everpro

7 Tips Belajar Internet Marketing, Kuasai Ilmu Meski Dari Nol!

Mau tahu cara belajar internet marketing dari nol? Simak artikel seputar cara mempelajari internet marketing untuk kuasai ilmunya.

Di era yang serba digital ini, menuntut kita untuk selalu belajar dan up-to-date agar tetap berkembang dan tak kalah saing.

Begitupun dengan teknik pemasaran yang perlu bisnis tingkatkan. Tak hanya secara langsung, kini pemasaran juga bisa dilakukan secara online.

Bahkan pemasaran online memberikan hasil yang efektif untuk menjangkau target konsumen lebih luas. 

Oleh karena itu, mempelajari internet marketing sudah menjadi keharusan agar bisnis maupun karir di bidang marketing terus berkembang.

Namun bagaimana dengan pemula yang belum pernah mempelajarinya?

Tidak perlu khawatir, baca ulasan ini sampai habis untuk mengetahui tips dan sumber belajar internet marketing.

Baca juga: 7 Contoh Internet Marketing yang Sukses, Bisa Jadi Referensi!

Tips Belajar Internet Marketing

belajar internet marketing
Sumber: pexels.com

Internet marketing adalah suatu disiplin ilmu pemasaran untuk mempromosikan produk atau jasa menggunakan media online. 

Sekilas, mungkin terdengar sama dengan Digital Marketing. Namun, sebenarnya terdapat perbedaan diantara keduanya, yaitu:

“Perbedaan internet marketing dan digital marketing terletak pada penggunaan media pemasarannya. Internet marketing hanya berfokus pada media online yang menggunakan internet. Sedangkan digital marketing tak hanya sebatas yang ada di internet.”

Strategi internet marketing menjadi semakin penting karena sekarang banyak yang menggunakan internet untuk mencari informasi dan membeli produk atau jasa secara online.

Maka tak heran, banyak yang membutuhkan tenaga ahli di bidang ini. Karena ilmu yang terus berkembang, perlu kemauan untuk terus belajar.

Jika anda ingin mengembangkan karir dan menguasai ilmu dengan belajar internet marketing, ikuti beberapa tips berikut ini: 

  • Belajar Internet Marketing dengan Mempelajari Konsep Dasar

Langkah pertama dalam memulai belajar internet marketing adalah dengan memahami konsep dasar internet marketing. 

Adapun beberapa konsep dasar dalam ilmu ini antara lain SEO, PPC, email marketing, social media marketing, dan content marketing. 

Dengan memahami konsep dasarnya, maka akan memiliki pegangan yang kuat untuk mulai mempelajari strategi dan teknik internet marketing selanjutnya.

  • Belajar Internet Marketing Melalui Sumber Terpercaya

Saat ini ada banyak sekali sumber pembelajaran internet marketing yang tersedia di internet. Namun, tentu tidak boleh asal. 

Pilihlah sumber belajar yang terpercaya dan telah berpengalaman. Adapun beberapa sumber belajar yang terpercaya adalah situs web resmi Google, Moz, dan Neil Patel.

  • Lakukan Praktik dari Hasil Belajar 

Ilmu ini hanya akan menjadi sebatas teori tanpa belajar mempraktekannya. Seperti kata pepatah: practice makes perfect.

Begitupun dengan belajar internet marketing yang baru bisa menguasai jika mulai melakukan prakteknya. Bahkan dengan melakukan praktek juga bisa lebih belajar tentang penggunaan strateginya.

Contoh praktek yang bisa anda lakukan yaitu seperti, membuat blog, membuat fake project konten pemasaran, dan lainnya.

  • Selalu Ikuti Perkembangan Online Marketing Terbaru

Perkembangan internet marketing memang cukup cepat dan mudah berubah. Strategi yang berhasil saat ini, belum tentu akan tetap berhasil di masa depan.

Oleh karena itu, penting untuk terus mengikuti perkembangan terbaru dalam online marketing. Carilah sumber berita, situs web, hingga media sosial yang menyajikan info valid terkini terkait internet marketing.

  • Terus Belajar dan Berlatih Best Practice Internet Marketing

Sejatinya tidak ada yang bisa mempelajari internet marketing hanya dalam waktu singkat. Ilmu yang terus berkembang ini menuntut penggunanya untuk terus belajar dan berlatih.

Untuk semakin menguasai ilmu ini teruslah membaca buku, artikel, serta mengikuti kursus internet marketing. Praktikkan juga apa yang telah Anda pelajari dan coba strategi atau teknik baru dalam menjalankannya.

  • Mengikuti Kursus atau Pelatihan 

Saat ini sudah tersedia banyak tempat kursus atau pelatihan internet marketing baik secara online maupun offline. 

Dengan begitu anda bisa memilih kursus atau pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran. Biasanya, kursus atau pelatihan tersebut akan memberikan materi yang lebih terstruktur dan terarah daripada hanya belajar sendiri.

  • Bergabung dengan Komunitas Internet Marketing

Tips belajar internet marketing yang terakhir adalah bergabung dengan komunitas internet marketing. Dengan bergabung di komunitas ini, Anda bisa mempelajari lebih banyak terkait praktik terbaik serta pengalaman orang lain di bidang ini.

Caranya adalah dengan bergabung di grup media sosial atau forum internet marketing untuk bertukar pengalaman dan belajar dari orang lain.

Baca juga: 8+ Pelatihan Internet Marketing Terbaik 2023, Bisa Online!

Sumber untuk Belajar Internet Marketing

belajar internet marketing
Sumber: pexels.com

Setelah mengetahui berbagai tipsnya, ketahui juga sumber terbaik untuk mempelajari internet marketing. Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat belajar internet marketing:

  1. Google Digital Garage: terdapat berbagai materi internet marketing seperti SEO, PPC, analisis web. Setelah menyelesaikan program pelatihan online ini serta lulus tes, bisa mendapatkan sertifikat.
  2. Moz: situs ini menyediakan artikel, video, dan kursus gratis hingga berbayar terkait materi internet marketing seperti SEO, content marketing, dan lainnya.
  3. Neil Patel: seorang ahli internet marketing yang sudah populer dan memiliki website berisi artikel serta video terkait internet marketing.
  4. Hubspot: situs web yang menyediakan kursus dan sertifikasi terkait internet marketing. Beberapa topik yang dipelajari yaitu content marketing, social media marketing, dan email marketing.
  5. Coursera: situs web untuk kursus online dari berbagai universitas dan institusi terkemuka di dunia. Tersedia berbagai kursus internet marketing seperti SEO, social media marketing, dan content marketing.
  6. Udemy: website yang menyediakan kursus online dengan harga terjangkau tentang berbagai topik, termasuk internet marketing. 

Nah, itulah ulasan mengenai tips dan sumber belajar internet marketing untuk pemula dari nol. Belajar itu mudah dan bisa dimana saja, pastikan Anda memiliki kemauan yang kuat untuk menguasainya.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak juga berbagai artikel informatif dan up-to-date lainnya hanya dari Everpro!

Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya