everpro

Mau Tau Cara Jualan di Instagram Shop? Ini Panduan Lengkapnya

Bagaimana cara jualan di Instagram Shop? Yuk, simak artikel hingga tuntas mengenai langkah-langkah termudah bagi Anda. Selain itu, ketahui manfaat dan syarat Instagram shop bagi bisnis, supaya proses penjualan berjalan lancar.

Jika Anda merupakan pelaku bisnis yang sedang memulai dan ingin melakukan promosi melalui Instagram shop, pilihan tepat memilih artikel Everpro. Bahkan data TechCrunch menunjukkan bahwa pengguna Instagram meningkat 40% sejak pandemi, ini kesempatan emas bagi Anda.

Baca juga: Yuk Mulai Pakai Jasa Setup Marketplace, Agar Bisnis Semakin Lancar! 

Apa Itu Instagram Shop?

Instagram shop adalah fitur dari platform Instagram yang memungkinkan orang berbelanja online dengan mudah melalui foto dan video brand Anda. Instagram adalah media sosial terpopuler di dunia, pengguna Instagram di Indonesia sebanyak 99.15 juta pada awal 2022.

Tujuan utama dari fitur ini adalah untuk meningkatkan penjualan dan engagement dengan konten yang shoppable. Sehingga dapat menciptakan daya tarik lebih tinggi bagi calon pelanggan untuk membeli produk-produk tersebut.

Sebab produk dapat dibeli hanya dengan 1 (satu) kali klik tanpa berganti-ganti aplikasi. Fitur ini menyediakan katalog produk digital sekaligus nama produk, deskripsi detail produk, label harga, dan tautan website pembelian.

3 Manfaat Instagram Shop Bagi Bisnis

  1. Tanpa keluar aplikasi Instagram pelanggan dapat melihat produk secara detail, lalu menuju situs website pembelian, sampai terjadinya transaksi pembayaran.
  2. Produk Anda dapat dibagikan ke audiens baru, selain itu apabila produk Anda muncul di explore semakin mudah dijangkau oleh orang.
  3. Dalam 1 (satu) foto, Anda bisa menandai hingga 5 produk dan jika ingin lebih dari itu maka gunakan konten carousel.

Apakah Fitur Instagram Shop Berbayar?

cara jualan di instagram shop
Sumber: Pinterest.com

Pada dasarnya, Instagram shop sama seperti Instagram messenger yaitu tidak berbayar alias gratis. Jadi semua pelaku bisnis dapat menggunakan fitur dengan maksimal guna terus meningkatkan penjualan produk setiap bulannya.

Berdasarkan data penelitian BigCommerce bahwa fitur Instagram Shop mampu menaikkan traffic dari beberapa brand sebesar 1.1416%. Bahkan beberapa brand melaporkan adanya kenaikan pendapat sebesar hampir mencapai 20%.

Baca juga: Cara Jualan di Instagram Agar Laris Manis. Cek Disini!

Ketahui, 6 Syarat Instagram Shop

  1. Mematuhi ketentuan dan kebijakan perdagangan, milik Instagram dan Facebook.
  2. Wajib menawarkan produk yang tersedia untuk pembelian melalui situs website.
  3. Bisnis berlokasi pada pasar yang didukung oleh pihak Facebook dan Instagram.
  4. Menunjukkan eksistensi dan kredibilitas bisnis secara konsisten.
  5. Memberikan informasi yang benar dan detail mengenai produk bisnis.
  6. Mengikuti semua praktik perdagangan melalui Instagram dengan baik.

Mengenal Fitur Cara Jualan di Instagram Shop

Saat ini, toko-toko online di Instagram sudah banyak yang memanfaatkan fitur Instagram shop untuk meningkatkan penjualan. Kehadiran fitur-fitur ini memudahkan cara jualan di Instagram shop bagi para seller dan menarik banyak pelanggan.

Baca juga: Singkat Tapi Menarik! Contoh Caption Jualan Baju di Instagram

10 Keunggulan Fitur Instagram Shop

Toko Online

Anda dapat memposting produk yang akan dijual melalui toko online Instagram, namun sebelum itu buatlah toko terlebih dahulu. Cara membuat online store di Instagram hampir sama dengan membuat akun pribadi di Instagram pada umumnya.

Label Produk

cara jualan di instagram shop
Sumber: google.com

Setiap postingan produk tercantum label yang memudahkan pelanggan untuk mengenali produk Anda secara detail. Dengan begitu, calon pelanggan Anda tak perlu bertanya pada admin maupun mengunjungi website bisnis.

Etalase

cara jualan di instagram shop
Sumber: google.com

Fungsi Etalase yaitu sebagai tampilan toko Instagram yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Namun perlu diusahakan bahwa tampilan etalase dapat memberikan kemudahan kepada pelanggan untuk berbelanja dari halaman profil toko.

Koleksi

cara jualan di instagram shopping
Sumber: google.com

Cara menggunakan fitur koleksi yaitu dengan memisahkan postingan produk-produk sesuai kategori atau tema tertentu. Hal tersebut dapat memudahkan pelanggan untuk mencari produk sesuai dengan keinginan maupun kebutuhannya dari toko Anda.

Detail Produk

cara jualan di instagram shopping
Sumber: google.com

Pada halaman ini, Anda harus mencantumkan keterangan produk secara detail. Mulai dari informasi yang relevan seperti deskripsi produk, harga produk, media, dan sebagainya. Sehingga memudahkan pelanggan untuk mengetahui tentang produk Anda.

Iklan Label Produk

cara jualan di instagram shopping
Sumber: google.com

Facebook dan Instagram menyediakan fitur iklan berbayar bagi para pebisnis guna menjangkau market lebih luas. Setelah mempersiapkan toko online, mari coba promosi memaksimalkan jangkauan produk Anda melalui pengelola iklan. 

Pembayaran

cara jualan di instagram shopping
Sumber: google.com

Sebenarnya, sampai saat ini fitur pembayaran hanya tersedia di negara Amerika Serikat. Sehingga bagi Anda selaku pelaku bisnis, perlu menggunakan fitur belanja lainnya untuk mengarahkan pembeli ke platform pembayaran.

Belanja Dari Creator

cara jualan di instagram shopping
Sumber: google.com

Pelanggan dapat melakukan pembelanjaan produk melalui konten kreator yang merupakan mode inspiratif favorit mereka. Mengenai hal ini, Anda perlu melakukan komunikasi dan perencanaan untuk bekerja sama dengan konten kreator.

Peluncuran Produk

cara jualan di instagram shopping
Sumber: google.com

Keunggulan pada fitur peluncuran produk adalah dapat mengumumkan terlebih dahulu kepada pelanggan melalui IG shop mengenai produk baru. Fitur ini dilengkapi dengan mode pengingat waktu, sehingga pelanggan dapat memasangnya sebagai pengingat.

Live Shopping

cara jualan di instagram shopping
Sumber: google.com

Nah, fitur terakhir yaitu live shopping membantu Anda mempromosikan produk melalui siaran langsung di Instagram. Manfaat dari fitur tersebut, Anda dapat membangun hubungan lebih dekat dengan followers secara online.

Baca juga: Inilah Peran Admin Marketplace dalam Kelola Platform E-commerce, Simple! 

Bagaimana Cara Jualan di Instagram Shop?

Cara jualan di Instagram Shop terbilang mudah, sebab Anda perlu mendaftar toko terlebih dahulu seperti membuat akun Instagram pada umumnya. Perbedaan terletak pada uji kelayakan bisnis setelah membuat akun toko Instagram.

Ikuti, 6 Cara Jualan di Instagram Shop Termudah

cara jualan di instagram shop
Sumber: google.com

1. Melakukan Uji Kelayakan Bisnis

Cara melakukan uji kelayakan bisnis dengan mematuhi semua persyaratan Instagram shop seperti penjelasan sebelumnya. Selain itu, Anda perlu mengkonfirmasi kepada pihak Facebook bahwa bisnis Anda layak untuk membuka toko di Instagram.

2. Akun Personal Beralih Ke Akun Bisnis

Apabila awalnya Anda menggunakan Akun personal, maka beralihlah ke akun bisnis. Ubah akun Instagram menjadi akun bisnis lalu lengkapi informasi deskripsi toko, alamat toko, jam operasional, hingga tautan ke website bisnis.

3. Hubungkan ke Halaman Facebook

Tak perlu membuat halaman Facebook baru, karena Anda cukup menggunakan halaman yang sudah Anda. Cara menghubungkan akun toko di Instagram ke halaman Facebook yaitu dengan langkah-langkah di bawah ini:

  • Pertama, Buka Profil Toko Anda
  • Setelah itu, tekan tombol Edit Profil
  • Pilih Public Business Information dan Klik Halaman Facebook

Perhatian! Bagi Anda yang belum memiliki halaman Facebook, maka pilih menu Buat Halaman Facebook. Terletak saat Anda memilih menu Informasi Bisnis Produk, sebelum menekan tombol Klik Halaman pada Facebook.

4. Menyusun Katalog Produk Instagram Shop

Terdapat 2 (dua) cara untuk membuat katalog produk Instagram guna menampilkan produk-produk jualan. Pertama yaitu metode mandiri pada pengelola bisnis, dan kedua yaitu dengan cara integrasi melalui mitra e-commerce bersertifikasi.

5. Mengajukan Peninjauan ke Facebook

Walaupun memakan waktu beberapa hari, cara ini bertujuan agar bisnis terdaftar sebagai pengguna Instagram Shop yang memiliki domain situs web. Selain itu, untuk mengetahui status peninjauan, masuk ke pengaturan lalu pilih menu belanja.

6. Aktifkan Fitur Instagram Shop

Cara terakhir yaitu aktifkan fitur Instagram shop melalui pengaturan, lalu klik bisnis, dan pilih sisipkan instagram shopping. Jika fitur belanja tidak muncul pada menu pengaturan, maka kemungkinan besar bahwa akun masih dalam proses tinjauan.

Demikian penjelasan mengenai Informasi cara jualan di Instagram shop yang dapat membantu bisnis Anda. Salah satu cara untuk menjangkau audiens lebih luas, yaitu dengan cara memanfaatkan fitur dari Instagram shop secara cermat.

Nah biar semakin laris apapun pilihannya, ayo promosikan dengan memasang iklan bersama Everpro melalui Marketplace Enabler.

Cobalah 3 Layanan Unggulan Kami:

  • Optimasi Toko dan Campaign
  • Tingkatkan kenyamanan customer dengan CS dan Admin Toko
  • Dapatkan performa iklan terbaik

Mari daftar sekarang juga ke layanan Marketplace Enabler, nikmati keuntungannya dan siap-siap omzet jualan Anda meningkat!

Picture of Nazma Fitria

Nazma Fitria

Nazma Fitria adalah seorang SEO Content Writer di blog Everpro dengan menulis artikel berbagai category seperti jasa ekspedisi, tips bisnis/usaha, glosarium pengiriman dan digital marketing.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya