everpro

Cara Beriklan di Google Ads? Ketahui Dulu Hal-hal Berikut!

Google Ads

Google Ads – Saat ini banyak perusahaan baik itu perusahaan yang baru merintis maupun yang sudah besar, banyak menggunakan kemudahan dari Google Adwords atau Google Ads untuk mengenalkan produknya kepada khalayak.

Hal ini tentu sangat diperlukan untuk kepentingan usaha, karena dengan menggunakan Google Adwords adalah jalan meraup keuntungan.

Dalam menggunakan Google Ads ini, banyak orang yang masih bingung bagaimana sistem kerja dari Google Adwords ini.

Apakah Anda salah satunya yang mengalami kebingungan dalam menggunakannya? Kalau iya, simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Itu Google Ads? 

Google Ads
Sumber: google.com/bersosial

Google Ads adalah fitur iklan berbayar yang muncul di pencarian Google. Untuk dapat menampilkan iklan berbayar atau paid search tersebut, pengiklan tentu harus membayar agar iklan bisa ditampilkan dengan menggunakan kata kunci tertentu yang relevan dengan produk dan jasa.

Di sinilah pentingnya membuat keyword tertentu yang tepat sasaran ketika beriklan melalui perantara Google Adwords, sehingga hasil pencarian produk bisnis Anda bertengger di pencarian atas Google.

Semakin tinggi posisi hasil pencarian di laman Google menggunakan paid search, tentu kemungkinan besar iklan akan dilihat lebih banyak orang sekaligus memperbesar peluang mendapatkan pelanggan.

Jadi, bagi para pengusaha yang baru merintis atau yang sudah berjalan dan besar, menggunakan Google Adwords ini sangatlah penting. 

Google Ads Adalah? Inilah yang Wajib Diketahui

Google Ads
Sumber: google.com/bersosial

Sebelum Anda menggunakan layanan ini, maka ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar tidak keliru dalam menggunakan layanan ini.

Everpro

Berikut adalah hal-hal yang harus Anda tahu:

1. Sistem pembayaran Google Ads

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan ketika beriklan Google Ads. Salah satunya jangan sampai modal iklan lebih besar daripada penghasilan dalam kurun waktu yang lama. Maka, lakukan evaluasi yang rutin dan rinci.

Selain itu, Anda hanya perlu membayar iklan ketika orang mengklik dan membuka situs usaha. Ada tiga istilah yang perlu dipahami agar iklan lebih efektif dengan teknik pengiklanan sebagai berikut:

  • Biaya per 1.000 Impresi (Pay per Thousand Impression). Anda hanya akan dikenakan biaya setiap ada 1.000 orang yang melihat iklan yang ‘nangkring’ di halaman pencarian Google. Ini adalah cara yang efektif jika menginginkan melihat penambahan signifikan dan efek iklan ke dalam omzet.
  • Kemudian ada Biaya Per Klik (Pay per Click). Anda diwajibkan membayar hanya jika calon konsumen mengklik iklan Anda. Sedangkan jika mereka hanya melihat iklan tanpa klik, Google tidak akan menarik biaya.
  • Biaya Per Konversi (Pay per Conversion). Cara yang satu ini dinilai paling efektif, karena anda hanya diwajibkan membayar kepada Google ketika calon konsumen memenuhi target anda, seperti mereka benar-benar mengakses situs iklan anda yang dapat dilihat dari lama waktu mereka berada di situs anda, kemudian apakah calon konsumen memasukkan produk anda di keranjang belanja dan lain sebagainya.

2. Sistem Kerja Google Adword

Selanjutnya adalah sistem kerja layanan iklan Google Adwords yang harus Anda ketahui. Mari analogikan cara kerja Google Adwords secara sederhana. 

Misalnya, ketika calon konsumen mencari kebutuhan mereka melalui kata kunci atau keyword di kolom pencarian Google, maka produk atau jasa Anda akan turut ditampilkan di halaman pencarian Google.

Contohnya ketika orang mencari keyword ‘sepatu murah’. Jika Anda mengoptimalkan fitur Google Adwords dengan pemilihan keyword yang terbaik dari pencarian organik, maka probabilitas orang akan membuka situs Anda sangat tinggi.

Nah, jika Anda berhasil membuat situs iklan ‘nangkring’ di posisi paling atas, maka tingkat kredibilitas dan kepercayaan calon konsumen akan meningkat juga. Hal itu dapat membuat mereka tertarik untuk membeli produk atau menggunakan jasa anda.

3. Cara Daftar dan Beriklan di Google Adwords

Kemudian yang harus Anda ketahui adalah cara mendaftar atau beriklan di layanan ini. Berikut proses daftar dan pembayarannya:

  • Buka browser dan mulai akses situs Google Ads
  • Jangan lupa sign in ke dalam akun Google anda yang digunakan sebagai akun Google Adwords
  • Kemudian klik menu ‘Get started’ atau ‘mulai sekarang’ dan pilih satu dari tiga tujuan pengiklanan Anda
  • Tulis jawaban di kolom deskripsi bisnis dan masukkan URL situs iklan
  • Isi radius jangkauan konsumen yang ditargetkan
  • Tentukan keywords atau kata kunci pencarian produk atau jasa
  • Isi lima kolom yang meliputi headline dan deskripsi iklan
  • Masukkan nomor ponsel yang akan ditampilkan di iklan Google, sehingga calon konsumen akan menghubungi nomor yang tertera
  • Akan ada tiga opsi budget atau paket pembayaran dari Google yang akan anda bayar per bulannya, selain itu anda diberikan kebebasan untuk menentukan budget sendiri
  • Selesaikan informasi transaksi pembayaran

4. Keuntungan apa yang didapat dari layanan Google Ads?

Setelah mengetahui tiga penjelasan di atas, Anda juga perlu tahu apa saja keuntungan yang didapat dengan menggunakan layanan ini.

Ketika memasang iklan di Google, akan ada beberapa feedback yang akan didapat meskipun tidak secara langsung dan cepat. Kecepatan itu tergantung bagaimana Anda mengoptimalkan pencarian yang ada.

Berikut keuntungan menggunakan fitur Google Adwords bagi pengusaha:

1. Biaya Iklan Dapat Dimonitor

Sistem PPC yang digunakan Google Adwords memudahkan pemilik iklan untuk mengatur serta memonitor biaya iklan sesuai dengan budget. Sehingga Anda tak perlu khawatir biaya iklan membengkak.

2. Menaikkan Omzet

Secara tidak langsung iklan yang telah dipasang di Google akan memunculkan banyak calon konsumen, meski tidak menjamin 100 persen keberhasilan usaha. Pasalnya, tingkat keberhasilan ini disesuaikan dengan pemilihan dan pengelolaan keywords atau kata kunci yang tepat. Kesesuaian budget juga sangat berpengaruh.

3. Pilihan Format Iklan yang Tidak Monoton

Ada beragam jenis format iklan yang dapat dipilih, mulai dari teks, visual, dan audio. Namun ini tentu saja disesuaikan dengan budget yang ditawarkan.

4. Target Konsumen yang Tepat Sasaran

Dengan teknik pencarian di Google yang bermain dengan olah kata kunci maka calon konsumen juga akan terpetakan dengan baik. Orang yang ingin membeli sepatu maka mau tidak mau akan disajikan iklan jualan sepatu Anda.

5. Reputasi Situs Jualan Meningkat Seiring dengan SEO Website

Optimalisasi SEO dengan pencarian kata kunci yang banyak dicari akan cepat terdeteksi di dalam indeks pencarian Google.

Jadi itulah beberapa penjelasan mengenai layanan Google Ads yang harus Anda ketahui, semoga bermanfaat!

Nikmati layanan kirim paket serba mudah dengan biaya murah!

  • Tersedia 15+ pilihan ekspedisi yang siap jemput paket anda kapan saja
  • Bonus Cashback 30%
  • Pencairan Dana COD Cepat
  • Akses laporan aktivitas penjualan
  • Sekali transaksi bisa kirim ke banyak lokasi

Daftarkan bisnis Anda bersama Everpro sekarang juga! Klik tombol di bawah ini ya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?