everpro

Cari Tahu Cara Membuat Website Bisnis Disini!

cara membuat website bisnis

Dalam dunia bisnis memang tidak pernah lepas dari marketing. Maka anda membutuhkan sebuah website bisnis agar pengenalan produk menjadi lebih luas. 

Karena cukup sulit memperkenalkan produk secara manual satu per satu. Maka agar lebih efisien lebih mudah jika mempunyai website sendiri. 

Disamping hanya kebutuhan promosi. Website juga berfungsi optimal dalam penyebaran informasi merek serta penghubung antara konsumen dan perusahaan. 

 Oleh karena itu sebelum membuat website, pastikan terlebih dahulu desain tampilan website anda seperti apa serta fitur apa saja yang ingin gunakan untuk mempermudah konsumen mengakses. 

Membuat website bisnis sekarang tidak serumit dahulu, kini membuat website bisa lebih mudah bahkan ada beberapa platform yang menyediakan secara gratis juga. 

Kini membuat website bisnis bisa di lakukan siapa saja walau tidak punya ilmu bahasa pemograman dan coding. Lalu bagaimana caranya? 

Berikut adalah pembahasan lebih lanjut mengenai cara membuat website tanpa coding untuk jualan. 

Cara Membuat Website Bisnis Tanpa Coding dan Mudah 

cara membuat website bisnis
Sumber : Pexels.com

Membuat bisnis sendiri dengan website tidak se rumit seperti membuat website dengan HTML. jadi anda yang tidak paham coding pun bisa melakukannya. 

Ini adalah cara membuat website sebagai berikut : 

Everpro

1. Rancang Desain dan Template Website

Cara membuat website bisnis yang pertama pastinya anda harus rancang terlebih dahulu website nya seperti apa. 

Mulai dari tampilannya, fitur-fitur apa saja yang ingin di pakai serta tombol navigasi apa saja. Apapun itu harus di sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda. 

Serta usahakan anda menggunakan template website yang mobile friendly,  yang artinya website tersebut bisa di sesuaikan tampilannya saat di buka melalui browser laptop ataupun ponsel pintar. 

2. Multimedia 

Meski sering di sepelekan, nyatanya gambar juga bisa menjadi tolak ukur dalam website. Karena pengguna sendiri gemar menelusuri banyak gambar serta menonton video di bandingkan membaca teks di layar. 

Maka usahakan menggunakan gambar yang berkualitas tinggi dengan format yang benar.  

3. Tentukan Nama Domain 

Ini adalah hal yang paling krusial di cara membuat website untuk bisnis. Ibaratnya domain berupa alamat dari toko yang anda dirikan. 

Oleh karena itu usahakan pilih nama domain yang mudah di ingat orang-orang. Walau begitu terkadang nama yang mudah seringkali lebih cepat habis. 

Usahakan anda selalu cek ketersediaan domain. 

4. Pilih Web Hosting 

website tidak akan berarti apa-apa tanpa adanya web hosting. Sebab itu cara membuat website untuk bisnis selanjutnya adalah pilih web hosting terbaik. 

Web hosting berfungsi sebagai penyimpanan online yang di gunakan untuk simpanan data dari website anda. 

Biasanya web hosting harus di sewa untuk beberapa bulan hingga tahun, lalu web hosting juga tersedia mulai dari 100 MB kapasitas penyimpanannya hingga yang unlimited

Maka anda harus bisa sesuaikan budget web hosting anda dengan kebutuhan bisnis anda. 

5. Install Plugin WooCommerce 

Cara membuat website bisnis online yang paling di butuhkan adalah memasang Woocommerce. Pernahkah anda mendengar nama ini? 

Woocommerce adalah plugin yang di gunakan membuat toko online dengan macam fitur untuk menunjang website jualan online. 

Penggunaan plugin ini ada yang tersedia secara baik, tapi jika ingin dapatkan fitur tambahan dan dikenakan biaya. 

6. Atur Katalog Produk Anda 

Setelah menambahkan WooCommerce, anda bisa langsung tambahkan foto-foto katalog foto anda, desainlah katalog foto produk anda secantik mungkin agar pengunjung tak bosan melihatnya. 

Karena katalog ini layaknya etalase toko anda agar pengunjung bisa melihat produk-produk anda. 

7. Hubungkan Langsung Ke Semua Chanel Penjualan 

Agar memudahkan akses para pengunjung online, maka hubungkan website anda pada semua chanel penjualan anda. 

Tujuannya agar anda lebih mudah dalam mengurus penjualan online. 

Tips Mengoptimalkan Website Bisnis Anda 

cara membuat website bisnis
Sumber : Pexels.com

1. Buatlah Konten Bermanfaat dengan Berbagai Topik 

Agar website anda semakin ramai. Maka tak ada salahnya anda membuat konten berbagai topik. tujuannya untuk menarik perhatian para pengguna online. 

Lebih menarik lagi buatlah konten-konten yang bermanfaat dan bisa menjawab semua permasalahan konsumen. Lewat konten ini anda bisa melakukan soft selling pada mereka. 

Ini juga bisa jadi win win solution dimana para pengunjung mendapat jawaban atas masalah mereka dan anda pun bisa dapat interaksi dari para konsumen. 

2. Optimalkan SEO 

Salah satu cara membuat website untuk bisnis agar ramai adalah optimalkan konten-konten yang anda buat dengan SEO. 

SEO ini berfungsi agar konten anda jadi semakin mudah dilihat hingga di posisi pertama pada mesin pencarian Google. 

Jika anda berada di posisi teratas, maka kesempatan calon konsumen melihat website anda juga semakin besar hingga melakukan pembelian. 

3. Promosikan Melalui Media Sosial

Supaya lebih mudah mendapat interaksi banyak orang, tak ada salahnya anda promosikan website anda pada orang-orang terdekat anda terlebih dahulu di media sosial. 

Tentunya setelah mereka tahu produk anda akan lebih cepat menyebar juga ke calon konsumen yang lain dari mereka. 

4. Manfaatkan Social Media Ads 

Jika anda punya budget lebih, menggunakan social media Ads seperti Google Ads, Youtube Ads, Instagram Ads dan Facebook Ads

Tujuannya supaya website anda lebih cepat mendapat interaksi dari orang-orang yang berpotensi menjadi pelanggan setia anda. Karena social media ads ini memang di rancang langsung memperkenalkan pada orang-orang yang sesuai target pasar anda. 

Demikianlah artikel mengenai Cara Membuat Website Bisnis. Semoga bermanfaat, sebarkan artikel ini juga agar semakin bermanfaat. 

Nantikan dan jangan lewatkan artikel terkait web development dan design lainnya hanya di Everpro. 

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?