Everpro

Apa itu Landing Page, Penasaran ya? Kepo Ini!

Bagi yang masih penasaran tentang apa itu landing page. Landing page merupakan salah satu kata yang akan menjelaskan sebuah halaman pada web. yuk kita cari tahu sama-sama di sini.

Baca juga: 5 Langkah Mudah Cara Setting Google Adwords, Simpel Banget! 

Apa itu Landing Page?

apa itu landing page
Sumber: Pinterest.com

Arti dari Landing Page adalah halaman khusus yang di buat untuk tujuan tertentu, yaitu membuat pelanggan melakukan tindakan tertentu, seperti melakukan pembelian, melakukan pemesanan, atau mengisi formulir.

Keuntungan Landing Page

Anda tidak hanya perlu mengetahui apa itu landing page, Anda juga perlu mengetahui manfaatnya. Sederhananya, halaman arahan memainkan peran penting dalam pemasaran bisnis.

Karena selain bisa mendatangkan lebih banyak pengunjung ke website, landing page juga bisa meningkatkan penjualan produk. Selain itu, halaman arahan menawarkan keuntungan berikut bagi perusahaan:

Menjadi Tempat Promosi

Apa manfaat halaman arahan? Manfaat pertama adalah dapat menjadi alat promosi yang efektif untuk bisnis.

Hal ini dikarenakan informasi singkat dapat di tuangkan dalam bentuk tulisan dengan menggunakan font yang cukup besar sehingga pesannya mudah ditangkap oleh audiens.

Dengan cara ini, kelompok sasaran yang mengunjungi halaman tersebut di fokuskan untuk mempromosikan bisnis Anda. Halaman arahan ini juga memungkinkan Anda menjalankan promosi gratis karena halaman tersebut sebenarnya di miliki oleh perusahaan.

Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan persaingan karena halaman arahan hanya berisi iklan untuk bisnis Anda.

Kumpulkan Data Pelanggan

Landing page juga memudahkan Anda mengumpulkan data pelanggan. Misalnya dengan meminta target group untuk memberikan nama atau alamat emailnya agar mendapatkan penawaran yang menarik.

Bergantung pada jenis laman landas yang di gunakan, Anda juga dapat menerima informasi pelanggan lainnya, seperti usia hingga jenis kelamin.

Nantinya, data pelanggan ini bisa digunakan untuk pengambilan keputusan bisnis. Dengan cara ini, data dapat dianalisis dan diimplementasikan sesuai kebutuhan perusahaan.

Namun, pastikan Anda hanya meminta informasi yang benar-benar Anda butuhkan. Jangan terlalu banyak meminta informasi pribadi karena dapat menimbulkan kesan negatif pada calon pelanggan dan menjauhkan mereka dari halaman arahan.

Memperluas Prospek Bisnis

apa itu landing page
Sumber: Pinterest.com

Memanfaatkan halaman arahan dapat meningkatkan kesadaran merek, mengarahkan prospek dan lalu lintas yang berkualitas ke situs web Anda sambil meningkatkan SEO.

Ini juga di dukung oleh studi MarketingSherpa, di mana sekitar 68 persen perusahaan bisnis-ke-bisnis (B2B) menggunakan halaman arahan untuk menghasilkan aliran prospek yang stabil untuk konversi di masa mendatang.

Survei HubSpot juga menemukan bahwa hingga 7.000 perusahaan memiliki 10 hingga 15 halaman arahan yang dapat meningkatkan prospek mereka hingga 55 persen.

Oleh karena itu, halaman arahan sangat penting untuk menarik lebih banyak prospek dan meningkatkan peluang konversi bisnis.

Tentunya Anda perlu mengetahui cara membuat landing page yang efektif untuk bisnis Anda agar hasilnya maksimal. Anda juga dapat memanfaatkan keahlian desainer web dan penyedia layanan penulisan konten.

Meningkatkan Penjualan

Halaman arahan juga dapat membantu Anda meningkatkan penjualan. Hal ini juga di dukung oleh studi dari Omniture yang menyebutkan bahwa penggunaan landing page dapat meningkatkan konversi penjualan hingga 25%.

Ini karena halaman arahan dapat membuat transaksi jual beli lebih mudah, membuatnya lebih menarik dan menyenangkan bagi pelanggan. Ini memungkinkan pelanggan untuk mengakses produk atau layanan yang ingin mereka beli dengan cepat dan efisien.

Baca juga: Kenali Yuk! Jenis-Jenis Google Ads: Meningkatkan Keberhasilan Kampanye Pemasaran Online 

Buat Daftar Email

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, halaman arahan dapat membantu bisnis mendapatkan data pelanggannya.

Salah satu data yang sering di minta adalah alamat email. Anda dapat menggunakan halaman arahan ini untuk mengumpulkan lebih banyak daftar email.

Jadi, data ini dapat di gunakan untuk mengoptimalkan pemasaran email guna membangun hubungan bisnis-pelanggan yang lebih baik.

Ini memudahkan Anda untuk menawarkan produk atau layanan melalui email pelanggan.

Faktanya, menurut sebuah studi oleh McKinsey & Company, pemasaran email 40% lebih efektif menjangkau konsumen daripada Twitter dan Facebook.

Bangun Kredibilitas dan Kesadaran Merek

Dengan memberikan informasi tentang produk atau layanan dan perusahaan serta menampilkan testimonial di halaman arahan, kredibilitas dan kesadaran merek dapat di tingkatkan.

Dengan cara ini, pelanggan yang membacanya semakin percaya pada perusahaan Anda dan minat mereka untuk membeli bisa lebih besar.

Meningkatkan lalu lintas ke halaman arahan juga membuat pelanggan lebih terbiasa mengenali bisnis Anda.

Demikian pembahasan mengenai landing page, yuk agar semakin menarik halamannya, dan tingkatkan penghasilan usahamu dengan cara mudah lainnya dengan mengoptimalkan performa iklan Google secara mudah, cepat, dan aman dengan akses Ads Account bersama Everpro dan dapatkan kenyamanan berikut:

  • Edukasi beriklan dari tim Everpro
  • Scale up iklan tanpa batasan budget harian
  • Transaksi dan Credential akun terjamin aman
  • Minimal top up Rp5.000.000

Jadi yuk manfaatkan segera fasilitas yang akan membantu teman-teman dalam mengaplikasikan Google ads pada bisnis impianmu!

Picture of Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah adalah SEO Content Writer di Blog Everpro yang aktif menulis dan membagikan artikel informatif dan inspiratif seputar bisnis, logistik, tips usaha, digital marketing, dan dasar-dasar komputer.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya