everpro

Ini Dia, 5 Cara Lacak Paket Sicepat dengan Mudah dan Akurat!

Sedang menunggu kiriman barang dan ingin tahu cara cek paket Sicepat? Simak penjelasan mengenai Cara Lacak Paket Sicepat berikut ini untuk mengetahui status pengiriman paket anda.

Penggunaan jasa pengiriman semakin meningkat dengan maraknya kegiatan jual beli online. Bahkan untuk kebutuhan pengiriman pribadi pun pasti membutuhkan jasa ekspedisi.

Sicepat menjadi salah satu jasa pengiriman yang semakin ramai digunakan baik oleh para pelaku usaha maupun perorangan. Karena jasa pengiriman ini memiliki keunggulan dapat mengirim cepat dengan tarif hemat.

Setiap mengirim barang melalui jasa pengiriman ini pasti akan mendapat resi yang bisa anda gunakan untuk melacak paket. Lantas bagaimana cara cek paket Sicepat?

Baca ulasan artikel ini sampai tuntas untuk temukan jawabannya.

Apa Itu Cara Lacak Paket Sicepat

cara lacak paket sicepat
Sumber: google.com

Pada saat mengirim barang menggunakan layanan Sicepat Express anda pasti akan mendapatkan nomor resi. Nomor resi adalah nomor unik sebagai identitas pengiriman barang.

Anda bisa menggunakan nomor resi ini untuk melacak kondisi pengirim paket terkini. Cara lacak paket Sicepat adalah langkah-langkah untuk mengetahui status pengiriman dengan memanfaatkan fitur cek resi.

Fitur cek resi Sicepat memudahkan anda sebagai konsumen untuk mengetahui posisi pengiriman paket. Melalui fitur ini, baik pengirim atau penerima sama-sama bisa melacak status pengiriman dengan cara cek paket Sicepat dengan akurat.

Bagi anda yang baru pertama kali akan melakukan cek resi Sicepat Express, tidak perlu bingung bagaimana caranya, karena artikel ini akan membahas beberapa cara lacak paket dengan mudah. Silahkan baca sampai tuntas ya.

Baca juga: 9 Layanan SiCepat Untuk Pengiriman Paling Cepat

Proses Pengiriman Barang Lewat Sicepat

cara lacak paket sicepat
Sumber: sicepat.com

Sicepat Express yang telah berdiri sejak tahun 2014 ini merupakan perusahaan jasa logistik yang menyediakan layanan pengiriman barang di seluruh wilayah Indonesia.

Jasa pengiriman ini telah banyak menjalin kerjasama dengan berbagai marketplace dan toko online lainnya sebagai sarana pengiriman barang ke konsumen.

Beberapa marketplace dan ecommerce besar yang telah bermitra dengan jasa pengiriman ini antara lain Tokopedia, Lazada, MatahariMall, Zalora, dan masih banyak lagi.

Dalam mengirimkan barang tentu terdapat proses pengiriman dari awal sampai barang tersebut sampai ke alamat tujuan. Berikut penjelasan proses pengiriman paket barang Sicepat:

  • Informasi Awal Status Pengiriman

Pada proses awal pengiriman barang, anda akan mendapat informasi status pengiriman yang pertama saat cek resi Sicepat. Status pertamanya adalah Paket telah di input, hal ini terjadi apabila pengirim sendiri yang mengantarkan paket ke agen Sicepat.

Namun apabila menggunakan layanan penjemputan atau pickup, maka status yang keluar pertama kali adalah Terima permintaan pickup.

  • Proses Penjemputan Paket

Setelah paket berada pada kurir jasa ekspedisi ini, maka informasi pengiriman selanjutnya adalah Paket telah diambil SiGesit. Artinya, kurir sudah mengambil paket atau barang dari lokasi pengirim atau penjual sesuai dengan alamat penjemputan yang telah dicantumkan.

  • Input Data Paket oleh Petugas

Proses pengiriman selanjutnya adalah informasi bahwa Paket telah diinput (Manifested). Hal ini mengartikan bahwa, data pengiriman sudah di input dan paket anda berada di petugas yang dekat dengan kota pengirim.

  • Pengantaran Paket ke Kota Tujuan

Dalam proses pengiriman paket menuju kota tujuan, biasanya akan melewati beberapa kota atau provinsi. Hal ini tergantung dari jarak tempuh lokasi kiriman ke tujuan paket tersebut.

Dengan begitu informasi yang akan tampil juga berbeda-beda karena pasti akan menyebutkan nama kota paket tersebut berada. Contohnya pengiriman barang dari kota Jakarta ke Bandung dengan layanan Sicepat Express, maka informasinya akan seperti ini:

  • Paket keluar dari Jakarta
  • Paket telah diterima di Bandung
  • Paket Berada di Kota Tujuan

Selanjutnya saat proses pengiriman barang anda sudah berada di kota tujuan, maka informasi yang tercantum adalah Paket telah diterima di kota tujuan. Informasi ini menandakan bahwa paket sudah hampir tiba di lokasi penerima.

Apabila kurir sudah dalam perjalanan mengirim paket ke lokasi penerima, maka status pada saat lacak paket akan terupdate menjadi Paket dibawa Sigesit.

  • Sampai atau Delivered

Proses pengiriman terakhir adalah ketika barang telah sampai ke penerima. Informasi yang tercantum dalam status pengiriman pada saat cek paket menjadi Paket diterima oleh [nama penerima].

Cara Lacak Paket Sicepat Tanpa Nomor Resi

cara cek paket sicepat
Sumber: google.com

Dalam kondisi tertentu banyak yang menanyakan apakah bisa melacak paket tanpa nomor resi? Karena hal ini mungkin terjadi ketika pengirim atau penjual tidak memberikan informasi nomor resi, atau kehilangan struk resi tersebut.

Sebenarnya, secara prosedur untuk dapat melacak paket Sicepat tentu membutuhkan nomor resi. Namun, apabila membicarakan kemungkinan hal ini masih bisa saja mendapat jalan keluar tapi belum tentu berhasil.

Hal yang bisa anda lakukan ketika ingin cek paket tanpa nomor resi adalah mendatangi agen jasa pengiriman terdekat dan meminta bantuan Customer Service. Anda bisa memberikan parameter informasi tertentu untuk mencoba pencarian nomor resi.

Parameter informasi tersebut meliputi: Nama Penerima dan Pengirim, Tanggal Pengiriman, serta Alamat Penerima dan Pengirim. Selanjutnya CS akan menggunakan informasi tersebut dan mencari melalui sistem mereka.

Apabila CS bisa menemukan informasi mengenai pengiriman paket anda, maka anda akan mendapatkan nomor resi yang kemudian bisa anda cek sendiri.

Baca juga: Cari SiCepat Terdekat? Ikuti Cara Termudah Lewat HP

5 Cara Cek Paket Sicepat

cek paket sicepat
Sumber: google.com

Saat ini anda bisa melacak paket Sicepat dengan mudah dan akurat melalui berbagai cara. Anda bisa cek paket dengan cara online maupun offline. Berikut beberapa cara tersebut:

Cek Paket Sicepat Melalui Aplikasi Resmi

cara lacak paket sicepat
Sumber: google.com

Dengan cek paket melalui aplikasi resmi anda bisa melacak status pengiriman dengan mudah, berikut caranya:

  1. Masuk ke aplikasi Sicepat yang telah terinstal di smartphone anda.
  2. Anda bisa pilih Sign Up jika belum memiliki akun, Log In apabila sudah punya akun, atau langsung masuk.
  3. Kemudian klik kolom lacak paket yang berada di pojok kiri atas.
  4. Setelah itu masukkan nomor resi yang anda ingin lacak.
  5. Klik Lacak, dan akan tampil informasi status pengiriman paket tersebut.

Cek Paket Sicepat Melalui Situs Resmi

cek paket sicepat
Sumber: sicepat.com

Apabila anda tidak memiliki aplikasi, anda juga bisa langsung cek paket dengan mengunjungi situs resminya, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke website resmi Sicepat di sicepat.com.
  2. Ketikkan nomor resi pada kolom No Resi.
  3. Setelah itu klik Lacak.
  4. Maka layar akan menampilkan hasil pelacakan berupa informasi status pengiriman.

Lacak Paket Sicepat Lewat Everpro

cara lacak paket Sicepat
Sumber: everpro.id

Cara lain yang bisa anda lakukan untuk melacak paket Sicepat adalah dengan menggunakan website alternatif, salah satunya adalah Everpro. Berikut langkah-langkah mudahnya:

  1. Masuk ke situs resmi Everpro.
  2. Kemudian pilih tab Cek Pengiriman dan klik Cek Resi.
  3. Masukkan nomor resi pengiriman yang hendak anda lacak di kolom Nomor Resi.
  4. Pilih juga kurir Sicepat di kolom Kurir.
  5. Selanjutnya klik Lacak Paket.
  6. Maka akan tampil status pengiriman dari hasil pelacakan tersebut.

Lacak Paket Melalui Customer Service

cek paket sicepat
Sumber: google.com

Cara selanjutnya untuk melacak paket adalah dengan menghubungi layanan konsumen atau customer service Sicepat. Anda bisa menghubungi nomor telepon (021) 5020-0050, pastikan anda memiliki pulsa yang cukup untuk melakukan panggilan.

Selain itu anda juga dapat mengirim email ke [email protected] atau menghubungi WA CS di 0812 9966 6088. Dengan cara ini anda tidak memerlukan pulsa, tapi pastikan device yang anda gunakan sudah terkoneksi internet ya.

Anda bisa menyampaikan langsung tujuan menghubungi CS ini dan berikan nomor resi untuk memudahkan pencarian dan pelacakan.

Lacak Paket dengan Datang Langsung ke Agen

cara lacak paket sicepat
Sumber: google.com

Cara terakhir yang bisa anda lakukan adalah dengan langsung mendatangi kantor cabang atau agen Sicepat Express terdekat. Cara ini dapat anda andalkan apabila tidak memiliki pulsa atau device sedang tidak terhubung dengan internet.

Temui admin atau petugas jasa pengiriman ini dan sampaikan maksud serta tujuan anda, yaitu melacak paket. Berikan informasi mengenai nomor resi, atau langsung serahkan struk no resi tersebut kepada petugas.

Kemudian petugas akan membantu proses pelacakan dan menyampaikan informasi tersebut kepada anda.

Demikian penjelasan mengenai cara lacak paket Sicepat dengan beberapa langkah mudah untuk pantau kondisi pengiriman paket anda.

Semoga informasi artikel ini bermanfaat. Simak artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

Picture of Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Tips and Trik Kirim Paket

Pelajari lebih lanjut seputar tips and trik serta panduan untuk kirim paket hanya di Everpro.id. Ketahui beberapa informasi bermanfaat dan hal-hal penting yang harus diperhatikan