everpro

Ini Cara Belanja di Marketplace Facebook, Mudah dan Praktis!

Masih bingung dengan cara belanja di marketplace Facebook? Simak artikel berikut ini untuk mengetahui cara belanja di Marketplace Facebook dengan mudah dan praktis!

Marketplace Facebook saat ini menjadi salah satu pilihan belanja bagi banyak orang. Marketplace buatan Facebook ini menjadi salah satu e-commerce yang diminati untuk melakukan aktivitas jual-beli.

Hadirnya marketplace Facebook diantara banyaknya marketplace di Indonesia membuat masyarakat memiliki banyak pilihan untuk berbelanja.

Dengan budaya masyarakat yang mulai bergeser dari belanja secara offline menjadi online membuat Facebook membuat fitur marketplace ini.

Namun, pada kenyataannya masih banyak orang yang memilih belanja di e-commerce karena lebih familiar dengan mereka. Seperti beberapa e-commerce besar di Indonesia yakni Shopee, Tokopedia, Lazada dan lain-lain.

Nah, pada artikel ini kami akan membahas topik bagaimana cara belanja di marketplace Facebook untuk kamu. Marketplace buatan Facebook ini tidak kalah dari segi kualitas, lho dari marketplace lain. Hanya saja memang marketplace Facebook saat ini lebih banyak tersedia barang bekas.

Simak informasi selengkapnya sampai habis ya, Check it out!

Apa itu Facebook Marketplace

cara belanja di marketplace facebook
Sumber: google.com

Facebook marketplace adalah salah satu fitur dari aplikasi jejaring sosial Facebook. Fitur ini resmi hadir pada tahun 2016 yang memungkinkan para pengguna Facebook untuk melakukan transaksi jual-beli.

Namun, ternyata masih banyak pengguna Facebook yang belum mengetahui kehadiran fitur ini. Hal ini terjadi sejak Facebook mengubah namanya menjadi Metaverse.

Kamu juga dapat berkomunikasi sebagai penjual maupun pembeli dengan fitur chat Facebook. Pada marketplace Facebook pengguna dapat menemukan produk seperti kendaraan, properti, makanan, barang, elektronik dan lain-lain.

Baca juga: Facebook Marketplace, Cara Kerja Hingga Tips Berjualan di FB!

Keuntungan Marketplace Facebook

cara belanja di marketplace facebook
Sumber: google.com

Layaknya e-commerce lain, marketplace Facebook juga memiliki keunggulan dalam untuk transaksi jual-beli. Berikut ada beberapa keunggulan marketplace Facebook:

  • Cara pengoperasian yang mudah
  • Dapat Berkomunikasi dengan pembeli ataupun penjual
  • Bisa menampilkan produk dengan jangkauan yang luas
  • Dapat memanfaatkan fitur marketplace seperti promosi dan statistik

Dengan keuntungan tersebut marketplace Facebook bisa menjadi opsi belanja bagi kamu, lho. Dengan kemudahan akses kamu bisa lebih mudah menemukan barang yang cocok untuk kamu melalui Facebook.

Cara Belanja di Marketplace Facebook

cara belanja di marketplace facebook
Sumber: facebook.com

Setelah mengenali dan mengetahui keuntungan dari marketplace dari Facebook ini, kita akan masuk ke dalam pembahasan inti. Ternyata banyak orang yang masih belum mengetahui fitur marketplace ini di Facebook.

Berikut akan kami berikan cara berbelanja di marketplace Facebook dengan mudah. Namun, terlebih dulu kamu harus memastikan jika kamu sudah memiliki akun Facebook.

Berikut cara belanja di marketplace Facebook dengan mudah dan tanpa ribet:

1. Buka laman resmi atau aplikasi Facebook

2. Login dengan menggunakan akun Facebook

3. Cari ikon marketplace Facebook yang berada di atas dengan menu lainnya atau jika melalu aplikasi kamu dapat melihatnya di bagian bawah.

4. Cari barang yang kamu inginkan dengan menulisnya pada kolom yang pencarian yang tersedia. Kamu juga dapat memaksimalkan fitur yang tersedia seperti filter pencarian berdasarkan lokasi dan kategori produk.

5. Klik produk yang kamu inginkan.

6. Tanyakan informasi terkait produk yang kamu inginkan tersebut melalui fitur chat atau Messenger. Kamu dapat melakukan negosiasi dengan penjual sesuai dengan kondisi produk, harga, metode pengiriman, dan metode pembayaran.

7. Jika telah sepakat dengan penjual, kamu dapat membayar produk dengan metode yang telah disepakati sebelumnya.

Sama seperti cara belanja di marketplace Facebook, kamu juga dapat dengan mudah menjual produk melalui marketplace ini. Caranya sangat praktis kamu hanya perlu klik ikon marketplace di laman Beranda dan klik menu + Jual Barang.

Baca juga: 7 Cara Mudah Untuk Berjualan di Marketplace Facebook, Catat!

Tips Bertransaksi di Marketplace Facebook

cara belanja di marketplace facebook
Sumber: facebook.com
  • Pilih Barang dengan Informasi yang Detail dan Meyakinkan

Pastikan kamu melihat apa yang ditawarkan penjual beserta ketentuannya secara detail sebelum membeli barang di marketplace Facebook. Perhatikan poin-poin penting seperti judul, deskripsi produk, rincian harga, serta foto produk.

  • Cek dan Periksa Profil Penjual

Kamu harus melakukan proses pengecekan dari profil penjual. Hal ini sangat krusial dan penting dalam transaksi dalam marketplace Facebook. Beberapa poin yang harus kamu cek antara lain nama penjual, foto, lokasi, rating, ulasan dan riwayat transaksi penjual.

Jika kamu merasa profil tersebut tidak mencurigakan kamu sebaiknya tidak melanjutkan transaksi dengan penjual.

  • Hubungi Penjual

Kamu dapat memanfaatkan fitur chat atau Messenger yang ada di Facebook. Gunakan fitur tersebut untuk menanyakan informasi terkait produk yang kamu inginkan. Kamu dapat juga dapat menegosiasikan harga, metode pembayaran dan lain-lain.

Simpanlah bukti percakapan dengan penjual sebagai bukti apabila terjadi sebuah masalah.

  • Melakukan COD

COD atau Cash on Delivery adalah metode pembayaran di mana pembeli membayar barang setelah menerima barang tersebut. Metode pembayaran ini dapat mengurangi risiko penipuan atau barang yang tidak sesuai dengan informasi penjual.

Namun, jika kamu memilih metode ini pilihlah lokasi yang aman, ramai, dan mudah dijangkau. Jangan melakukan COD sendirian, mintalah teman atau keluarga untuk menemani.

Saat melakukan COD periksalah barang secara teliti sebelum kamu membayaran. Pastikan tidak kerusakan atau kekurangan dari produk yang kamu beli. Jika ada kekurangan, minta penjual untuk mengganti uang kamu.

  • Gunakan Kata Kunci di Judul dan Deskripsi Produk

Jika kamu ingin menggunakan marketplace untuk berjualan, kamu dapat mengoptimalkan fitur pencarian dengan cara memasukan kata kunci pada judul dan deskripsi produk. Dengan kata kunci yang relevan, produk kamu akan lebih mudah terjangkau oleh pembeli.

Nah, pastikan kamu melakukan tips-tips yang kami berikan di atas untuk kenyamanan kamu dalam bertransaksi dalam marketplace Facebook.

Itulah akhir dari pembahasan pada artikel ini tentang cara berbelanja di marketplace Facebook. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu yang ingin melakukan transaksi jual-beli di marketplace ini. Selamat mencoba!

Nantikan informasi bermanfaat lainnya hanya di Everpro.id!

Ingin jualan kamu di marketplace Facebook jadi lebih cuan? Coba pakai Everpro Facebook Ads Support! Dengan bantuan Everpro Facebook Ads Support marketplace kamu akan makin berkembang dan memberikan pundi-pundi rupiah untuk kamu!

Everpro Facebook Ads Support adalah solusi untuk kamu meningkatkan penjualan kamu di Facebook!

Benefit Everpro Facebook Ads Support

  • Edukasi Facebook Ads.
  • Kemudahan Scale Up Iklan.
  • Transaksi Terjamin Aman.
  • Top Up Saldo Akun FB Lebih Praktis.

Ayo segera bergabung dengan Everpro Facebook Ads Support dan rasakan manfaatnya!

Daftar Sekarang

Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Kirim Kendaraan

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim kendaraan di Everpro.id. Temukan rekomendasi beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim

Mobil

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim kendaraan di Everpro.id. Temukan rekomendasi beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim

Motor

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim kendaraan di Everpro.id. Temukan rekomendasi beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim

Kirim Minuman

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim minuman di Everpro.id. Temukan beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim minuman