everpro

Cara Menulis Deskripsi Toko Online Menjual Beserta Contohnya

Punya bisnis online yang sedang kamu jalani? Bisnis kamu kurang menarik minat dari calon pembeli? Coba pakai deskripsi yang menarik buat produk yang kamu jual! Simak artikel ini untuk mengetahui contoh deskripsi toko online yang baik dan benar untuk bisnis kamu!

Era digital yang semakin berkembang dengan pesat seperti saat ini membuat menjamurnya bisnis dan toko online. Ditambah dengan daya beli masyarakat Indonesia yang sangat tinggi, membuat banyak orang yang ingin membuka toko online.

Karena ketertarikan yang tinggi tersebut, banyak marketplace yang memudahkan para pebisnis untuk memulai bisnis atau toko online melalui marketplace yang tersedia saat ini.

Namun, nyatanya memulai usaha atau bisnis online seperti itu tidak mudah lho, guys. Banyak tantangan yang perlu kita lewati agar usaha dan bisnis online kita dapat laris manis dan memberikan keuntungan.

Salah satu caranya adalah pemanfaatan deskripsi. Hal ini merupakan faktor yang cukup penting dalam toko online.

Nah, untuk menjawab rasa penasaran karena masalah tersebut, pada artikel ini kami akan membahas deskripsi toko online. Mulai dari cara membuatnya, tips membuatnya, sampai contohnya spesial untuk kamu!

Yuk simak informasi selengkapnya di bawah ini biar gak ketinggalan informasi bermanfaat satu ini!

Baca juga: Deskripsi Produk Adalah: Pengertian, Manfaat, Tips Membuatnya

Pentingnya Deskripsi Toko Online Untuk Jualan Online

contoh deskripsi toko online
Sumber: pexels.com

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya jika pasar marketplace di Indonesia sangat besar. Oleh sebab itu untuk dapat membuat bisnis online kamu lebih stand out adalah dengan membuat deskripsi toko online yang menarik.

Karena banyak sekali saingan yang akan kamu hadapi jika berjualan di marketplace. Mereka pun juga sama, ingin tokonya dapat menarik perhatian calon pembeli. Nah, salah satu caranya adalah dengan membuat deskripsi toko online yang menarik.

Melansir situs Fibre2Fashion, deskripsi merupakan salah satu faktor penting yang memberikan informasi detail terkait toko atau produk kepada calon pembeli.

Masih dikutip dari sumber yang sama, deskripsi ini gak hanya bertujuan untuk membantu calon pembeli aja nih untuk membuat keputusan, tapi juga memberikan gambaran apa yang akan mereka dapatkan dengan harga yang sudah mereka bayar.

Baca juga: 8 Cara Membuat Deskripsi Produk yang Memikat Serta Contohnya

Cara Membuat Deskripsi Toko Online yang Menjual

Nah, untuk cara membuatnya sebenarnya cukup mudah. Kamu hanya perlu fokus kepada beberapa aturan sederhana di bawah ini:

1. Pikirkan pertanyaan yang mungkin calon pembeli tanyakan

Saat seseorang melalukan transaksi pembelian pada toko online, penjual akan mendorong calon pembelinya untuk melakukan transaksi dengan asas kepercayaan.

Hal ini karena mereka tidak dapat melihat barang yang kamu jual, tidak dapat memegangnya, bahkan tidak dapat mencobanya. Disitulah halaman produk yang kamu jual dapat memberikan solusi.

Jika kamu masih bingung harus menulis apa, kamu bisa fokus pada pertanyaan yang akan diajukan pelanggan. Seperti bahan dasarnya apa? ukurannya berapa? dan lain-lain.

2. Selalu memasukkan informasi detail seperti dimensi, ukuran, bahan, dan lain sebagainya

Kamu mungkin sering mendengar seseorang yang mengatakan ketika kamu menulis untuk website “jangan menggunakan kata kata yang terlalu panjang” atau “orang tidak banyak membaca di website”.

Itu semua ada benarnya, tapi kamu tetap harus memasukkan semua detail dan spesifikasi produk dari produk yang kamu jual. Dengan begitu, kamu calon pembeli dapat mengetahui apa yang mereka dapatkan.

3. Ceritakan produk yang kamu pasarkan untuk membuatnya terasa unik

Kamu juga bisa menggunakan teknik dengan bercerita pada deskripsi yang kamu buat. Karena produk yang kamu jual mungkin banyak tersedia di luar sana dengan harga yang lebih murah, tapi kamu membuatnya unik agar calon pembeli dapat tertarik.

4. Buatlah tulisan yang mudah dimengerti dan dibaca dengan cepat

Dalam membuat deskripsi toko online atau produk pada website membutuhkan penyesuaian yang harus kamu lakukan. Penyesuaian ini kamu lakukan dengan cara orang yang membaca.

Kamu bisa memberikan fokus kepada judul, poin, paragraf pendek dan penggunaan banyak gambar untuk memudahkan calon pembeli dalam berbelanja online.

5. Tambahkan juga ulasan atau testimoni dari pelanggan kamu sebagai bukti agar calon pembeli semakin percaya

Kemudian, kamu juga menyematkan ulasan dan testimoni dari pelanggan yang pernah membeli produk di toko online kamu. Cara ini merupakan salah faktor yang cukup penting agar produk kamu bisa “menjual”.

Karena keputusan untuk melakukan pembelian dari calon pembeli tergantung pada bukti sosial. Apa maksudnya? calon pembeli biasanya akan melihat ulasan dari orang lain untuk membuktikan apakah para pembeli ini memiliki pengalaman yang baik dari transaksi tersebut.

6. Dan terakhir kamu bisa optimasi menggunakan SEO pada deskripsi yang kamu buat

Calon pembeli bukanlah satu-satunya yang membaca deskripsi yang kamu buat. Mesin pencarian seperti Google juga membaca deskripsi yang kamu buat. Nah, oleh karena itu kamu harus melakukan salah satu strategi untuk meningkatkan SEO pada toko online kamu.

Dengan begitu toko online kamu dapat muncul pada pencarian dengan posisi yang tinggi sehingga calon pembeli dapat melihat produk kamu terlebih dulu. Dengan begitu produk yang kamu jual dapat berpotensi meningkatkan penjualan.

Baca juga: Contoh Deskripsi Produk Baju Yang Menarik Untuk Jualan Kamu

Contoh Deskripsi Toko Online yang Tepat

contoh deskripsi toko online
Sumber: pexels.com

Nah, itulah beberapa penjelasan mengapa deskripsi toko online dan juga produk penting bagi kesuksesan berjualan online. Selain itu kami juga sudah memberikan cara membuat deskripsi toko online yang bisa kamu terapkan dalam membuat deskripsi.

Tapi kalo masih bingung bagaimana format penulisan deskripsi toko online ini, berikut sudah rangkum beberapa contoh desrkripsi yang bisa kamu gunakan untuk toko online-mu.

1. Contoh Deskripsi Toko Online Fashion

Allea Outfit Official adalah akun resmi dari Allea Outfit di platform Shopee
Kami menyediakan produk fashion wanita berupa kemeja, kaos, blouse, hijab, dan lain-lain
Semua produk didesain bergaya elegan sehingga nyaman digunakan
Termukan outfit terbaikmu di sini!
Jam operasional
Setiap hari: pukul 09.00 – 16.00 WIB
Pengiriman: Senin – Sabtu

2. Contoh Deskripsi Toko Online Makanan

Selamat datang di Foodiesh Official Shop!
Menjual berbagai jenis frozen food yang aman dan halal
Hanya melayani pengiriman Sameday dan Instant
Pengiriman mulai dari jam 08.00 – 15.00

3. Contoh Deskripsi Toko Online Elektronik dan Gadget

Selamat datang di Samsung Official Shop.
Samsung Official Shop merupakan akun resmi Samsung di Shopee dan merupakan bagian dari program Service by Shopee (SBS) dengan jaminan produk original dan garansi Samsung Indonesia. Ikuti kami untuk info dan promo terbaik. Kami siap membantu untuk proses order, pengiriman dan menjawab pertanyaan anda.
Selamat berbelanja di toko kami!
Operational Hours: 24 Hours

4. Contoh Deskripsi Toko Sepatu Online

JOANNE Official Shop adalah akun resmi dari JOANNE di platform Shopee. 100% Original Brand & Import Shoes.

Operational Hours 09:00 s/d 18.00

Kesimpulan

Deskripsi toko online merupakan salah satu faktor penting yang bisa kamu manfaatkan untuk menarik minat pembeli. Namun, menulis deskripsi toko online tidak boleh sembarangan. Ada beberapa cara atau aturan untuk menulisnya.
Nah, kamu bisa menggunakan beberapa cara dan contoh diatas agar toko online kamu semakin menarik dengan deskripsi yang kamu buat. Demikianlah artikel tentang deskripsi toko online yang kami berikan.
Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu yang masih bingung membuat deskripsi toko online biar toko kamu makin menarik dan unik. Nantikan informasi bermanfaat lainnya hanya di Everpro.id!
Kamu memiliki bisnis tapi penjualannya gitu-gitu aja? coba deh pake layanan Everpro Marketplace Enabler.
Everpro Marketplace Enabler akan membuat toko kamu menjadi lebih baik lagi sehingga produk kamu akan laris terjual!

Benefit Everpro Marketplace Enabler

  • Optimasi Toko
  • Jasa CS yang Gercep & Tuntas
  • Toko Gampang Dicari Pembeli
  • Performa Iklan Terbaik
  • Maksimalin Penjualan dengan Campaign Terbaru
  • Bantu Kamu Pilih Langkah Bisnis yang Tepat

Ayo daftar sekarang juga!

Daftar Sekarang

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Cara Kirim Barang Lewat Kereta Api

Pelajari lebih lanjut terkait tips and trik terakit topik mengirim paket hanya di blog Everpro. Dapatkan informasi penting seputar kirim paket supaya kamu dapat lebih