Panduan & Tips Praktis: Cara Live Streaming di Tokopedia

Yuk cara praktis untuk live streaming di Tokopedia! Artikel ini memberikan panduan langkah demi langkah, istilah, dan tips interaktif untuk memulai live streaming di Tokopedia.

Artikel ini akan menjelaskan langkah-langkah praktis untuk memulai live streaming di Tokopedia untuk pemula beserta istilah dan tips melakukan streaming yang interaktif.

Kegiatan live streaming adalah salah satu cara promosi yang cukup efektif dalam meningkatkan jumlah penjualan dan juga hubungan dengan customer.

Dengan panduan dan tips ini, Anda dapat memanfaatkan potensi live streaming di Tokopedia secara maksimal untuk mendukung kesuksesan bisnis Anda.

Baca Juga : Makin Cuan! 3+ Cara Live di Shopee Bagi Pemula dengan Mudah!

Tentang Fitur Live Streaming Tokopedia

cara live di tokopedia
Sumber : Canva.com

Live Streaming di Tokopedia adalah fitur yang memungkinkan penjual untuk siaran langsung online ke calon pembeli. 

Dengan adanya fitur live streaming di marketplace, penjual bisa meningkatkan eksposur produk, jangkau lebih banyak audiens, dan bangun hubungan yang dekat dengan calon pembeli. Live streaming juga jadi strategi promosi yang efektif untuk tingkatkan penjualan dan kuatkan citra merek di Tokopedia.

Dalam fitur live streaming ini, penjual bisa melihat statistik penonton mulai dari jumlah, interaksi, dan tingkat konversi. Ini bantu mereka ukur efektivitas live streaming dan ambil langkah untuk tingkatkan performa di masa depan.

Secara keseluruhan, Live Streaming Tokopedia adalah alat powerful bagi penjual untuk promosikan produk secara live, interaksi dengan calon pembeli, dan tingkatkan penjualan melalui pengalaman yang interaktif dan personal.

Istilah Istilah dalam Live Streaming

Berikut adalah penjelasan istilah-istilah yang harus kamu ketahui ketika live streaming:

1. Clue

Clue adalah petunjuk atau bocoran yang diberikan oleh host live streaming untuk memberikan informasi kepada penonton tentang apa yang akan mereka lakukan atau bicarakan di live streaming tersebut. petunjuk ini biasanya diberikan di awal live streaming atau di sela-sela live streaming.

2. Etalase Toko

Etalase adalah tampilan produk yang dijual atau diundi oleh host live streaming, biasanya ditampilkan di awal  atau di sela-sela live streaming. Etal

3. Fix

Fix adalah kata yang digunakan untuk menyatakan bahwa sesuatu sudah pasti atau sudah ditentukan. Dalam konteks live streaming, fix biasanya digunakan untuk menyatakan bahwa sesuatu sudah pasti akan terjadi di live streaming tersebut.

4. WL (Waiting List)

WL atau Waiting List adalah daftar tunggu untuk mendapatkan produk yang dijual atau diundi di live streaming. Istilah ini biasanya digunakan jika jumlah produk yang dijual atau diundi lebih sedikit dari jumlah penonton yang ingin mendapatkannya.

5. Klaim Kupon

Klaim kupon adalah proses untuk mendapatkan potongan harga atau keuntungan lainnya dengan menggunakan kupon. Kupon biasanya diberikan oleh host live streaming sebagai hadiah atau promosi.

Baca Juga : Cara Membuat Desain Ukuran Banner Tokopedia yang Profesional

Manfaat Melakukan Live Streaming

Manfaat live streaming di marketplace Tokopedia antara lain adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Eksposur Produk

Melalui live streaming menampilkan produk secara langsung kepada calon pembeli, meningkatkan paparan dan membedakan produk dari pesaing.

2. Meningkatkan Keterlibatan Calon Pembeli

Interaksi langsung antara penjual dan calon pembeli dalam live streaming meningkatkan keterlibatan dan kepercayaan terhadap produk dan merek.

3. Meningkatkan Penjualan

Dengan fitur live streaming penjual bisa lebih memberikan informasi detail dan menjawab pertanyaan calon pembeli secara langsung, mendorong mereka untuk membeli.

4. Membangun Hubungan dengan Pelanggan

Interaksi langsung dalam live streaming membantu membangun hubungan yang lebih dekat, menciptakan loyalitas dan rekomendasi positif.

5. Menguji Strategi Pemasaran

Live streaming dapat digunakan untuk menguji dan mengkurasi strategi pemasaran dan menganalisis tanggapan calon pembeli untuk meningkatkan performa di masa mendatang.

Cara Live Streaming di Tokopedia

cara live di tokopedia
Sumber: Everpro.id

Sebelum melakukan live streaming di Tokopedia, pemula perlu mengetahui informasi ini. Ada beberapa syarat yang harus  Anda ketahui, yaitu:

  • Akun Tokopedia sudah terverifikasi.
  • Toko di Tokopedia dengan status Official Store atau Power Merchant.
  • Produk yang ingin dipromosikan di live streaming.

Jika sudah memenuhi syarat-syarat tersebut, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk cara live streaming di Tokopedia Play.

Live streaming ini bisa dilakukan menggunakan smartphone Android maupun iOS:

  • Siapkan perlengkapan live streaming. Anda membutuhkan kamera, mikrofon, dan koneksi internet yang stabil.
  • Download aplikasi Tokopedia Seller atau aplikasi Tokopedia.
  • Buka aplikasi Tokopedia Seller atau aplikasi Tokopedia.
  • Pilih menu “Live“.
  • Pilih “Buat Live“.
  • Isi judul live streaming Anda. Judul live streaming harus menarik dan informatif.
  • Pilih cover banner untuk live streaming Anda. Cover banner harus menarik dan relevan dengan konten live streaming Anda.
  • Pilih produk yang ingin Anda promosikan di live streaming.
  • Atur jadwal live streaming Anda. Anda bisa mengatur jadwal live streaming Anda mulai dari 15 menit hingga 24 jam.
  • Klik “Mulai Live.

Tips Cara Live Streaming  untuk Pemula

cara live di tokopedia
Sumber : canva.com

Berikut adalah beberapa tips cara live streaming di Tokopedia agar menarik dan sukses:

1. Buatlah Konten 

Konten live streaming Anda harus menarik dan informatif agar penonton Anda tertarik untuk menontonnya. Anda bisa membuat konten live streaming tentang produk yang Anda jual, tips dan trik, atau sekadar mengobrol dengan penonton.

2. Koneksi Internet Stabil

Pastikan koneksi internet yang stabil sangat penting untuk kelancaran live streaming Anda. Jika koneksi internet Anda tidak stabil, live streaming Anda akan terputus-putus dan mengganggu penonton.

3. Gunakan Mikrofon

Gunakan mikrofon yang berkualitas agar suara Anda terdengar jelas. Suara yang jelas sangat penting untuk live streaming. Jika suara Anda tidak terdengar jelas, penonton akan sulit memahami apa yang Anda katakan.

4. Usahakan Pencahayaan yang Terang

Perhatikan pencahayaan agar wajah dan produk Anda terlihat jelas. Pencahayaan yang baik akan membuat wajah dan produk Anda terlihat jelas di kamera. Anda bisa menggunakan lampu studio atau lampu LED untuk pencahayaan.

5. Sesi Tanya-jawab

Berikan interaksi dengan penonton agar mereka merasa terlibat. Interaksi dengan penonton adalah kunci untuk membuat live streaming Anda sukses. Anda bisa menjawab pertanyaan penonton, membaca komentar penonton, atau mengadakan kuis atau giveaway.

6. Buatlah Promosi atau Giveaway 

Promosi atau giveaway dapat menarik minat penonton untuk menonton live streaming Anda. Anda bisa memberikan potongan harga, kupon, atau hadiah menarik untuk penonton.

Demikianlah penjelasan tentang panduan dan tips praktis cara live di Tokopedia untuk pemula. Semoga Artikel ini bisa berguna untuk Kalian. Jangan lupa untuk membaca artikel seputar Bisnis, Shipping lainnya di Everpro.Id

Baca Juga : Mudah Banget! Ini Dia Cara Membuat Harga Coret di Tokopedia

Layanan Everpro MP Enabler

Butuh bantuan untuk bantu bisnismu semakin berkembang di marketplace segera Gabung di Layanan Everpro MP Enabler dan dapatkan banyak keuntungan sebagai berikut:

  • Konsultasi Dengan Ahli
  • Optimasi Tampilan Toko & Produk
  • Aktivasi Strategi Iklan Efektif
  • Pilih Layanan Sesuai Kebutuhan
  • Optimasi Tampilan Toko & Produk

 

DAFTAR SEKARANG

 

Fenti Perniawati

Fenti Perniawati

Seorang Junior SEO Content Writer, aktif menulis dan mengedit artikel yang berkaitan dengan Bisnis dan Digital Marketing untuk Blog Everpro. Pernah mengerjakan project SEO mulai dari research keyword, produksi content blog dan reporting untuk website otourism.id. Saya terus belajar untuk membuat artikel yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Semoga lewat tulisan artikel yang saya buat, kita bisa saling belajar dan menemukan sudut pandang baru.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya