everpro

Apa Perbedaan Pengiriman Reguler dan Cargo? Ini 7 Perbedaannya!

Apa aja sih perbedaan antara pengiriman reguler dan cargo? Yuk cari tahu jawabannya di bawah ini!

Pengiriman barang saat ini sangat mudah berkat jumlah ekspedisi yang banyak dan harga yang murah. Ekspedisi umumnya memiliki layanan pengiriman yang berbeda-beda. Contohnya seperti pengiriman reguler dan cargo.

Sayangnya, masih banyak yang menganggap jika kedua layanan ini sama, lho. Padahal, kedua layanan ini memiliki perbedaan yang cukup mendasar. Yuk, cari tahu perbedaan antara kedua layanan pengiriman tersebut agar kamu tidak salah pilih layanan pengiriman.

Simak informasi selengkapnya sampai habis ya! Check it out!

Pengertian Pengiriman Reguler

apa perbedaan pengiriman reguler dan cargo
Sumber: unsplash.com

Pengiriman cargo adalah pengiriman untuk barang atau benda dalam jumlah yang kecil. Pengiriman ini merupakan pengiriman yang paling umum yang tersedia pada jasa ekspedisi.

Layanan pengiriman ini biasanya lebih murah dan lebih cepat daripada pengiriman cargo, namun memiliki batasan pada ukuran dan berat barang yang dapat dikirim. Layanan ini lebih murah daripada layanan cargo.

Pengertian Pengiriman Cargo

pengiriman cargo
Sumber: unsplash.com

Sebaliknya, pengiriman cargo merupakan pengiriman yang digunakan untuk mengirim barang-barang yang besar, berat dan dalam jumlah yang besar. Tidak seperti pengiriman reguler, cargo memiliki proses pengiriman yang lebih cepat.

Namun, karena faktor berat dan proses pengiriman yang cepat tadi membuat harga untuk layanan ini lebih mahal daripada layanan reguler. Umumnya pengiriman jenis ini digunakan oleh perusahaan-perusahaan untuk mengirim barang-barang seperti mesin, furnitur, dan lain-lain.

Pengiriman cargo juga dapat digunakan oleh individu untuk mengirim barang-barang berat seperti mobil, motor, dan barang-barang elektronik.

Baca juga: Pengiriman Kargo: Pengertian, Jenis, Serta Tips Menggunakannya

Apa Perbedaan Pengiriman Reguler dan Cargo

apa perbedaan pengiriman reguler dan cargo
Sumber: unsplash.com

Nah, itulah perbedaan pada pengertian dari kedua pengiriman ini. Untuk perbedaan lengkapnya kamu dapat melihat informasi di berikut ini:

1. Biaya

biaya pengiriman
Sumber: pexels.com

Perbedaan yang paling terlihat yakni pada faktor biaya. Biaya pengiriman reguler dihitung berdasarkan berat barang per 1 kilogram. Sedangkan untuk pengiriman cargo biaya pengirimannya memiliki perhitungan barang per 10 kilogram.

Oleh karena itu biaya untuk pengiriman cargo akan lebih murah jika kamu mengirim barang dengan berat di atas 10 kilogram. Dan kamu bisa menggunakan pengiriman reguler untuk pengiriman barang dengan berat kurang dari 1 kilogram.

Pastikan kamu memilih jenis pengiriman yang sesuai dengan berat dari barang yang kamu kirim. Hal ini bertujuan untuk menghindari kerugian yang kamu alami.

2. Jenis Barang

jenis barang
Sumber: pexels.com

Perbedaan selanjutnya terletak pada jenis barang yang dikirim. Jika pada pengiriman reguler, barang yang dikirim biasanya berukuran kecil hingga sedang. Sebaliknya pada pengiriman cargo barang yang dikirim memiliki ukuran yang besar dan beban yang berat.

Untuk pengiriman paket reguler umumnya untuk pengiriman barang seperti baju, celana, topi, jam, tas, gadget dan sebagainya. Sedangkan untuk cargo, barang yang dikirim biasanya seperti furnitur, elektronik, motor, mobil dan sebagainya.

3. Berat Barang

apa perbedaan pengiriman reguler dan cargo
Sumber: unsplash.com

Berat barang juga mempengaruhi pemilihan layanan pengiriman barang. Pengiriman reguler barang yang dikirim biasanya memiliki berat dibawah 1 kilogram sampai dengan 20 kilogram. Pada pengiriman reguler tidak ada batas maksimal untuk berat barang yang bisa dikirim.

Sedangkan untuk pengiriman cargo barang harus memiliki berat minimal 5 kilogram sampai 50 dan 100 kilogram. Selain itu, pengiriman cargo memiliki fitur full truck load (FTL) dan less than truck load (LTL) untuk pengiriman barang dengan jumlah besar.

Baca juga: Inilah Jasa Pengiriman Kargo Indonesia 2023, Mau Tahu?

4. Packing Barang

apa perbedaan pengiriman reguler dan cargo
Sumber: unsplash.com

Kemudian faktor yang membedakan antara pengiriman reguler dan cargo berikutnya yakni packing barang. Untuk pengiriman paket dengan menggunakan pengiriman reguler biasanya akan dikemas menggunakan bahan plastik, bubble wrap, kardus, dan paperbag.

Lalu jika menggunakan pengiriman cargo umumnya barang dikemas menggunakan packing kayu, kardus besar, dan cover anti pecah lainnya.

5. Waktu Pengiriman

waktu pengiriman
Sumber: unsplash.com

Waktu pengiriman juga menjadi salah satu pembeda antara kedua layanan ini. Jika pada pengiriman reguler waktu proses pengiriman untuk dapat pelanggan terima lebih cepat. Hal ini karena pengiriman reguler hanya mengirim paket berukuran kecil yang mudah untuk diantar.

Umumnya untuk pengiriman reguler memakan waktu 1 sampai 3 hari tergantung lokasi pengiriman. Sedangkan untuk pengiriman cargo, karena barang yang dikirim merupakan barang yang besar dan berat.

Membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dapat mengirim barang cargo. Estimasi untuk pengiriman kargo yakni 3 sampai 14 hari. Hal ini karena pengiriman cargo dapat mencakup wilayah yang luas untuk pengirimannya.

6. Fitur Layanan

Perbedaan berikutnya terletak pada fitur layanan yang tersedia pada kedua pengiriman ini. Pada pengiriman reguler mereka tidak menawarkan fitur untuk packing barang. Hal ini membuat pengiriman harus mempacking barangnya sendiri sebelum dapat dikirimkan jasa ekspedisi.

Sedangkan pada pengiriman cargo, ekspedisi menyediakan fitur untuk mempacking barang yang akan kamu kirim dan memiliki penanganan khusus. Kemudian, pengirim harus mengantarkan barangnya melalui agen, kantor cabang, dan juga melalui stasiun, terminal, bandara, dan pelabuhan.

7. Kantor Ekspedisi

mobil pengiriman
Sumber: unsplash.com

Perbedaan terakhir terletak pada kantor ekspedisi. Pengiriman reguler umumnya dapat dengan mudah kamu temukan di kota besar hingga daerah pelosok daerah. Selain itu banyak agen yang memudahkan kamu untuk mengirim barang pada pengiriman reguler.

Di lain sisi, pengiriman cargo hanya dapat kamu temui di beberapa lokasi tertentu. Seperti di kota-kota besar sehingga cakupan wilayahnya terbatas.

Pada akhirnya, pilihan jenis pengiriman terbaik untuk Anda tergantung pada kebutuhan dan anggaran Anda. Jika Anda perlu mengirim barang dalam jumlah besar dan berat, maka pengiriman cargo adalah pilihan yang tepat.

Namun, jika Anda hanya perlu mengirim barang dalam jumlah kecil dan ringan, maka pengiriman reguler adalah pilihan yang lebih baik.

Demikianlah informasi terkait perbedaan antara pengiriman reguler dan cargo yang bisa kami sampaikan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu untuk membedakan kedua layanan ini dan untuk memilih layanan yang tepat untuk pengiriman barang.

Nantikan informasi bermanfaat lainnya hanya di Everpro.id!

Mau kirim barang tanpa ragu dan bisa kasih banyak keuntungan buat kamu? Pakai Everpro Shipping aja! Dengan Everpro Shipping kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan di bawah ini.

Benefit Everpro Shipping

  • Murahnya Kirim Paket dengan Cashback hingga 30% untuk metode pengiriman reguler. (Ref: Promo Page)
  • Bebas tentukan kurir ekspedisi favorit dari 15+ pilihan ekspedisi ke seluruh Indonesia.
  • Sekali transaksi, bisa kirim ke banyak lokasi.
  • Pencairan dana COD hanya 1 hari (kerja).
  • Jemput paket di mana saja dan bebas tentukan jadwalnya kapan saja.
  • Butuh data aktivitas penjualan? Tenang, semua orderan bisa diunduh dalam bentuk laporan.

Ayo daftar sekarang untuk dapetin semua keuntungan di atas!

Daftar Sekarang

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya