everpro

2 Cara Cetak Resi Tokopedia, Mudah Bisa 4 Label Sekaligus!

Sudahkah anda tahu cara cetak resi Tokopedia? Hal ini wajib seller Tokopedia lakukan. Simak cara cetak resi Tokopedia di HP berikut ini.

Hadirnya marketplace memang membantu untuk dalam pemenuhan kebutuhan. Baik itu untuk pembeli yang bisa dengan mudah menemukan kebutuhan barang hanya melalui satu platform.

Hingga penjual yang bisa lebih memperluas jangkauan konsumen. Maka tak heran jika Tokopedia semakin banyak peminatnya.

Seperti dilansir dari Media Solopos, hingga tahun 2022 terdapat sekitar 12 juta penjual di Tokopedia, dengan hampir seluruhnya merupakan UMKM lokal.

Sebagai penjual tentu wajib mengirim barang pesanan. Salah satu tahap yang tak boleh terlewatkan adalah mencetak label pengiriman atau resi.

Sebagai penjual baru di Tokopedia wajar saja jika belum tahu caranya. Maka dari itu, baca ulasan ini hingga selesai untuk mengetahui cara cetak resi Tokopedia.

Baca juga: 4 Cara Cek Resi Tokopedia Praktis dan Akurat 2023

Tentang Resi Tokopedia

cara cetak resi tokopedia
Sumber: google.com

Dalam menjalankan usaha online, penjual tentu wajib mengirimkan barang pesanan melalui jasa pengiriman.

Dengan bergabung menjadi seller online Tokopedia, maka tidak perlu repot lagi mengurus kirim paket dengan mengantarkan paket langsung ke agen pengiriman.

Pasalnya Tokopedia telah menyediakan berbagai pilihan jasa pengiriman yang bisa mengirim pesanan ke pelanggan dimanapun.

Tugas penjual hanya mengatur waktu pengiriman, berikutnya pihak kurir yang akan menjemput dan mengantarkan paket sampai ke alamat penerima.

Di samping itu, penjual juga perlu cetak resi Tokopedia dan menempelkannya pada kemasan paket. Hal ini bertujuan sebagai acuan informasi pengiriman untuk kurir.

Resi Tokopedia adalah bukti pengiriman dari transaksi jual-beli di platform ini. Adapun resi tersebut berguna untuk proses pelacakan baik itu untuk penjual maupun pembeli.

Sebagai seller Tokopedia, tidak perlu repot melakukan input terkait info pengiriman. Pasalnya, setelah pembeli menentukan ekspedisi dan menyelesaikan pembayaran, maka nomor resi otomatis muncul.

Selanjutnya, pihak penjual perlu mencetak resi Tokopedia tersebut dan menempelkannya pada kemasan. Dengan begitu saat kurir menjemput paket tidak perlu menunggu proses cetak resi lagi.

Contoh Resi Tokopedia

contoh label pengiriman
Sumber: tokopedia.com

Sebelum mengetahui cara cetak resi Tokopedia di HP maupun laptop, perhatikan dahulu format label pengiriman.

Gambar di atas adalah contoh resi Tokopedia sebagai referensi untuk lebih memahami pada saat melakukan preview sebelum mencetak label pengiriman.

Cara Cetak Resi Tokopedia di Laptop

cara cetak resi tokopedia
Sumber: google.com

Sebelum menyerahkan paket ke pihak kurir, penjual perlu mencetak label pengiriman terlebih dahulu. Cara cetak resi Tokopedia sangat mudah, bisa lewat HP maupun Laptop atau desktop.

Bahkan Tokopedia juga memberi kemudahan untuk bisa cetak beberapa resi sekaligus, maksimal 4 label pengiriman. 

Dengan begitu, proses mencetak juga menjadi lebih mudah dan cepat. Di samping kemudahannya, penjual tetap perlu memperhatikan beberapa hal.

Pertama, pastikan bahwa alamat yang tertera lengkap. Lakukan preview sebelum mencetak untuk memastikan tidak ada bagian yang terpotong.

Kedua, siapkan peralatan untuk mencetak yaitu printer dan kertas yang telah terpasang. Tentunya perangkat Laptop untuk menjalankan langkah mencetak resi.

Melansir dari laman Tokopedia Care, berikut adalah cara cetak resi Tokopedia di laptop atau desktop:

  1. Buka situs Tokopedia Seller di browser.
  2. Kemudian Login Akun Seller dengan memasukkan ID serta password.
  3. Berikutnya masuk ke menu Toko dan pilih menu Penjualan.
  4. Lalu pilih halaman Siap Dikirim
  5. Sebelum mencetak, periksa lagi alamat, barang yang di beli, serta jasa pengiirman
  6. Kemudian klik Siap Kirim
  7. Setelah itu klik kotak kecil bertuliskan Invoice, lalu klik Cetak Label
  8. Selanjutnya anda akan beralih ke halaman preview untuk melihat resi yang siap cetak
  9. Pastikan lagi bahwa semua informasi lengkap dan benar, kemudian klik Print. Gunakan kerta 16 dengan margin minimal serta scale 117.

Cara Cetak Resi Tokopedia di HP

cara cetak resi tokopedia di hp
Sumber: google.com

Cara cetak resi Tokopedia lainnya adalah menggunakan HP. Dengan menggunakan cara ini anda bisa download label meski sedang di luar rumah.

Jadi bisa mengerjakannya dari mana pun, dan bisa langsung print setelah menemukan printer. Bahkan bisa juga menggunakan thermal printer, sehingga bisa membawanya kemana saja.

Dari segi langkah-langkah sendiri sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara sebelumnya. Hal yang membedakan hanyalah sebatas perangkat yang anda gunakan.

Langsung saja, berikut adalah cara cetak resi Tokopedia di HP dengan mudah:

  1. Buka browser di HP dan masuk ke situs Tokopedia untuk penjual. Bisa juga melalui aplikasi Tokopedia Seller jika telah memilikinya.
  2. Kemudian lakukan Login dengan memasukkan username dan password
  3. Setelah itu masuk ke menu Penjualan untuk melihat daftar pesanan dan menentukan pesanan yang hendak dikirim
  4. Berikutnya pilih paket siap kirim di menu Daftar Pesanan Siap Kirim
  5. Lalu klik Cetak Pesanan
  6. Selanjutnya akan beralih ke laman preview untuk melihat informasi yang tercantum di label pengiriman, pastikan kembali bahwa informasi telah sesuai.
  7. Kemudian klik Cetak atau Download label pengiriman Tokopedia tersebut.
  8. Jika perangkat untuk mencetak sudah siap, maka cukup klik Print untuk menyelesaikan cetak label pengiriman

Baca juga: 2 Cara Daftar Seller Tokopedia 2023, Mudah Raih Cuan!

Demikian ulasan mengenai cara cetak resi Tokopedia yang bisa anda lakukan dengan mudah baik lewat desktop maupun HP.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak juga berbagai artikel informatif dan up-to-date lainnya hanya di Everpro!

Picture of Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya