everpro

Facebook Marketplace, Definisi Cara Kerja dan Tipsnya

Facebook marketplace

Terkadang saat menjalankan bisnis, yang paling menjadi tantangan adalah bagian pemasaran. Namun kini media sosial turut mengembangkan berbagai fitur bisnis. Salah satunya adalah Facebook Marketplace. 

Facebook Marketplace adalah salah satu fitur gratis dari Facebook yang memungkinkan anda untuk melakukan penjualan. Bahkan tanpa website toko online sendiri. 

Menariknya dari fitur ini, pengguna media sosial ini bisa membeli dan menjual produk baru maupun bekas secara lokal. Bahkan mendaftarnya pun terbilang sangat mudah. 

Apakah anda tertarik memulai bisnis lewat Facebook marketplace? Bagaimana cara berjualan di marketplace facebook? 

Sebelum kita mengetahuinya, akan lebih baik anda paham dulu informasi sekilas seputar Facebook Marketplace. 

Apa Itu Facebook Marketplace?

facebook indonesia
Sumber : Pexels.com

Facebook marketplace adalah sebuah fitur layaknya toko online di mana penggunanya bisa terhubung langsung dengan produk yang mereka inginkan. 

Baik penjual maupun pembeli, bisa berinteraksi seperti menggunakan media sosial biasanya. 

Hanya saja fitur ini tidak menyediakan menyediakan transaksi pembelian, sehingga jika sudah terjadi kesepakatan antara penjual dan pembeli. Maka pembelian bisa di lakukan di luar Facebook. 

Meski begitu, ada kelebihan yang bisa anda nikmati. Salah satunya adalah anda bisa mengiklankan secara bebas tanpa melalui proses penetapan harga dan pengiriman antara pembeli dan penjual 

Everpro

Mengiklankan di sini bukan sekedar kita memasang produk-produk kita saja di Facebook. Tapi anda bisa tentukan target pasar anda. Mirip seperti facebook Ads. sehingga iklan anda akan sampai pada orang yang tepat 

Sehingga kesempatan pembeli melakukan pembelian akan jauh lebih besar.

Jika marketplace biasa mungkin mengiklankan suatu produk hanya sebatas produk yang memang mudah di bawa layaknya pakaian, skincare, hingga peralatan sehari-hari. 

Di fitur ini bahkan anda bisa menjual item ritel seperti kendaraan dan rumah. 

Untuk penjualan barang bisa juga berbasis lokal untuk barang baru atau barang bekas dari Facebook Page Shop secara gratis. 

Apa Perbedaannya dengan Marketplace Biasa?

e-commerce
Sumber : Pexels.com

Sejatinya fungsinya Facebook Marketplace hampir sama seperti marketplace biasa, yaitu sebagai tempat mengiklankan dan “etalase” produk-produk yang kita jual. 

Namun untuk lebih jelas terkait perbedaan keduanya, akan di jelaskan sebagai berikut. 

1. Tidak Perlu Mendaftar

Untuk membuat Facebook Marketplace anda tidak perlu mendaftar apapun lagi. Karena jika anda sudah mempunyai akun facebook maka anda sudah bisa berjualan. 

Jika marketplace biasa anda harus mendaftarkan email serta nomor ponsel terlebih dahulu, anda juga harus setting untuk buat toko lalu anda baru bisa jualan. 

2. Transaksi di Luar Facebook 

Berbeda dengan tempat marketplace umumnya, fitur dari facebook ini tidak menyediakan transaksi di dalamnya. Sehingga apabila terdapat kesepakatan pembelian anda bisa membayarnya di luar facebook. 

3. Bebas Biaya Admin

Dalam fitur Facebook marketplace bebas biaya admin, sehingga keuntungan yang anda dapatkan bisa di dapatkan secara maksimal tanpa ada potongan. 

Berbeda dengan marketplace yang setidaknya memotong biaya admin mulai dari Rp. 2500 hingga Rp.6000 per itemnya. 

4. Tidak Membutuhkan KTP 

Lewat fitur ini juga anda tidak perlu mendaftar lagi seperti marketplace biasa, sehingga anda juga tidak perlu memasukan data diri anda berupa KTP. 

Asalkan anda sudah punya akun Facebook maka anda sudah bisa mulai jualan. 

5. Bisa di Sesuaikan dengan Lokasi 

Selanjutnya ada yang unik dari fitur ini. Yaitu algoritmanya tidak bisa di lihat seluruh Indonesia. Yang bisa melihat hanyalah orang-orang yang berada di lokasi yang anda target. 

Ini lah salah satu kelebihan facebook marketplace Indonesia dimana anda bisa menargetkan penjualan di kota-kota tertentu dengan penjualan tertinggi. 

Dan yang mengesankan anda juga bisa menargetkan lokasinya di luar Indonesia, tentu saja gratis. Sehingga bisa menjadi kabar baik buat para exportir. 

6. Minim Kompetensi 

Karena belum banyak orang yang menggunakannya maka kompetensinya masih sedikit, sehingga peluang laris manis akan terbuka lebih lebar. 

 Cara Membuat Marketplace di Facebook 

cara membuat marketplace di facebook
Sumber : Pexels.com

Cara membuat marketplace di facebook sangatlah mudah, anda tidak perlu membuat akun lain, verifikasi email dan nomor telepon seperti lainnya. 

Karena jika anda sudah punya akun facebook berarti anda sudah bisa melakukan penjualan secara langsung. 

Cara Berjualan di Marketplace Facebook

Berjualan atau mengaktifkan Facebook Marketplace anda juga sangat mudah.Berikut adalah langkah-langkah berjualan di Facebook Marketplace : 

1. Pastikan anda sudah punya akun Facebook terlebih dahulu 

2. Selanjutnya anda bisa klik “marketplace” di bagian paling atas. 

3. Maka tampilan anda akan seperti ini, jika anda ingin menjual anda tinggal klik “Jual” di sebelah pojok kiri atas

cara jualan di fb
Sumber : Youtube/@Umah video

4. Pilihlah tipe barang yang ingin anda jual. Jika misal barang-barang biasa klik item, begitu pun jika anda ingin menjual kendaraan atau rumah maka klik tombol yang sesuai. 

cara jualan di fb
Sumber : Youtube/@Umah video

5. Selanjutnya masukan foto-foto produk yang anda akan jual. Sertakan juga nama produk, harga, kategori, lokasi dan lainnya. Jika sudah selesai, klik selanjutnya. 

4. cara jualan di fb
Sumber : Youtube/@Umah video

6. Setelahnya anda bisa klik kepada siapa saja anda ingin bagikan. 

cara jualan di fb
Sumber : Youtube/@Umah video

7. Dan anda siap untuk berjualan. 

cara jualan di fb
Sumber : Youtube/@Umah Video

Cara Agar Marketplace Facebook Dilihat Banyak Orang 

cara agar marketplace facebook dilihat banyak orang
Sumber : Pexels.com

1. Lakukan Riset Terlebih Dahulu

Sebelum anda memutuskan untuk berjualan, pastikan juga anda sudah riset terlebih dahulu. Risetlah apakah ide ada sudah ada yang pakai? Apakah banyak permintaan dari calon konsumen anda? 

Caranya dengan anda tuliskan barang yang anda cari di beranda, kemudian otomatis Facebook akan menampilkan siapa saja yang menjual barang serupa. 

Lalu anda perhatikan kompetitor anda satu per satu, cari tahu perbedaannya dari produk anda. Maka improve produk anda shingga mempunyai keunggulan lebih di banding kompetitor. 

2. Pilih Kategori yang Tepat

Ternyata sangat penting menentukan kategori yang sesuai dengan produk yang anda jual. Maka hindari memasukan kategori terlalu banyak untuk satu produk. 

Misalkan jika anda menjual tas khusus wanita, tapi anda juga menaruh kategori untuk pria dewasa atau anak-anak. Pastinya mereka tidak akan membelinya bukan? Maka iklan anda akan kurang efisien, 

Selain itu postingan anda akan dianggap sebagai spam atau bahkan di blokir langsung oleh Facebook Marketplace Indonesia. 

3. Gunakan Facebook Ads

Meskipun ini langkah yang kondisional, tapi tak ada salahnya mencoba fitur berbayar Facebook ads. 

Dilansir dari Lyfe Marketing, hampir 80% pengguna internet menggunakan media sosial ini. Bahkan orang lansia pun menggunakannya sebanyak 65%. 

Maka dengan fitur berbayar ini anda bisa memperluas jangkauan penjualan anda. Tetapkan juga target pasar anda dan mulai beriklan. 

Walaupun sebenarnya Facebook Marketplace juga bisa melakukan penargetan pasar. Tapi jika menggunakan fitur berbayar ini akan lebih luas untuk menjangkau target pasar di luar relasi anda. Sehingga kemungkinan laris manis pun akan semakin meningkat. 

4. Pakai Foto dengan Kualitas Terbaik 

Foto adalah salah satu tolak ukur yang sangat penting dalam penjualan produk. Karena setiap pengunjung pastinya ingin melihat secara jelas barang impian mereka. 

Lalu riset yang di kutip dari sirclo juga menunjukan bahwa 93% customer mengatakan tampilan visual menjadi penentu dalam keputusan pembelian. 

Maka pastikan foto-foto produk anda, jernih, jelas, dan berkualitas tinggi. Pastikan juga anda punya pencahayaan yang baik. 

5. Bentuk Kredibiltas yang Baik 

Yang terpenting dari setiap bisnis adalah bagaimana kita melayani para pelanggan kita. Usahakan untuk merespons cepat pesan dari para pembeli. 

Bersikaplah ramah dan tawarkan juga promo-promo agar pelanggan tidak bisa lepas dari pelayanan anda. 

Demikianlah artikel mengenai Facebook Marketplace, semoga bermanfaat. Sebarkan artikel ini juga agar semakin bermanfaat. 

Nantikan dan jangan lewatkan artikel terkait penjualan lewat media sosial lainnya hanya di blog Everpro

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?