everpro

Ini 8 Aplikasi Kirim Barang di Indonesia, Yuk Intip Daftarnya!

Indonesia, dengan lebih dari 17.000 pulau yang tersebar dari Sabang hingga Merauke, adalah sebuah tantangan logistik. Maka dari itu, perkembangan teknologi digital telah mendorong munculnya berbagai aplikasi kirim barang yang memberikan solusi praktis dan efisien untuk kebutuhan pengiriman barang di Indonesia dan negara lain.

Pada artikel ini kita akan membahas tentang macam-macam aplikasi kirim barang di Indonesia yang memudahkan Anda dalam proses pengiriman barang. Baca selengkapnya sampai selesai ya!

Mengapa Memilih Aplikasi Kirim Barang?

aplikasi kirim barang
Sumber: unsplash.com

Dalam era modern yang serba digital ini, kebutuhan pengiriman barang semakin meningkat. Apakah itu untuk skala bisnis atau kebutuhan pribadi, ada kebutuhan untuk mengirim barang dengan cepat dan aman. Inilah mengapa penggunaan aplikasi pengiriman barang semakin populer.

Aplikasi kirim barang umumnya menawarkan fitur online booking yang memudahkan pengguna untuk memesan layanan pengiriman tanpa perlu keluar rumah. Cukup dengan beberapa klik, pengguna dapat melakukan penjemputan barang dari rumah atau kantor.

Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan fitur cek ongkir atau cek biaya pengiriman. Pengguna bisa mendapatkan perkiraan biaya pengiriman sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan tersebut.

Fitur lain yang tidak kalah penting adalah tracking pengiriman barang. Dengan fitur ini, pengguna bisa melacak posisi barangnya secara real time. Ini memberikan rasa aman dan tenang kepada pengguna, karena mereka bisa mengetahui kapan barang mereka akan sampai di tujuan.

Baca Juga : Kirim Barang Berat Pake Apa? Ini nih Rekomendasinya

Berbagai Pilihan Aplikasi Kirim Barang di Indonesia

aplikasi kirim barang
Sumber: unsplash.com

Berikut beberapa aplikasi kirim barang yang populer di Indonesia:

1. GoSend

Everpro
Sumber: google.com

GoSend adalah layanan pengiriman barang dari Gojek yang dapat digunakan untuk mengirim barang dalam kota di lebih dari 50 kota di Indonesia. Pengguna dapat melacak pengiriman secara real-time dan mendapatkan bukti pengiriman yang diambil langsung oleh kurir.

2. GrabExpress

Everpro
Sumber: google.com

Layanan pengiriman dari Grab ini menawarkan pengiriman cepat dalam kota dengan fitur tracking real-time. GrabExpress juga memungkinkan pengguna untuk memilih layanan pengiriman instan atau pengiriman di hari yang sama.

3. JNE

Everpro
Sumber: google.com

JNE adalah perusahaan kurir lokal yang sudah lama beroperasi di Indonesia. Aplikasi JNE memungkinkan pengguna untuk memantau status pengiriman dan cek ongkir.

4. SiCepat

Everpro
Sumber: google.com

SiCepat adalah layanan kurir lokal Indonesia yang menawarkan berbagai layanan pengiriman, termasuk pengiriman cepat, pengiriman hari yang sama, dan pengiriman e-commerce. Aplikasi SiCepat memungkinkan pengguna untuk melakukan booking pengiriman, cek ongkir, dan melacak pengiriman.

5. Pos Indonesia

Everpro
Sumber: google.com

Sebagai perusahaan pos nasional, Pos Indonesia menawarkan berbagai layanan pengiriman melalui aplikasinya, mulai dari pengiriman surat, dokumen, paket, hingga logistik.

6. AnterAja

Everpro
Sumber: google.com

AnterAja adalah aplikasi kirim barang dengan harga terjangkau dan waktu pengiriman yang cepat. Mereka memiliki beberapa jenis layanan pengiriman, mulai dari Same Day Service, Next Day Service, dan Regular Service.

7. Paxel

Everpro
Sumber: google.com

Paxel merupakan aplikasi pengiriman barang dengan fokus pada pengiriman antar kota dan dalam kota. Keunggulan Paxel adalah layanan pengiriman 24 jam dan fitur “sameday delivery” atau pengiriman dalam hari yang sama.

8. Lalamove

Everpro
Sumber: google.com

Lalamove menawarkan berbagai layanan pengiriman, mulai dari pengiriman dokumen, makanan, barang pindahan, hingga logistik untuk kebutuhan bisnis. Ekspedisi ini juga memiliki fitur tracking real-time dan penjemputan barang.

Ingatlah bahwa setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Maka dari itu, sebaiknya pilih aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga: 11 Cara Mudah Kirim Barang ke Dalam dan Luar Negeri

Bagaimana Cara Menggunakan Aplikasi Kirim Barang?

aplikasi kirim barang
Sumber: unsplash.com

Menggunakan aplikasi kirim barang cukup mudah. Berikut cara menggunakan aplikasi kirim barang:

  • Unduh aplikasi dari App Store atau Google Play Store. Setelah itu, daftarkan diri Anda dan lengkapi profil Anda.
  • Selanjutnya, pilih layanan yang Anda butuhkan. Jika Anda ingin mengirim barang, masukkan detail pengiriman seperti alamat pengiriman, jenis barang, dan berat barang. Anda juga bisa cek ongkir untuk mendapatkan perkiraan biaya pengiriman.
  • Setelah itu, lakukan pembayaran. Sebagian besar aplikasi kirim barang menawarkan berbagai metode pembayaran, seperti kartu kredit, transfer bank, dan dompet digital.
  • Setelah pembayaran dilakukan, aplikasi akan mencari pengemudi yang tersedia di kota atau area Anda. Pengemudi akan datang untuk penjemputan barang dan mengirimkannya ke tujuan.
  • Selama proses pengiriman, Anda bisa memantau posisi barang Anda melalui fitur tracking pengiriman barang. Ini memberikan Anda ketenangan pikiran, karena Anda bisa mengetahui kapan barang Anda akan sampai di tujuan.

Kesimpulan Aplikasi Kirim Barang

Everpro
Sumber: unsplash.com

Penggunaan aplikasi kirim barang memang telah membawa revolusi dalam industri logistik. Dengan berbagai fitur yang ditawarkan, seperti online booking, cek ongkir, tracking pengiriman barang, dan lainnya, pengiriman barang menjadi lebih mudah dan praktis.

Namun, pilihlah aplikasi yang terpercaya dan memiliki reputasi baik. Baca juga ulasan dari pengguna lain untuk mengetahui kualitas layanan yang ditawarkan oleh aplikasi tersebut.

Oleh karena itu, tunggu apalagi? Mulailah menggunakan aplikasi kirim barang untuk memudahkan kegiatan pengiriman Anda. Dengan begitu, Anda bisa fokus pada hal lain yang lebih penting.

Karena, di era digital ini, segala sesuatu bisa dilakukan dengan mudah dan cepat, termasuk pengiriman barang.

Nah buat Anda yang ingin mengirim barang tapi dapat mendapatkan banyak keuntungan, bergabunglah bersama Everpro Shipping!

Benefit Layanan Shipping

  • Murahnya Kirim Paket dengan Cashback hingga 30% untuk metode pengiriman reguler. (Ref: Promo Page)
  • Gratis biaya retur paket (Sejauh ini hanya berlaku hingga 31 Maret 2023)
  • Bebas tentukan kurir ekspedisi favorit dari 15+ pilihan ekspedisi ke seluruh Indonesia.
  • Sekali transaksi, bisa kirim ke banyak lokasi (Upload bulk orders)
  • Pencairan dana COD hanya 1 hari (kerja).
  • Jemput paket di mana saja dan bebas tentukan jadwalnya kapan saja.
  • Butuh data aktivitas penjualan? Tenang, semua orderan bisa diunduh dalam bentuk laporan.

 

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya