everpro

Mudah Banget! Ini Dia Cara Membuat Harga Coret di Tokopedia

Bingung mulai darimana buat harga coret? Sudah saatnya kamu simak sampai habis artikel Everpro cara membuat harga coret di Tokopedia supaya kamu tidak kebingungan lagi!

Tokopedia, sebagai salah satu e-commerce terkemuka di Indonesia, terus mengalami peningkatan jumlah penjual. Penjual di e-commerce dapat meraih kesuksesan dengan cepat, meskipun bekerja dari rumah.

Salah satu trik yang dapat kamu manfaatkan adalah memanfaatkan fitur harga coret. Dengan menggunakan fitur ini, produk yang kamu jual akan terlihat lebih terjangkau, yang kemudian dapat menarik perhatian lebih banyak konsumen.

Dengan mengambil inisiatif dan menggunakan fitur-fitur tersebut sebagai bagian dari strategi pemasaran kamu, tidak mengherankan jika kamu akan menarik perhatian banyak pembeli yang akan membeli produk kamu berulang kali.

Sebagai hasilnya, omzet kamu akan terus meningkat, bahkan mencapai jumlah yang fantastis. Akibatnya, pembeli cenderung untuk memutuskan untuk segera membeli produk kamu sebelum periode diskon berakhir.

Dengan demikian, kamu dapat mencapai kesuksesan dengan cara meningkatkan penjualan di marketplace kamu dengan lebih efektif.

Apa Itu Harga Coret? 

cara membuat harga coret di tokopedia
Sumber: tokopedia.com

Harga coret adalah strategi pemasaran online yang menampilkan perbandingan antara harga asli produk dan harga baru yang telah mendapat potongan diskon.

Hal ini bertujuan untuk menunjukkan kepada konsumen bahwa mereka sedang mendapatkan penawaran yang menguntungkan.

Dalam konteks e-commerce dan marketplace, teknik mencontreng harga seringkali diterapkan untuk menciptakan ilusi diskon dan meningkatkan rasa urgensi berbelanja.

Konsumen cenderung merasa puas karena melihat perbedaan antara harga asli dan harga diskon. Meskipun demikian, penting untuk menggunakan strategi ini dengan bijak.

Jika diterapkan terlalu sering dengan margin diskon yang tidak realistis, konsumen mungkin menjadi skeptis, dan kepercayaan terhadap brand atau produk dapat berkurang.

Oleh karena itu, kita perlu mempertimbangkan dengan hati-hati strategi harga coret agar dapat memberikan manfaat positif tanpa merugikan citra brand atau produk.

Manfaat Menggunakan Harga Coret

cara membuat harga coret di tokopedia
Sumber: google.com

Fitur harga coret di Tokopedia dapat meningkatkan konversi di toko dan memberikan berbagai manfaat lainnya bagi para penjual. Para penjual dapat merasakan sejumlah manfaat ketika menggunakan fitur ini sebagai berikut.

1. Jumlah Pengunjung Toko Meningkat

Menciptakan kesan bahwa produk sedang diskon tentu akan meningkatkan ketertarikan konsumen untuk berbelanja.

Dengan memanfaatkan fitur coret menjadi salah satu cara meningkatkan penjualan di Tokopedia, kemungkinan bahwa seorang calon konsumen akan mengunjungi toko akan semakin besar.

Oleh karena itu, dapat dipastikan bahwa grafik jumlah pengunjung toko akan mengalami peningkatan yang signifikan.

2. Popularitas Nama Toko Semakin Tinggi

Memanfaatkan fitur harga coret di Tokopedia tidak hanya membuat toko kamu lebih menarik bagi calon konsumen, tetapi juga dapat menjadi alasan bagi mereka untuk memilih tokomu dibandingkan dengan toko-toko lain yang menjual produk serupa dengan harga yang lebih tinggi.

Dengan adanya perbedaan harga yang signifikan, calon konsumen cenderung ‘melirik’ tokomu sebagai pilihan yang lebih murah.

Selain itu, kemungkinan bahwa calon konsumen akan merekomendasikan produkmu kepada orang terdekatnya juga meningkat.

Efek dari rekomendasi ini dapat menciptakan kekuatan mulut ke mulut yang kuat, di mana konsumen yang mendengar rekomendasi tersebut akan lebih cenderung percaya dan yakin terhadap kualitas produk atau jasa yang ditawarkan.

Dengan adanya kepercayaan yang tumbuh, toko onlinemu dapat semakin dikenal oleh banyak orang.

Oleh karena itu, manfaat dari fitur harga coret tidak hanya terbatas pada daya tarik harga yang lebih rendah, tetapi juga mencakup potensi penyebaran reputasi positif melalui rekomendasi konsumen.

3. Menaikkan Penjualan Toko

Meskipun belum tentu memberikan dampak langsung pada pertumbuhan penjualan, fitur yang disajikan oleh Tokopedia dapat meningkatkan peluang konsumen untuk tertarik dalam membeli produk yang ditawarkan.

Kesempatan ini dapat meningkat lebih lanjut apabila para penjual mampu menunjukkan kualitas unggul produk dan mendapat ulasan positif dari konsumen yang telah membelinya sebelumnya.

Dengan adanya fitur tersebut, konsumen memiliki akses yang lebih baik untuk mengevaluasi dan mempertimbangkan produk sebelum melakukan pembelian. 

4. Meningkatnya Jumlah Rekomendasi dari Sistem

Sebagai bagian dari algoritma yang terintegrasi dalam Tokopedia, sistem secara otomatis akan memberikan rekomendasi produk yang memiliki keunggulan, jumlah penjualan tinggi, dan potensi yang baik.

Dengan adanya sistem ini, produk kamu dapat direkomendasikan oleh Tokopedia langsung di halaman utama pencarian dengan kata kunci tertentu.

Syarat Membuat Harga Coret di Tokopedia

syarat membuat promosi diskon
Sumber: google.com

Untuk mengaktifkan fitur harga coret di Tokopedia, kamu harus memenuhi beberapa persyaratan tertentu. Ini mencakup langkah-langkah berikut:

1. Upgrade ke Official Store

Kamu perlu meng-upgrade toko mereka menjadi Official Store agar dapat menggunakan fitur harga coret.

2. Penilaian Toko 5

Toko yang kamu miliki harus mendapatkan penilaian tinggi, yaitu 5, untuk memenuhi syarat penggunaan fitur harga coret.

3. Penilaian Chat Dibalas 5

Penting bagi kamu untuk menjaga responsivitas toko yang kamu miliki dengan memastikan bahwa penilaian chat mereka mencapai nilai 5.

Baca Juga: 9 Contoh Balasan Otomatis Tokopedia dan Cara Membuatnya!

4. Minimal Penjualan Produk Setiap Harinya

Sebagai syarat tambahan, kamu perlu memastikan bahwa mereka memiliki minimal penjualan produk setiap harinya.

Cara Membuat Harga Coret di Tokopedia

cara membuat harga coret di tokopedia
Sumber: google.com

Menggunakan fitur harga coret di Tokopedia juga tergolong mudah. Bagi seller di Tokopedia yang tertarik untuk mengaplikasikan fitur harga coret pada produk pilihan, berikut adalah langkah-langkah cara membuat harga coret di Tokopedia:

  1. Pertama, buka situs seller Tokopedia dan login ke akun toko kamu.
  2. Setelah masuk ke tampilan utama, klik opsi Diskon Promosi.
  3. Selanjutnya, klik opsi Atur Diskon pada produk yang ingin diberi diskon.
  4. Setelah masuk ke detail produk, aktifkan fitur harga coret dengan men-tap tombol aktifkan hingga berwarna hijau.
  5. Selanjutnya, klik opsi Atur Diskon untuk mengisi persentase diskon yang diinginkan.
  6. Atur konfigurasi diskon sesuai dengan preferensi kamu, dan setelah selesai, klik tombol Simpan.
  7.  Selesai.

Dengan langkah-langkah tersebut, kamu berhasil membuat diskon produk di Tokopedia.

Proses ini memungkinkan penjual dengan mudah menerapkan harga coret pada produk pilihan mereka untuk meningkatkan daya tarik dan menjadi cara meningkatkan omset penjualan.

Cara Membuat Harga Coret di Banyak Produk Tokopedia

membuat promosi diskon di banyak produk
Sumber: google.com

Untuk meningkatkan intensitas pengunjung di toko online kamu, kamu dapat mengaktifkan fitur harga coret di banyak produk di Tokopedia.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur harga coret di banyak produk:

  1. Pertama, kamu bisa memulai dengan membuka situs seller Tokopedia dan login ke akun toko kamu.
  2. Setelah masuk, klik menu Impor Produk Diskon yang terletak pada pojok kanan atas halaman.
  3. Selanjutnya, unduh template yang tersedia untuk mempermudah proses impor produk dengan diskon.
  4. Isi atribut produk pada template yang telah diunduh dengan benar dan lengkap.
  5. Setelah selesai mengisi template, klik Upload File untuk mengunggah data produk dengan diskon.
  6. Lanjutkan dengan mengklik Impor File untuk memproses dan menerapkan diskon pada banyak produk sekaligus.
  7. Selesai.

Dengan langkah-langkah ini, kamu telah berhasil membuat diskon untuk banyak produk sekaligus di official store Tokopedia.

Proses ini memungkinkan penjual untuk mengelola fitur harga coret secara efisien, meningkatkan daya tarik toko, dan menarik lebih banyak pengunjung.

Tips Optimalkan Strategi Harga Coret

tips optimalkan strategi diskon
Sumber: google.com

Yang menarik, strategi ini dapat kamu gabungkan dengan berbagai momen belanja yang terjadi sepanjang tahun.

Secara khusus, momen-momen seperti lebaran, libur sekolah, atau bahkan momen akhir tahun yang mencakup Harbolnas, hingga penutupan tahun, bisa menjadi waktu yang tepat.

Untuk mengoptimalkan kombinasi strategi harga coret ini, berikut adalah tips untuk meningkatkan efektivitasnya yang bisa kamu terapkan.

1. Memahami Momen Belanja dengan Tepat

Hal ini berarti kamu perlu mengoptimalkan momen belanja tertentu untuk meningkatkan efektivitas strategi diskon harga coret.

Kamu dapat memanfaatkan momen belanja seperti periode Lebaran, momen Natal dan tahun baru, atau momen momen Kemerdekan, dan lain-lain.

Pada waktu-waktu tersebut, konsumen umumnya memiliki harapan untuk mendapatkan potongan harga yang signifikan.

Di sisi lain, pada saat pergantian musim, kamu dapat memberlakukan diskon pada produk musim sebelumnya untuk mengoptimalkan rotasi stok dan menyambut koleksi baru.

Dengan strategi ini, kamu tidak hanya mengikuti ritme belanja konsumen tetapi juga memberikan hal yang menarik pada waktu-waktu tertentu, meningkatkan daya tarik produk kamu dan potensi penjualan.

2. Menempatkan Produk Secara Strategis

Dalam dunia e-commerce, tampilan visual dan urutan produk memainkan peran penting dalam memengaruhi keputusan konsumen.

Penempatan produk yang diberi diskon harga potongan perlu dilakukan secara strategis agar dapat menarik perhatian dan memudahkan konsumen dalam melakukan pembelian.

Manfaatkan fitur “Produk Unggulan” atau “Produk Pilihan” yang disediakan oleh platform e-commerce untuk menonjolkan produk dengan diskon harga potongan tersebut.

Selain itu, sebaiknya pertimbangkan untuk menampilkan produk tersebut di banner utama toko kamu atau melalui iklan berbayar agar menarik lebih banyak perhatian.

Dengan mengambil langkah-langkah tersebut, kamu tidak hanya meningkatkan eksposur produk tetapi juga menciptakan peluang lebih besar untuk menarik perhatian konsumen dan mendorong keputusan pembelian yang menguntungkan.

Baca Juga: Wajib Tahu! Cara Menjadi Power Merchant Tokopedia dengan Mudah

3. Memanfaatkan Trik Psikologi Konsumen

Daya tarik psikologis dari harga coret mampu mempengaruhi persepsi konsumen, yang membuatnya menjadi strategi pemasaran yang menarik.

Oleh karena itu, memanfaatkan strategi ini pada produk-produk unggulan, terutama saat momen akhir tahun, dapat menjadi langkah cerdas.

Penggunaan harga coret pada produk-produk tertentu mengarahkan konsumen untuk menganggap bahwa mereka sedang mendapatkan penawaran yang sangat menguntungkan.

Penerapan strategi ini di momen belanja yang tepat dapat meningkatkan daya tarik produk kamu.

Penting untuk terus memantau dan menyesuaikan strategi harga coret sesuai dengan perubahan tren dan preferensi konsumen.

4. Menggabungkan Harga Coret dengan Promosi Lain

Menggabungkan harga coret dengan promo tambahan meningkatkan daya tarik dan konversi penjualan.

Meskipun strategi promosi dengan mencoret harga telah menciptakan persepsi nilai lebih bagi konsumen, penambahan promo seperti “Beli 2 Gratis 1” atau “Gratis Ongkir” dapat memperkuat nilai tersebut.

Tentu saja, kombinasi ini berpotensi mendorong lebih banyak konsumen untuk bertransaksi.

Selain itu, penggunaan promo tambahan, seperti “Voucher Diskon untuk Pembelian Selanjutnya,” dapat meningkatkan retensi pelanggan.

Penting untuk diingat bahwa dalam merancang kombinasi promosi, perlu memastikan bahwa strategi ini masih memberikan margin keuntungan untuk bisnis kamu.

Dengan demikian, penggabungan harga coret dengan promo tambahan dapat menjadi langkah cerdas untuk meningkatkan performa pemasaran dan keuntungan bisnis.

5. Menawarkan Nilai Lebih

Meskipun strategi harga coret dapat menarik perhatian, menawarkan nilai tambah atau kelebihan lain dapat menjadi pembeda yang mendorong konsumen untuk memilih produk kamu daripada produk kompetitor.

Nilai tambah ini dapat berupa kualitas produk, pelayanan yang responsif, atau bahkan bonus tambahan seperti garansi uang kembali.

Dengan menonjolkan keunggulan-keunggulan tersebut, kamu tidak hanya memperkuat argumen bagi konsumen untuk memilih produk kamu, tetapi juga membangun kepercayaan dan loyalitas jangka panjang.

Strategi ini tidak hanya membantu bisnis kamu berdiri teguh di tengah persaingan yang ketat di dunia e-commerce, tetapi juga meningkatkan potensi omzet dan retensi pelanggan.

Itu dia pembahasan mengenai cara membuat harga coret di Tokopedia. Semoga informasi ini memberikan kamu manfaat untuk meningkatkan daya tarik promosi bisnis online kamu, ya!

Jangan lupa share artikel ini di media sosialmu dan nantikan selalu artikel yang pastinya menarik hanya di Everpro tentunya!

Benefit Everpro Marketplace Enabler

Nah, selain dengan menggunakan harga coret kamu juga bisa nih meningkatkan penjualan bisnis online di marketplace dengan Everpro Marketplace Enabler!

  • Optimasi Toko
  • Jasa CS yang Gercep & Tuntas
  • Pembeli Dapat Menemukan Toko dengan Mudah
  • Performa Iklan Terbaik
  • Maksimalin Penjualan dengan Campaign Terbaru
  • Bantu Kamu Pilih Langkah Bisnis yang Tepat

Daftar sekarang juga dan kamu raih omzet penjualan bisnis onlinemu di marketplace sekarang juga!

Daftar Sekarang

Safira Rasendriya

Safira Rasendriya

SEO Content Writer yang memiliki minat di digital marketing dan bisnis. Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang Digital Marketing, saya telah mengembangkan keterampilan menulis yang kuat. Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dan optimasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan informatif.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya