Kalau kamu ngandelin WhatsApp untuk kelola bisnis tapi masih sering kesulitan handle chat pelanggan yang menumpuk, maka kamu perlu tahu cara optimasi WhatsApp yang efektif.Â
Mengoptimasi WhatsApp untuk bisnis itu penting banget. Kamu jadi bisa pakai fitur-fitur yang lebih canggih untuk kelola interaksi dengan pelanggan.Â
Sebaliknya, kalau kamu masih pakai WhatsApp biasa untuk bisnis, tidak heran kalau kamu jadi sering telat balas chat pelanggan ataupun kesulitan follow-up pelanggan.
Belum lagi karena kesulitan tracking performa chat, kamu juga jadi tidak tahu pelanggan mana aja yang potensial untuk repeat order. Alhasil promosi dan penjualan jadi nggak maksimal.Â
Karena itu, yuk saatnya optimasi WhatsApp kamu ke WhatsApp Business!
Cara Optimasi WhatsApp untuk Bisnis yang Makin Praktis

Ada beberapa cara optimasi WhatsApp untuk bisnis online yang perlu kamu lakukan supaya kelola interaksi dengan pelanggan jadi lebih maksimal, diantaranya:Â
1. Beralih ke WhatsApp Business
Kalau saat ini kamu masih pakai WhatsApp biasa untuk segala keperluan bisnis, maka ini saatnya untuk beralih ke WhatsApp Business.Â
WhatsApp Business khusus dibuat oleh Meta untuk membantu pebisnis supaya bisa berkomunikasi dengan pelanggan secara lebih efisien.Â
Selain kamu bisa membuat profil profesional, WhatsApp Business juga punya fitur-fitur yang akan sangat memudahkan kamu untuk kelola dan mendata seluruh chat yang masuk.Â
2. Dapatkan Verifikasi Centang BiruÂ
Saat pakai WhatsApp Business, kamu punya kesempatan untuk mendapatkan verifikasi centang biru, yaitu tanda bahwa akun WA bisnis kamu sudah terverifikasi sebagai akun resmi.Â
Bukan sekadar lencana aja, verifikasi centang biru ini akan sangat membantu bisnis kamu untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan, lho.Â
Pelanggan jadi tahu bahwa mereka sedang berkomunikasi dengan akun bisnis resmi yang profesional, bukan akun WhatsApp biasa yang rawan akan penipuan.Â
Nah, untuk mendapatkan verifikasi centang biru, kamu perlu daftar ke mitra resmi WhatsApp seperti Everpro Chat yang akan bantu kamu mengoptimalkan penggunaan WA Business API.Â
Di Everpro Chat, verifikasi centang biru akan muncul di akun bisnis kamu maksimal 7 hari kerja. Selain itu, kamu juga akan mendapat akses ke fitur-fitur canggih lainnya.Â
3. Gunakan Label untuk Mengklasifikasi PelangganÂ
Selanjutnya manfaatkan fitur Labelling yang ada di WhatsApp Business. Fitur ini memungkinkan kamu untuk memberi label pada percakapan dengan pelanggan tertentu.Â
Contohnya, ada beberapa pelanggan yang jadi prioritas untuk dibalas chat-nya. Nah, disaat melayani banyak pelanggan, kamu jadi lebih mudah untuk menemukan chat prioritas tersebut.
4. Manfaatkan Fitur Smart Reply dan Auto Reply
WhatsApp Business juga punya fitur Smart Reply dan Auto Reply yang akan memudahkan kamu kirim pesan balasan otomatis yang masuk dari pelanggan.Â
Meskipun mirip, Smart Reply dan Auto Reply punya fungsi yang berbeda, yaitu:Â
- Smart Reply: Rekomendasi balasan instan dari sistem (biasanya pakai AI) yang bisa penjual sesuaikan dengan isi pesan pelanggan.Â
- Auto Reply: Balasan otomatis yang isinya sudah disiapkan sebelumnya, yang langsung dikirim saat penjual tidak bisa jawab pesan yang masuk, misalnya saat jam tutup toko.Â
Dengan dua fitur di atas, WhatsApp bisnis kamu tetap bisa responsif meskipun sedang tidak aktif. Sehingga selain waktu kamu jadi lebih efisien, pelanggan juga puas dengan pelayananmu.
5. Pakai Fitur Quick Reply di EverproÂ
Supaya balasan otomatis semakin maksimal, manfaatkan juga fitur Quick Chat. Fitur ini bisa kamu dapatkan di Evepro Chat yang terintegrasi langsung dengan sistem API Meta.
Dengan fitur ini kamu bisa membalas pesan pelanggan dengan cepat pakai template pesan yang sudah disiapkan. Nah, bukan sembarang template, namun berisi pesan yang dijamin ampuh untuk meyakinkan pelanggan hingga mereka tertarik untuk bertransaksi.Â
6. Maksimalkan Fitur Dashboard Everpro ChatÂ
Kalau pakai Evepro Chat, bukan cuma fitur WhatsApp Business yang lengkap aja, kamu juga bisa maksimalkan fitur Dashboard supaya pengelolaan chat jadi lebih terpusat.Â
Di Dashboard Everpro Chat, kamu bisa tahu riwayat percakapan pelanggan di WhatsApp Business, bisa kirim pesan broadcast tanpa simpan nomor satu-satu, bisa kelola orderan yang masuk lewat WhatsApp, dan banyak lagi.Â
Kamu bisa simak cara memulai penggunaan dashboard Everpro Chat supaya semua fitur dan kemudahannya bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan penjualan bisnis!
7. Integrasi WhatsApp ke Website BisnisÂ
Kalau punya website bisnis atau landing page, hubungkan juga ke WhatsApp Business kamu.Â
Sehingga pelanggan dari website atau landing page bisa langsung diarahkan untuk berkomunikasi dengan bisnis kamu lewat WhatsApp profesional.Â
Dengan pengelolaan chat yang terpusat, kamu jadi punya kepercayaan penuh dari pelanggan.Â
8. Kirim Pesan Broadcast yang Tepat Sasaran
Cara optimasi WhatsApp yang tak boleh ketinggalan yaitu dengan manfaatkan fitur broadcast.Â
Dengan fitur broadcast kamu bisa kirim pesan massal ke pelanggan, baik itu untuk promosi, pengumuman operasional toko, pembaruan produk/layanan, hingga pesan penawaran spesial.Â
Nah, kalau di Everpro Chat fitur broadcast ini juga memungkinkan kamu untuk kirim pesan ke banyak kontak tanpa harus simpan nomornya satu per satu.Â
Bahkan dengan di dashboard Everpro, kamu juga bisa lihat seluruh proses strategi broadcast, mulai dari perencanaan, yang sudah dikirim, hingga yang gagal terkirim.Â
Cara Bikin Label Segmentasi Data Pelanggan Agar WA Bisnis Optimal
Dari salah satu cara optimasi WhatsApp di atas, membuat label segmentasi pelanggan termasuk cara paling ampuh agar kelola chat WA bisnis bisa lebih optimal.Â
Karena fitur ini juga ada di Everpro Chat, berikut cara membuat label yang bisa kamu praktikkan:Â
- Pastikan kamu sudah berlangganan Everpro Chat.Â
- Masuk ke aplikasi atau website Everpro.Â
- Masuk ke Everpro Chat Dashboard, lalu klik Label Pelanggan.Â
- Klik tombol Buat Label di pojok kanan atas.Â
- Tentukan Nama Label sesuai dengan kebutuhan dan kategori pelanggan.Â
- Kalau sudah, klik tombol Simpan, maka kamu sudah bisa lihat label yang baru di daftar label.Â
Everpro Chat Platform Penyedia Fitur WA Bisnis TerpercayaÂ
Tahukah kamu, bahwa seluruh cara optimasi WhatsApp di atas bisa kamu dapatkan hanya di satu platform aja, lho. Everpro Chat bisa jadi andalan kamu untuk kelola bisnis di WA!
Pakai Everpro Chat, tidak ada lagi kendala pesan menumpuk dan tidak terorganisir, susah follow-up, tidak bisa tracking performa chat, kesulitan monitoring tim CS, hingga balas chat pelanggan yang terlambat.Â
Sudah terintegrasi resmi dengan sistem API resmi Meta, Everpro Chat dibuat khusus untuk Imers, pebisnis online, UMKM, dan enterprise supaya makin dipercaya oleh pelanggan.Â
Everpro Chat juga terintegrasi dengan seluruh sistem Everpro, termasuk Everpro Shipping, Everpro CRM, MPE, dan lainnya. Kelola seluruh aktivitas bisnis jadi makin praktis, deh!
Yuk, optimasi WhatsApp bisnis kamu bersama Everpro Chat sekarang juga!