everpro

Apa Penyebab Wirausaha Mengalami Kegagalan dalam Menjalankan Usaha? Simak Ini!

Apa Penyebab Wirausaha Mengalami Kegagalan dalam Menjalankan Usaha?

Apa penyebab wirausaha mengalami kegagalan dalam menjalankan usaha?

Banyak orang yang mempertanyakan hal yang sama demi mengantisipasi kegagalan dalam usahanya.

Kegagalan bagi seorang pegusaha bukanlah hal yang baru, namun kegagalan adalah sebuah proses yang harus di lalui jika ingin menjadi sukses.

Setiap kegagalan pasti ada hikmah dan pembelajaran yang bisa di ambil sehingga bisa di perbaiki.

Selain itu setiap langkahnya pun menjadi terketahui kelemahan dan kelebihannya sehingga bisa mengantisipasi dan meminimalisir.

Namun perlu di ketahui banyak hal yang harus di persiapkan agar bisa meminimalisir kegagalan, setidaknya segala sesuatu yang di persiapkan bisa menjadi bahan evaluasi nantinya saat mengalami kegagalan.

Berikut faktor-faktor yang mempengaruhi kegagalan dalam berwirausaha yaitu:

Baca Juga: Inilah Kurir Rekomendasi Tokopedia, Canggih dan Praktis!

Faktor-Faktor Apa Penyebab Wirausaha Mengalami Kegagalan Dalam Menjalankan Usaha?

Apa Penyebab Wirausaha Mengalami Kegagalan dalam Menjalankan Usaha?
Sumber: Pexels.com

Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Everpro

1. Tidak Jelas Visi dan Misi

Visi dan misi tentunya memiliki makna yang berbeda. Biasanya setiap organisasi, komunitas bahkan perusahaan memiliki visi dan misi.

Visi adalah sesuatu yang di cita-citakan atau sebuah tujuan yang ingin di capai.

Sedangkan misi adalah suatu cara untuk bisa menggapai dan meraih apa yang di cita-citakan.

Sebuah perusahaan jika di bangun tanpa adanya visi dan misi yang jelas pasti tidak akan bertahan lama.

Misal perusahaan obat di dirikan dengan visi sebagai distributor international yang mampu menyediakan produk yang berkualitas, sehingga dengan visi ini, perusahaan tersebut akan fokus mengembangkan visinya dengan misi yang jelas.

Misi yang jelas akan terlihat dari setiap rencana bulanan, mingguan atau harian yang telah di rangkai untuk mencapai target produksi, sehingga bisa mencapai visinya yaitu mampu mengadakan produk sesuai kebutuhan baik secara nasional maupun internasional.

2. Kurangnya Kemampuan Manajemen

Manajemen perusahaan itu di ibaratkan sebagai otaknya perusahaan, jika otaknya belum bisa mengelola atau memiliki kemampuan dalam hal mengatur urusan perusahaan maka, sudah sewajarnya perusahaan tersebut tidak akan bertahan lama.

Kapabilitas seorang wirausaha yang kurang terkait pengelolaan usaha bisa saja menghambat potensi perolehan kesuksesan.

Khususnya dalam mengelola modal dengan pengelolaan keuangan yang sebaik mungkin untuk melakukan pemetaan kebutuhan yang di perlukan saat membangun usaha.

Kemampuan manajemen yang baik tentunya bisa di dapatkan dari pengalaman yang sudah banyak di lalui, sehingga pihak yang berada di manajemen bisa memutuskan dan menetapkan strategi terbaik untuk memprioritaskan mencari solusi terbaik.

3. Riset dan Pengalaman

Apa Penyebab Wirausaha Mengalami Kegagalan dalam Menjalankan Usaha?
Sumber: Pexels.com

Semakin banyak memiliki pengalaman di bidang apapun dalam perusahaan maka akan membantu wirausaha untuk bisa mengembangkan perusahaan lebih cepat.

Dengan memiliki pengalaman dan riset di bidang yang sama, maka bagi karyawan tersebut hanya perlu berinovasi dan menciptakan sesuatu sebagai solusi.

Misalnya, kemampuan yang di miliki oleh wirausaha adalah riset, bagaimana wirausaha mampu menganalisa kebutuhan produk masyarakat sehingga menjadi peluang untuk memproduksi produk yang nantinya menjadi solusi dan kebutuhan masyarakat.

4. Pengelolaan Keuangan yang Bercampur

Banyak perusahaan yang pada akhirnya bangkrut karena krisis moneter.

Krisis moneter ini juga salah satu penyebabnya karena tidak mampu mengelola keuangan dengan baik.

Misalnya, memiliki usaha pribadi yang modal nya pun bercampur dengan uang pribadi, bahkan tak punya laporan keuangan yang benar.

Keuntungan, laba bersih, laba kotor dan laporan lainnya tidak di pantau dan tidak di jadikan bahan evaluasi di kemudian hari, sehingga semakin hari semakin memiliki keuangan yang buruk.

Baca Juga: Ketahuilah! Evaluasi Usaha adalah: Definisi, Tahapan dan Manfaat

5. Pinjam Modal Tanpa Perhitungan Sehingga Berhutang

Banyak para wirausaha yang meminjam modal besar ke bank, pegadaian bahkan ke rentenir yang illegal, tanpa berfikir panjang tentang masa depan usahanya.

Misalnya pinjam uang 100 juta rupiah ke Bank, namun kurang tepat penggunaan modal nya dengan membangun usaha yang keuntungan perbulannya tidak bisa membayar cicilan hutang.

Sehingga hutang semakin menumpuk, belum lagi jika ada bunganya. Jika seperti ini maka usaha pun tidak akan sehat dan perusahaan akan kehabisan modal serta memiliki hutang yang sangat banyak setiap harinya.

Sebaiknya tentukan dulu dengan perencanaan yang jelas, usaha apa yang akan di bangun, apakah keuntungannya bisa di gunakan untuk membayar cicilan atau tidak?

Namun alangkah lebih baik jika modalnya berasal bukan dari pinjaman yang berbunga, mungkin bisa dari hasil tabungan, atau bantuan relasi yang tidak memiliki kesepakatan riba.

Sekian penjelasan kali ini, semoga bermanfaat! Nantikanlah artikel yang informatif dan inspiratif lainnya di Everpro.id! 

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait