everpro

Efektif & Efisien, Inilah Cara Kirim Pesan Terjadwal di WhatsApp!

Ingin kirim pesan terjadwal pada aplikasi chatting WhatsApp tapi masih bingung caranya? Simak artikel ini untuk mengetahui cara kirim pesan terjadwal di WhatsApp!

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi yang sangat berguna untuk mengembangkan bisnis. Dengan berbagai fitur yang WhatsApp hadirkan dalam WhatsApp Business bisa membuat bisnis semakin efektif dan efisien.

Salah satu fitur yang dapat membuat bisnis semakin efektif dan efisien pada WhatsApp Business yaitu fitur pesan terjadwal. Nah, pada artikel ini kami akan memberikan penjelasan lengkap seputar fitur ini spesial untuk kamu.

Selain penjelasan lengkap kami juga memberikan penjelasan lengkap soal fitur, kami juga akan memberikan cara kirim pesan terjadwal di WhatsApp di berbagai perangkat.

So, tanpa berlama-lama lagi mari simak penjelasan lengkap seputar fitur pesan terjadwal di bawah ini!

Baca juga: 6 Periode Waktu Yang Tepat Untuk Promosi di Whatsapp

Manfaat Menggunakan Pesan Terjadwal untuk WhatsApp

cara kirim pesan terjadwal di whatsapp
Sumber: unsplash.com

Jika kamu adalah seorang pengusaha atau pelaku bisnis, kamu harus mempertimbangkan untuk menggunakan fitur pesan terjadwal pada WhatsApp karena fitur ini memiliki beberapa manfaat penting untuk bisnis.

Berikut adalah manfaat dari penggunaan pesan terjadwal untuk WhatsApp:

1. Mengelola Interaksi dengan Banyak Pelanggan/Leads

Manfaat pertama yang bisa pebisnis dapatkan ketika menggunakan pesan terjadwal di WhatsApp yaitu mereka dapat mengelola dan berkomunikasi dengan lebih banyak leads atau pelanggan dengan jumlah yang besar tanpa mengorbankan kualitas pesan.

Dengan begitu, interaksi dan hubungan bisnis dengan pelanggan akan terjaga dengan baik. Hal ini sangat penting bagi bisnis.

2. Hemat Waktu

Selanjutnya, manfaat penggunaan fitur ini pada bisnis yaitu dapat menghemat waktu. Hemat waktu di sini berarti pebisnis dapat merencanakan dan mengatur pengiriman pesan dengan efisien.

Mereka tidak harus membuang waktu untuk membalas pertanyaan atau pesan dari pelanggan yang bersifat repetitif. Dengan fitur ini kamu bisa menghemat waktu agar pekerjaan lebih efektif dan efisien.

3. Pesan Terkirim Tepat Waktu

Fitur ini memungkinkan pebisnis untuk mengatur waktu mengirim pesan sesuai perilaku leads atau pelanggan. Pesan kamu akan diterima pada saat yang paling efektif, yakni saat pelanggan mengakses WhatsApp.

4. Menjaga Konsistensi Komunikasi

Melalui fitur ini, bisnis dapat menjaga konsistensi komunikasi dengan pelanggan. Hal ini sangat penting untuk membangun hubungan dengan pelanggan. Kamu dapat merencanakannya untuk strategi seperti weekly reminder dan memastikan pesan-pesan selalu terkirim tepat waktu.

5. Mengurangi Kesalahan

Dengan menggunakan fitur ini, pebisnis dapat mengurangi kesalahan yang terjadi saat berkomunikasi dengan pelanggan. Pastikan untuk merencanakan dengan matang dan memeriksa terlebih dahulu pesan terjadwal sebelum dikirim.

6. Personalisasi

Terakhir, fitur ini memungkinkan pebisnis untuk melakukan personalisasi sesuai dengan profil dari pelanggan dari bisnis. Dengan begitu, hubungan dengan pelanggan dapat terkesan natural.

Baca juga:

Baca juga: Inilah Cara Mudah untuk Kirim Pesan Otomatis di WhatsApp!

Cara Kirim Pesan Terjadwal di WhatsApp

cara kirim pesan terjadwal di whatsapp
Sumber: unsplash.com

Berikut kami berikan beberapa cara untuk kirim pesan terjadwal di WhatsApp tanpa aplikasi melalui beberapa perangkat:

1. Melalui Android

Untuk mengirim pesan otomatis WA melalui perangkat Android kamu dapat menggunakan opsi menggunakan aplikasi bernama SKEDit.

Ini merupakan salah satu aplikasi otomasi yang terintegrasi dengan lima channel yaitu WhatsApp, WhatsApp Business, Pengingat Telepon, SMS dan Email.

Pada aplikasi ini kamu bisa memilih opsi “Ask Me Before Sending” untuk mengecek ulang pesan yang ingin kamu kirim. Namun, cara ini ini memiliki kekurangan yaitu kurang efisien karena harus bekerja dua kali.

2. iPhone

Untuk mengirim pesan otomatis WA melalui iPhone kamu bisa menggunakan Siri Shortcuts. Selanjutnya kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Pada Siri Shortcut, pilih Automation kemudian Create Personal Automation.
  • Setelah itu, pilih Time of Day dan pilih tanggal dan waktu yang kamu inginkan untuk mengirim pesan terjadwal.
  • Pilih Add Action dan ketik di Text pada kolom pencarian.
  • Masukkan pesan di pop up field text.
  • Pilih + icon di bawah field text dan ketik WhatsApp di kolom pencarian.
  • Pilih Send Message via WhatsApp dan pilih penerima pesan.
  • Kamu akan menerima notifikasi pada waktu pengiriman yang sudah kamu atur tersebut.

Cara kerjanya sama dengan SKEDit di Android, sehingga dapat dikatakan jika cara ini tidak cukup efektif karena harus bekerja dua kali.

3. WhatsApp Web

Jika kamu menggunakan WhatsApp Web, kamu bisa mencoba cara kirim pesan WA terjadwal melalui WhatsApp Web dengan cara berikut:

  • Pertama, kamu bisa menginstall ekstensi Blueticks di Google Chrome.
  • Buka WhatsApp Web di Chrome dan login ke akun WA.
  • Buka Grup atau kontak penerima pesan terjadwal.
  • Pilih ikon + yang berada di sebelah kotak pesan dan tunggu hingga kotak dialog penjadwalan pesan muncul.
  • Pada kotak dialog tersebut, ketiklah pesan kemudian pilih tanggal dan waktu kirim pesan secara otomatis.
  • Selanjutnya Blueticks akan menawarkan opsi penjadwalan pesan secara recursive atau berulang.
  • Jika kamu ingin mengirim pesan otomatis terjadwal secara berulang, kamu dapat mengaktifkan opsi Perulangan Kustom lalu kemudian masukan waktu kirim.
  • Jika telah selesai, klik Jadwalkan Kirim

4. WhatsApp Business

Kamu juga bisa menggunakan fitur ini dan mengirimnya menggunakan WhatsApp Business melalui cara berikut:

  • Pertama, buka aplikasi WA Business.
  • Masuk ke pengaturan kemudian pilih Business Tools.
  • Selanjutnya pilih Select Away Message lalu aktifkan Send Away Message.
  • Ketik pesan di kotak teks.
  • Pada menu WhatsApp Business, pilih Send Away Message lalu pilih opsi untuk mengirim pesan kepada penerima tertentu.
  • Terakhir kamu bisa pilih Jadwalkan

Nah, demikianlah cara untuk mengirim pesan terjadwal di WhatsApp melalui beberapa perangkat. Semoga informasi yang kami berikan pada artikel ini bermanfaat bagi kamu.

Jangan lupa untuk share artikel ini di media sosial kamu dan nantikaan informasi menarik dan bermanfaat lainnya hanya di blog Everpro.id!

Selain menggunakan cara di atas untuk meningkatkan kepuasan pelanggan ada juga cara lainnya yaitu menggunakan layanan dari Everpro bernama Funnel.

Layanan ini merupakan solusi no. 1 untuk tingkatkan konversi jualan online dengan sistem terintegrasi untuk bisnis kamu.

Everpro Funnel juga memiliki beberapa fitur seperti berikut:

  • LP Builder
  • WA Rotator
  • LPWA Real Chat Tracking
  • Custom Keyboard

Fitur-fitur di atas bisa kamu gunakan untuk meningkatkan konversi pada bisnis kamu dan memaksimalkan keuntungan pada bisnis!

Yuk, daftar sekarang dengan harga mulai Rp. 149.000 kamu sudah bisa mendapatkan solusi no.1 untuk bisnis kamu!

Daftar Sekarang

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya