Ketahui 6 Contoh Landing Page Produk Fashion Kreatif

Artikel ini akan memberikan 6 contoh landing page untuk produk  fashion yang bisa jadi inspirasi buat bisnis fashion Anda.

Salah satu kunci untuk mencapai kesuksesan dalam penjualan online dengan menggunakan website adalah melalui landing page yang efektif. 

Landing page yang baik tidak hanya mempresentasikan produk dengan indah. Namun memberikan pengalaman yang baik bagi pengunjung ketika berada dalam website. 

6 contoh landing page berikut bukan cuma untuk  meningkatkan daya tarik visual,  juga berpotensi mengoptimalkan tingkat konversi penjualan.

Baca Juga : Contoh Landing Page Bisnis Property, Yuk, Coba Bikin!

Perbedaan Home Page dan Landing Page

Pertama Anda perlu mengetahui perbedaan antara homepage dan landing page terlebih dahulu. Karena seringkali masih ada orang yang mengkategorikan jika keduanya sama. 

Keduanya merupakan bagian dari sebuah website, namun memiliki perbedaan dan fungsi sehingga Anda perlu mengetahui perbedaan agar tidak salah ketika akan membuat desain untuk landing page produk mu.

Jadi homepage adalah halaman utama situs web yang memberikan gambaran secara umum.

Contohnya website untuk produk fashion, ketika kita memasuki sebuah website kemudian muncul informasi seperti kategori produk dan fitur-fitur lainnya yang menarik perhatian pengunjung maka itulah homepage.

Sementara landing page adalah halaman khusus dengan fokus untuk menghasilkan konversi atau mendapatkan informasi kontak dari pengunjung. 

Ciri lainnya biasanya mencantumkan CTA (call to action) untuk pengunjung melakukan aksi.

2 Jenis Landing Page

Sebuah landing page bebas dikreasikan dengan desain apapun dan buat semenarik mungkin, sesuai dengan tujuan marketing bisa untuk brand awareness, consideration dan juga conversi atau sale.

Berdasarkan identifikasi customer journey ada 2 jenis landing page yang bisa digunakan yaitu lead generation dan click through.

  • Lead  Generation 

Landing page fungsinya untuk mengumpulkan informasi kontak pengunjung dengan tujuan untuk mendapatkan pelanggan potensial.

Cirinya terdapat sebuah formulir pengisian data yang meminta pengunjung untuk memberikan informasi seperti nama, alamat email, nomor telepon, dll.

  • Click-Through Page

Jenis landing page yang fungsinya untuk mengarahkan pengunjung untuk melanjutkan ke halaman atau tindakan selanjutnya setelah mereka melakukan klik pada tautan atau tombol tertentu.

Seperti mengklik tombol “Lihat Detail Produk” atau “Beli Sekarang”.

Tujuannya agar dapat mengarahkan aktivitas pengunjung fokus untuk mengoptimalkan peluang konversi atau pembelian.

Elemen Penting dalam Landing Page

Dalam membuat sebuah landing page produk fashion yang efektif, terdapat beberapa elemen penting yang perlu Anda perhatikan:

1.Headline yang Menarik

Gunakan headline yang menarik dan jelas untuk menarik perhatian pengunjung dan menyampaikan nilai produk dan penawaran.

2. Gambar yang Menarik 

Sertakan gambar produk fashion berkualitas tinggi yang menarik dan memperlihatkan keunikan serta keindahan produk tersebut.

Usahakan berikan gambar produk dengan berbagai berbagai sudut contohnya produk secara tampilan display dari depan, belakang, sisi samping dan juga ketika  dikenakan oleh model.

3. Buatkan Pesan dengan Jelas

Sampaikan pesan penjualan yang jelas dan ringkas untuk menggambarkan manfaat dan keunggulan produk fashion Anda atau bisanya juga disebut VP dan USP.

4.Call-to-Action (CTA)

Tampilkan CTA yang menonjol dengan penggunaan kata-kata yang menginspirasi dan mengarahkan pengunjung untuk melakukan tindakan, seperti “Lean More” atau “Shop Now” pada bagian atas dan bawah.

5.Bukti Testimoni 

Tampilkan testimoni pelanggan bisa berupa ulasan, atau penghargaan yang dapat meningkatkan kepercayaan pengunjung terhadap produk fashion Anda.

6. Formulir Pendaftaran

Jika diperlukan, sertakan formulir kontak atau pendaftaran yang sederhana untuk mengumpulkan informasi pengunjung yang berpotensi menjadi prospek.

7. Landing Page Responsif

Pastikan desain landing page Anda responsif, sehingga dapat diakses dengan baik di berbagai perangkat, termasuk desktop, tablet, dan ponsel pintar.

Buat Desain yang Sesuai Campaign:  Pastikan landing page tersebut terkait dengan  Campaign pemasaran atau tujuan tertentu, dan sesuaikan elemen desain dan pesan dengan konteks tersebut.

8. Set Up Tools Analisis

Pantau dan analisis kinerja landing page Anda menggunakan alat analisis web seperti GTM dan juga GA4, dan lakukan perubahan atau pengoptimalan jika diperlukan untuk meningkatkan konversi.

Dengan memperhatikan elemen-elemen di atas dan merancang landing page produk fashion secara efektif, Anda dapat meningkatkan peluang konversi dan menghasilkan hasil yang lebih baik dalam bisnis fashion Anda.

Baca juga artikel berikut untuk mengetahui cara mengoptimasi landing page yang efektif dari Everpro.

Baca Juga : 6 Cara Optimasi Landing Page, Salah Satunya dengan GT Matrix A dari Everpro

6 Contoh Landing Page Produk Fashion 

Berikut ini menampilkan 6 contoh landing page yang menarik untuk produk fashion dari merek lokal dan internasional. Setiap contoh menunjukkan desain yang kreatif, pesan yang jelas, dan strategi yang efektif untuk meningkatkan konversi.

1. Contoh Landing Page H&M

contoh landing page produk fashion
Sumber: id.hm.com

H&M adalah salah satu merek fashion yang terkenal asal dari Swedia dan didirikan pada tahun 1947. Merek ini menawarkan berbagai jenis produk fashion untuk pria, wanita, anak-anak, serta koleksi peralatan rumah tangga.

Ciri khas H&M adalah produk pakaian dan aksesori dengan desain yang trendi namun tetap minimalis dan harganya yang terjangkau

Contoh landing page fashion H&M membuat konsep desain landing page yang clean dan minimalis yang sesuai dengan mereknya.

Pada bagian atas landing page terdapat headline “ Last minute gift shopping” merupakan landing page click-through page, karena akan mengarahkan pengunjung pada halaman yang menampilkan produk yang sedang diskon.

Penggunaan copywriting dengan kata last minute dan juga mencantumkan jumlah nominal bisa langsung mentrigger pengunjung untuk mengklik dan melihat produk untuk nantinya berpotensi melakukan pembelian. 

Selain itu untuk mengingat kembali pengunjung ketika sampai pada bagian akhir web, bisa menambahkan CTA “Gabung “ untuk melakukan registrasi agar mendapatkan diskon 20%.

2.Contoh Landing Page Zalora

contoh landing page produk fashion
Sumber: zalora.co.id

Zalora adalah sebuah platform e-commerce asal Indonesia yang menawarkan berbagai produk fashion dari berbagai merek terkemuka.

Sebagai e-commerce yang menjadi pusat belanja fashion online terbesar di Indonesia, Zalora menyediakan semua kebutuhan fashion produk fashion eksklusif terbaik dari ribuan fashion brand terkenal, serta produk-produk yang pasti original. 

Landing page untuk Zalora didominasi warna hitam dengan aksen neon pink yang ingin menunjukan kesan feminim dan eksklusif. Untuk memperingati hari belanja nasional 12.12, Zalora juga mengadakan diskon besar-besaran.

Dengan menggunakan headline “ Treasure Flash Sale” , terdapat juga countdown waktu untuk promo berlangsung juga efektif untuk mentrigger pelanggan. Lalu terdapat juga CTA “Shop Now” yang akan mengarahkan untuk melakukan pembelian.

Pada bagian akhir juga landing page Zalora menyertakan CTA untuk customer baru yang belum melakukan registrasi, agar segera mendaftarkan diri lewat pengisian form dengan email untuk mendapatkan voucher sebesar Rp 75.000 untuk semua pembelian.

3.Contoh Landing Page Eiger

contoh landing page produk fashion
Sumber: eigeradventure.com

Eiger adalah merek lokal asal Bandung yang terkenal dalam produk outdoor dan petualangan seperti tas, sepatu, pakaian, dan aksesori dan peralatan untuk menjalankan aktivitas di alam terbuka.

Beberapa ciri khas produk Eiger adalah karena kualitas bahan baku, desain yang fungsional, menggunakan teknologi anti-air dan sistem pengaturan suhu.

Secara desain merek ini menggabungkan elemen fungsional dengan sentuhan desain modern sehingga menciptakan produk yang juga stylish untuk digunakan di luar ruangan.

Pada bagian atas landing page Eiger terdapat tampilan slide yang yang bisa digeser, salah satu bentuk conversion selain dalam bentuk pembelian bisa juga dengan App Instal.

Copywriting pada landing page pun sudah sangat efektif yaitu “Berbelanja Lebih Mudah dengan Aplikasi Eiger Adventure” dengan CTA “Download Sekarang”. 

Pada bagian akhir pun terdapat CTA “Langganan” untuk mendapatkan informasi seputar promo atau email marketing lainnya.

4.Contoh Landing Page Uniqlo

landing page uniqlo
Sumber: uniqlo.com

Uniqlo adalah sebuah merek fashion yang berasal dari Jepang yang juga menjual produk fashion untuk kalangan wanita. pria, anak-anak dan bayi. Merek ini terkenal karena bahan bakunya yang berkualitas, secara desain besic minimalis tapi tetap memperhatikan detail dan juga kenyamanan.

Tampilan pada landing page Uniqlo sangat sederhana, tidak jauh berbeda dengan merek H&M.  Tapi secara tampilan produk lebih beragam dan ceria sesuai dengan target pelangganyanya yang juga dari berbagai kalangan usia.

Pada halaman awal landing page Uniqlo membeli beberapa promosi dalam beberapa kategori yang berbeda. Setiap desain promo dibuat sesuai mungkin dengan konsep dan tidak merusak estetika landing page secara keseluruhan.

Tampilan paling atas terdapat informasi berupa promo untuk semua pembelian produk di toko offline dengan headline “Find Joy in The Everyday” dengan keterangan CTA “Selengkapnya”. 

Berikutnya Uniqlo juga berkolaborasi dengan Anime Hunter X Hunter untuk edisi khusus, secara copywriting pun sudah sesuai dengan “Miliki Koleksinya dengan harga special” dengan CTA “Selengkapnya”  yang akan membawa pada halaman koleksi produk tersebut.

Sama seperti yang sebelumnya pada bagian akhir terdapat CTA untuk berlangganan E-newsletter.

5.Contoh Landing Page Brodo

landing page sepatu Brodo
Sumber: bro.do

Brodo adalah merek sepatu Indonesia yang terkenal karena menggunakan bahan kulit berkualitas tinggi dalam pembuatan sepatu mereka.

Produk Brodo memiliki desain yang menggabungkan elemen klasik dengan sentuhan modern, menciptakan tampilan yang elegan dan stylish.

Landing page sepatu Brodo ini sangat tampil minimalis, eksklusif tapi tetap trendi. Pada bagian atas terdapat informasi koleksi khususnya Brodo untuk konsep Oxford style untuk pasangan, dengan CTA “Find More”.

Tampilan landing page selain berisi promo juga menampilkan display produk beserta deskripsinya. Untuk keterangan CTA pada akhir landing page terdapat CTA “ Join the Club” dengan registrasi menggunakan email.

6. Contoh Landing Page Adidas

landing page sepatu adidas
Sumber: adidas.co.id

Adidas adalah merek yang terkenal di dunia olahraga dan fashion. Produk mereka menggabungkan kualitas, performa, dan gaya yang trendi. Tampilan landing page nya pun tidak terlalu heboh, dengan layout yang minimalis namun tetap trendi.

Pada bagian atas landing page terdapat promo Diskon 50% dengan headline “Holiday Sale” dan CTA “Beli Sekarang” dan tak lupa terdapat juga CTA pada bagian akhir “ Sign Up Free”.

Demikianlah 6 contoh landing page produk fashion yang bisa Anda jadi inspirasi ketika akan membuat desain landing page.

Buatlah konsep yang sesuai dengan identitas merek fashion Anda, maksimalkan copywriting, dan jangan lupa menaruh CTA pada bagian atas dan juga bawah untuk hasil yang maksimal. 

Baca juga : 10 Cara Membuat Landing Page Tanpa Ribet di Everpro

Layanan Everpro Funnel

Membuat landing page kreatif untuk bisnis fashion dapat menjadi hal yang mudah tanpa perlu memiliki keahlian coding.

Anda dapat memanfaatkan platform online dari Everpro untuk pembuatan landing page. Berikut adalah  benefit  dari Everpro Funnel untuk Landing Page Builder:

  • Tersedia Puluhan Template Landing Page Siap Pakai
  • GRATIS Hosting & Custom Subdomain
  • GTMetrix Grade Pasti Upper-A
  • Terintegrasi Langsung dengan Ekosistem Everpro (Checkout Form, Wa Rotator, Custom Keyboard)
  • Layanan 1 CS untuk 1 Landing page

 

DAFTAR SEKARANG

Fenti Perniawati

Fenti Perniawati

Seorang Junior SEO Content Writer, aktif menulis dan mengedit artikel yang berkaitan dengan Bisnis dan Digital Marketing untuk Blog Everpro. Pernah mengerjakan project SEO mulai dari research keyword, produksi content blog dan reporting untuk website otourism.id. Saya terus belajar untuk membuat artikel yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Semoga lewat tulisan artikel yang saya buat, kita bisa saling belajar dan menemukan sudut pandang baru.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya