Mau Tahu Cara Bayar Iklan di Instagram? Cek Disini!

cara bayar iklan di instagram

Masih bingung bagaimana cara bayar iklan di Instagram? Simak artikel ini untuk mendapatkan penjelasan lengkapnya.

Saat ini Instagram menjadi media sosial yang paling banyak digunakan. Berdasarkan survei dari Studi bertajuk Social Media Habit and Internet Safety, sebanyak 93% dari responden yang mengakses media sosial aktif menggunakan Instagram.

Berdasarkan data tersebut tentu media sosial ini memiliki peluang besar dalam mempromosikan produk atau jasa bisnis anda. Anda dapat melakukannya melalui Instagram Ads.

Ada banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan, seperti meningkatkan brand awareness, melakukan penargetan audiens lebih spesifik, hingga meningkatkan profit bisnis anda.

Dengan manfaat yang bisa anda dapatkan tentu ada biaya yang harus anda keluarkan. Melalui artikel ini akan dijelaskan cara bayar iklan di Instagram. Jadi, simak terus artikel ini ya!

Sekilas Mengenai Instagram Ads

cara bayar iklan insta ads
Sumber: pexels.com

Instagram Ads adalah sebuah platform untuk mempromosikan iklan anda yang dikelola oleh Instagram. Melalui layanan ini anda dapat mengoptimalkan strategi pemasaran untuk meningkatkan bisnis anda.

Cara kerja dari instagram ads ini ialah menampilkan iklan anda di feed maupun story target audiens. Anda dapat menentukan sendiri target audiens, sehingga penayangan iklan akan muncul kepada calon konsumen potensial.

Banyaknya manfaat yang bisa anda manfaatkan dari layanan ini tentu menjadi hal yang harus anda pilih sebagai salah satu media marketing anda. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal ada biaya yang perlu dikeluarkan.

Berikut penjelasan mengenai biaya iklan di Instagram.

Everpro

Biaya Iklan di Instagram

cara bayar iklan insta ads
Sumber: pexels.com

Harga pasang iklan instagram ads sebenarnya bervariasi, tergantung dengan tipe iklan yang anda pilih. Dengan begitu anda dapat menyesuaikan budget dengan tipe yang anda pilih.

Besaran biaya yang anda keluarkan mempengaruhi jangkauan iklan dan masa penayangannya. Biaya ini tergantung dari model iklan yang anda pilih, dan secara umum terbagi menjadi dua yaitu: biaya per klik atau cost-per-click (CPC) dan biaya per tayang atau cost-per-impression (CPM).

Dengan memilih biaya per klik (CPC) umumnya biaya yang harus anda keluarkan dengan sistem ini adalah USD 0,20 atau Rp 2.840,- hingga USD 2 atau setara dengan Rp 28 ribu.

Sedangkan jika memilih biaya per tayangan (CPM) anda akan melakukan pembayaran berkisar dari USD 6,70 atau Rp 95.190,- per 1000 tayangan.

Tapi, pada kenyataannya biaya iklan di Instagram terdapat faktor-faktor lain yang mempengaruhi besaran yang harus dibayar. Berikut faktor atau penyebab yang akan ditinjau oleh pihak Instagram untuk menentukan berapa biaya yang harus anda keluarkan.

  • Jumlah penawaran (bid amount).
  • Relevansi iklan.
  • Perkiraan tindakan (estimated action rates).
  • Faktor penawaran dan permintaan (supply and demand).
  • Beriklan pada waktu prime time.
  • Gender atau jenis kelamin.
  • Pasar yang dituju.

Berdasarkan beberapa faktor tersebut akan mempengaruhi biaya yang anda keluarkan, jadi anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan iklan yang akan tayang. Anda juga dapat melakukan penganggaran iklan Instagram Ads yang berlaku pada kurun waktu tertentu, dan sifatnya juga fleksibel.

Selanjutnya anda dapat melakukan pembayaran dengan beberapa cara. Simak penjelasan lengkap mengenai beberapa cara bayar iklan Instagram Ads.

Cara Bayar Iklan di Instagram

Langkah terakhir untuk menayangkan iklan melalui instagram Ads yaitu menentukan metode pembayaran. Berikut penjelasan mengenai cara membayarnya berdasarkan metode pembayaran yang tersedia:

1. Membayar dengan Kartu Kredit dan Debit

cara bayar iklan insta ads
Sumber: google.com

Metode pembayaran yang pertama yaitu dengan menggunakan kartu kredit dan debit. Setelah anda mengisi segala keterangan dan pilihan terkait penayangan anda, anda akan diarahkan ke pilihan metode pembayaran dengan langkah sebagai berikut

  • Klik pilihan metode pembayaran yang ada lalu anda pilih atau centang pada bagian Kartu Kredit atau Debit. Dengan menggunakan kartu kredit anda dapat melakukan pembayaran secara otomatis.
  • Kemudian masukkan informasi mengenai kartu kredit mencakup Nomor Kartu, bulan dan tahun kadaluarsa kartu kredit, serta kode keamanan yang tercantum. Anda harus memastikan bahwa informasi yang diisi sudah sesuai.
  • Langkah terakhir adalah klik tombol yang bertuliskan Lanjutkan. Tunggu sampai semua informasi yang anda masukkan terkonfirmasi dan iklan anda akan segera tayang di platform media sosial Instagram target audiens.

2. Membayar dengan Transfer ATM

cara bayar iklan insta ads
Sumber: pexels.com

Jika anda tidak berkenan atau tidak bisa melakukan pembayaran dengan metode pertama, anda dapat memilih dengan metode transfer ATM. berikut langkah-langkahnya:

  • Pada kolom metode pembayaran anda dapat memilih dengan transfer via bank, ada beberapa pilihan metode pembayaran melalui bank yaitu: Bank Transfer via BNI, Bank Transfer via Mandiri, Bank Transfer (Other Banks). Pilihlah sesuai dengan yang anda inginkan dan klik Lanjutkan (Next).
  • Langkah selanjutnya, klik Add Funds. Masukkan jumlah dana yang akan anda kirimkan untuk membayar iklan di Instagram Ads. Terdapat nominal minimal yang bisa anda bayarkan yaitu Rp 10.501,- dan nominal maksimalnya Rp 1.434.470,- lalu klik Selanjutnya.
  • Selanjutnya jendela Informasi Pajak akan muncul, anda dapat memasukkan ID NPWP jika memilikinya. Namun jika tidak, anda dapat melewati dengan klik tombol Lewati di kanan bawah jendela Informasi Pajak. Lalu klik Lanjutkan.
  • Anda akan langsung diarahkan ke halaman pesanan. Halaman ini akan menampilkan rincian pembayaran, seperti nomor rekening bank, kode bank, nominal pembayaran, dan tenggat waktu pembayaran.
  • Langkah terakhir adalah melakukan transfer dana melalui aplikasi mobile banking atau menggunakan ATM terdekat. Simpan bukti pembayaran atau anda bisa screenshot jika menggunakan mobile banking, untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Setelah pembayaran selesai, pihak Instagram akan melakukan pengecekan dan memberikan konfirmasi pembayaran yang anda lakukan. Kemudian iklan anda akan segera tayang.

3. Membayar dengan Dompet Digital

cara bayar iklan insta ads
Sumber: google.com

Metode pembayaran ini dapat anda lakukan melalui dompet digital seperti OVO, GoPay, atau Doku Wallet. Berikut langkah-langkahnya:

  • Klik tombol Tambahkan Metode Pembayaran lalu pilih menggunakan dompet digital yang anda inginkan. Lalu klik tombol Lanjutkan.
  • Di halaman Tambahkan Dana masukkan jumlah yang akan anda kirimkan untuk membayar iklan Instagram Ads. Selanjutnya klik tombol Lanjutkan.
  • Jika anda menggunakan OVO, anda perlu memasukkan ID OVO yaitu nomor telepon yang terdaftar di aplikasi OVO. Kemudian klik Lanjutkan, klik sekali lagi untuk melanjutkan proses pembayaran Instagram Ads.

Pembayaran akan langsung terkonfirmasi, dan selesai. Metode ini memang lebih praktis daripada metode transfer, karena anda tidak perlu melakukan transfer secara manual.

Jadi itulah beberapa metode yang bisa anda pilih sebagai cara bayar iklan di instagram. Bagaimana, mudah bukan? Kini anda dapat mengoptimalkan strategi pemasaran anda dengan Instagram Ads.

Beriklan menggunakan Instagram menjadi salah satu cara efektif untuk memasarkan produk anda, tidak ada salahnya untuk dicoba.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Sampai jumpa di artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?