Panduan Cara Mendaftar Tokopedia Seller, Mudah dan Gratis!

tokopedia seller

Ingin mendapat untung dengan menjadi seller Tokopedia? Daftar sekarang! Berikut panduan menjadi Tokopedia Seller dengan mudah, simak selengkapnya.

Hadirnya marketplace semakin memberi kemudahan dalam melakukan aktivitas berbelanja. Segala jenis kebutuhan bisa anda dapatkan, mulai dari membayar tagihan listrik, bahan baku, pakaian, bahkan tiket hiburan.

Salah satu marketplace yang kian berkembang adalah Tokopedia. Platform ini menjadi yang terbesar di Indonesia karena banyaknya jumlah pengguna.

Hal itu dapat menjadi peluang besar untuk meraup keuntungan. Ingin menjadi seller Tokopedia juga? Caranya mudah dan cepat, anda bisa mendaftarkan melalui aplikasi maupun Tokopedia seller web.

Jadi baca sampai tuntas untuk mendapatkan langka mudahnya ya!

Keuntungan Menjadi Seller Tokopedia

tokopedia seller
Sumber: google.com

Tahukah anda bahwa Tokopedia merupakan marketplace terbesar di Indonesia? Hal ini berdasarkan rata-rata kunjungan per bulan yaitu sebanyak 152,7 juta pada kuartal I 2022.

Tentu bisa menjadi peluang besar untuk anda mulai menjadi seller Tokopedia dan mendapatkan banyak pembeli. Selain keuntungan ini, terdapat beberapa manfaat lain yang bisa anda miliki dari Tokopedia Seller.

  • Membuka Toko Secara Gratis

Keuntungan pertama yang bisa anda dapatkan adalah cara membuka toko di Tokopedia itu gratis! Jadi anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal untuk mulai berjualan.

Bahkan langkahnya pun mudah dan cepat, yang perlu anda miliki adalah device dan koneksi internet yang stabil. Dengan begitu, anda dapat meraih keuntungan dengan menjadi Tokopedia seller.

Everpro
  • Memiliki Jangkauan yang Luas

Tidak seperti toko tradisional yang hanya berada di suatu wilayah tertentu, dengan menjadi seller Tokopedia anda bisa dilihat oleh calon konsumen dari seluruh wilayah.

Karena cara berjualan yang online dan banyaknya pengguna platform ini, anda bisa menjangkau calon konsumen potensial hingga ke 98% wilayah di Indonesia. 

  • Layanan Pengiriman Lengkap

Banyak jasa pengiriman yang sudah menjadi mitra bisnis Tokopedia. Hal ini memberi anda kemudahan dalam mengirimkan pesanan ke konsumen dimanapun mereka berada.

Dengan banyaknya layanan pengiriman yang tersedia di Tokopedia, dapat mencakup hingga seluruh pelosok Indonesia. Oleh karena itu, anda juga memiliki peluang untuk mendapatkan konsumen yang lebih banyak.

  • Terdapat Banyak Fitur Pendukung

Keuntungan lain yang bisa anda dapatkan dengan menjadi tokopedia seler adalah dapat memanfaatkan banyak fitur yang bisa mengembangkan toko anda. Misalnya fitur TopAds, Broadcast Chat, dan Produk Unggulan.

Anda dapat memanfaatkan fitur-fitur tersebut untuk menarik perhatian pembeli, menjangkau konsumen, hingga menampilkan produk unggulan. Dengan begitu, anda dapat mengoptimalkan strategi dan meningkatkan penjualan.

Baca juga: Raih 8 Keuntungan Memulai Bisnis dan Belanja di Tokopedia

Cara Buat Akun dan Seller Tokopedia Login

tokopedia seller
Sumber: tokopedia

Sebelum membuka toko di Tokopedia, anda harus memiliki akun pembeli terlebih dahulu. Anda dapat melakukannya melalui web Tokopedia dan aplikasinya.

Jika melalui aplikasi, anda dapat mengunduh melalui AppStore maupun PlayStore di smartphone anda. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Membuka aplikasi Tokopedia dan masuk ke Menu Utama yaitu tiga garis yang berada di bagian pojok kanan atas.
  2. Kemudian klik Daftar untuk mulai membuat akunnya.
  3. Masukkan informasi mengenai alamat email dan nomor ponsel anda. Lalu klik ‘Daftar’.
  4. Selanjutnya pilih Metode Verifikasi, contoh: melalui SMS ke nomor telepon terdaftar.
  5. Anda akan mendapatkan kode verifikasi dari Tokopedia berupa OTP (One Time Password). Masukkan kode tersebut di kolom yang tersedia untuk mengaktifkan akun anda. Pastikan bahwa kode OTP tidak diketahui orang lain karena sifatnya rahasia.
  6. Jika anda mendaftarkan dengan nomor ponsel, anda hanya diminta memasukkan nama lengkap. Namun apabila mendaftar dengan email, anda harus menuliskan nama lengkap juga buat password akun Tokopedia anda,
  7. Setelah itu klik ‘Lanjut’ dan akun pembeli anda sudah siap digunakan.

Apabila anda sudah memiliki akun, dan ingin melakukan seller Tokopedia Login caranya juga mudah! Berikut langkanya:

  1. Masuk ke aplikasi atau web Tokopedia.
  2. Masukkan nomor HP atau alamat email yang anda daftarkan.
  3. Klik ‘Selanjutnya’.
  4. Masukkan kata sandi dari akun anda.
  5. Anda dapat mencentang kolom ‘Ingat saya’ agar selanjutnya dapat otomatis login, kemudian klik ‘Masuk’.
  6. Kemudian anda telah sukses login ke akun anda. 

Cara Buka Toko di Tokopedia

tokopedia seller
Sumber: dokumen pribadi

Setelah anda sukses membuat akun Tokopedia, dan ingin memulai berjualan. Berikut langkah-langkah mudah untuk membuat toko di Tokopedia:

    1. Buka aplikasi Tokopedia dan klik ‘Menu Utama’.
    2. Kemudian klik kolom yang bertuliskan ‘Buka Toko Gratis’.
    3. Aplikasi Tokopedia akan mengarahkan anda ke halaman buka toko, lalu klik ulang ‘Buka Toko Gratis’.
    4. Tuliskan nama toko anda yang sudah pasti, karena nama toko ini tidak bisa diubah kemudian hari. Lalu isi domain toko, hal ini berfungsi sebagai link dari toko anda. Masukkan alamat toko. Pastikan anda telah mencantumkan alamat yang benar dan lengkap, agar memudahkan kurir mengambil barang pesanan di toko anda untuk kelancaran pengiriman.
    5. Langkah terakhir klik ‘Simpan’. Anda telah sukses menjadi Tokopedia Seller!

Baca juga: Cara Jualan Online Untuk Pemula, Bisa Tanpa Modal!

Cara Jualan di Tokopedia dengan Maksimal

tokopedia seller
Sumber: tokopedia
tokopedia seller
Sumber: google.com

Agar aktivitas berjualan anda sebagai Tokopedia seller berjalan lancar, anda perlu mengoptimalkan strategi. Dengan begitu anda dapat mendapatkan hasil yang maksimal juga.

Berikut beberapa tips jualan di Tokopedia untuk mendapatkan hasil terbaik:

  • Melakukan branding toko. Hal yang pertama anda perhatikan sebagai sell tokopedia web, yaitu membuat pemasaran tentang toko anda agar lebih dikenal dan menarik perhatian calon pembeli.
  • Memperhatikan penulisan produk. Pastikan nama setiap produk yang anda tuliskan benar dan jelas, agar memudahkan calon pembeli dalam menemukan barang tersebut.
  • Menggunakan foto produk menarik. Tampilan visual menjadi hal pertama yang dilihat dan diperhatikan oleh pembeli. Jadi pasang foto produk yang terbaik dan menarik
  • Penulisan deskripsi produk yang jelas. Selain menulis nama produk, deskripsi juga harus anda informasikan dengan jelas. Sehingga, calon pembeli dapat mendapat membacanya secara cepat dan tepat.
  • Memasang harga kompetitif. Merupakan hal yang umum jika pembeli lebih memilih produk dari toko yang menawarkan harga lebih murah. Jadi, usahakan produk yang anda jual memiliki harga kompetitif.
  • Memantau aktivitas penjualan di Tokopedia seller web. Anda dapat memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia untuk memantau aktivitas penjualan dan mengoptimalkan strategi berjualan.

Tokopedia Seller Center

Untuk memfasilitasi seller dalam menjalankan aktivitas penjualan, telah hadir fitur Tokopedia Seller Centre. Anda dapat mengoptimalkan dan meningkatkan penjualan produk dengan mengelola toko secara terpusat.

Seller Center Tokopedia memudahkan anda dalam mengatur strategi promosi produk, penjualan, hingga laporan keuangan. Jadi anda tidak perlu khawatir dan repot mengatur sendiri banyaknya orderan yang masuk. 

Sellercenter Tokopedia merupakan aplikasi berbeda dengan aplikasi Tokopedia yang hanya untuk berbelanja antara penjual dan pembeli. Melalui aplikasi platform ini anda dapat mengatur beberapa hal berikut ini:

  1. Manajemen produk, yaitu mengatur detail produk yang akan dijual.
  2. Chat, menu untuk melayani pelanggan.
  3. Menampung pertanyaan pembeli terkait produk yang akan dijawab melalui menu diskusi.
  4. Mengatur penjualan terkait order masuk, sedang dalam proses, dan selesai.
  5. Melihat statistik produk, penjualan, dan pembeli.

Demikian penjelasan lengkap mengenai panduan menjadi Tokopedia Seller. Kini anda dapat meraup keuntungan dengan membuka toko di Tokopedia secara cepat dan mudah. Pastikan untuk mengikuti tips yang sudah diberikan agar penjualan anda maksimal ya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda.

Simak artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?