu uang tersebut akan di setorkan tepat waktu kepada penjual setelah di potong biaya penanganan. 

Rekomendasi Jasa Pengiriman Paket COD

1. J&T COD

Mau jasa pengiriman paket yang praktis dan terpercaya? Anda bisa mencoba layanan jasa pengiriman paket COD dari J&T.

Layanan yang akan Anda manfaatkan secara gratis adalah dapat menginput resi dengan otomatis dan barang diambil kurir secara langsung.

Syaratnya, Anda perlu tergabung untuk menjadi member di J&T.

2. JNE COD

Sebagai salah satu jasa pengiriman yang banyak digunakan, JNE juga menyediakan sistem pengiriman paket COD.

JNE juga dapat menjadi rekomendasi jasa pengiriman yang ingin membangun bisnis online shop karena pengirimannya yang cukup cepat.

3. SiCepat

Jasa pengiriman yang direkomendasikan untuk mengirimkan paket dalam hitungan jam selanjutnya adalah SiCepat.

Selain itu, biaya yang dikenakan pengiriman SiCepat juga relatif terjangkau, sehingga banyak pembeli yang memilih pengiriman dengan SiCepat.

4. POS Indonesia

Ekspedisi POS Indonesia juga dapat menjadi alternatif jasa pengiriman paket yang murah dan terpercaya.

Pelanggan dapat mudah mengambil barang langsung ke kantor POS terdekat sehingga perkiraan barang cepat sampai.

5. TIKI COD

Layanan COD memudahkan pengguna untuk mengenali kualitas purna barang yang Anda tawarkan.

Rekomendasi jasa pengiriman berikutnya adalah TIKI yang menyediakan pengiriman hingga seluruh kota di Indonesia.

Apa Saja Tips Pengiriman COD untuk Seller ? 

Di balik sisi positif dari pengiriman COD baik untuk konsumen maupun penjual. Tapi ternyata pihak seller sebenarnya agak di rugikan. Maka untuk mengurangi resiko yang tidak di inginkan . Berikut adalah beberapa tips seller untuk melakukan pengiriman COD.

everpro

1.  Tulis Prosedur COD di Description Box

Terkadang beberapa konsumen seringkali tidak mau melakukan pembayaran kepada kurir jika barang tersebut tidak sesuai dengan keinginannya. Tentu hal ini sangat merugikan pihak kurir yang hanya di tugaskan untuk mengirim paket tersebut. Agar tidak terjadi salah paham seperti ini lebih baik anda selaku seller menulis penjelasan prosedur COD di bagian “description box”. Konsumen yang cermat pastinya akan membaca dengan teliti dalam membeli barang dan mengikuti sesuai ketentuan

2.  Cek Kembali Kesesuaian Barang yang di Pesan

Sebagai seller kita tidak ingin terjadi pengembalian barang bukan? Untuk mengurangi resiko pengiriman COD tersebut, anda harus cek Kembali barang tersebut. Pastikan barang tersebut sesuai dengan permintaan konsumen.

3. Menyediakan Channel Customer Service 

Jika barangnya tidak sesuai dengan keinginan konsumen, seringkali konsumen mengeluh pada pihak logistik. Konflik ini bisa jadi di sebabkan karena seller tidak menyediakan channel customer service. Ada baiknya selaku seller wajib menaruh channel customer service agar konsumen bisa melakukan komplain dan bernegosiasi. 

4. Respon Keluhan Konsumen Segera 

Salah satu hal wajib di perhatikan dalam pengiriman COD adalah anda harus cepat merespon keluhan konsumen. Setiap konsumen ingin segera mendapat jalan keluar dari keluhan produk anda. Dengan anda merespon cepat, resiko kehilangan konsumen juga jadi lebih kecil. 

5. Bekerja sama dengan Ekspedisi yang Tepat 

Sebuah kesalahan juga tidak selalu berasal dari seller, kemungkinan juga berasal dari pihak logistik yang kurang hati-hati dalam membawa barang. Maka wajib bagi anda untuk bekerja sama dengan ekspedisi berkualitas yang menyediakan jasa pengiriman COD. perhatikan juga harga ongkos kirimnya yang kira-kira pas untuk target pasar anda. 

Demikianlah artikel mengenai rekomendasi logistik COD yang terpercaya, semoga bermanfaat, sebarkan artikel ini juga agar semakin bermanfaat. 

Nantikan dan jangan lewatkan artikel tentang ekspedisi lainnya hanya di Everpro

Layanan Ekspedisi Terpercaya Untuk Kirim Paket Se-Indonesia

Nikmati layanan kirim paket serba mudah dengan biaya murah!

  • Tersedia 15+ pilihan ekspedisi yang siap jemput paket anda kapan saja 
  • Bonus Cashback 30%
  • Pencairan Dana COD Cepat
  • Akses laporan aktivitas penjualan 
  • Sekali transaksi bisa kirim ke banyak lokasi

Daftarkan bisnis Anda bersama Everpro sekarang juga!

Daftar Sekarang

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Artikel Terkait