Sedang nungguin paket yang dikirim menggunakan Grab Express? Masukkan nomor resinya di kolom di atas untuk cek resi GrabExpress agar bisa mengetahui status pengiriman terkini dengan akurat.
Melacak paket yang dikirim Grab Express memang sebenarnya lebih mudah langsung melalui aplikasi Grab. Namun, dalam kondisi tertentu melakukan pelacakan paket juga bisa melalui browser internet.
Nomor resi dari Grab Express terdiri dari gabungan angka dan huruf yang cukup panjang seperti contoh: AB-2-0JK7B26AIO7JVIICUUS8230030703519ABC.
Pelanggan hanya bisa melakukan tracking ketika paket hanya dalam kondisi pengantaran ke alamat tujuan saja.
Cara Cek Resi GrabExpress
Cek resi dapat dilakukan dengan mudah menggunakan fitur cek resi di Everpro di atas. Hanya memerlukan nomor resi yang ada di aplikasi GrabExpress untuk melacak status pengiriman.
Berikut langkah-langkah untuk cek resi GrabExpress melalui fitur cek resi Everpro:
- Cari nomor resi (Airway Bill Number) yang ada pada aplikasi GrabExpress
- Masukkan nomor resi pada lembar bukti pengiriman pada kolom pencarian di atas dan pilih jenis kurirnya
- Klik tombol ‘Lacak Paket’ untuk mengetahui posisi paket
- Informasi pengiriman akan muncul
- Untuk lacak paket dengan nomor resi berbeda lakukan langkah di atas
Cek juga biaya ongkir untuk kirim barang menggunakan GrabExpress dengan fitur cek ongkir dari Everpro.
Layanan Grab Express
Berikut adalah beberapa jenis layanan yang tersedia pada GrabExpress:
Layanan | Instant | Same Day |
Estimasi Waktu Pengiriman | 1-2 jam setelah pengirim request pick up | 6-8 jam setelah pengirim request pick up |
Biaya Ongkir | Bike: Mulai Rp. 10.000
Car: Mulai Rp. 20.000 |
Mulai Rp. 8.000 |
Ukuran Barang | Bike: 15-20 kg PxLxT (50 cm x 50 cm x 50 cm)
Car: 150 kg PxLxT (80 cm x 100 cm x 100 cm) |
7 kg (20 cm x 40 cm x 40 cm) |
Istilah yang Ada Grab Express
Berikut adalah beberapa istilah pengiriman yang digunakan pada Grab Express beserta artinya:
Istilah | Penjelasan |
Delivery Scheduled | Driver sudah dijadwalkan untuk menjemput paket |
Completed | Barang sudah terkirim ke alamat tujuan |
Driver in Transit | Driver sedang transit, lalu paket diambil dari lokasi pengirim |
On Hold | Paket sedang ditahan disebabkan alasan tertentu |
Enroute Pickup | Adanya perubahan pada rute pengiriman |
System Tracker | Sistem pada Grab Express untuk pelacakan |
Order Placed | Order sudah dibuat oleh pengirim dan masuk dalam sistem |
Request Pick Up | Pengirim minta penjemputan barang |
Received By | Paket diterima oleh penerima dengan nama yang tercantum |
Buyer | Pembeli |
Seller | Penjual |
System Tracker | Istilah yang merujuk pada sistem pelacakan untuk mengetahui keberadaan objek GPS |
Manifested | Paket sudah sampai di kantor ekspedisi |
Allocating | Sedang mengalokasikan driver atau jarak |
Searching Driver | Sedang dalam proses pencarian driver |
In Delivery | Paket sedang dalam proses pengiriman |
Picking Up | Paket sudah di jemput oleh driver |
Pertanyaan Seputar GrabExpress
Bagaimana menghitung ongkos perjalanan GrabExpress Same Day?
Ongkos kirim dihitung berdasarkan jarak pengiriman
Apa itu layanan GrabExpress Car?
Layanan pengiriman yang menggunakan armada GrabCar untuk pengiriman barang berukuran besar pada hari yang sama dengan jangkauan dalam kota. Pengiriman dapat dilakukan lebih dari 1 tujuan atau multi destinasi.
Apa saja barang yang tidak bisa dikirim menggunakan GrabExpress?
Barang yang dilarang bisa dilihat melalui laman https://help.grab.com/passenger/id-id/360000169087-Barang-yang-tidak-dapat-dikirim-melalui-GrabExpress.
Apakah bisa membatalkan pesanan?
Pelanggan hanya bisa membatalkan pesanan dari aplikasi dalam kondisi belum mendapatkan driver atau dalam waktu 7 menit (Instant) dan 40 menit (Same Day) setelah mendapatkan driver.
Bagaimana cara melaporkan masalah pada GrabExpress?
Apabila pelanggan mengalami masalah silahkan hubungi nomor 121 / 021-121 untuk pengaduan
Disclaimer
Fitur Cek Resi Everpro adalah layanan independen yang tidak terafiliasi dengan ekspedisi manapun dan menyediakan informasi berdasarkan data yang bisa diakses secara umum.
Karena itu, Everpro tidak bertanggung jawab atas penyalahgunaan, kerusakan, keterlambatan, atau kerugian lainnya yang timbul dari layanan ekspedisi.
Mudah Kirim Paket dengan Everpro Shipping
Nikmati kirim paket dengan GrabExpress dan 20+ pilihan ekspedisi terbaik lainnya bersama Everpro Shipping. Dengan fitur di Everpro Shipping, seluruh aktivitas jualan online jadi lebih lancar.
Seller juga bisa menikmati fitur layanan Everpro Shipping, mulai dari pick up paket, fitur tracking, fitur COD, fitur data penjualan, dan kemudahan jualan online lainnya.