Tingkat retur barang di marketplace ganggu bisnis kamu? Simak artikel ini untuk mengetahui cara mengurangi retur barang di marketplace yang efektif!
Retur barang atau Return to Sender (RTS) menjadi salah satu problem yang bisa mengurangi keuntungan dalam sebuah bisnis online di marketplace.
Nggak cuma barang yang tidak sampai ke tangan pembeli, retur barang juga dapat menimbulkan kerugian lainnya seperti biaya kirim awal yang hangus, harus menanggung ongkir balik hingga stok jadi tertahan karena barang tidak bisa segera dijual ulang.
Bahkan masalah ini bisa merembet ke waktu CS yang terbuang karena harus ngurusin pengiriman paket yang macet yang bisa menyebabkan munculnya resiko akun kena banned karena tingkat retur yang tinggi itu.
Pokoknya retur barang artinya bisnis nggak cuma kehilangan penjualan, tapi juga menghambat cash flow bisnis itu sendiri. Intinya masalah retur barang ini bisa bikin seller jadi boncos dalam segi finansial.
Nah, kalau kamu mengalami masalah retur barang ini pada bisnis nggak perlu khawatir dan panik, karena pada artikel ini kami akan menjelaskan penyebab dan cara mengurangi retur barang di marketplace.
Yuk, Simak informasinya sampai habis!
Penyebab Retur Barang atau Gagal Kirim

Meski kita sebagai penjual udah hati-hati banget dalam mengirim barang, retur masih bisa terjadi karena faktor eksternal seperti:
1. Alamat Penerima Tidak Lengkap/Jelas
Alamat penerima yang tidak jelas atau lengkap membuat kurir kesulitan menemukan lokasi sehingga risiko retur barang jadi tinggi.
2. Pembeli Tidak Dapat Dihubungi
Penyebab selanjutnya terjadinya retur barang atau paket gagal terkirim adalah pembeli yang tidak dapat dihubungi saat kurir sudah sampai area tujuan. Ini bisa terjadi karena nomor tidak aktif atau tidak diangkat.
3. Kurir Tidak Familiar dengan Area Pengiriman
Jika area tujuan pengiriman yang sulit dijangkau, akses terbatas atau tidak terdata dengan baik dapat membuat pengiriman paket ke lokasi tujuan berisiko gagal.
Strategi Cara Mengurangi Retur Barang di Marketplace
Nggak perlu khawatir dan panik apabila tingkat retur barang di marketplace cukup tinggi, berikut ada beberapa strategi dan cara mengurangi retur barang di marketplace yang efektif:
1. Optimasi Deskripsi dan Produk Toko
Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi retur barang di marketplace adalah dengan mengoptimasi deskripsi dan produk di toko. Pastikan jika deskripsi produk sangat jelas dan detail mulai dari ukuran, warna, bahan hingga foto asli produk.
2. Konfirmasi Sebelum Kirim (Terutama COD)
Metode pembayaran COD bisa menjadi faktor tingginya retur barang di marketplace karena mereka bisa menolak barang di depan kurir. Oleh sebab itu, kamu bisa konfirmasi dahulu sebelum mengirim agar mereka dalam keadaan siap untuk menerima paket.
3. Packing Aman
Rusak dalam proses pengiriman juga menjadi faktor terjadinya retur barang. Untuk mengurangi retur barang di marketplace pastikan untuk melakukan packing paket dengan bubble wrap, kardus kokoh serta tambahan stiker fragile agar barang diterima dengan keadaan baik.
Keunggulan Tracking Aktif Everpro Shipping

Selain faktor-faktor eksternal tadi, ada cara yang lain yang sangat efektif untuk mengurangi retur barang di marketplace. Nah, caranya ini adalah dengan menggunakan platform pengiriman yang bisa diandalkan.
Everpro Shipping hadir untuk memberikan solusi untuk para seller yang mengalami masalah ini pada bisnis mereka. Everpro punya berbagai fitur untuk membantu seller meminimalisir retur seperti:
1. Real Time Cek Resi
Seller dan pembeli bisa memantau status paket kapan saja, sehingga lebih transparan dan mengurangi miskomunikasi. Fitur real time cek resi yang canggih ini udah tersedia di Everpro untuk memudahkan pelacakan paket.
2. Dashboard Monitoring
Seller memiliki akses untuk memantau seluruh pengiriman hanya dalam satu dashboard. Dengan begitu, bisa mengetahui mana yang sukses, mana yang gagal. Ini menjadi kelebihan karena memudahkan pengambilan keputusan dengan cepat jika ada masalah.
3. Akses Data Kurir dan Ekspedisi
Everpro Shipping memberikan pilihan ekspedisi terbaik dan terpercaya dengan tingkat kesuksesan terbaik. Dengan begitu para seller punya keleluasaan untuk memilih kurir yang paling cocok sesuai dengan area tujuan. Ini bisa mengurangi retur barang di marketplace.
Mengurangi retur barang di marketplace itu gak melulu soal menekan biaya, tapi juga soal edukasi dan trust. Seller perlu memastikan pembeli memahami harga yang harus dibayar, memberikan informasi yang jujur serta membangun komunikasi yang baik lewat template chat otomatis atau follow-up sebelum kirim barang.
Dengan bantuan Everpro Shipping, seller bisa tenang karena dengan fitur tracking aktif, pilihan kurir dengan tingkat keberhasilan tinggi dan dashboard pemantau pengiriman dapat mengurangi retur barang di marketplace.
Pengiriman barang ke pembeli bisa lancar, biaya kirim efisien dan kepuasan pembeli meningkat untuk raih cuan maksimal. Tunggu apalagi? Nggak perlu takut karena Everpro sudah bekerjasama dengan 12+ jasa ekspedisi terbaik di Indonesia.
Yuk, segera daftar Everpro Shipping untuk mengurangi retur barang di marketplace dan raih cuan maksimal sekarang juga!