everpro

Biaya Admin Tokopedia Seller Info Terbaru 2024, Simak!

Berapa biaya admin untuk Seller di Tokopedia? Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Informasi seputar fee administrasi kerap menjadi pertanyaan bagi para calon penjual yang hendak berjualan melalui platform marketplace Tokopedia.

Sebagaimana marketplace pada umumnya Tokopedia memiliki biaya administrasi yang dibebankan baik kepada penjual maupun pembeli dari setiap transaksi.

Namun besaran beban administrasi tersebut tidak ada nominal tetap, melainkan berdasarkan persentase kategori produk terjual.

Hal tersebut berlaku untuk tiga tingkat keanggotaan seller Tokopedia. Apa saja tingkat keanggotaan tersebut dan berapa persentasenya?

Baca ulasan artikel ini hingga selesai untuk temukan jawabannya.

Baca juga: Seller Itu Artinya Apa? Ini Penjelasannya Pada Bisnis Online

Mengapa Ada Potongan Seller Tokopedia?

biaya admin tokopedia seller
Sumber: tokopedia

Tokopedia merupakan sebuah marketplace yang menjadi sarana untuk penjual dan pembeli melakukan aktivitas jual-beli. Dengan menjadi penjual online di platform ini, anda tidak perlu repot mengurus tempat jualan lagi.

Bahkan anda bisa mendapatkan konsumen dari berbagai wilayah, yang tentunya dapat meningkatkan peluang penjualan.

Untuk meningkatkan kenyamanan dan kemudahan dalam transaksi di platform ini, maka penjual dikenakan biaya admin seller Tokopedia atau potongan seller Tokopedia. 

Berapa Biaya Admin Tokopedia Seller?

biaya admin tokopedia
Sumber: tokopedia

Cara menghitung biaya admin Tokopedia seller adalah berdasarkan kategori produk yang terjual. Terdapat besaran persentase setiap kategori produk untuk tiap tingkatan keanggotaan.

Jadi sebelum mengetahui berapa biaya admin Tokopedia seller, anda harus mengetahui 3 tingkatan keanggotaan atau penjual di platform ini:

  • Regular Merchant

Secara umum Regular Merchant adalah para seller yang baru memulai berjualan di Tokopedia. Penjual dengan tipe Regular akan mendapatkan berbagai keuntungan untuk memulai usaha dari platform ini.

Salah satunya adalah anda mendapatkan bebas biaya admin Tokopedia seller untuk 100 transaksi pertama. Selain itu, terdapat juga promo seperti gratis ongkir yang bisa menarik pembeli untuk membeli dari toko anda.

  • Power Merchant

Tingkatan kedua adalah Power Merchant yang akan memiliki lebih banyak fitur dan fasilitas dari jenis Regular Merchant. Seperti misalnya, mendapatkan kredibilitas toko yang lebih tinggi.

Selain itu juga akan mendapatkan verified dan badge sehingga toko lebih dipercaya, peringkat pencarian produk, promosi yang lebih, hingga kapasitas etalase produk lebih luas yaitu 200 produk dan maksimal upload hingga 5.000.

Syarat menjadi Power Merchant adalah melakukan verifikasi data diri yaitu upload KTP dan memiliki skor performa minimal 60 poin.

Terdapat evaluasi setiap bulannya untuk memberikan status tingkatan kepada setiap penjual. Apabila sudah mencapai kriteria maka bisa menjadi Power Merchant Pro yang akan mendapatkan fasilitas tambahan lainnya.

  • Power Merchant Pro

Tingkatan yang paling tinggi adalah Power Merchant Pro, anda akan mendapatkan fitur dan fasilitas lebih lengkap dan eksklusif. 

Beberapa keuntungan yang didapatkan adalah biaya ongkir lebih ringan, rating pencarian meningkat, mendapat tarif ongkir spesial untuk pengiriman Instan & Same Day, badge toko eksklusif, Tokopedia Care, dan masih banyak lagi.

Syarat untuk mendapatkan tingkat Power Merchant Pro adalah memiliki sedikitnya 3 pesanan selesai dan minimal pendapatan bersih Rp 350 ribu, serta skor performa toko minimal 70 poin.

Pajak Tokopedia Seller

biaya admin tokopedia
Sumber: tokopedia

Setiap bisnis pasti harus membayarkan pajak dari pendapatan usaha tersebut. Begitupun dengan seller Tokopedia, selain fee admin anda juga wajib membayar pajak Tokopedia Seller.

Perhitungan pajak sendiri sesuai dengan ketentuan penghitungan pajak dari pemerintah. William Tanuwijaya selaku pendiri sekaligus CEO mengungkapkan bahwa Tokopedia telah memiliki sistem yang mewajibkan para pedagang patuh pajak.

Tokopedia secara otomatis akan mengirimkan Faktur Pajak terkait biaya layanan ke email seller atau admin yang terdaftar di data penjual.

Bagi toko anda yang memiliki penghasilan kurang dari atau sama dengan Rp 500 juta tidak perlu membayar pajak alias bebas pajak. Hal tersebut sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 mengenai Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP).

Aktifkan Asuransi Tokopedia Seller untuk Mencegah Kerugian

biaya admin tokopedia
Sumber: tokopedia

Salah satu hal yang menjadi resiko dalam berbisnis online adalah kemungkinan terjadinya kerusakan atau kehilangan pada proses pengantaran ke alamat pembeli. Untuk menghindari hal tersebut anda bisa mengaktifkan asuransi Tokopedia seller.

Melansir dari laman Pusat Edukasi Seller Tokopedia, platform ini telah bekerja sama dengan PT. Panasonic Insurance Service Indonesia yang akan menyediakan layanan asuransi untuk melindungi transaksi penjualan.

Asuransi ini meliputi setiap proses pengiriman mulai dari shipment atau pengiriman awal, retur, hingga pengiriman kembali (re-shipment). Terkait retur dan pengiriman kembali berlaku apabila pembeli tidak menerima barang yang sesuai.

Baca juga: Raih Keuntungan dengan Tokopedia Seller, Gabung Sekarang!

Biaya Admin Seller Tokopedia untuk Semua Merchant

biaya admin tokopedia seller
Sumber: tokopedia

Mengutip dari laman Pusat Edukasi Seller Tokopedia, perhitungan biaya admin Tokopedia Seller yaitu berdasarkan kategori produk dan tingkat keanggotaan.

Saat ini terdapat 5 kategori grup, dan untuk menghitung besarnya biaya layanan adalah mengalikan persentase biaya admin seller Tokopedia dari kategori tertentu dengan setiap produk terjual. 

Biaya Layanan Tokopedia Seller Regular Merchant

Sebagai penjual baru di Tokopedia anda bisa mendapatkan bebas biaya admin Tokopedia seller hingga transaksi ke-100. Setelah itu terdapat biaya layanan per produk terjual sebagai berikut:

  • 3,8% untuk kategori produk grup 1.
  • 3% untuk kategori grup 2.
  • 2,6% untuk produk di kategori grup 3.
  • 1,6% untuk kategori produk di grup 4.
  • 1% untuk produk di kategori grup 5.

Biaya Admin Tokopedia Seller Power Merchant

Apabila tingkat keanggotaan anda sudah berada di Power Merchant dan Power Merchant Pro, anda akan mendapat biaya admin seller Tokopedia untuk setiap transaksi penjualan berdasarkan 5 kategori produk berikut ini:

  • 4,5% untuk penjualan produk di kategori grup 1.
  • 3,8% untuk produk kategori grup 2.
  • 3,1% untuk setiap produk terjual di grup 3.
  • 1,8% untuk kategori grup 4.
  • 2% per produk terjual di kategori grup 5.

Biaya Admin Tokopedia Seller Power Merchant Pro

Power Merchant merupakan tingkatan paling tinggi di Tokopedia yang akan mendapatkan berbagai fitur dan fasilitas eksklusif. Hal tersebut menjadi peluang untuk meningkatkan penjualan.

Kriteria untuk memiliki tingkat ini adalah skor performa toko minimal 70 poin, serta memiliki paling sedikit 3 pesanan selesai dan pendapatan bersih Rp 350 ribu.

Hal menguntungkan lainnya adalah potongan seller Tokopedia dengan tingkat Power Merchant Pro memiliki persentase yang sama dengan Power Merchant. Jadi anda bisa melihat besaran persentase yang telah dijelaskan sebelumnya.

Detail Kategori Setiap Grup

biaya admin tokopedia seller
Sumber: tokopedia

Seperti pembahasan sebelumnya, biaya admin berdasarkan persentase dari setiap kategori produk. Maka penting untuk anda menempatkan produk sesuai dengan kategori dari setiap grup.

Agar lebih jelas anda bisa melihat daftar produk yang berdasarkan setiap kategorinya. Melansir dari Pusat Edukasi Seller Tokopedia, berikut adalah rincian produk dari 5 kategori grup:

Kategori Grup 1

Dalam kategori ini mencakup: buku, dapur, elektronik, handphone & tablet, ibu & bayi, kamera, makanan & minuman, mainan & hobi, office & stationery, otomotif, olahraga, perawatan tubuh, perlengkapan pesta & craft, pertukangan, rumah tangga, tour & travel, dan lainnya.

Kategori Grup 2

Terdapat beberapa detail yang berbeda dalam kategori ini. Adapun produk di kategori ini meliputi: fashion anak & bayi, elektronik, fashion muslim, fashion pria, film & musik, gaming, kamera, kesehatan, komputer & laptop, perawatan hewan, dan masih banyak lagi.

Kategori Grup 3

Pada kategori grup 3, produk-produknya meliputi: fashion wanita, otomotif, pertukangan, handphone & tablet, kecantikan, komputer & laptop, logam mulia, properti, dan lain-lain.

Kategori Grup 4

Selanjutnya untuk kategori grup 4 hanya terdapat beberapa jenis produk saja. Berikut adalah produk yang termasuk dalam kategori grup 4: fashion muslin, fashion wanita, dan kecantikan.

Kategori Grup 5

Produk-produk yang termasuk dalam kategori grup 5 mencakup: handphone & tablet serta otomotif (mobil dan sepeda motor).

Demikian penjelasan mengenai biaya admin Tokopedia seller yang harus dibayarkan berdasarkan persentase setiap produk terjual dalam 5 kategori grup.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak juga artikel informatif lainnya dari Everpro ya!

Nah, biar usaha kamu omsetnya meningkat kamu bisa menggunakan layanan Marketplace Enabler dari Everpro. Marketplace Enabler bisa bantuin kamu meraih omset yang besar!

Emang Everpro bisa kasih apa aja sih?

Benefit Everpro Marketplace Enabler

  • Optimasi Toko
  • Jasa CS yang Gercep & Tuntas
  • Toko Gampang Dicari Pembeli
  • Performa Iklan Terbaik
  • Maksimalin Penjualan dengan Campaign Terbaru
  • Bantu Kamu Pilih Langkah Bisnis yang Tepat

Mari daftar sekarang juga ke layanan Marketplace Enabler, nikmati keuntungannya dan siap-siap omzet jualan kamu meningkat!

Daftar Sekarang

Picture of Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Tips and Trik Kirim Paket

Pelajari lebih lanjut seputar tips and trik serta panduan untuk kirim paket hanya di Everpro.id. Ketahui beberapa informasi bermanfaat dan hal-hal penting yang harus diperhatikan