Google Ads saat ini menjadi platform iklan yang sangat populer namun, tidak semua orang mengerti cara daftar Google Ads. Beriklan di Google Ads saat ini menjadi salah satu cara yang memiliki nilai penting dalam promosi suatu brand maupun produk.
Sebagai pemilik bisnis salah satu cara untuk menjangkau target audiens yang lebih luas adalah dengan beriklan. Beriklan di Google Ads saat ini menjadi pilihan yang sangat menjanjikan karena banyak audiens yang dapat kamu jangkau.
Pada artikel ini kami akan membahas bagaimana cara daftar Google Ads khusus untuk kamu yang ingin beriklan. Simak informasi selengkapnya sampai habis ya!
Daftar Isi:
ToggleApa itu Google Ads
Sebelum masuk ke pembahasan mengenai cara daftar Google Ads, sebaiknya kita mengetahui platform Google Ads lebih dalam. Google Ads sendiri merupakan platform iklan berbayar dari Google.
Dahulu platform iklan Google Ads bernama Google Adswords namun sejak 2018 sampai dengan saat ini platform ini menggunakan nama Google Ads.
Pada dasarnya, cara kerja Google Ads memiliki kesamaan dengan pencarian organik pada lama Google. Ketika kamu mencari informasi menggunakan kata kunci tertentu, Google akan menampilkan hasil yang relevan dengan kata kunci tersebut.
Jika kamu beriklan dengan Google Ads, iklan kamu akan Google tampilkan pada posisi atas atau tertinggi pada laman hasil pencarian Google.
Untuk membedakannya dengan hasil pencarian organik lain yaitu dengan melihat adanya tulisan “Sponsored” dengan cetak tebal pada sebelah URL website.
Sebagai contohnya seperti di bawah ini. Ketika kamu melakukan pencarian dengan kata kunci “baju anak murah” maka akan muncul URL dengan keyword tersebut. Iklan tersebut akan Google tampilkan pada posisi paling atas pada hasil pencarian pada Google.
Karena alasan tersebut para pemilik bisnis meminati platform ini untuk beriklan. Dengan posisi iklan mereka ada di atas membuat mereka secara teori bisa mendapatkan banyak traffic atau kunjungan.
Satu hal yang perlu kamu pahami tentang Google Ads yaitu platform ini adalah platform yang berbeda dengan Google Adsense. Platform Google Adsense lebih cocok untuk kamu yang memiliki situs web, blog atau forum yang ingin menampilkan iklan pada platform-platform tersebut.
Nah, itulah tadi penjelasan tentang Google Ads yang merupakan platform beriklan keluaran Google. Dengan cara mendaftar Google Ads kamu dapat langsung menggunakan platform ini untuk beriklan pada layanan layanan yang tersedia di Google.
Baca juga: Dijamin Gak Boncos! Yuk, Belajar Google Ads untuk Bisnis Digital
Cara Daftar Google Ads
Ada beberapa cara untuk mendaftar Google Ads. Kami akan memberikan dua cara yang dapat kamu lakukan untuk mendaftar Google Ads.
Hal yang pertama yang harus kamu lakukan untuk dapat beriklan di Google Ads yaitu kamu harus memiliki akun Google. Saat ini sepertinya hampir semua orang memiliki akun Google namun, jika kamu masih belum mempunyai akun kamu bisa membuatnya terlebih dahulu di sini.
Jika sudah memiliki atau membuat akun Google, kamu dapat melakukan cara berikut ini untuk mendaftar Google Ads:
Cara Pertama
-
Buka Google Ads
Hal yang pertama yang harus kamu lakukan adalah buka halaman Google Ads dan klik “Memulai”
-
Isi Nama Brand atau Bisnis
Pada halaman selanjutnya kamu harus memasukan nama brand atau bisnis kamu. Jika sudah, kamu dapat klik “berikutnya” dan isi kolom dengan alamat atau link website brand kamu.
-
Tetapkan Tujuan dan Sasaran Iklan
Setelah kamu membuka dan klik Memulai kamu akan diminta untuk memilih tujuan dari iklan kamu. Google membutuhkan hal ini untuk dapat memahami jenis audiesn yang sesuai dengan tujuan bisnis kamu.
Ada 3 pilihan yang dapat kamu pilih untuk tujuan iklan kamu. 3 pilihan tersebut yaitu “Mendapatkan Banyak Panggilan”, “Dapatkan lebih banyak penjualan atau pendaftaran situs”, “Dapatkan lebih banyak kunjungan ke lokasi fisik Anda”
Pilihlah sesuai dengan tujuan iklan kamu agar iklan tersebut dapat efektif bagi brand dan produk kamu.
-
Tuliskan Informasi Iklan
Pada halaman ini, kamu harus mengisi informasi seputar iklan kamu. Informasi yang harus kamu tulis adalah isi judul, deskripsi, dan juga nomor telepon yang dapat dihubungi pada iklan yang akan dibuat.
-
Isi Kata Kunci yang Relevan
Halaman selanjutnya yaitu kamu akan menulis kata kunci dari iklan yang akan kamu tampilkan pada Google. Pada halaman ini Google akan memberikan rekomendasi beberapa keyword terkait dengan iklan kamu.
Kamu dapat memilih dari rekomendasi yang diberikan atau kamu dapat memilih sendiri kata kunci yang akan kamu gunakan.
-
Pilih Lokasi Target Audiens
Kemudian pada halaman ini kamu dapat memilih lokasi di mana iklan akan Google tampilkan. Hal ini bertujuan untuk menargetkan iklan kamu sesuai dengan audiens yang kamu sasar. Kamu dapat pilih lokasi berdasarkan jarak dengan tokomu atau berdasarkan wilayah, kota, dan juga kode pos.
-
Tetapkan Anggaran Iklan
Halaman selanjutnya kamu akan diminta untuk menetapkan anggaran yang kamu gunakan untuk iklan kamu. Pilihlah anggaran yang sesuai dengan dana kamu untuk iklan. Jika sudah, kamu dapat klik “berikutnya”.
Periksa kembali apakah semua informasi yang kamu isi sudah benar. Jika kamu sudah merasa informasi iklan sudah sesuai, kamu dapat klik “berikutnya”.
-
Informasi Pembayaran Iklan
Terakhir kamu akan masuk pada halaman informasi pembayaran iklan. Pada halaman informasi seputar iklan akan ditampilkan, kamu dapat menggunakan kode voucher apabila kamu memilikinya.
Pastikan semua data yang telah kamu isi sudah benar, kemudian klik “kirim” untuk membuat iklan di Google Ads.
Gimana? Mudah bukan? Sekarang kamu sudah bisa beriklan di Google Ads dengan mudah!
Eits, tapi masih ada satu cara lagi, lho untuk daftar Google Ads.
Cara Kedua
Untuk cara kedua ini bisa dikatakan adalah cara lanjutan untuk membuat iklan di Google. Hal yang harus kamu persiapkan untuk cara kedua ini yaitu kamu harus memasukan informasi pembayaran pada Google Ads.
Caranya masuk ke menu “alat dan setelan” di bagian atas dashboard. Kemudian pada opsi “penagihan” atau “billing”, klik “summary” atau “ringkasan”.
Pada halaman ini kamu dapat memilih metode pembayaran sesuai dengan keinginan kamu. Jika sudah, kamu dapat segera melakukan pembayaran untuk dapat membuat iklan tersebut. Setelah kamu mengisi pengaturan di bagian billing tadi, kamu dapat mengikut cara di bawah ini untuk cara daftar Google Ads berikut:
-
Buka Google Ads
Pertama, buka halaman Google Ads pada peramban kamu dan pilih “memulai”.
-
Pilih Mode Pakar
Selanjutnya, kamu akan sampai pada halaman tujuan iklan. Pada halaman ini kamu dapat memilih mode pakar dengan klik “Beralih ke Mode Pakar” yang berada dibawah.
- Buat Akun Google Ads
Setelah klik mode pakar kamu akan melihat beberapa opsi target iklan namun, pada tahap ini kamu dapat memilih opsi “buat akun tanpa kampanye”.
Selanjutnya kamu perlu mengonfirmasi infromasi terkait dengan brand atau bisnis kamu dengan klik tombol “kirim”.
- Membuat Campaign Baru
Halaman selanjutnya kamu dapat mengeksplor akun Google Ads kamu dan kamu dapat membuat campaign baru dengan klik “kampanye baru”.
Kemudian, kamu dapat memilih tujuan atau target dari iklan yang kamu buat. Saat kamu memilih salah satu pilihan tujuan iklan, pada bagian bawah akan muncul rekomendasi jenis iklan yang dapat kamu pilih.
Silahkan pilih jenis iklan yang sesuai dengan brand dan produk kamu yang ingin kamu buat pada Google Ads. Selanjutnya, kamu dapat mengisi informasi spesifik yang Google minta dan klik “Lanjutkan”.
-
Pilih Penargetan dan Anggaran Iklan
Langkah selanjutnya adalah melakukan penargetan dan anggaran dari iklan yang akan kamu buat. Pada bagian ini kamu harus mengisi beberapa infomrasi penting seperti lokasi, bahasa, budget, dan bidding.
Pastikan ketika kamu mengisi informasi tersebut kamu harus menargetkan audiens yang spesifik yang ingin kamu targetkan. Jika target iklan yang kamu pilih terlalu luas, ada peluang jika iklan kamu tidak dapat menjangkau audiens yang tepat.
Kemudian untuk bagian budget, kamu dapat mengisi dana yang akan kamu gunakan untuk setiap harinya dan pilih jenis bidding yang akan kamu gunakan.
Jika kamu ingin mengontrol penawaran secara manual, kamu dapat memilih “pilih strategi penawartan secara langsung” kemudian pilih opsi manual CPC.
Jika sudah kamu, kamu dapat menyimpannya dan beralih ke langkah selanjutnya.
-
Siapkan Group Iklan
Group iklan adalah kumpulan iklan dengan tema dan target yang sama. Pada halaman ini kamu dapat membuat kelompok kata kunci yang relevan dengan brand kamu.
Kamu dapat menggunakan alat dari Google Keyword Planner untuk mendapatkan kata kunci efektif dan tepat. Kamu dapat menggunakannya dengan cara pilih opsi “alat dan setelan” yang ada di atas dashboard Google Ads.
-
Membuat Iklan
Langkah terakhir yaitu membuat iklan di Google Ads. Kamu dapat membuat judul dan deskripsi dari iklan kamu semenarik mungkin. Pastikan semua informasi yang dibutuhkan telah kamu isi dengan benar.
Setelah selesai kamu sudah selesai mendaftarkan akun Google Ads dan sudah membuat iklan di Google Ads, lho. Mudah banget kan? Sekarang kamu sudah bisa beriklan di Google Ads dengan mudah!
Cara daftar Google Ads memang gampang, tapi untuk bisa bikin iklan yang efektif butuh pengetahuan yang dalam, lho tentang Google Ads. Daripada pusing mikirinnya mending pakai Everpro Google Ads Whitelisted aja!
Everpro Google Ads Whitelisted bisa kasih apa aja buat kamu?
Benefit Everpro Google Ads Whitelisted
- Edukasi beriklan Google Ads lengkap dari tim ahli Everpro
- Akses prioritas dari Google jika akun kamu bermasalah
- Transaksi dan credential akun aman dengan metode pembayaran khusus dari Everpro
- Terhubung dengan ekosistem Everpro untuk dukung semua kebutuhan bisnismu
Selain lengkap dan aman, layanan Google Ads Whitelisted Account Everpro juga terjangkau!
Dengan top-up saldo minimal Rp5.000.000 kamu bisa mulai beriklan dan dapat GRATIS SEMUA BIAYA selama 2 bulan pertama!
Ayo segera daftar Everpro Google Ads Whitelisted biar iklan kamu makin mantap!