everpro

Jangan Bingung Lagi! Inilah 3 Arti PO dalam Jualan Online yang Wajib Kamu Ketahui

Pernahkah kamu menemukan istilah PO saat berbelanja online? Yuk, simak artikel arti PO dalam jualan online sampai habis untuk strategi penjualan yang efektif!

Sering sekali istilah pre-order atau yang biasa disingkat dengan PO berseliweran di dalam dunia jualan online, mau itu di media sosial maupun marketplace.

Diyakini PO menjadi strategi pemasaran produk yang efektif untuk meningkatkan penjualan serta mengoptimalkan stok barang.

Namun tahukah kamu apa arti sebenarnya PO dalam jualan online?

Tenang dan jangan khawatir karena Everpro akan membahasnya untuk pebisnis online pemula khususnya agar memahami dan mengetahui perbedaan istilah PO dalam bisnis online.

Arti PO dalam Jualan Online

Di dalam bisnis online sebenarnya istilah PO memiliki beberapa arti yang merujuk pada beberapa hal yang perlu dipahami oleh pebisnis online.

Kalau kamu merasa bingung tentang perbedaannya, maka dari itu simak penjelasan di bawah ini untuk kamu pelajari dan pahami lebih lanjut.

  • Pre-Order 

Jika kamu sering berbelanja online pastinya tidak asing dengan istilah satu ini yaitu pre-order dimana pemesanan produk yang memberlakukan sistem kuota.

Selain itu, sistem pre-order sendiri mempunyai deadline waktu tertentu dan akan memproses semua pesanan ketika kuota tersebut sudah terpenuhi.

Barang atau produk yang dilakukan dengan sistem pre-order akan dikirimkan beberapa hari atau waktu yang ditentukan setelah pembayaran.

Ada dua cara pembayaran pembayaran yang bisa dilakukan di sistem pre-order yakni pembayaran penuh di awal dan down payment (DP) yang dilakukan dua kali yaitu pada saat awal pemesanan dan ketika barang sudah sampai ditangan pembeli.

  • Purchase Order

Istilah PO selanjutnya sudah tidak asing lagi di perusahaan skala besar maupun kecil yaitu Purchase Order yaitu dokumen yang digunakan untuk bukti pemesanan barang.

Purchase Order biasanya berisi mengenai informasi penting yaitu nama pembeli, jumlah barang, tanggal pemesanan, metode pembayaran, dan lain-lain.

Transaksi di perusahaan menggunakan Purchase Order sebagai bahan rekapitulasi transaksi yang disertai dengan bukti penagihan.

  • Payout

Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui istilah yang satu ini yaitu Payout dimana penggunaannya sangatlah jarang di masyarakat umum atau bisnis online.

Kegunaan payout dalam bisnis online adalah untuk pembayaran atau proses pencairan oleh perusahaan kepada kolega bisnis kamu.

Contoh dari aplikasi penggunaan Payout misalnya kamu ingin memproses pencairan dana oleh marketplace ke para pemilik toko online di berbagai platform.

Manfaat PO (Pre-Order) dalam Jualan Online

arti po dalam jualan online
Sumber: google.com

Sisi penjual dalam dunia bisnis online belum banyak mengetahui beberapa manfaat dari pre-order.

Dari sisi penjual pre-order memiliki manfaat yaitu dapat meminimalisir toko sesuai dengan jumlah pesanan, sehingga dapat mengurangi risiko kelebihan stok yang mengakibatkan finansial bisnis menjadi rugi.

Selain itu, sistem pre-order membantu kamu untuk mendapatkan modal awal yang digunakan untuk pembelian barang maupun produksi.

Sistem pre-order bisa membuat suasana antusiasme yang tinggi ketika produk tersebut diluncurkan dan sangat efektif untuk meningkatkan brand awareness dan menarik calon pembeli.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sistem PO dalam Jualan Online

arti po dalam jualan online
Sumber: google.com

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat kamu menjadi pihak penjual dalam sistem pre-order, maka dari itu berikut adalah faktor yang paling utama pendukung keberhasilan usaha dalam pre-order.

  • Kredibilitas Vendor

Kamu perlu memperhatikan kredibilitas vendor agar sistem pre-order berjalan lancar dengan melihat kualitas yang mampu menghasilkan barang tepat waktu.

Cari tahu dengan riset yang mendalam terkait reputasi dari vendor yang kamu pilih. Harga juga menjadi patokan untuk acuan kamu dalam mengeluarkan biaya.

  • Aturan Pembelian

Sistem pre-order memiliki aturan pembelian dimana hal ini bisa membantu calon pembeli mengerti alur transaksi yang sedang berlangsung.

Ada beberapa aturan pembelian yang perlu kamu perhatikan seperti aturan pengembalian dana, waktu pengiriman barang, jumlah kuota pemesanan, dan sistem pengiriman barang.

  • Kualitas Produk

Konsumen puas dengan kualitas produk akan menciptakan kesenangan tersendiri bagi penjual atau pebisnis online.

Kualitas produk atau barang perlu kamu perhatikan karena dengan begitu membuat mereka untuk balik lagi ikut melakukan sistem pre-order yang kamu selenggarakan kembali.

Cara ini bisa membuat pembeli menjadi pelanggan tetap dan tidak merasa kapok untuk melakukan transaksi belanja online.

  • Target Penjualan

Kamu perlu memiliki target penjualan yang jelas, sehingga penjualan yang kamu lakukan mempunyai target penjualan yang memperoleh keuntungan.

Keuntungan dan Kerugian Sistem PO dalam Jualan Online

arti po dalam jualan online
Sumber: google.com

Dalam sistem pre-order juga memiliki keuntungan dan kerugian yang bisa menjadi pertimbangan bagi kamu sebagai penjual bisnis online.

Keuntungan

  • Menjaga Kualitas Stok Barang

Ketika kamu melakukan sistem pre-order secara langsung kamu akan memahami berapa banyak permintaan yang masuk, sehingga dengan begitu kamu dapat memperkirakan jumlah stok.

  • Pendapatan yang Terjamin

Produk yang dijual di sistem pre-order juga 100 persen akan laku karena akan dilakukan prosesnya jika kuota sudah terpenuhi, sehingga kamu akan mendapatkan pendapatan yang terjamin.

  • Menimbulkan Sensasi

Keterbatasan produk yang disediakan dalam pre-order membuat orang-orang antusiasme untuk membeli yang membuat permintaan pasar meningkat.

Kunci peluang usaha sebenarnya terletak pada sensasi yang ditimbulkan, sehingga dapat meningkatkan penjualan dan brand awareness tanpa perlu repot.

Kerugian

  • Reputasi Bisnis Rusak Jika Salah Strategi

Kedengarannya memang pre-order mudah untuk dijalankan, namun perlu strategi untuk berhasil dan membuat pembeli merasa puas telah menunggu barang.

Kualitas produk sangatlah penting, sehingga kamu diusahakan untuk mengirimkan barang yang sesuai dengan kualitas yang telah dilakukan sebelumnya dengan cara mempromosikan produk.

  • Pembeli Jenuh Akibat Lamanya Pengiriman Barang

Terkadang ada beberapa pembeli yang memiliki sifat yang tidak sabaran untuk menunggu pre-order yang menyebabkan mereka untuk membeli produk ready stock.

Untuk mencegah timbulnya rasa jenuh yang dialami pembeli, maka sebaiknya kamu memperkirakan waktu pre-order yang kamu selenggarakan.

Beri tahu apa adanya agar calon pembeli atau pembeli tidak berekspektasi lebih terhadap bisnis online kamu yang berisiko membuat reputasi tidak baik.

  • Produsen dan Supplier Telat Menyediakan Barang

Tidak akan menjadi masalah jika kamu memproduksi sendiri barang atau produk yang disediakan, namun akan menjadi masalah ketika kamu memilih produsen atau supplier yang tidak tepat.

Kembali ke poin hal yang perlu kamu perhatikan salah satunya memilih vendor produsen dan supplier, sehingga nama baik bisnis kamu tidak akan buruk di mata pembeli.

Itulah pembahasan mengenai beberapa arti PO dalam jualan online dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu mengetahui istilah di dalam dunia bisnis online.

Jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosialmu dan nantikan selalu artikel seputar bisnis lainnya yang pastinya informatif dan menarik hanya di Everpro!

Picture of Safira Rasendriya

Safira Rasendriya

SEO Content Writer yang memiliki minat di digital marketing dan bisnis. Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang Digital Marketing, saya telah mengembangkan keterampilan menulis yang kuat. Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dan optimasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan informatif.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Tips and Trik Kirim Paket

Pelajari lebih lanjut seputar tips and trik serta panduan untuk kirim paket hanya di Everpro.id. Ketahui beberapa informasi bermanfaat dan hal-hal penting yang harus diperhatikan