everpro

Informasi Biaya Admin Tokopedia Seller Terbaru, Cek Disini!

biaya admin tokopedia seller

Berapa besar biaya admin Tokopedia Seller yang harus dibayarkan? Simak informasi tentang biaya seller Tokopedia berikut ini.

Pertanyaan seputar fee administrasi kerap menjadi pertanyaan bagi para calon penjual yang hendak berjualan melalui platform marketplace Tokopedia.

Sebagaimana marketplace pada umumnya Tokopedia memiliki biaya administrasi yang dibebankan baik kepada penjual maupun pembeli dari setiap transaksi.

Namun besaran beban administrasi tersebut tidak ada nominal tetap, namun berdasarkan persentase kategori produk terjual.

Hal tersebut berlaku untuk tiga tingkat keanggotaan seller Tokopedia. Apa saja tingkat keanggotaan tersebut dan berapa persentasenya?

Baca ulasan artikel ini hingga selesai untuk temukan jawabannya.

Baca juga: Seller Itu Artinya Apa? Ini Penjelasannya Pada Bisnis Online

Mengapa Ada Potongan Seller Tokopedia?

potongan seller tokopedia
Sumber: google.com

Tokopedia merupakan sebuah marketplace yang menjadi sarana untuk penjual dan pembeli melakukan aktivitas jual-beli. Dengan menjadi penjual online di platform ini, anda tidak perlu repot mengurus tempat jualan lagi.

Bahkan anda bisa mendapatkan konsumen dari berbagai wilayah, yang tentunya dapat meningkatkan peluang penjualan.

Everpro

Untuk meningkatkan kenyamanan dan kemudahan dalam transaksi di platform ini, maka penjual dikenakan biaya administrasi atau potongan seller Tokopedia. 

Bagaimana Menghitung Fee Tokopedia Seller?

biaya admin tokopedia seller
Sumber: google.com

Cara menghitung biaya admin Tokopedia seller adalah berdasarkan kategori produk yang terjual. Terdapat besaran persentase setiap kategori produk untuk tiap tingkatan keanggotaan.

Jadi sebelum mengetahui berapa besar persentasi fee Tokopedia seller, anda harus mengetahui 3 tingkatan keanggotaan atau penjual di platform ini:

  • Regular Merchant

Secara umum Regular Merchant adalah para seller yang baru memulai berjualan di Tokopedia. Penjual dengan tipe Regular akan mendapatkan berbagai keuntungan untuk memulai usaha dari platform ini.

Salah satunya adalah anda mendapatkan bebas biaya admin Tokopedia seller untuk 100 transaksi pertama. Selain itu, terdapat juga promo seperti gratis ongkir yang bisa menarik pembeli untuk membeli dari toko anda.

  • Power Merchant

Tingkatan kedua adalah Power Merchant yang akan memiliki lebih banyak fitur dan fasilitas dari jenis Regular Merchant. Seperti misalnya, mendapatkan kredibilitas toko yang lebih tinggi.

Selain itu juga akan mendapatkan verified dan badge sehingga toko lebih dipercaya, peringkat pencarian produk, promosi yang lebih, hingga kapasitas etalase produk lebih luas yaitu 200 produk dan maksimal upload hingga 5.000.

Syarat menjadi Power Merchant adalah melakukan verifikasi data diri yaitu upload KTP dan memiliki skor performa minimal 60 poin.

Terdapat evaluasi setiap bulannya untuk memberikan status tingkatan kepada setiap penjual. Apabila sudah mencapai kriteria maka bisa menjadi Power Merchant Pro yang akan mendapatkan fasilitas tambahan lainnya.

  • Power Merchant Pro

Tingkatan yang paling tinggi adalah Power Merchant Pro, anda akan mendapatkan fitur dan fasilitas lebih lengkap dan eksklusif. 

Beberapa keuntungan yang didapatkan adalah biaya ongkir lebih ringan, rating pencarian meningkat, mendapat tarif ongkir spesial untuk pengiriman Instan & Same Day, badge toko eksklusif, Tokopedia Care, dan masih banyak lagi.

Syarat untuk mendapatkan tingkat Power Merchant Pro adalah memiliki sedikitnya 3 pesanan selesai dan minimal pendapatan bersih Rp 350 ribu, serta skor performa toko minimal 70 poin.

Pajak Tokopedia Seller

pajak penjual di toped
Sumber: google.com

Setiap bisnis pasti harus membayarkan pajak dari pendapatan usaha tersebut. Begitupun dengan seller Tokopedia, selain fee admin anda juga wajib membayar pajak Tokopedia Seller.

Perhitungan pajak sendiri sesuai dengan ketentuan penghitungan pajak dari pemerintah. William Tanuwijaya selaku pendiri sekaligus CEO mengungkapkan bahwa Tokopedia telah memiliki sistem yang mewajibkan para pedagang patuh pajak.

Tokopedia secara otomatis akan mengirimkan Faktur Pajak terkait biaya layanan ke email seller atau admin yang terdaftar di data penjual.

Bagi toko anda yang memiliki penghasilan kurang dari atau sama dengan Rp 500 juta tidak perlu membayar pajak alias bebas pajak. Hal tersebut sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 mengenai Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP).

Aktifkan Asuransi Tokopedia Seller untuk Mencegah Kerugian

asuransi penjual di toped
Sumber: google.com

Salah satu hal yang menjadi resiko dalam berbisnis online adalah kemungkinan terjadinya kerusakan atau kehilangan pada proses pengantaran ke alamat pembeli.

Untuk menghindari hal tersebut anda bisa mengaktifkan asuransi Tokopedia seller. Platform ini telah bekerja sama dengan PT. Panasonic Insurance Service Indonesia yang akan menyediakan layanan asuransi untuk melindungi transaksi penjualan.

Asuransi ini meliputi setiap proses pengiriman mulai dari shipment atau pengiriman awal, retur, hingga pengiriman kembali (re-shipment). Terkait retur dan pengiriman kembali berlaku apabila pembeli tidak menerima barang yang sesuai.

Baca juga: Raih Keuntungan dengan Tokopedia Seller, Gabung Sekarang!

Biaya Seller Tokopedia untuk Semua Merchant

biaya admin tokopedia seller
Sumber: tokopedia

Biaya admin Tokopedia Seller dihitung berdasarkan kategori produk dan tingkat keanggotaan. Saat ini terdapat 5 kategori grup, dan untuk menghitung besarnya biaya layanan adalah mengalikan persentase fee admin dari kategori tertentu dengan setiap produk terjual. 

Biaya Layanan Tokopedia Seller Regular Merchant

Sebagai penjual baru di Tokopedia anda bisa mendapatkan bebas biaya admin Tokopedia seller hingga transaksi ke-100. Setelah itu terdapat biaya layanan per produk terjual sebagai berikut:

  • 2,5% untuk kategori produk grup A.
  • 1,7% untuk kategori grup B.
  • 1,25% untuk produk di kategori grup C.
  • 1,7% untuk kategori produk di grup D.
  • Serta 0,5% untuk produk di kategori grup E.

Biaya Admin Tokopedia Seller Power Merchant

Apabila tingkat keanggotaan anda sudah berada di Power Merchant anda akan mendapat fee admin untuk setiap transaksi penjualan berdasarkan 5 kategori produk berikut ini:

  • 3% untuk penjualan produk di kategori grup A.
  • 2,5% untuk produk kategori grup B.
  • 1,75% untuk setiap produk terjual di grup C.
  • 2,5% untuk kategori grup D.
  • 1,5% per produk terjual di kategori grup E.

Biaya Admin Tokopedia Seller Power Merchant Pro

Power Merchant merupakan tingkatan paling tinggi di Tokopedia yang akan mendapatkan berbagai fitur dan fasilitas eksklusif. Hal tersebut menjadi peluang untuk meningkatkan penjualan.

Kriteria untuk memiliki tingkat ini adalah skor performa toko minimal 70 poin, serta memiliki paling sedikit 3 pesanan selesai dan pendapatan bersih Rp 350 ribu.

Hal menguntungkan lainnya adalah potongan seller Tokopedia dengan tingkat Power Merchant Pro memiliki persentase yang sama dengan Power Merchant. Jadi anda bisa melihat besaran persentase yang telah dijelaskan sebelumnya.

Detail Kategori Setiap Grup

kategori grup produk
Sumber: google.com

Seperti pembahasan sebelumnya, biaya admin berdasarkan persentase dari setiap kategori produk. Maka penting untuk anda menempatkan produk sesuai dengan kategori dari setiap grup.

Agar lebih jelas anda bisa melihat daftar produk yang berdasarkan setiap kategori berikut ini:

  1. Kategori Grup A mencakup: buku, dapur, elektronik, handphone & tablet, ibu & bayi, kamera, makanan & minuman, mainan & hobi, office & stationery, otomotif, olahraga, perawatan tubuh, perlengkapan pesta & craft, pertukangan, rumah tangga, tour & travel, dan lainnya.
  2. Kategori Grup B memiliki beberapa detail yang berbeda, produk di kategori ini meliputi: fashion anak & bayi, elektronik, fashion muslim, fashion pria, film & musik, gaming, kamera, kesehatan, komputer & laptop, perawatan hewan, dan masih banyak lagi.
  3. Kategori Grup C meliputi: fashion wanita, otomotif, pertukangan, handphone & tablet, kecantikan, komputer & laptop, logam mulia, properti, dan lain-lain.
  4. Kategori D untuk produk meliputi: fashion muslin, fashion wanita, dan kecantikan.
  5. Kategori Grup E mencakup: handphone & tablet serta otomotif (mobil dan sepeda motor).

Demikian penjelasan mengenai biaya admin Tokopedia seller yang harus dibayarkan berdasarkan persentase setiap produk terjual dalam 5 kategori grup.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak juga artikel informatif lainnya dari Everpro ya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?