everpro

Mudah dan Gratis! Inilah Cara Menjadi Seller di Tokopedia

cara menjadi seller di tokopedia

Apakah Anda sudah tahu keuntungan dari cara menjadi seller di Tokopedia? Mulai dari buka toko gratis, jangkauan area se-Indonesia, layanan pengiriman lengkap, dan banyak fitur pendukung. Jangkaun calon pembeli semakin memberikan peluang tak terbatas se-Indonesia, apalagi tersedia beragam jenis pembayaran yang memudahkan transaksi penjualan.

Bebas ongkir sepuasnya bagi seller, mau? Layanan pengiriman lengkap mulai dari pengiriman instan dan cargo. Bahkan kedua belah pihak yakni Penjual dan Pembeli dapat melacak keberadaan barang melalui fitur cek resi. Begitu banyak kemudahan! Yuk, daftarkan sekarang.

Apa Itu Seller Tokopedia?

cara menjadi seller di tokopedia
Sumber: google.com

Tokopedia seller merupakan salah satu aplikasi khusus bagi seller di Tokopedia versi mobile (Android). Layanan aplikasi seller Tokopedia bisa Anda manfaatkan untuk mengatur bisnis setiap saat. Bahkan sudah tersedia di Google Play Store khusus smartphone Android, dengan cara membuat akun di aplikasi Tokopedia terlebih dahulu. Berikut cara menjadi seller Tokopedia.

Baca juga: Mau Jadi Mitra Tokopedia? Begini Cara Daftar dan Keuntungannya

Keuntungan Seller di Tokopedia

cara menjadi seller di tokopedia
Sumber: google.com

Sebenarnya ada banyak platform yang bisa membantu Anda untuk berjualan. Mulai dari media sosial, website toko online, sampai marketplace seperti Tokopedia yang ramah bagi seller pemula. Meskipun persaingan sesama penjual cukup ketat, namun jika Anda menerapkan tips di bawah ini pasti akan menjadi salah satu star seller di Tokopedia.

Keuntungan dari aplikasi ini mulai dari mudahnya cara daftar ongkir Tokopedia seller, cara bebas ongkir tokopedia seller, maupun cara seller Tokopedia bebas ongkir. Tentu saja para penjual dan pembeli senang dengan bebas ongkir!  Apalagi cara mengaktifkan bebas ongkir tokopedia terbilang cukup mudah. Pantau terus media sosial dan website untuk informasi selengkapnya.

Bagaimana Cara Jadi Seller Tokopedia?

cara menjadi seller di tokopedia
Sumber: google.com

Aplikasi seller di Tokopedia terbilang user friendly karena memuat banyak fitur dan tampilannya juga sederhana. Sehingga, bisa membuat pengguna khususnya seller lebih fokus pada menu penjualan. Kemudian dapat mengoptimalkan pengelolaan toko hanya melalui satu aplikasi.

Kebiasaan masyarakat yang beralih ke belanja online untuk memenuhi kebutuhan. Belanja online merupakan salah satu solusi menghemat waktu dan biaya. Itulah mengapa, cara menjadi star seller di Tokopedia sangat menjanjikan. Dalam hal meraup keuntungan dari rumah saja.

Cara Membuat Akun Seller di Tokopedia

  1. Unduh Aplikasi Tokopedia di Google Play Store
  2. Kemudian klik Gabung Sekarang dan klik tombol Daftar
  3. Setelah itu, masukkan Nomor HP atau Email
  4. Pilih tombol Daftar dan pilih Metode Verifikasi
  5. Selanjutnya, masukkan Kode OTP dari pesan Tokopedia
  6. Isi Nama Lengkap, KTP, dan klik tombol Lanjut
  7. Akun Anda sudah terdaftar

Bagaimana Cara Menjadi Star Seller Tokopedia?

cara menjadi seller di tokopedia
Sumber: google.com

Apabila Anda sudah mempunyai toko offline, sudah jualan di media sosial, atau baru akan memulai bisnis online. Saatnya Anda membuka toko di Tokopedia untuk membantu masyarakat Indonesia memenuhi kebutuhan rumah dengan berbelanja online melalui smartphone.

Everpro

Jika Anda ingin menjadi star seller atau seller terpercaya, Anda harus memberikan informasi detail mengenai produk maupun cara pemesanan produk dengan lengkap. Sebagai contoh, mengenai produk yang sebaiknya pelanggan pilih, kemudahan metode pembayaran, dan beragam pilihan jasa pengiriman.

Berikan Informasi Detail

Langkah pertama yaitu memberikan informasi toko dan produk secara detail, sehingga memberikan kesan bisnis online yang profesional. Selain itu, mencantumkan informasi detail membuat Anda tak perlu kerja dua kali. Dalam artian, calon pelanggan sudah paham dengan produk yang akan mereka beli, tanpa perlu menghubungi Anda untuk bertanya-tanya.

Memaksimalkan Media Sosial

Kehadiran media sosial menciptakan komunikasi jarak jauh dapat teratasi. Begitu pula pada sebuah bisnis, Anda bisa menjangkau calon pelanggan lebih luas dan spesifik melalui iklan media sosial. Mari manfaatkan media sosial secara tepat dan benar dalam memaksimalkan digital marketing dan jangan lupa lakukan cara share link Tokopedia seller.

Tampilkan Review Pelanggan

Review pelanggan merupakan hal yang amat penting dilihat oleh calon pembeli. Biasanya, pembeli akan mengambil keputusan dalam pembelian barang ketika sudah melihat review dari konsumen lainnya. Lalu, jika toko Anda lebih banyak mendapatkan review negatif maka harus menjadi pengingat. Bahwa perlu untuk terus memperbaiki layanan produk.  

Kemudahan Transaksi Pembayaran

Setiap pelanggan memiliki kendala masing-masing dalam transaksi pembayaran. Maka dari itu, seller yang menyediakan kemudahan transaksi memiliki nilai tambah dari pelanggan. Demi mempermudah calon pembeli untuk melakukan pembayaran pesanan produk, Anda dapat menyediakan berbagai pilihan pembayaran melalui beberapa bank dan dompet digital.

Beragam Jasa Pengiriman

Poin penting lainnya yaitu wajib menyediakan partner jasa ekspedisi yang beragam, guna memberikan kemudahan berbelanja dan bisa membandingkan tarif ongkos kirim. Pemilihan jasa ekspedisi perlu menyesuaikan lewat kebutuhan toko, jenis produk, dan lain sebagainya.

Cara Mengaktifkan COD di Tokopedia Seller

cara menjadi seller di tokopedia
Sumber: google.com

Fitur COD (Cash On Delivery) mendapatkan tanggapan hangat bagi para penjual online akhir-akhir ini, kendatipun ada beberapa seller yang masih belum memahami dalam aktifkan fitur COD. Salah satu fitur COD menjadi sebuah solusi baik bagi penjual maupun pembeli, sebab akan mendapatkan kemudahan transaksi.

Karena mendapat perlindungan atas hal, saat membeli barang. Kemudian di sisi lain, seller juga akan mendapatkan keuntungan dari meningkatkan penjualan yang sesuai dengan deskripsi dan foto produk. Tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut langkah mudahnya.

  1. Buka browser laptop dan kunjungi laman https://seller.tokopedia.com/
  2. Selanjutnya, Login Akun bisnis Anda di website Tokopedia
  3. Pada halaman utama, klik tombol Pengaturan Toko dan klik Layanan
  4. Lalu klik tombol Centang untuk menyetujui syarat dan ketentuan pembayaran
  5. Langkah terakhir Aktifkan Layanan dan fitur COD sudah berhasil

Bagaimana Cara Tarik Saldo Tokopedia Seller?

cara menjadi seller di tokopedia
Sumber: google.com

Sebagai seller baru tentunya Anda belum memahami betul mengenai sistem penarikan dana atau saldo penjualan. Tak perlu khawatir, karena ada cara mudah yang bisa langsung Anda lakukan. Saat menjalankan bisnis online maupun offline, saldo merupakan hal yang menjadi bahan perhitungan sebagai arus perputaran uang pada bisnis.

Masuk ke Akun Tokopedia Seller

Pastikan bahwa sudah tersedia Aplikasinya di HP di Google Play Store. Kemudian Anda masuk ke akun seller bisnis. Pada halaman utama, pilih menu Akun dan klik tombol Saldo.

Lakukan Penarikan Saldo

Dari awal pastikan nominal penarikan dan sesuaikan dengan besaran biaya penarikan (jika ada), karena tarif setiap bank tentu berbeda. Langsung klik Tarik Saldo dan pilih Saldo Penghasilan.

Masukkan Password Akun

Pada saat menarik saldo, Anda perlu memasukan kata sandi akun seller untuk konfirmasi tindakan. Setelah tarik saldo, silahkan masukkan Kata Kunci Akun secara tepat.

Pilih Metode Verifikasi

Kode verifikasi melalui sms, email, telepon, maupun whatsapp dari sistem Tokopedia. Langkah selanjutnya, masukkan kode verifikasi dengan cara klik Verifikasi dan penarikan saldo berhasil.

Cara Seller Membatalkan Pesanan di Tokopedia

cara menjadi seller di tokopedia
Sumber: google.com

Pada saat belanja online tentu sering terjadi beberapa alasan untuk membatalkan pesanan, sebelum mendapatkan respon. Hal tersebut bisa terjadi karena kesalahan membeli produk atau tidak memperhatikan deskripsi barang secara detail.

Sebenarnya hal ini berlaku, setelah melakukan pembayaran dan verifikasi namun pihak seller belum menanggapi pesanan. Apabila hal tersebut terjadi, Anda bisa langsung membatalkan pesanan melalui browser di laptop maupun smartphone.

  1. Klik menu Pesan pada halaman beranda
  2. Lalu pilih Status Pemesanan dan klik Ajukan Pembatalan
  3. Nantinya akan muncul pop-up dan Anda klik tombol Ajukan
  4. Tunggu maksimal 2×24 jam setelah pesanan terverifikasi

Cara Hapus Akun Tokopedia Seller

cara menjadi seller di tokopedia
Sumber: google.com

Walaupun memudahkan transaksi jual beli, namun tak jarang seller ingin menghapus akun secara permanen. Namun apakah cara harus akun tokopedia seller bisa dilakukan? Ya, tentu saja bisa. Sebelum hapus akun toko, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut dalam mengambil keputusan untuk menghapus akun permanen seperti di bawah ini.

Pertama yaitu penutupan akun dapat diproses jika sudah tidak ada transaksi, tanggungan cicilan pinjaman, dan lain sebagainya. Kedua yaitu nomor telepon ataupun email tidak dapat Anda gunakan kembali, jika suatu saat daftar kembali untuk membuat akun Tokopedia seller. Ketiga yaitu pastikan saldo, reksadana, saldo emas, dan sebagainya sudah melakukan penarikan.

  1. Masuk kelaman tokopedia.com
  2. Kemudian login Akun Seller dan klik ikon Pengaturan Toko
  3. Lalu klik dan masuk ke Informasi Toko dan pilih Status Toko
  4. Selanjutnya, ceklis Checkbox dan klik tombol Atur

Baca juga: Raih 8 Keuntungan Memulai Bisnis dan Belanja di Tokopedia

Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi Anda yang sedang mencari referensi. Terima kasih sudah membaca! Nantikan juga artikel Everpro berkualitas lainnya, yang pastinya membantu perkembangan bisnis Anda.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?