everpro

Apa Artinya Order Dalam Aktivitas Jual Beli Online, Cek di Sini!

Order artinya dalam online shop apa? Simak penjelasan lengkapnya seputar istilah order dalam bisnis online shop hanya di sini!

Perkembangan dunia digital semakin memudahkan aktivitas masyarakat dalam memenuhi kebutuhan. Salah satunya yaitu dengan adanya online shop.

Dalam kegiatan jual beli online, terdapat berbagai istilah yang menjelaskan suatu aktivitas, proses, barang, dan lain sebagainya.

Salah satu istilah yang esensial dalam kegiatan jual beli online ini adalah order. Apakah artinya?

Sebagian besar mungkin sudah mengetahui apa arti order, terutama bagi yang sering belanja online. Jika belum terlalu memahami pengertian dan istilah terkait lainnya, baca lebih lanjut disini.

Baca juga: Arti Loading Adalah? Penjelasan Dalam Konteks Pengiriman

Order Artinya Apa?

order
Sumber: pexels.com

Bukan hal yang baru bahwa banyak istilah yang merupakan kata dari bahasa asing, khususnya Bahasa Inggris. Arti order menurut Cambridge Dictionary adalah a request to make, supply, or deliver food or goods.

Hasil terjemahan kedalam Bahasa Indonesia dari pengertian kata ini adalah suatu permintaan untuk membuat, memasok, atau mengirimkan makanan atau barang. 

Selanjutnya, mengutip dari KBBI order artinya perintah untuk melakukan sesuatu; pesanan. Jadi, singkatnya arti kata ini adalah pesanan, yang juga merupakan permintaan atau perintah untuk melakukan sesuatu.

Kata ini sering terdapat dalam berbagai aktivitas, seperti saat berbincang, memesan di restoran, hingga belanja online.

Arti Pesanan dalam Kegiatan Jual Beli Online

orderan
Sumber: pexels.com

Pesanan adalah kata yang umum terdapat dalam kegiatan jual beli online. Karena kata ini menjelaskan kegiatan pembeli memesan barang kepada penjual secara online

Setelah penjual menerima pesanan dari pembeli, selanjutnya akan menyiapkan barang untuk kemudian dikirim ke alamat penerima melalui jasa pengiriman.

Biasanya, dalam dunia online shop pengguna akan menyebut pesanan sebagai orderan. Jadi, orderan artinya adalah pesanan atau permintaan pembelian yang penjual terima dari pembeli. Terdapat juga beberapa istilah terkait sebagai berikut: 

Open Order Artinya

Dalam kegiatan jual beli online, sering terdengar istilah open order yang artinya adalah barang telah tersedia untuk bisa pembeli pesan. Kemudian penjual akan langsung mengemas pesanan dan mengirimkannya ke alamat penerima.

Terdapat juga istilah Open PO atau Open Pre-Order artinya yaitu pembeli dapat melakukan pemesanan terlebih dahulu sebelum barang selesai atau tersedia. Kemudian setelah barang tersedia, penjual akan langsung mengatur pengiriman ke pembeli.

Arti Track Order

Istilah ini memiliki arti lacak pesanan. Dalam kegiatan belanja online, pembeli bisa melacak pesanan untuk mengetahui sudah sampai mana proses pembelian barang.

Biasanya tahapan membeli barang secara online adalah konfirmasi penjual, pengemasan, dan pengiriman ke lokasi penerima.

Jadi, istilah ini menandakan bahwa pembeli dapat melacak pesanan sudah dalam tahapan mana.

Arti List Order

Jika mengartikan setiap kata tersebut ke dalam Bahasa Indonesia, maka artinya adalah daftar pesanan. Daftar pesanan menunjukkan ada berapa pesanan dalam satu transaksi dengan keterangan jumlah nominal.

Last Order Artinya

Kemudian, terdapat juga istilah ini yang memiliki arti pesanan terakhir. Dalam kegiatan jual beli online, biasanya istilah ini menunjukkan waktu terakhir untuk melakukan pesanan.

Contoh pengaplikasiannya adalah keterangan waktu pesanan terakhir pada jam 20.00 WIB. Jika ada pesanan lebih dari jam tersebut maka penjual akan mengerjakannya pada keesokan hari.

Order Delivery Time Artinya

Setelah pesanan siap, maka penjual akan mengirimkan ke alamat penerima menggunakan jasa pengiriman. Pada saat penjual telah menyerahkan pesanan ke kurir jasa pengiriman maka akan terdapat keterangan waktu pengiriman pesanan atau order delivery time.

Pembeli dapat mengetahui saat melacak pesanan, pada detail pengiriman akan tercantum informasi waktu pengiriman pesanan.

Pre Order Artinya

Pada saat melakukan jual beli pasti istilah pre-order tidak asing terdengar di telinga kita. Namun, apakah arti dari pre-order itu? ternyata masih banyak yang belum mengetahui pengertiannya.

Pre-order memiliki arti yaitu sistem pembelian ketika barang yang dipesan belum tersedia pada penjual. Contohnya Anda memesan sepatu import yang mana sepatu ini tidak tersedia atau ready stock pada penjual.

Nah, Anda memesan sepatu itu dan akan diantar oleh penjual ketika barang tersebut sudah tersedia atau ready stock.

Closed Order Artinya

Selanjutnya ada istilah Closed Order yang memiliki arti bahwa penjual sudah menutup proses pemesanan atau sudah tidak menerima pesanan lagi.

Jika Anda menemukan istilah ini pada penjual saat berbelanja online maka Anda harus mencari produk tersebut di penjual lain atau menunda pembelian.

Custom Order Artinya

Kemudian, ada istilah custom order yang memiliki arti pemesanan untuk suatu produk yang telah disesuaikan dengan permintaan dan keinginan dari customer.

Biasanya penjual akan menyediakan produk yang serupa namun memiliki perbedaan tergantung permintaan dan keinginan dari customer.

Contohnya seperti Anda memesan meja, tapi Anda memiliki permintaan khusus seperti warna, ukuran, tinggi, bahan dasarnya dan lain-lain.

Baca juga: Ini Dia! On Process Artinya Dalam Jasa Pengiriman

Demikian penjelasan mengenai order artinya dalam kegiatan jual beli online.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak juga berbagai artikel informatif dari Everpro lainnya.

Ingin usaha yang tapi masih bingung mau jualan produk apa? atau Masih bingung usaha yang bisa meraup banyak keuntungan?

Yuk, coba usaha produk di Everpro Product Sourcing! Banyak loh berbagai kemudahan yang bisa di ambil,

Picture of Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya