everpro

10 Usaha Ternak Modal Kecil yang Bisa Cuan Banyak!

Pernah terpikir untuk memulai usaha ternak tapi dengan modal yang terbilang kecil? Simak artikel ini untuk mengetahui beberapa usaha ternak yang bisa kamu jalani dengan modal yang terbilang kecil!

Indonesia merupakan negara yang terkenal karena pertanian dan peternakannya. Hal ini tidak lepas karena banyaknya lahan pertanian dan juga banyak hewan ternak yang bisa dibudidayakan di Indonesia.

Selain itu, kebutuhan akan protein hewani juga semakin hari semakin meningkat seiring bertambahnya penduduk dan kesadaran masyarakat akan protein hewani.

Unsur pendukung seperti cuaca, pilihan hewan yang variatif dan lahan Indonesia yang masih banyak tersedia, membuat usaha ini dapat menjadi salah satu usaha yang bisa memberikan keuntungan semaksimal mungkin.

Nah, pada artikel ini kami akan membahas seputar usaha ternak hewan yang bahkan bisa kamu jalani dengan modal yang terbilang minim. Penasaran sama informasinya? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Ini Dia! 15+ Ide Usaha Kecil Kecilan yang Bisa Kamu Mulai Sekarang dan Menguntungkan

Mengapa Usaha Ternak Menjadi Peluang yang Menguntungkan?

usaha ternak modal kecil
Sumber: pexels

Sebelum membahas macam-macam usaha ternak yang bisa kamu jalani untuk meraup keuntungan, mari kita mengetahui terlebih dahulu mengapa usaha ternak menjadi peluang yang menguntungkan. Berikut adalah beberapa alasan di antaranya:

  • Kebutuhan Pasar akan Pangan Hewan Ternak yang Meningkat
  • Kemajuan Teknologi yang Memudahkan untuk Menggeluti Usaha Ternak
  • Iklim dan Geografis yang Mendukung
  • Dukungan dari Pemerintah
  • Diversifikasi Produk
  • Teknologi dan Inovasi

Nah, dengan beberapa alasan di atas, kamu bisa mempertimbangkan lebih matang lagi mengapa usaha ternak yang akan kamu jalani bisa memberikan keuntungan yang maksimal.

10 Ide Usaha Ternak yang Menjanjikan Dengan Modal Kecil

usaha ternak modal kecil
Sumber: pexels

Berikut beberapa ide usaha ternak yang bisa kamu jalani berpotensi menguntungkan yang bisa kamu coba:

  • Ternak Sapi

Ide pertama yang sudah pasti ada adalah ternak sapi. Ternak sapi tetap menjadi salah satu bahan pangan utama di dunia. Permintaan daging sapi terus mengingkat seiring bertambahnya penduduk Indonesia.

Menggeluti usaha ternak sapi dapat berpotensi besar untuk menguntungkan karena banyaknya permintaan serta adanya masa Idul Adha yang mana ada kegiatan qurban yang menjadi salah satu periode penjualan ternak sapi akan melonjak tinggi.

  • Ternak Kambing Etawa

Kemudian, ada ternak kambing etawa yang berpotensi menguntungkan. Kambing etawa terkenal karena hasil susunya yang bermanfaat bagi tubuh. Kamu bisa mempertimbangkan hewan ternak yang satu ini karena potensi menguntungkan dan iklim serta cuaca yang mendukung untuk mengembangkan usaha ini.

  • Ternak Lebah Madu

Sedikit bergeser dari hewan ternak herbivora, kamu dapat mengembangkan usaha ternak lebah madu. Khasiat dari madu bagus untuk tubuh menjadi salah satu alasan mengapa banyaknya permintaan madu.

Untuk memulai usaha ini, kamu harus menggunakan jenis lebah madu yang unggul yang berjenis apis mellifera (western honey bee). Lebah madu jenis ini dapat dipanen setiap 7-14 hari setelah musim bunga berakhir.

  • Ternak Jangkrik

Jangkrik merupakan serangga yang ternyata bisa kamu budidayakan. Meskipun terdengar sedikit aneh, hewan ini bahkan bisa berpotensi menguntungkan hingga ratusan ribu rupiah setiap bulannya. Jangkrik sendiri merupakan pakan untuk hewan seperti ikan, burung, dan hewan-hewan ternak lainnya.

  • Ayam Broiler

Ayam adalah salah satu jenis pangan yang paling sering dikonsumsi. Ayam juga memiliki kandungan protein yang baik untuk tubuh. Nah, hal ini bisa kamu manfaatkan untuk memulai usaha ayam broiler yang pastinya menguntungkan. Kamu dapat menjual telur, daging sampai bulunya, lho.

Selain itu, dagingnya bisa berguna untuk beberapa olahan makanan seperti sosis, nugget dan bakso. Ternak ayam sejauh ini, merupakan pilihan usaha hewan ternak terbaik.

Baca juga: 15+ Ide Usaha Yang Menghasilkan Uang Setiap Hari, Wajib Coba!

  • Ayam Petelur

Berbeda dengan jenis ayam broiler, ayam ini khusus dibudidayakan untuk diambil telurnya. Untuk memulai usaha terrnak ayam jenis ini kamu setidaknya membutuhkan sekitar 2.000 ekor ayam untuk mendapatkan margin keuntungan yang lebih besar.

Ternak ayam jenis ini berpotensi menguntungkan karena tingginya permintaan akan telur di Indonesia. Hal ini tidak lepas dari manfaat telur yang bisa digunakan untuk berbagai jenis makanan mulai membuat kue, diet, sampai kebutuhan protein.

  • Iklan Lele

Ternak lele adalah salah satu usaha yang menguntungkan di Indonesia. Jenis ikan yang satu ini mudah sekali untuk kamu budidayakan meskipun kamu adalah seorang pemula yang baru terjun di dunia bisnis peternakan hewan. Ikan lele menjadi usaha ternak yang menjanjikan dengan modal yang kecil, lho.

Usaha ini juga bisa kamu lakukan di lingkungan rumah. Peternak dapat melakukan panen dalam durasi 3 bulan. Ternak lele bisa menjadi usaha ternak rumahan yang mudah dan bisa dilakukan dengan modal yang kecil.

  • Burung Puyuh

Burung puyuh adalah hewan ternak yang bisa kamu manfaatkan telur dan dagingnya. Dua bagian tersebut terkenal memiliki cita rasa yang lezat yang tak jarang berguna untuk olahan makanan di restoran ataupun masakan rumahan.

Modal yang kamu butuhkan untuk memulai usaha ini adalah lahan khusus yang berguna untuk menampung burung puyuh tersebut. Usaha ini bisa kamu mulai dengan modal yang terbilang kecil, lho.

  • Bebek

Bebek adalah salah satu jenis unggas yang sangat lezat untuk olahan makanan. Nah, hewan ini dapat kamu budidayakan untuk meraup keuntungan yang melimpah. Bebek juga menjadi hewan yang disukai oleh masyarakat Indonesia.

Daging dan telur dari bebek dapat kamu jual untuk mendapatkan keuntungan yang melimpah. Usaha ternak bebek menjadi salah satu ide usaha ternak yang menguntungkan untuk kamu.

  • Kelinci

Meskipun kelinci lebih kita kenal sebagai hewan peliharaan, ternyata hewan ini juga bisa kamu ternakan untuk mendapatkan penghasilan yang besar. Kamu bahkan bisa memanfaatkan lahan di rumah untuk mengembangkan usaha ini.

Hewan ini bisa kamu kembangbiakan dan juga bisa juga untuk kamu jual dagingnya karena kelinci dikenal memiliki daging yang cukup lezat. Bahkan kotoran kelinci dapat berguna sebagai pakan ayam dan pupuk.

Nah, itulah beberapa ide usaha hewan ternak yang bisa kamu jadikan referensi untuk memulai usaha yang menguntungkan. Pastikan untuk terus mempelajari bisnis hewan ternak ini lebih dalam agar bisnis yang kamu jalani tidak membuat kamu merugi.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu yang ingin memulai usaha yang menguntungkan. Share artikel ini di media sosial kamu dan nantikan informasi bermanfaat lainnya hanya di blog Everpro.id!

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya