Everpro

6 Perbedaan Landing Page dan Website, Pebisnis Wajib Tahu!

Bagi pebisnis online yang mau ningkatin strategi marketing di mesin pencari kayak Google, penting banget untuk tahu dulu apa perbedaan landing page dan website.

Kedua media ini meskipun serupa tapi tak sama ya guys. Landing page dan website punya banyak perbedaan mulai dari tampilan hingga tujuannya.

Jadi sebelum kamu menyelam lebih dalam ke strategi pemasaran yang satu ini, yuk pahami dulu perbedaan website dan landing page di artikel ini!

Pengertian Landing Page dan Website 

perbedaan landing page dan website
Sumber: unsplash.com

Sebenarnya, kamu udah bisa tahu beda landing page dan website dari pengertian atau definisinya aja. Kalau belum tahu, berikut ini penjelasannya.

Apa itu Landing Page?

Landing page adalah halaman web yang dirancang untuk mendorong pengujung mengambil tindakan tertentu, mulai dari daftar jadi member, beli produk, cek info produk, dan lain-lain.

Nah, landing page ini serin banget dipakai untuk digital marketing, salah satunya untuk kampanye pemasaran pay per click (PPC).

Apa itu Website?

Website adalah kumpulan halaman web yang terhubung bersama di World Wide Web. Website ini bisa diakses oleh siapapun asalkan dia yang punya koneksi internet.

Nah kalau landing page biasanya buat pemasaran, sedangkan website biasanya nggak dipakai untuk bisnis aja, tapi juga untuk pendidikan hingga hiburan.

Website sendiri biasanya terbuat dari bahasa pemrograman web, seperti HTML, CSS, dan JavaScript yang berguna untuk bikin halaman web jadi terlihat menarik dan berfungsi dengan baik.

Baca juga: Cari Tahu! Perbedaan Landing Page dan Homepage

Perbedaan Landing Page dan Website

Berikut ini penjelasan singkat dari perbedaan landing page dan website.

Aspek Landing Page Website 
Tujuan Mendorong konversi atau aksi spesifik Menginformasikan tentang bisnis
Konten Fokus ke satu penawaran atau produk Beragam, mencakup berbagai topik/produk
Struktur Sederhana, fokus ke satu tujuan utama Kompleks, mencakup banyak halaman
Tautan  Minimal, hanya yang relevan untuk konversi Banyak, mencakup berbagai tautan internal
Anggaran Cenderung lebih murah Cenderung lebih mahal dari landing page
Audiens Pengunjung lebih spesifik Pengunjung umum yang mencari informasi

Nah supaya kamu lebih paham perbedaan antara keduanya, mari simak penjelasannya berikut ini.

Tujuan

Landing page punya tujuan untuk mendorong supaya pengunjung mengambil tindakan tertentu yang diinginkan pemiliknya. Misalnya, berlangganan atau beli produk.

Sedangkan website bertujuan untuk memberikan seluruh informasi yang berkaitan dengan bisnis guna meyakinkan pengunjung agar mempercayai bisnis tersebut sebagai pilihan mereka.

Kalau di digital marketing, landing page biasanya bertujuan untuk konversi/conversion, sedangkan website untuk brand awareness.

Struktur

Berikutnya perbedaan terletak pada stukturnya. Landing page punya struktur yang sederhana dan fokus ke satu tujuan aja, yaitu mengarahkan pengunjung untuk ngambil tindakan tertentu.

Sedangkan struktur website biasanya lebih kompleks dan bisa mencakup beberapa halaman yang memberikan informasi yang berbeda-beda ke pengguna. Misalnya, ada untuk blog, produk, dan lainnya.

Konten

Konten di landing page biasanya hanya berfokus ke satu penawaran aja. Misalnya, kalau landing page nya menawarkan kelas digital marketing, maka isi konten hanya tentang kelas tersebut.

Sedangkan di website biasanya kontennya bakal lebih beragam banget. Misalnya, halaman satu berisi artikel blog, halaman dua spesifik tentang info produk, dan lain-lain.

Nah, pengemasan konten landing page dan website sama-sama bisa dalam bentuk tulisan, video, dan gambar atau gabungan ketiganya.

Audiens

Landing page dan website juga berbeda dari audiens atau pengujungnya. Pengunjung landing page biasanya lebih spesifik yaitu orang-orang yang hendak membeli atau mendaftar ke suatu bisnis.

Sedangkan audiens website lebih umum, yaitu orang-orang yang hendak mencari informasi apapun yang disajikan di website tersebut.

Desain

Kemudian yang terakhir perbedaannya terletak pada desainnya. Landing page dirancang untuk menarik perhatian pengunjung dan mendorong mereka mengambil tindakan yang kamu inginkan.

Sedangkan website dirancang untuk memberikan informasi dan membangun hubungan dengan pengunjung.

Anggaran

Kalau dari segi anggaran, karena landing page tidak memiliki halaman atau situs yang banyak, biasanya biaya pembuatan landing page lebih murah.

Sedangkan website yang punya beberapa halaman biasanya punya anggaran pembuatan yang lebih mahal.

Baca juga: Tersedia 6 Rekomendasi Landing Page Gratis Terbaik, Kepo ini!

Tips Mengelola Website untuk Bisnis

website
Sumber: unsplash.com

Jika kamu memilih untuk menggunakan website untuk bisnis kamu, berikut kami berikan tips yang bisa terapkan agar website yang kamu buat efektif dan dapat mencapai tujuan yang kamu inginkan.

Tentukan Nama Domain

Pertama, pasti kamu harus menentukan nama domain yang tepat sebagai alamat bisnis kamu, mulai dari mudah diingat, diketik, dan juga unik.

Domain berguna sebagai alamat website agar pengunjung bisa akses website kamu.

Bingung cara pilih nama domain? Simak disini:

Pilih Hosting Web

Setelah menentukan pilihan terkait domain, selanjutnya kamu dapat memilih hosting web yang cocok. Hosting web berguna untuk menyimpan semua file dan data dari website yang kamu buat.

Dengan menggunakan hosting, data yang ada dalam website kamu bisa diakses oleh siapa pun secara online. Sangat kami sarankan kamu memilih hosting yang menyediakan space server.

Memilih hosting yang tepat merupakan salah satu faktor penting agar pengunjung kamu bisa mengakses.

Lengkapi Dengan Navigasi

Pastikan kamu melengkapi website yang kamu buat dengan navigasi untuk memudahkan pengunjung untuk menjelajahi setiap informasi pada website kamu.

Kamu dapat membuat navigasi website seperti beranda, toko, blog, lokasi, kontak dan lain sebagainya.

Buat Konten Menarik

Terakhir yaitu isilah website yang kamu buat dengan konten yang menarik. Konten yang menarik dapat menarik pengunjung untuk mengunjungi website kamu.

Buatlah konten yang informatif terkait produk kamu sehingga pengunjung dapat teredukasi. Kamu bisa bikin halamn terpisah seperti blog, tips dan trik dan lainnya dengan desain visual yang menarik.

Baca juga: Cari Tahu Cara Membuat Website Bisnis, Pasti Untung Besar!

Tips Mengelola Landing Page untuk Bisnis

browsing
Sumber: unsplash.com

Jika kamu menggunakan landing page untuk bisnis kamu, berikut tips yang bisa kamu terapkan supaya landing page bisa efektif dan mencapai tujuan yang kamu inginkan.

Tentukan Tujuan

Ada banyak tujuan yang bisa kamu capai dengan landing page seperti mengisi formulir data diri, melakukan registrasi, mendorong untuk unduh aplikasi, dan lain sebagainya.

Dengan tujuan yang jelas, kamu bisa mendapatkan fokus dari pengunjung yang kamu targetkan saat mereka mengakses landing page yang kamu buat.

Pilih Target Audiens

Kemudian, kamu dapat menentukan target audiens dari landing page yang kamu buat. Siapa yang akan mengunjungi halaman landing page kamu?

Tentukan target audiens kamu dengan cara mengelompokkan berdasarkan usia, jenis kelamin, profesi, hobi dan lainnya. Dengan begitu, kamu bisa desain landing page sesuai karakter target audiens.

Buat Isi yang Menarik

Berikutnya, kamu dapat membuat isi yang menarik pada landing page kamu. Hal ini bertujuan untuk mendorong audiens untuk melakukan tindakan yang kamu inginkan.

Kamu juga bisa membuat konten berdasarkan keyword yang paling banyak dicari oleh target audiens kamu. Namun, jangan lupa juga kemas dengan singkat, padat, dan jelas.

Isi dengan Visual yang Menarik

Visual menjadi salah satu poin penting yang harus ada landing page kamu. Buatlah visual yang menarik seperti foto dan video agar pengunjung nggak bosan dengan landing page kamu.

Jadi, pengunjung bisa betah dan memperbesar kemungkinan bakal ngambil tindakan tertentu yang kamu harapkan.

Sematkan Call to Action (CTA)

Terakhir jangan lupa tambahkan call-to-action di landing page. CTA penting karena landing page bertujuan untuk satu fokus aja, yaitu mendorong audiens melakukan tindakan tertentu.

Pastikan juga CTA yang kamu buat sudah berfungsi dengan baik dan tidak ada kendala apapun.

Saat memilih apakah akan menggunakan landing page atau website, penting untuk mempertimbangkan beberapa faktor seperti tujuan, struktur, konten dan desain yang kamu inginkan.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu yang masih bingung membedakan landing page dan website.

Nantikan informasi bermanfaat lainnya hanya di Everpro.id!

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya