everpro

Pengiriman Kargo: Pengertian, Jenis, Serta Tips Menggunakannya

kargo

Pengiriman kargo berbeda dengan reguler. Sudah tau apa itu kargo? Simak penjelasan lengkap tentang Kargo berikut ini.

Jika berbicara tentang cargo, banyak yang memikirkan tentang ekspedisi, pengiriman barang, serta pengiriman berskala besar.

Dengan berkembangnya infrastruktur di berbagai daerah serta pertumbuhan bisnis, berdampak pada jasa logistik yang semakin berkembang juga. 

Terlebih, maraknya aktivitas belanja online akan membutuhkan jasa pengiriman yang mencakup seluruh wilayah, hingga daerah pelosok.

Jenis pengiriman terbagi menjadi dua untuk pengiriman skala kecil dan besar. Biasanya untuk kebutuhan pengiriman skala besar membutuhkan jasa logistik yang memiliki muatan besar juga.

Salah satunya adalah cargo. Lantas, kargo itu apa? Apa saja jenis dan bagaimana cara menggunakan jasa ini?

Baca artikel ini hingga tuntas untuk dapatkan jawabannya.

Baca juga: DC dalam Pengiriman Barang: Istilah dan Penjelasannya

Pengertian Pengiriman Kargo Adalah?

pengiriman kargo
Sumber: pexels.com

Berdasarkan Kamus Cambridge, cargo yang dalam Bahasa Indonesia yaitu kargo artinya membawa barang-barang menggunakan kapal laut, pesawat udara, atau kendaraan besar lainnya.

Everpro

Sedangkan menurut Wikipedia, kargo adalah pengangkutan barang umumnya oleh kapal, kereta api, truk, atau pesawat terbang untuk kepentingan komersial.

Jadi, apa itu pengiriman kargo?

Dengan memahami apa itu kargo, dapat disimpulkan pengiriman kargo adalah suatu layanan atau jasa pengiriman barang dengan skala dan muatan yang besar dengan lokasi tujuan yang jauh.

Pengiriman kargo dapat menjadi solusi tepat untuk yang mencari jasa pengiriman antar wilayah dengan volume dan berat yang besar. 

Jadi, anda bisa memanfaatkan layanan ini saat memesan barang secara grosir atau hendak mengirimkan barang berskala besar ke konsumen yang lokasinya lintas provinsi hingga negara.

Perbedaan Pengiriman Kargo dan Reguler

perbedaan cargo dan reguler
Sumber: pexels.com

JNE, SiCepat, TIKI, dan Pos Indonesia adalah beberapa ekspedisi yang sudah akrab di telinga masyarakat. Jasa pengiriman ini banyak yang menggunakan untuk pengiriman reguler.

Jadi apa perbedaan antara pengiriman cargo dan reguler? Untuk mengetahui perbedaan keduanya, tentu perlu memahami artinya. Pengiriman reguler adalah jenis pengiriman dengan hitungan tarif per kg ke berbagai wilayah di Indonesia.

Lebih lanjut, berikut adalah perbedaan antara pengiriman kargo dan reguler:

  • Ukuran dan Berat Barang

Perbedaan pertama antara ekspedisi reguler dan pengiriman kargo adalah ukuran serta berat barang. Pada ekspedisi reguler, biasanya untuk mengirim barang dengan ukuran kecil hingga sedang. 

Jasa pengiriman juga tidak memiliki ketentuan minimal berat barang kiriman. Sedangkan kargo adalah jenis pengiriman untuk barang-barang dengan ukuran besar serta bobot yang berat.

Biasanya, jasa ekspedisi menetapkan ketentuan berat minimum untuk  bisa menggunakan layanan ini. Maka dari itu, umumnya yang menggunakan layanan ini adalah reseller atau distributor.

  • Estimasi Pengiriman

Perbedaan kedua adalah terkait kebutuhan estimasi pengiriman. Banyak yang menggunakan layanan reguler karena dapat mengirim barang dengan estimasi pengiriman yang relatif cepat, bisa 2 hingga 7 hari tergantung lokasi tujuan.

Berbeda dengan pengiriman cargo, yang menggunakan jalur darat dan laut untuk mengirimkan barang. Maka, estimasi pengiriman juga lebih lama yaitu antara 3 hingga 15 hari.

  • Tarif Pengiriman

Perbedaan yang terakhir antara reguler dan kargo adalah tarif atau biaya pengiriman. Dengan skala pengiriman besar, layanan reguler akan jauh lebih mahal ketimbang cargo.

Hal ini karena, reguler menetapkan tarif per kilo tanpa minimum dan maksimum berat barang. Memang jika berat barang kiriman kecil akan lebih murah menggunakan layanan reguler, namun sebaliknya jika skala besar akan menjadi mahal.

Untuk pengiriman skala besar, cargo dapat memberikan tarif yang lebih murah. Biasanya terdapat minimal berat barang kiriman, yakni 10kg. Oleh karena itu, perhitungan tarif total akan lebih murah daripada layanan reguler.

Sebagai contoh, tarif pengiriman per kg untuk layanan reguler dari Jakarta ke Bali adalah Rp 30 ribu. Jika mengirim 10 kg menggunakan layanan reguler, berarti biaya pengirimannya adalah Rp 300 ribu.

Akan jauh lebih murah dengan memilih layanan cargo yang memberi tarif Rp 90 ribu per 10 kg untuk rute tersebut.

Jenis-Jenis Kargo Adalah?

kargo
Sumber: pexels.com

Untuk mengetahui apa itu kargo, adalah dengan memahami berbagai jenisnya. Terdapat dua indikator jenis-jenis cargo, yaitu berdasarkan cara pengiriman dan tipe barang. Berikut penjelasannya.

Jenis Pengiriman Kargo Berdasarkan Cara Pengirimannya

Indikator pembagian jenis yang pertama yaitu berdasarkan cara mengirimkannya. Terdapat 3 (tiga) jalur pengiriman kargo, sebagai berikut:

  • Darat

Ekspedisi cargo menggunakan transportasi jalur darat untuk mengirimkan barang ke lokasi tujuan. Transportasi yang biasa digunakan seperti mobil, truk, hingga kereta.

  • Laut

Jenis ini menggunakan transportasi dengan jalur laut, yaitu menggunakan kapal. Penggunaan kargo laut bertujuan untuk mengirim barang antar pulau hingga lintas negara dengan ukuran dan bobot yang besar.

  • Udara

Ekspedisi cargo pada jenis ini menggunakan pesawat untuk mengirim barang dalam jumlah banyak dengan cepat. Durasi pengirimannya cukup singkat, yakni sekitar 3 hari. Dengan kapasitas dan kecepatan, tarif pengiriman menjadi lebih mahal.

Jenis Pengiriman Kargo Berdasarkan Tipe Barang

Terdapat juga jenis-jenis pengiriman kargo berdasarkan tipe barangnya, dengan 3 kategori berikut ini:

  • General Cargo (Umum)

Pada jenis ini, dapat menggunakan layanan cargo untuk mengirim barang-barang umum tanpa perlu perhatian khusus. Beberapa contohnya adalah grosir pakaian, alat rumah tangga, suku cadang kendaraan bermotor, dan lain sebagainya.

  • Special Cargo (Spesial)

Sesuai namanya, jenis pengiriman cargo ini untuk barang yang membutuhkan perlakuan dan penangan khusus. Kargo spesial terbagi dalam beberapa kategori seperti hewan hidup, barang mudah rusak, jenazah manusia, barang berharga, dan lainnya.

  • Dangerous Cargo (Risiko Tinggi)

Jenis yang terakhir adalah untuk mengirimkan barang dengan tingkat risiko tinggi atau berbahaya. Setidaknya ada 9 kategori barang berisiko tinggi seperti explosive goods, flammable liquids, gasses, radioactive material, corrosives, dan sebagainya.

Syarat Pengiriman Kargo Itu Apa Saja?

kargo
Sumber: pexels.com

Dengan memperhatikan berbagai jenis pengiriman kargo artinya anda dapat memutuskan mana yang sesuai dengan kebutuhan pengiriman. Dalam setiap pengiriman barang menggunakan cargo, akan melewati beberapa tahapan.

Beberapa tahapan tersebut mencakup pengepakan, klasifikasi jenis barang, sampai prosedur penerimaan barang. Terkait persyaratan pengiriman, biasanya terdapat ketentuan yang berbeda di setiap ekspedisi. 

Anda bisa menghubungi langsung pihak pengiriman untuk mengetahui apa saja syarat dan ketentuannya. Adapun syarat pengiriman kargo secara umum adalah sebagai berikut:

  • Memenuhi berat minimal, seperti minimum 8kg, 10kg, dan sebagainya.
  • Melakukan pengemasan dengan aman, bisa menggunakan layanan dari jasa ekspedisi.
  • Menggunakan asuransi agar lebih aman.

Sedangkan untuk pengiriman udara, persyaratannya adalah:

  • Pelabelan barang
  • Pengemasan atau packing
  • Surat pernyataan untuk jenis pengiriman barang berbahaya dan hewan hidup
  • Air waybill

Baca juga: Destination: Pengertian dan Penerapan dalam Pengiriman Barang

Tips Mengirim Menggunakan Pengiriman Kargo

cargo
Sumber: pexels.com

Setelah memperhatikan persyaratan pengiriman cargo, bisa lebih lancar dalam proses mengirimkan barang menggunakan layanan ini. Berikut adalah beberapa tips dalam menggunakan pengiriman kargo:

  1. Mempertimbangkan reputasi jasa pengiriman.
  2. Jangkauan wilayah pengiriman
  3. Melakukan cek tarif atau ongkos kirim.
  4. Melihat estimasi pengiriman.
  5. Membandingkan beberapa jasa pengiriman cargo berdasarkan tarif, layanan, estimasi, dan reputasi.

Demikian penjelasan mengenai kargo, mulai dari pengertian apa itu kargo, jenis, perbedaannya dengan reguler, hingga tips menggunakan layanan ini.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak berbagai artikel informatif lainnya dari Everpro ya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait