everpro

Aplikasi Lalamove Driver: Fitur dan Cara Menggunakannya

aplikasi lalamove driver

Baru menjadi driver di Lalamove? Ketahui cara menggunakan Aplikasi Lalamove Driver. Simak informasi aplikasi Lalamove Driver disini.

Lalamove adalah jasa pengiriman berbasis aplikasi untuk mengirimkan barang on-demand dengan mencocokkan pengemudi dan pelanggan.

Adanya aplikasi ini juga memudahkan pengemudi untuk mengatur pekerjaan sesuai kemampuan dan kebutuhannya. 

Sebagai driver tentu wajib mengetahui cara menggunakan aplikasinya. Karena seluruh proses pengiriman, dari mulai menerima pesanan hingga menyelesaikan pesanan akan menggunakan aplikasi yang tersedia.

Lantas, bagaimana cara menggunakan aplikasi Lalamove driver? Baca ulasan lengkapnya hingga selesai ya.

Apa Itu Aplikasi Lalamove Driver?

aplikasi lalamove driver
Sumber: google.com

Aplikasi Lalamove Driver adalah sebuah aplikasi khusus untuk pengemudi menerima order dan mengirim barang secara instan selama 24 jam.

Driver akan menerima pesanan pengiriman yang masuk melalui aplikasi ini. Kemudian, driver dapat mengambil ataupun menolak pesanan yang masuk.

Pengemudi memiliki kendali penuh atas jumlah pengiriman yang akan mereka ambil. Berbeda dengan kurir pengiriman pada umumnya yang mendapat tugas sesuai jam operasional untuk mengirimkan barang yang diperintahkan.

Di Lalamove, kurir dalam hal ini driver lah yang menentukan jam operasional dan jumlah pekerjaan dalam sehari. Tentunya semakin banyak orderan yang driver ambil, akan semakin besar juga penghasilan yang bisa didapatkan.

Everpro

Jadi, sederhananya aplikasi Lalamove driver seperti aplikasi ojek online namun khusus untuk pengiriman barang saja.

Baca juga: Lalamove: Layanan Pengiriman Instan 24/7 Untuk Anda

Fitur dalam Aplikasi Lalamove Driver

aplikasi lalamove driver
Sumber: google.com

Sebelum menggunakan aplikasi khusus pengemudi ini, sebaiknya perhatikan dulu apa saja fitur yang tersedia beserta fungsinya. Dengan begitu, dapat memudahkan pengemudi saat menggunakan aplikasinya.

Melansir dari aplikasi dan situs Lalamove, berikut adalah fitur yang terdapat di aplikasi khusus pengemudi Lalamove:

  • Pickup

Menu pickup yang terdapat di aplikasi ini berfungsi untuk melihat pesanan yang masuk. Selanjutnya pengemudi dapat menerima pesanan dan mengambil barang dari pengirim untuk lanjut mengirimkannya ke alamat penerima sesuai yang tertera di pesanan masuk.

  • Records

Dalam fitur records atau catatan, driver dapat melihat riwayat pengiriman. Baik itu pengiriman yang telah selesai maupun yang cancel. Pengemudi dapat melacak catatan pengiriman dan melihat hasil pendapatan kapanpun di bagian Income Statistics.

  • Wallet

Pada menu ini driver dapat melihat saldo yang dimiliki. Pada menu ini pengemudi dapat melakukan top up saldo maupun pencairan ke rekening yang telah driver daftarkan.

  • Mission

Selanjutnya terdapat juga fitur mission, yaitu tantangan yang dapat driver laksanakan untuk memperoleh penghargaan atau rewards tertentu. Biasanya dalam satu misi, terdapat beberapa tantangan yang berkaitan dengan penyelesaian pengiriman.

  • Filter Order

Fitur lainnya yang terdapat dalam aplikasi Lalamove driver adalah filter order. Fitur ini berfungsi untuk memudahkan pengemudi dalam menemukan pesanan sesuai keinginan.

Mengutip dari situs Lalamove, cara menggunakan filter order di aplikasi ini adalah: klik ikon filter – pilih waktu order – pilih lokasi order – klik terapkan – hapus filter (jika ingin melihat order keseluruhan).

Cara Menggunakan Aplikasi Lalamove Driver

aplikasi lalamove driver
Sumber: google.com

Setelah mengetahui apa itu aplikasi Lalamove driver dan apa saja fitur yang tersedia, pengemudi dapat lebih mudah dalam menggunakan aplikasi ini.

Adapun cara menggunakan aplikasi ini dapat memiliki perbedaan waktu dalam mengantarkan pesanannya. Karena terdapat beberapa jenis pesanan.

Lebih lanjut, berikut adalah jenis pesanan serta cara mengambil order Lalamove driver.

Jenis Pesanan Lalamove Driver

Order yang masuk di aplikasi driver pada menu pickup, terdapat tiga jenis pesanan yang perlu pengemudi perhatikan untuk mengetahui waktu penjemputan dan pengiriman barangnya.

Pengiriman Kilat

Jenis pesanan ini merupakan pengiriman instan atau kilat. Driver harus menjemput paket ke lokasi yang pengirim tentukan maksimal dalam kurun waktu 20 menit. 

Dalam hal ini, pengirim juga harus memastikan paket sudah siap untuk dikirim. Setelah pengemudi menjemput paket barang akan tiba di lokasi penerima kurang lebih dalam 1 (satu) jam, bahkan bisa lebih cepat.

Pengiriman Terjadwal – Pada Hari yang Sama

Pada jenis order ini, driver akan melakukan konfirmasi bahwa akan menjemput paket di lokasi dan hari yang sama sesuai jadwal yang pengirim atur.

Paket harus sudah siap untuk driver ambil sesuai dengan jadwal. Kemudian estimasi paket sampai ke lokasi penerima yaitu kurang lebih 1 jam dari waktu penjemputan.

Pengiriman Terjadwal – Keesokan Hari

Jenis order terjadwal lainnya adalah untuk pengiriman keesokan hari. Pengirim dapat mengatur jadwal untuk kirim keesokan hari hingga 30 hari kedepan.

Driver yang menerima order ini akan mengkonfirmasi penjemputan paket sesuai dengan lokasi dan jadwal yang pengirim atur. 

Sama seperti sebelumnya, paket harus sudah siap sesuai jadwal penjemputan. Kemudian estimasi paket sampai ke lokasi penerima yaitu kurang lebih 1 jam dari waktu penjemputan.

Cara Mengambil Order 

Menggunakan aplikasi Lalamove driver terbilang mudah, karena pengemudi bisa melihat langsung order yang masuk dan langsung mengerjakannya.

Adapun cara ambil order di aplikasi ini, yaitu:

  1. Pastikan akun driver dalam Status Bekerja aktif atau menggeser tombol ke arah kanan
  2. Orderan akan masuk ke akun anda di menu Pickup atau Pengambilan. Lalu pilih salah satu pesanan yang akan anda jemput
  3. Terdapat informasi rincian pengiriman, metode pembayaran, serta total tarif dari setiap pesanan. Setelah memilih pesanan klik Ambil Pesanan
  4. Kemudian driver dapat menggunakan menu chat atau telepon untuk berkomunikasi dengan pengirim. Tekan tombol Maps untuk mendapat petunjuk arah ke lokasi pelanggan
  5. Jemput paket ke alamat penjemputan, kemudian ambil dan simpan foto sebagai dokumentasi bukti telah mengambil barang.
  6. Selanjutnya klik Sudah Diambil
  7. Lanjutkan proses pengiriman dengan mengantarkan paket ke alamat penerima sesuai dengan lokasi yang tertera di aplikasi
  8. Setelah sampai ke lokasi penerima, dan hendak menyerahkan barangnya foto terlebih dahulu sebagai dokumentasi barang telah sampai ke penerima
  9. Kemudian klik Selesai di aplikasi

Cara Membatalkan Order

Driver juga bisa melakukan pembatalan atau cancel order yang masuk jika mengalami kendala atau kondisi tertentu.

Mengutip dari situs Lalamove, driver dapat membatalkan pesanan dengan menghubungi Pusat Bantuan serta mengirim bukti foto ke Agen Lalamove melalui Live Chat.

Lebih lanjut, berikut adalah langkah cancel order dan upload foto bukti di Live Chat aplikasi Lalamove Driver:

  1. Pada halaman utama aplikasi ini, tekan ikon chat di kanan bawah
  2. Setelah live chat tampil, beritahukan keinginan anda untuk cancel order dan sertakan bukti fotonya
  3. Klik ikon ‘Gambar’ kemudian pilih ‘Ambil Foto’ atau ‘Ambil dari Galeri’
  4. Kemudian lampirkan bukti foto tersebut
  5. Sampaikan kendala dan tunggu hingga mendapatkan penyelesaian
  6. Setelah semuanya selesai, tekan tanda silang dan konfirmasi ‘Akhiri Chat’

Baca juga: 3 Cara Lalamove Tracking, Pantau Paket Secara Real Time!

Demikian penjelasan tentang aplikasi Lalamove driver mulai dari fitur dan cara menggunakannya.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak juga berbagai artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait