Kamu sering kewalahan balas yang membludak saat orderan lagi ramai? Agar pelanggan tidak kabur karena respon yang lambat, kamu perlu tahu cara chat bot WA untuk bisnis!
Chatbot WhatsApp dirancang sebagai solusi bagi pebisnis supaya bisa kelola chat dengan otomatis, termasuk untuk jawab pertanyaan pelanggan yang berulang.Â
Jadi daripada masih pakai cara manual untuk balas chat menumpuk satu per satu, kamu bisa ikuti cara mengaktifkan chatbot WhatsApp untuk bisnis, berikut ini!
Apa itu Chat Bot WhatsApp?Â
Chatbot WhatsApp adalah program otomatis dari komputer yang dirancang untuk mensimulasikan interaksi manusia melalui platform WhatsApp.Â
Sederhananya, chat bot WhatsApp bisa dianggap seperti asisten virtual yang menggantikan kamu membalas pesan manual dengan pelanggan.Â
Program ini punya kemampuan untuk menjawab pertanyaan umum, seperti memberikan informasi produk, menerima pesanan, hingga mengarahkan pelanggan ke CS.Â
Keuntungan Menggunakan Chat Bot WA untuk Bisnis
Chatbot WhatsApp memberikan banyak keuntungan untuk bisnis terutama dalam hal manajemen percakapan dengan pelanggan, berikut beberapa diantaranya:
-
Memberikan Layanan yang Fast Respon
Karena sudah tersistem, chatbot akan langsung jawab pesan yang masuk dalam hitungan detik. Nah, kamu bisa atur jawabannya sesuai pertanyaan yang diajukan pelanggan.Â
Biasanya pertanyaan ini berkaitan dengan informasi umum yang ingin diketahui pelanggan, bisa tentang produk atau layanan, pemesanan, ataupun pengiriman.Â
Dengan respon cepat yang konsisten, tak perlu khawatir lagi dengan chat yang terabaikan!
-
Bisa Balas Chat Otomatis Selama 24 Jam
Ketika kelola toko secara manual, biasanya pebisnis akan membatasi jam operasional toko. Ini bisa membuat kepuasan pelanggan menurun karena pesan mereka tidak dibalas.Â
Dengan chatbot WhatsApp, tak perlu risau lagi untuk membalas pesan yang masuk di luar jam operasional. Karena chatbot akan aktif selama 24 jam untuk menjawab pesan pelanggan.Â
-
Lebih Hemat Waktu dan Tenaga
Disaat harus mengurus keperluan bisnis lainnya, seperti stok produk, pengiriman, hingga promosi, membalas ribuan pesan yang masuk tentu akan makan waktu dan tenaga.Â
Nah, kerjaan ini bisa dibuat lebih praktis dengan mengandalkan chatbot WhatsApp. Jadi kamu bisa fokus ke prioritas lain tanpa mengabaikan kualitas layanan pelanggan.Â
-
Memudahkan Promosi yang Otomatis
Bukan cuma untuk balas pesan yang masuk aja, chatbot juga bisa kamu manfaatkan untuk mengirim pesan promo, info diskon, ataupun update produk secara massal, lho.Â
Dibanding cara manual dengan kirim pesan satu-satu, dengan bantuan chatbot WhatsApp ini, akan lebih mudah untuk kamu menjangkau banyak pelanggan sekaligus.Â
-
Meningkatkan Kepuasan Pelanggan
Ketika bisnis bisa memberikan layanan pesan yang berkualitas ke pelanggan, seperti respon yang cepat, melayani 24 jam, dan konsisten, maka tentu kepuasan pelanggan juga meningkat.
Aspek ini penting banget untuk kemajuan bisnis, khususnya jika kamu ingin menarik pelanggan supaya mereka memutuskan untuk beli dan repeat order.Â
Nah, untuk menikmati keuntungan chat bot WhatsApp ini, kamu harus gunakan layanan pihak ketiga yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API, seperti di Everpro Chat!
Cara Pakai Chat Bot WA Melalui Everpro ChatÂ
Everpro Chat merupakan platform komunikasi bisnis yang dirancang khusus untuk bantu pelaku usaha supaya bisa kelola chat pelanggan secara lebih praktis dan efisien.
Karena terintegrasi langsung dengan API resmi Meta, Everpro Chat juga menyediakan fitur chatbot yang bisa kamu atur sesuai kebutuhan bisnis. Begini cara pakainya:Â
1. Gunakan WhatsApp Business API
Kalau saat ini kamu masih pakai WhatsApp biasa, maka saatnya beralih ke WhatsApp Business API. Kamu perlu mendaftar ke WA Business Solution Provider (BSP) seperti Everpro Chat.Â
Saat berlangganan di Everpro Chat, kamu akan langsung mendapatkan akses WhatsApp Business API beserta fitur canggih lainnya. Â
2. Integrasi Nomor WA ke WhatsApp Business
Selanjutnya, kamu perlu mengintegrasikan nomor WhatsApp Business dari WhatsApp sebelumnya. Kamu bisa pakai panduan dari Everpro Chat, berikut ini:Â
- Masuk ke Everpro dan berlangganan paket Add-On Everpro Chat.Â
- Jika sudah berlangganan, masuk ke menu Everpro Chat, lalu klik Daftarkan Nomor.Â
- Isi formulir pendaftaran nomor WhatsApp Business API dengan lengkap.Â
- Tunggu proses pertujuan dari Meta maksimal 7 hari kerja.Â
- Selanjutnya, tim Everpro akan bantu kamu mengakses aplikasi Everpro Chat.Â
3. Atur Alur Chat dan Jawaban OtomatisÂ
Kalau sudah dapat akses ke WhatsApp Business API, kamu tinggal atur alur chat dan jawaban otomatis lewat fitur Chatbot atau Smart Reply.Â
Biasanya ini berkaitan dengan sapaan pembuka, informasi katalog atau daftar produk, status pesanan, informasi pembayaran, promo atau diskon, arahan ke CS, hingga pertanyaan umum FAQ yang berkaitan dengan bisnis kamu.Â
Berikut ini panduan mengatur Smart Reply Everpro Chat untuk atur alur chat dan jawabannya:Â
- Masuk ke Everpro Chat, lalu klik fitur Filter Leads Menggunakan Smart Reply.Â
- Klik tombol Bot Integration untuk membuat chat bot WA baru.Â
- Klik Add Project from Dialogflow, lalu klik Create New GCP Project.Â
- Sebelum membuat alur chat dan jawabannya, pastikan kamu sudah Sign In With Google, lalu centang Terms of Service di Google Cloud.Â
- Kamu bisa membuat bot dengan mengikuti 4 tahapan yang tersedia di Everpro Chat.Â
- Di tahap ketiga, kamu diminta untuk mengalokasikan bot ke channel WhatsApp.Â
- Terakhir, kamu bisa pilih Bot Template yang tersedia atau membuat template sendiri yang lebih personal.Â
- Jika sudah, klik Finisih dan chat bot WA akan aktif!
4. Setting Template Chat yang Akan DipakaiÂ
Seperti penjelasan di atas, kamu bisa bikin template chat sendiri yang lebih personal. Tapi kalau mau praktis, Everpro Chat juga sudah menyediakan template chat siap pakai.Â
Kamu tinggal pilih template chat yang sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu. Selain itu, pastikan template chat ini benar-benar bisa jawab pertanyaan pelanggan, ya!
5. Gunakan Dashboard untuk Monitor Performa Chatbot
Terakhir, jangan lupa untuk monitoring performa chat bot yang sudah kamu setting ini. Kalau pakai Everpro Chat, kamu akan langsung dapat akses ke dashboard yang terpusat.Â
Dengan monitoring performa chatbot, kamu bisa tahu apakah alur chat dan jawabannya sudah efektif atau perlu di optimasi jadi lebih baik.Â
Apakah Everpro Chat Mendukung Chatbot Otomatis?
Ya, chatbot bisa diatur untuk menjawab pertanyaan dasar atau menyaring leads sebelum diteruskan ke admin manusia.Â
Sehingga, pelanggan nggak perlu nunggu lama untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan, meskipun di luar jam kerja.Â
Bukan cuma atur chat bot WA, bahkan kamu juga bisa kirim broadcast, dapatkan verifikasi centang biru, bagi leads otomatis ke CS, dan banyak fitur Everpro Chat yang canggih lainnya.Â
Everpro Chat bakal bikin operasional bisnis jadi lebih praktis, responsif, dan profesional. Cocok untuk kamu yang mau bisnisnya berkembang tanpa harus ribet urus WA pakai cara manual.Â
Tertarik pakai Everpro Chat? Yuk, daftar sekarang juga!