everpro

Keren Banget! 9+ Contoh Landing Page UMKM yang Sukses

Ingin membuat landing page untuk UMKM kamu? Yuk, simak artikel contoh landing page UMKM sampai habis dan dapatkan inspirasinya!

Bisnis-bisnis, termasuk UMKM, sering memanfaatkan landing page sebagai elemen kunci dalam strategi pemasaran melalui Google Ads.

Tujuannya adalah untuk menjangkau pasar yang sesuai dan meningkatkan omset.

Dengan merancang landing page yang efektif, bisnis dapat menarik perhatian calon pelanggan, memberikan informasi yang relevan, dan mendorong tindakan pembelian.

Baca Juga: Apa Sih Perbedaan Landing Page dan Website? Ini Jawabannya!

Apa itu Landing Page?

Landing Page adalah halaman website yang digunakan untuk tujuan marketing campaign atau iklan, dengan ditandai satu atau dua tombol Call to Action (CTA).

Target landing page adalah untuk memperoleh atau mendatangkan lebih banyak traffic yang bersifat mendorong target audience mengeksplor suatu merek.

Oleh karena itu, bisa meningkatkan conversion bisa terhadap penjualan bisnis atau pendaftaran yang mengubah pengunjung menjadi pelanggan potensial dari situs tersebut.

Baca Juga: Contoh Landing Page Bisnis Property, Yuk, Coba Bikin!

Fungsi Landing Page

Fungsi dari landing page sendiri antara lain:

  • Landing page menyediakan tawaran yang menjadi fokus pelanggan, bukan hanya fokus pada perusahaan.
  • Dalam kampanye, landing page merupakan saran dan promosi yang bebas dari berbagai gangguan.
  • Sesuai dengan segmentasi pasar, landing page muncul untuk calon pelanggan atau pengunjung yang mengunjungi situs tertentu.
  • Untuk mengumpulkan informasi yang lebih spesifik mengenai calon pelanggan, fungsi landing page sangat penting.
  • Sebagai jembatan, landing page menghubungkan calon pelanggan dengan situs transaksi atau penawaran utama yang menampilkan produk.

Baca Juga: Cari Tahu! Perbedaan Landing Page dan Homepage

Contoh Landing Page UMKM yang Sukses dan Keren

  • Mad Bagel

contoh landing page umkm
Sumber: mad-bagel.sirclo.me

Brand makanan yang berkembang di pasaran bisa menjadi salah satu wajah UMKM di sektor kuliner. Prima Hayuningputri dan Anika Miranti mendirikan dan memimpin Mad Bagel, sebuah brand makanan.

Keduanya merupakan pegiat UMKM yang memulai bisnisnya di tengah pandemi COVID-19. Mad Bagel telah membuka sekitar tujuh cabang toko, menunjukkan pertumbuhan yang positif.

Contoh landing Page makanan ini menampilkan desain menarik dengan penggunaan warna cerah dan gambar berkualitas.

Halaman Mad Bagel menyajikan informasi yang sangat informatif, seperti daftar menu, harga, dan lokasi. Dan juga memanfaatkan media sosial dengan baik, terlihat dari keberadaan ikon WhatsApp di bagian bawah halaman.

Ini memberikan kemudahan bagi pengunjung untuk melakukan pemesanan atau mengajukan pertanyaan mengenai menu yang tersedia di Mad Bagel.

Dengan demikian, Mad Bagel memberikan contoh bagaimana UMKM dapat membangun kehadiran online yang efektif untuk meningkatkan jangkauan dan interaksi dengan pelanggan potensial.

  • Contoh Landing Page UMKM – Ederra Indonesia

contoh landing page umkm
Sumber: ederra.id

Berikutnya, Ederra, sebuah UMKM lokal, mengkhususkan diri dalam produksi busana muslim. Ederra menawarkan beragam koleksi busana, termasuk kerudung, scarf, tunic, dress, dan lain sebagainya.

Ederra merancang landing page-nya dengan menarik, menggunakan warna putih dan merah bata yang sederhana, serta menampilkan gambar-gambar berkualitas.

Contoh landing page produk fashion ini menyajikan informasi yang cukup informatif, mencakup daftar produk, harga, dan ukuran.

Dengan tata letak yang baik, halaman ini memiliki call to action yang jelas melalui tombol “Shop Now“.

Dengan demikian, Ederra memberikan contoh bagaimana UMKM di bidang busana dapat memanfaatkan marketplace dan mendesain landing page yang menarik serta fungsional untuk menarik perhatian konsumen.

  • Contoh Landing Page UMKM – Brodo Indonesia

contoh landing page umkm
Sumber: bro.do

Salah satu UMKM yang berhasil menaikkan prestasinya adalah Brodo Indonesia, yang mampu mencapai kesuksesan dengan mengoptimalkan teknologi.

Desain landing page Brodo memiliki kesan eksklusif dengan penggunaan warna hitam dan font berwarna putih, mirip dengan landing page brand luar negeri.

CTA “Find Here” mengarahkan pengguna untuk mencari produk Brodo sesuai dengan kebutuhan mereka.

Gambar produk Brodo memiliki kualitas tinggi dan fitur Zoom untuk memperjelas bahan serta sudut pandang produk dari berbagai sisi.

Setiap produk Brodo disertai dengan foto dan penjelasan mengenai prosedur Retur Produk, sehingga memudahkan pengguna untuk memahami dan melakukan retur produk.

Dengan demikian, Brodo Indonesia menunjukkan bagaimana pemanfaatan teknologi dan desain landing page yang eksklusif dapat mendukung kesuksesan UMKM.

  • Contoh Landing Page UMKM – PT Ika Indo Industri Karbonik

contoh landing page umkm
Sumber: ikaindo.com

Usaha kecil menengah (UMKM) yang berbasis di Medan, Sumatera Utara, fokus pada ekspor karbon aktif berkualitas dari batok kelapa, yang digunakan sebagai alat penyaringan air minum.

Saat ini, UMKM ini telah berhasil melakukan ekspor ke berbagai negara, termasuk Amerika Serikat, Eropa, dan Cina.

Meskipun desain landing page yang digunakan tergolong sederhana dengan warna dasar putih, halaman ini menggunakan CTA “Learn More” untuk mengajak pengguna memperoleh informasi lebih lanjut tentang produk yang ingin dibelinya.

Dengan sederhana namun efektif, landing page tersebut membantu UMKM untuk menjangkau pasar internasional dan menyampaikan pesan mengenai produk ramah lingkungan yang dihasilkannya.

  • Contoh Landing Page UMKM – Acaii Tea

contoh landing page umkm
acaiitea.com

Selanjutnya brand UMKM Acaii Tea yang berfokus menyediakan minuman sehat yang berbahan dasar natural bisa menjadi contoh landing page UMKM yang sederhana.

Landing page UMKM tersebut memiliki desain yang minimalis dan modern dengan penggunaan warna putih sebagai warna utama atau primer yang memberikan kesan bersih dan segar.

Mudah digunakan oleh pengunjung karena memiliki navigasi dengan menu dibagian atas halaman seperti Home, Menu, Food, Packages, Blog, More.

Terdapat call to action yaitu Click Here yang mengarahkan pengunjung untuk eksplor lebih dalam mengenai produk yang dijual oleh Acaii Tea.

Baca Juga: 7 Template Landing Page Blogspot Gratis, Cocok Untuk Bisnis Kamu!

  • Contoh Landing Page UMKM – Dendeng Kukuruyuk

contoh landing page umkm
dendengkukuruyuk.com

Dinamakan kukuruyuk karena dendeng panggang UMKM berikut ini menggunakan daging ayam yang halal.

Sama halnya dengan merek UMKM sebelumnya, desain yang digunakan Dendeng Kukuruyuk sangat sederhana dengan penggunaan warna putih sebagai warna primer.

Slogan yang dimiliki yaitu “Enak, Sehat, dan Praktis” membuat calon pembeli yang melihat yakin akan produk dari Dendeng Kukuruyuk.

Tampilan navigasi landing page sudah terdapat menu Log In yang mengarahkan pengunjung untuk mendaftarkan diri dan juga menu Shop serta Artikel.

Dilengkapi juga dengan informasi customer service center untuk membantu calon pembeli dalam menanyakan hal mengenai produk tersebut dan alamat untuk pembelian secara offline.

  • Contoh Landing Page UMKM – Lean Lab

contoh landing page umkm
leanlab.co.id

Produsen makanan lokal dengan makanan rendah kalori yang sehat dan lezat yaitu Lean Lab menjadi contoh landing page UMKM dengan desain yang modern.

Bahasa utama yang digunakan didalam landing page yaitu Bahasa Inggris untuk memperluas jangkauan calon pembeli di dalam negeri maupun luar negeri.

Terdapat navigasi Home, About Us, Shop, Recipes, dan Products yang mudah dipahami oleh calon pembeli ketika pertama kali mengunjungi landing page.

Selain itu, penggunaan CTA berupa Shop Now, Learn More, See Our Recipe yang bisa mengarahkan calon pembeli untuk lebih dalam lagi mengetahui merek tersebut dengan didukung adanya testimonial.

Namun, didalam landing page tersebut tidak adanya navigasi yang mengarahkan calon pembeli untuk mendaftar akun yang dapat meningkatkan traffic.

  • Ruhee Diary

contoh landing page umkm
ruheediary.com

UMKM Ruhee Diary menyediakan solusi kecantikan yaitu produk perawatan area mata memiliki desain landing page yang mengundang pengunjung tertarik untuk berada di dalamnya karena menarik, modern, serta menggemaskan.

Jika dilihat isi dari landing page ini sudah sangatlah proper untuk menarik pengunjung dalam membeli produk karena informasi yang diberikan sudah cukup lengkap.

Penggunaan copywriting yaitu Your Brow Journey Starts Here meyakinkan calon pembeli khususnya pemula untuk mencoba produk dari Ruhee Diary.

Gambar yang digunakan brand Ruhee dalam landing pagenya sangat menarik dan jelas untuk dilihat oleh visitor.

Menariknya lagi, didalam landing page Ruhee Diary terdapat cerita latar belakang pembuatan produk sehingga dapat memperkuat pengenalan brand dan membangun reputasi brand yang positif.

Baca Juga: Pelajari Contoh Landing Page Skincare yang Efektif Berikut Ini!

  • Tisoo

contoh landing page umkm
tisoo.id

Tahukah kamu bahwa Indonesia memiliki UMKM tisu yang diproduksi secara ramah lingkungan? Yap, mereknya adalah Tisoo yaitu tisu dengan berbahan dasar dari bambu.

Seperti halnya dengan Ruhee Diary, Tisoo juga menggunakan desain yang modern dan unik yang dapat menarik calon pembeli untuk membeli lalu mencoba produk tersebut.

CTA yang digunakan yaitu Shop Now dan Contact Us dapat mengarahkan calon pembeli dengan didukung navigasi seperti Shop, About, Impact, dan FAQ di dalamnya.

Brand Tisso berhasil menyampaikan pesan mereka kepada calon pembeli dengan menggunakan copywriting yaitu Wipe Without Worry yang memberikan kesan aman dalam menggunakan tisu tersebut.

Bisa kamu jadikan contoh landing page UMKM yang dapat memperluas jangkauan pelanggan potensial dengan menggunakan Bahasa Inggris dengan desain yang keren dan unik.

Elemen yang Harus Ada di Landing Page

  • Headline dan Subheadline

Dalam struktur landing page, headline berperan sebagai elemen teratas untuk menarik perhatian calon pelanggan dan mendorong mereka untuk mengeksplorasi lebih rinci.

Judul artikel dalam berita, seperti analogi headline, dirancang untuk menarik perhatian dengan ukuran font besar.

Sebagai perpanjangan, pentingnya headline dalam landing page mirip dengan judul artikel yang memicu rasa ingin tahu, sedangkan subheadline memberikan penjelasan singkat tentang manfaat produk atau jasa kamu.

  • Social Proof

Dengan sederhana, sosial proof menjadi bukti bahwa banyak orang telah menggunakan atau mempercayai produk atau jasa kamu.

Berbagai bentuknya termasuk pendapat ahli, wawancara video, jumlah pengguna, klien, dan logo perusahaan yang bermitra dengan kamu.

Meskipun kamu hanya menjual produk dan belum bermitra dengan perusahaan, kamu tetap bisa menampilkan jumlah pengguna dan rating produk.

Secara keseluruhan, sosial proof berfungsi sebagai bukti yang meyakinkan bagi pengunjung bahwa produk atau layanan kamu layak dicoba, dan transparansi ini memperkuat keyakinan dalam memilih apa yang kamu tawarkan.

  • Masalah dan Solusi

Dalam hal tidak semua menyadari masalah yang dihadapi, penting untuk menyadarkan mereka.

Dengan menggunakan landing page yang efektif, tujuan kamu adalah membuat pembaca merasa terhubung dengan masalah yang dihadapi, baik melalui cerita atau daftar masalah.

Setelah teridentifikasi dengan masalah, perkenalkan produk kamu sebagai solusi yang cocok.

Pastikan target pelanggan mengalami masalah yang relevan dengan produk atau layanan yang kamu tawarkan agar terhubung dengan solusi yang kamu sediakan.

  • Deskripsi Singkat Bisnis

Kamu dapat membagikan latar belakang bisnis menarik di sini. Meskipun opsional, keputusan untuk mencantumkannya dalam struktur landing page sepenuhnya terserah kamu.

Jika kamu memilih untuk melibatkannya, sertakan profil bisnis secara singkat, memberikan nilai tambah pada landing page, seperti nilai yang ingin kamu berikan atau pengalaman bertahun-tahun menangani berbagai klien.

Hindari penulisan yang terlalu panjang dan bertele-tele, karena hal ini dapat menjadi bumerang.

Copywriting landing page yang terlalu panjang dapat membuat struktur kehilangan daya tarik, mungkin membuat pembaca memilih untuk meninggalkan halaman tersebut.

  • Manfaat Produk atau Layanan

Untuk memperkuat keyakinan mereka, sampaikan penjelasan mengenai manfaat dan kelebihan produk atau jasa kamu. Informasi ini krusial, karena calon pelanggan perlu pemahaman yang jelas.

Tanpa pengetahuan mengenai manfaat, mereka bisa merasa ragu atau mempertimbangkan kembali keputusan untuk membeli.

Sebagai contoh, jika kamu mencari jasa pengelolaan akun Instagram bisnis, pahami manfaatnya seperti mendapatkan konten kreatif yang menarik pelanggan dan meningkatkan branding bisnis.

  • Testimoni Positif Pelanggan

Untuk membangun kepercayaan calon pelanggan, tidak hanya penjelasan penjual yang penting, melainkan juga testimoni dari pengguna lain.

Dalam bisnis online, testimoni memiliki peran krusial sebagai faktor pertimbangan sebelum pelanggan membuat keputusan pembelian.

Analoginya, saat berbelanja di marketplace, rating dan testimoni pembeli sebelumnya menjadi faktor penting selain deskripsi dan harga produk.

  • Foto atau Video Produk/Layanan

Perkaya struktur landing page dengan menambahkan foto atau video yang jelas memperlihatkan keaslian produk atau kualitas layanan. Kamu dapat mengambil foto-foto dari postingan Instagram atau marketplace kamu.

Pastikan pengguna terpikat dengan foto atau video yang menarik perhatian.

  • Penawaran Khusus

Calon pembeli selalu berminat pada promo dan garansi. Untuk menarik perhatian, tambahkan penawaran khusus seperti potongan harga dan sejenisnya. Pastikan promo memiliki batas waktu untuk mendorong pembelian segera.

Beberapa penjual juga menyertakan garansi, misalnya 30 hari tanpa syarat, sebagai bentuk keyakinan pada kualitas produk. Pemberian garansi akan memberikan rasa aman kepada calon pembeli, mendorong mereka untuk melakukan transaksi.

  • Call to Action

Setelah melalui proses di atas, masukkan call to action dalam struktur landing page untuk mengarahkan calon pelanggan melakukan tindakan, seperti pembelian atau konsultasi.

Pemilihan tempat yang strategis membantu mengurangi waktu calon pelanggan yang harus melakukan scroll untuk menemukan tombol tersebut.

Sampai juga di akhir artikel pembahasan mengenai contoh landing page UMKM kali ini. Semoga bermanfaat untuk kamu yang ingin memulai usaha bisnis.

Jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosialmu dan nantikan artikel selanjutnya yang pastinya menarik dan informatif hanya di Everpro, ya!

Benefit Everpro Funnel Landing Page Builder

Ingin memiliki landing page yang keren dan sukses seperti contoh UMKM di atas? Sini cobain Everpro Funnel Landing Page Builder yang bisa buat landing page kamu menarik perhatian pelanggan!

  • Load time landing page cepat
  • Sub Domain & hosting page bisa dicustom dan GRATIS.

Daftar sekarang juga dan buat landing page yang keren dan sukses bersama Everpro Funnel Landing Page Builder!

Daftar Sekarang

Picture of Safira Rasendriya

Safira Rasendriya

SEO Content Writer yang memiliki minat di digital marketing dan bisnis. Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang Digital Marketing, saya telah mengembangkan keterampilan menulis yang kuat. Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dan optimasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan informatif.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya