everpro

5 Langkah Mudah Cara Setting Google Adwords, Simpel Banget!

Dalam pemakaian google adwords, pastinya perlu tahu cara setting google adwords, agar kita bisa melakukan banyak pengaturan

Google adwords pada dasarnya adalah salah satu fungsi Google yang dapat menampilkan iklan berbayar di hasil pencarian Google. Ketika kita mencari sesuatu dan memasukkan kata kunci ke dalam mesin pencari Google, maka hasil yang dihasilkan juga berupa informasi periklanan atau iklan.

Fitur Google AdWords banyak digunakan oleh para pelaku bisnis online saat ini, mungkin sebagian dari kita sedang membaca artikel ini. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang Google AdWords, simak pembahasan lebih mendalam dalam pembahasan ini.

Baca juga: Kesulitan? Bagaimana Susunan Iklan di Google Ads, Inilah Jawabannya! 

Apa itu Google AdWords?

Google adwords adalah fitur yang berguna untuk mempromosikan bisnis kita di halaman pencarian mesin pencari Google dengan menggunakan kata kunci spesifik yang relevan dan terkait dengan industri kita saat ini. Tentunya fitur ini disebut mampu mengatasi berbagai masalah yang diketahui para pedagang, mulai dari penjualan yang belum banyak hingga perusahaan yang belum banyak diketahui.

Pada tahun 2018 Google secara resmi mengubah nama Google AdWords menjadi Google Ads, meskipun terjadi perubahan nama, hampir tidak ada yang digunakan, jadi tidak perlu khawatir untuk menggunakan Google adwords.

Keuntungan Menggunakan Google Adwords

Di era yang serba digital seperti saat ini, setiap bisnis online tentunya membutuhkan fitur untuk membantu mereka dalam pemasaran bisnisnya untuk menjangkau lebih banyak orang dan target pasar. Google Adwords dalam Pemasaran.

Beberapa manfaatnya adalah sebagai berikut.

Dapat Menguasai Pasar Online

Karena kita tahu bahwa Google adalah platform yang dapat menjawab semua pertanyaan penggunanya dengan bantuan mesin pencari, termasuk juga hal-hal yang dicari untuk informasi yang tidak penting, meskipun mesin pencari Google dapat menjawabnya. Dengan Google AdWords kita bisa menguasai pasar online karena Google mampu menguasai search engine atau pangsa pasar mesin pencari di seluruh dunia dengan persentase yang mencapai 92% bahkan di Indonesia mesin pencari Google sendiri mampu merajai pencarian. . mesin hingga 97%. Selain itu, Google juga memiliki mesin pencari lain seperti Yahoo, namun untuk mesin pencari Yahoo mendominasi pasar mesin pencari hanya dengan 0,9 persen dan untuk mesin pencari Bing hanya 0,3 persen, jelas sangat berbeda dengan Google.

Target Pasar yang Lebih Spesifik

Keuntungan lain menggunakan Google AdWords adalah kita dapat menargetkan area pasar yang lebih spesifik, kita dapat menargetkan area pasar yang dituju. Kita juga dapat menyesuaikan pengaturan iklan agar hanya muncul di perangkat tertentu selama siaran. Kita dapat mengatur iklan untuk diputar nanti di perangkat tertentu atau memilih perangkat apa pun, termasuk komputer, ponsel cerdas, dan lainnya. Selain itu, Google Adwords juga dapat membuat pengaturan berbasis lokasi, serta menjadwalkan kemunculan iklan kita. Jika usaha kita buka misalnya dari jam 09.00 sampai 04.00 sore, kita bisa mengatur setting untuk menampilkan iklan pada jam tersebut, dengan fungsi yang berbeda tersebut tentunya akan sangat berguna dalam bisnis kita.

Penghematan Biaya

Keunggulan berikutnya adalah hemat biaya, mungkin sebagian dari kita beranggapan bahwa memasang iklan di Google Ads membutuhkan biaya yang cukup mahal, namun sebenarnya memasang iklan di Google Ads sangat terjangkau.

Kita bahkan bisa mulai dengan Rp 50.000 saja, kita juga bisa mendapatkan biaya potensial yang lebih rendah jika Kita menyiapkan dan menggunakan strategi PPC atau bayar per klik untuk iklan yang kita tayangkan. Dalam sistem ini, kita hanya dikenakan biaya ketika target atau konsumen mengklik iklan yang kita kirimkan.

Baca juga:

Cara Mudah Setting Google Ads

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Google ads adalah platform iklan PPC yang populer. Pengiklan harus membayar setiap klik dari trafik ke website. Jika kita ingin memasang iklan di Google ads, ikuti cara setting google adwords berikut ini:

Login Google Ads di Browser

cara setting google adwords
Sumber: Google Ads

Buka halaman resmi Google ads di browser yang kita gunakan. Di halaman utama Google ads juga, kita bisa langsung login (bagi yang sudah memiliki akun gmail).

Di halaman pertama, kita akan diminta untuk memasukkan nama profil bisnis di kolom yang disediakan. Jika sudah, tinggal klik tombol Next/Selanjutnya.

cara setting google adwords
Sumber: Google Ads

Masukkan URL

cara setting google adwords
Sumber: Google Ads

Di halaman “Kemana orang akan diarahkan setelah mengklik iklan Kita?”. Tentu saja akan diarahkan ke halaman website, maka masukkan URL website Kita dan klik Next/Selanjutnya, tunggu proses review dan muncul review website Kita lalu klik Next/Selanjutnya.

Pilih Goals Iklan

cara setting google adwords
Sumber: Pinterest.com

Selanjutnya, kita akan diarahkan ke halaman untuk memilih goal iklan. Pilih salah satu sasaran utama iklan Kita, demo kali ini kami akan memilih “Get more website sales or leads”.

Menulis Kolom Iklan

Di halaman ini Kita akan diminta untuk menulis iklan di kolom yang sudah tersedia. Sesuaikan dengan iklan bisnis Kita.

cara setting google adwords
Sumber: Pinterest.com

Keterangan:

  1. Judul 1: Isi dengan nama bisnis
  2. Judul 2: Isi dengan jenis bisnis
  3. Judul 3: Isi dengan judul lainnya yang masih berkaitan dengan bisnis yang mengandung keyword yang di targetkan.
  4. Deskripsi 1: Jelaskan tentang bisnis secara singkat dan mengandung keyword.
  5. Deskripsi 2: Tambahan penjelasan bisnis.
  6. Kolom Telepon: Ini opsional, tapi kami menyarankan untuk menampilkan telepon bisnis. Agar calon pelanggan bisa langsung menghubungi.
  7. Lokasi Bisnis: Ini juga sifatnya opsional, tapi lebih baik ditampilkan agar calon pelanggan bisa mengetahui alamat toko.
  8. Preview Iklan ketika ditampilkan dan klk Next.

Menambahkan Keyword

cara setting google adwords
Sumber: Pinterest.com

Tambahkan tema kata kunci yang berhubungan dengan bisnis Kita. Kita bisa menambahkan keyword sendiri atau menggunakan keyword yang direkomendasikan Google. Jika sudah klik Next/Selanjutnya.

Demikian pembahasan mengenai cara setting google adwords, mudah bukan? Yuk saatnya optimalkan kembali iklan dengan menggunakan jasa iklan google ads. 

Yuk mulai dari sekarang, tingkatkan penghasilan usahamu dengan cara mudah lainnya dengan mengoptimalkan performa iklan Google secara mudah, cepat, dan aman dengan akses Ads Account bersama Everpro dan dapatkan kenyamanan berikut:

  • Edukasi beriklan dari tim Everpro
  • Scale up iklan tanpa batasan budget harian
  • Transaksi dan Credential akun terjamin aman
  • Minimal top up Rp5.000.000

Jadi yuk manfaatkan segera fasilitas yang akan membantu teman-teman dalam mengaplikasikan Google ads pada bisnis impianmu!

Picture of Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah adalah SEO Content Writer di Blog Everpro yang aktif menulis dan membagikan artikel informatif dan inspiratif seputar bisnis, logistik, tips usaha, digital marketing, dan dasar-dasar komputer.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya