everpro

Pahami Arti BT dalam Jual Beli Online Serta Istilah Penting Lainnya

Sebagai panduan ketika berbelanja online, pahami arti BT dan istilah-istilah lainnya yang biasanya digunakan dalam proses jual beli online dalam artikel ini!.

Kegiatan jual beli online semakin populer di Indonesia karena menawarkan kemudahan dan kenyamanan. 

Namun, sebelum melakukan transaksi, penting untuk memahami istilah-istilah yang digunakan agar tidak salah dalam interpretasi. 

Artikel ini akan menjelaskan arti BT dalam jual beli online serta memperkenalkan istilah-istilah penting lainnya yang mungkin sering Anda temui.

Baca : 6 Aplikasi Belanja Online Bisa COD Bikin Belanja Lebih Mudah, Yuk Intip Daftarnya!

Istilah dalam Jual Beli Online di Marketplace

Arti BT dalam Jual Beli Online
Sumber : Canva.com

Berikut ini adalah penjelasan dari istilah dalam proses jual beli online yang mungkin sering Anda temui di marketplace.

COD 

COD merupakan singkatan dari “cash on delivery”, yang berarti pembayaran dilakukan saat barang diterima.

Istilah ini biasanya digunakan untuk transaksi jual beli online yang dilakukan secara langsung.  Contoh: COD hanya di sekitar Jakarta Pusat, harga Rp100.000

PO (Pre Order)

Adalah istilah untuk menjelaskan pemesanan produk sebelum barang tersebut tersedia, biasanya dengan pembayaran di muka DP.

DP  ( Down Payment)

Down Payment adalah pembayaran awal, pembayaran yang biasanya untuk tanda jadi, selanjutnya sisanya dilakukan sesuai kesepakatan. Bila sudah lunas, barang baru akan dikirimkan.

Refund

Istilah ini merujuk pada proses pengembalian uang kepada pembeli karena alasan tertentu, misalnya barang rusak atau tidak sesuai dengan deskripsi.

Review

Seperti artinya istilah untuk ulasan atau pendapat pembeli mengenai produk atau layanan yang diberikan penjual.

Testimonial

Kesaksian atau rekomendasi dari pembeli yang puas terhadap produk atau layanan penjual. Biasanya bisa dalam bnetuk kalimat dengan rate penilaian,

Wishlist 

Daftar produk yang diinginkan oleh pembeli, sering digunakan untuk menyimpan produk yang akan dibeli di kemudian hari.

CO (Checkout)

Proses terakhir dalam pembelian di mana pembeli melakukan pembayaran dan mengkonfirmasi pesanan.

Out of Stock

Barang yang terjual sudah habis persediaannya atau terkenal pula dengan istilah stok habis.

Restock

Adalah proses untuk mengisi kembali stok yang telah habis, biasanya dilakukan pada barang-barang tertentu yang penjualannya tinggi.

DO (Delivery Order)

Adalah model penjualan yang dikirimkan langsung oleh penjual, artinya pembeli bisa pesan secara online dan melakukan pembayaran, barang akan segera dikirimkan. Biasanya untuk produk-produk makanan yang tidak jauh dari tempat penjual.

Hit and Run

Istilah ini sebenarnya untuk menggambarkan kondisi pembeli yang sudah melakukan order tetapi tidak kunjung melakukan pembayaran atau istilah sakleknya adalah kabur setelah pesan dan tanpa bayar.

Istilah dalam Jual Beli Online di Sosial Media 

Arti BT dalam Jual Beli Online
Sumber : Canva.com

Selanjutnyanya adalah istilah-istilah dalam jual beli online yang biasanya muncul  di sosial media seperti Instagram, X, dan Tiktok.

Adanya keterbatasan characters dalam penulisan pada caption maka sering kali membuta usersnya untuk menggunakan beberapa singkatan seperti berikut.

WTS (Want to Sell

WTS merupakan singkatan dari “want to sell”, yang berarti ingin menjual. Istilah ini biasanya digunakan oleh penjual untuk menawarkan barang dagangannya.

Contoh: WTS Samsung A54, warna white, masih baru, harga Rp 9.000.000

WTB (Want to Buy)

WTB merupakan singkatan dari “want to buy”, yang berarti ingin membeli. Biasanya ini untuk memudahkan ketika pembeli untuk mencari barang yang di sosial media.

Contoh: WTB Tiket Konser NIKI Jakarta 2 Januari Cat 1, DM Me.

 WTT (Want to Trade

WTT adalah singkatan dari ” want to trade”, yang berarti ingin menukar barang yang dia miliki dengan orang lain yang mungkin mencari barang miliknya.

Contoh : WTT Tiket Konsert Seventeen Be The Sun Jakarta 21 Agustus 2023  Cat Pink to Cat Blue.

Sealed dan Unsealed 

Keduanya adalah istilah yang sering ada jika membeli barang yang datang dalam kondisi apa nantinya. Sealed artinya barang dibuka oleh penjual atas permintaan pembeli sebelumnya. Sedangkan Unsealed adalah barang yang masih ada segelnya.

Contoh : PO Album Seventeen Carat Ver- FML Sealed (Bisa pilih cover)

Refurbished 

Refurbished merupakan barang bekas yang telah diperbaiki dan diperbaharui kondisinya. Contohnya : Refurbished MacBook Pro 2022, M2, 14 inci, warna Silver, harga Rp15.000.000

Preloved

Istilah preloved merupakan barang bekas yang masih layak pakai  lalu jual dengan harga yang lebih murah dari harga barang baru.

Contoh: Preloved sepatu Hoodie Champion ukuran L, harga Rp 250.000

BT 

Adalah istilah untuk Bank Transfer dan juga Barter, jadi make sure lagi konteks pembicayaan sebelumnya. Jika mengarah pada proses pembayaran maka BT adalah Bank Transfer jika bukan maka maksud yang satunya lagi yaitu ingin saling bertukar barang.

Dropship

Dropship merupakan sistem penjualan yang mana penjual tidak memiliki barang secara nyata Penjual hanya berperan sebagai perantara antara pembeli dan supplier.

Contoh: Dropship Jaket  Vintage, harga mulai dari Rp 50.000

DM / PM 

DM merupakan singkatan dari “direct message” sedangkan PM adalah “personal message”, yang berarti pesan langsung.

Istilah ini biasanya  untuk menghubungi penjual atau pembeli secara langsung melalui fitur pesan pribadi di media sosial atau aplikasi jual beli online. Contoh: DM untuk info lebih lanjut.

Demikianlah informasi singkat mengenai arti BT dalam istilah jual-beli. Semoga bermanfaat dan sebarkan juga artikel ini agar semakin bermanfaat. Jangan lewatkan artikel informatif lainnya di Everpro.

Baca juga : Apa Artinya Order Dalam Aktivitas Jual Beli Online, Cek di Sini!

Fenti Perniawati

Fenti Perniawati

Seorang Junior SEO Content Writer, aktif menulis dan mengedit artikel yang berkaitan dengan Bisnis dan Digital Marketing untuk Blog Everpro. Pernah mengerjakan project SEO mulai dari research keyword, produksi content blog dan reporting untuk website otourism.id. Saya terus belajar untuk membuat artikel yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Semoga lewat tulisan artikel yang saya buat, kita bisa saling belajar dan menemukan sudut pandang baru.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya