everpro

6 Periode Waktu Yang Tepat Untuk Promosi di Whatsapp

Ingin meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis melalui Whatsapp? Ketahui periode waktu yang tepat untuk promosi di Whatsapp dalam artikel ini!

Whatsapp, aplikasi komunikasi favorit masyarakat Indonesia, kini hadir dengan fitur canggih untuk membantumu dalam berbisnis!

Mayoritas masyarakat Indonesia menggunakan Whatsapp untuk kebutuhan komunikasi, baik secara pribadi, dengan kolega, bahkan dengan para pelanggan.

Hal ini menjadikan Whatsapp sebagai platform yang ideal untuk mengembangkan bisnis.

Namun, mengetahui waktu yang tepat untuk promosi di WhatsApp juga penting untuk menjangkau target audience dan meningkatkan peluang pembelian.

Artikel ini akan menjelaskan tentang jenis promosi dan periode waktu yang tepat untuk promosi di whatsapp.

Baca Juga : Inilah Cara Mudah untuk Kirim Pesan Otomatis di WhatsApp!

Jenis Promosi yang Bisa Dilakukan Lewat Whatsapp

waktu yang tepat untuk promosi di whatsapp
Sumber. Google.com/bersosial

Berikut adalah beberapa jenis promosi yang bisa dilakukan lewat Whatsapp, beserta penjelasan singkatnya:

Promo Diskon dan Penawaran Spesial

Kamu bisa memberikan pesan berupa promosi berupa diskon atau potongan harga untuk produk atau layanan.

Menawarkan paket bundling atau promo beli 1 gratis 1 dan memberikan hadiah atau bonus untuk pembelian tertentu.

Promosi Gratis Ongkir dan Cashback

Bentuk promosi lainnya yang bisa ditawarkan lewat Whatsapp yaitu gratis ongkir untuk pembelian minimal tertentu.

Memberikan cashback atau pengembalian uang untuk pembelian tertentu.

Promosi Kontes dan Giveaway

Bisa juga memberikan Informasi untuk kontes atau giveaway dengan hadiah menarik untuk meningkatkan engagement.

Memberikan hadiah kepada pelanggan yang telah melakukan pembelian atau memberikan informasi tentang brand.

Promosi Flash Sale dan Pre-Order

Kamu juga bisa memberikan informasi tentang penjualan produk dengan harga spesial dalam waktu yang terbatas jika mereka tidak sedang membuka aplikasi tertentu.

Sedangkan untuk brand bisa menginformasikan bahwa membuka pre-order untuk produk baru atau best seller yang akan segera diluncurkan atau di restock kembali.

Promosi Referral dan Affiliate Marketing

Berikan bonus atau komisi kepada pelanggan yang mereferensikan teman atau kolega mereka untuk membeli produk jika usahamu menyediakan layanan promosi lewat kode referral.

Kamu juga bisa bekerja sama dengan influencer atau affiliate marketer untuk mempromosikan produk.

Promosi melalui Katalog Produk Whatsapp

Selain lewat broadcast Kamu juga bisa membuat katalog produk yang dapat diakses dengan mudah oleh pelanggan ketika menerima pesan. Tampilkan informasi lengkap tentang produk, termasuk gambar, harga, dan deskripsi.

Promosi melalui Status Whatsapp

Bagikan status Whatsapp yang menarik untuk mempromosikan produk atau layanan.

Baca Juga : Optimalkan Bisnis Melalui Contoh Template Pesan WhatsApp API

Waktu Yang Tepat Untuk Promosi di WhatsApp

waktu yang tepat untuk promosi di whatsapp
Sumber. Freepik.com

Memahami waktu yang tepat untuk promosi di WhatsApp merupakan kunci untuk menjangkau target audiens dan meningkatkan peluang konversi.

Berikut adalah waktu yang tepat untuk promosi di WhatsApp berdasarkan periode waktu:

1. Pagi Hari 

Waktu yang tepat untuk mengirim promosi yang pertama adalah pagi hari sekitar pukul (05.00-06.00 WIB).

Berdasarkan analisis kebiasan orang-orang pada saat ini setelah bangun tidur biasanya akan langsung membuka ponsel untuk mengecek jam ataupun pesan masuk.

Target audience nya adalah orang yang baru bangun tidur dan bersiap untuk beraktivitas.

Jenis promosi yang dapat dikirimkan bisa berita update, pengingat agenda, promo flash sale.

Contohnya “Selamat pagi! Awali hari dengan sarapan sehat dari X. Dapatkan diskon 10% untuk pembelian pertama Anda!

2. Siang-Sore Menjelang  Waktu Istirahat 

Waktu yang kedua adalah siang hari ketika memasuki waktu istirahat sekitar pukul (12.00 – 13.00 WIB) Selain itu bisa juga  bisa sekitar  ( 15.00 – 16.00 WIB).

Ketika orang-orang yang sibuk biasanya mengecek ponsel sebentar juga untuk mencari hiburan di waktu sibuk atau kerja.

Target audiensnya adalah orang yang sedang bersantai, mencari hiburan, atau mengisi waktu luang.

Jenis promosi pesan yang dapat dikirimkan bisa berupa diskon pembelian paket makan siang, diskon belanja, produk hiburan.

Contohnya “Lengkapi waktu istirahatmu dengan camilan lezat dari Y! Dapatkan diskon 20% untuk pembelian diatas Rp50.000!

3. Malam Hari Sebelum Waktu Tidur

Waktu yang ketiga adalah pada malam hari ketika memasuki waktu sebelum tidur sekitar pukul (21.00 – 22.00 WIB).

Biasanya setelah pulang beraktivitas orang-orang akan sibuk makan malam, mandi dan istirahat untuk berkumpul dengan keluarga sehingga tidak ada waktu memegang ponsel.

Maka mengirim waktu sebelum tidur adalah waktu yang tepat ketika target audiensnya orang yang sedang bersantai setelah beraktivitas, mencari hiburan, atau memainkan ponsel sebelum tidur

Jenis promosi yang bisa dilakukan bisa berupa Promo Tanggal Kembar yang biasanya mulai pukul tengah malam hingga besok pagi.

Contohnya “Promo Tanggal Kembar! Diskon 70% untuk semua produk di Shopee! Buruan serbu promonya! Dapatkan Gratis ongkir se-Indonesia untuk pembelian minimal Rp 100.000! Promo tanggal kembar, jangan sampai ketinggalan!

4. Akhir Pekan

Waktu akhir pekan antara hari  (Sabtu & Minggu) juga bisa jadi waktu yang sangat efektif untuk melakukan broadcast promosi.

Target audiensnya adalah orang-orang  yang lebih santai dan punya banyak waktu luang untuk menggunakan ponsel baik pagi, siang hingga sore hari dan terbuka terhadap penawaran di hari libur.

Jenis promosi yang bisa dikirim waktu akhir pekan bisa berupa promo tiket wisata, voucher belanja.

Contohnya “Yuk, memanfaatkan akhir pekan untuk berlibur bersama keluarga! Dapatkan diskon 15% untuk paket wisata ke Dunia Fantasi Ancol!

5. Hari Libur dan Acara Spesial

Kemudian ketika memasuki hari libur nasional atau acara spesial waktu yang cocok untuk mengirimkan pesan pada malam hari sebelumnya yang biasanya suka mencari promo.

Target audiencenya adalah orang yang merayakan hari libur atau acara spesial dan mencari promo special.

Jenis promosinya bisa berupa diskon Hari Belanja Online Nasional, pembelian paket khusus natal dan lebaran.

Contohnya “Sambut Hari Raya Lebaran dengan Pembelian Parcel Untuk Orang Tersayang! Dapatkan diskon 35% untuk semua paket!

6. Selama Bulan Ramadhan

Waktu yang tepat untuk mengirimkan promosi ketika memasuki bulan ramadhan maka ada tambahan waktu yang berbeda hari biasa.

Waktu yang tepat diluar hari biasa adalah ketika memasuki waktu sahur sekitar pukul (03.00-04.00) pagi.

Target audiensnya adalah  orang yang bangun sahur dan mencari produk untuk kebutuhan Ramadhan.

Jenis promosinya bisa berupa paket buka puasa, produk makanan & minuman, peralatan sholat.

Contohnya”Dapatkan paket buka puasa spesial Ramadhan dari X dengan harga terjangkau! Berbagi kebahagiaan bersama di bulan penuh berkah!“.

Baca Juga : 12+ Template Pesan Customer Service yang Bantu Tingkatkan Pelayanan

Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Promosi di Whatsapp

Berikut adalah beberapa kesalahan yang harus dihindari saat promosi di Whatsapp:

Spamming

Pertama hindari mengirim pesan broadcast secara berlebihan dan tidak relevan dengan target audience.

Contohnya terlalu sering mengirim pesan yang tidak informatif dan hanya berisi iklan.

Tidak Menyesuaikan Pesan

Kesalahan yang kedua mengirim pesan yang sama ke semua pelanggan tanpa personalisasi.

Tidak menggunakan segmentasi untuk menargetkan pesan yang tepat kepada audience yang tepat.

Mengabaikan Interaksi

Berikutnya tidak merespon pertanyaan dan keluhan pelanggan dengan cepat dan mengabaikan feedback dan saran dari pelanggan.

Promo Tidak Menarik

Kesalahan berikutnya yaitu jangan ragu untuk memberikan diskon cukup tinggi .

Hindari memberikan promosi seperti diskon yang terlalu kecil atau tidak menarik.

Jangan membuat syarat dan ketentuan promo yang rumit dan membingungkan, jadi gunakan bahasa yang mudah dipahami dan berupa poin-poin.

Tidak Mengukur Hasil

Kesalahan yang kelima adalah tidak bisa menggunakan fitur analitik untuk melihat performa promosi.

Sehingga tidak melakukan evaluasi dan perbaikan strategi promosi.

Mengabaikan Keamanan dan Privasi

Jangan memberikan informasi pribadi pelanggan tanpa persetujuan, selalu aktifkan fitur enkripsi untuk melindungi data pelanggan.

Tidak Memiliki Landing Page

Jika bisnismu sudah punya cukup pelanggan sebaiknya punya landing page yang bisa dikunjungi.

Hindari membuat landing page yang membingungkan ketika akan melakukan pembelian.

Kamu bisa menggunakan layanan Everpro Funnel untuk membuat landing page yang menarik dengan visibilitas yang baik.

Tidak Melakukan Follow-Up

Terkadang ada beberapa staf yang tidak menindaklanjuti pelanggan yang telah melakukan pembelian.

Maka Kamu bisa kehilangan kesempatan untuk meningkatkan penjualan dan membangun hubungan dengan pelanggan.

Baca Juga : Keren Banget! 4+ Contoh Landing Page UMKM yang Sukses

Tips Membuat Promosi Whatsapp yang Efektif

waktu yang tepat untuk promosi di whatsapp
Sumber. Freepik.com

Berikut ini adalah tips mengoptimalkan promosi pesan whatsapp yang efektif:

  • Tentukan target audience, pastikan Kamu mengetahui siapa yang ingin dijangkau dengan promosi.
  • Buat pesan yang menarik dan informatif dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan tampilkan gambar yang menarik.
  • Gunakan CTA (Call to Action) yang jelas, beritahu pelanggan Kamu apa yang ingin mereka lakukan setelah melihat promosi.
  • Pantau dan ukur hasil promosi lewat fitur analitik Whatsapp Business untuk melihat performa promosi agar bisa mengoptimasi untuk promosi berikutnya agar lebih baik.

Demikianlah penjelasan lengkap mulai dari jenis promosi beserta waktu yang tepat untuk promosi di whatsapp yang efektif untuk meraih keuntungan maksimal.

Agar hasilnya lebih maksimal bisa banget coba layanan Everpro Funnel. Layanan ini nantinya bisa bantu untuk membuat landing page, mengelola data pelanggan dan menyebarkan pesan tanpa limit.

Selain itu juga ada banyak benefit lainnya yang tentunya akan berguna untuk membangun bisnis.

Benefit Everpro Funnel

Bantuan dari  tim penjualan untuk raih kesuksesan dengan mudah dan nikmati  benefit berikut:

  • Tersedia Puluhan Template Landing Page Siap Pakai
  • GRATIS Hosting & Custom Subdomain
  • Layanan 1 CS untuk 1 Landing page
  • Terintegrasi Langsung dengan Ekosistem Everpro (Checkout Form, WA Rotator, Custom Keyboard)

Mulai tingkatkan bisnis Kamu dengan Everpro Funnel Sekarang!

DAFTAR SEKARANG

Picture of Fenti Perniawati

Fenti Perniawati

Seorang Junior SEO Content Writer, aktif menulis dan mengedit artikel yang berkaitan dengan Bisnis dan Digital Marketing untuk Blog Everpro. Pernah mengerjakan project SEO mulai dari research keyword, produksi content blog dan reporting untuk website otourism.id. Saya terus belajar untuk membuat artikel yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Semoga lewat tulisan artikel yang saya buat, kita bisa saling belajar dan menemukan sudut pandang baru.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya