Tokopedia Seller: Daftar, Login, Fitur, dan Cara Berjualan

Ingin mendapat untung dengan menjadi seller Tokopedia? Daftar sekarang! Berikut panduan menjadi Tokopedia Seller dengan mudah, simak selengkapnya.

Hadirnya marketplace semakin memberi kemudahan dalam melakukan aktivitas berbelanja. Segala jenis kebutuhan bisa anda dapatkan, mulai dari membayar tagihan listrik, bahan baku, pakaian, bahkan tiket hiburan.

Salah satu marketplace yang kian berkembang adalah Tokopedia. Platform ini menjadi yang terbesar di Indonesia karena banyaknya jumlah pengguna.

Hal itu dapat menjadi peluang besar untuk meraup keuntungan. Ingin menjadi seller Tokopedia juga? Caranya mudah dan cepat, anda bisa mendaftarkan melalui aplikasi maupun Tokopedia seller web.

Jadi baca sampai tuntas untuk mendapatkan langkah mudahnya ya!

Apa Itu Tokopedia Seller?

tokopedia seller
Sumber: google.com

Tokopedia Seller adalah sebuah aplikasi khusus untuk para seller di Tokopedia, sehingga dapat mengelola toko online dengan optimal. terdapat berbagai fitur yang bisa penjual manfaatkan dan gunakan setiap saat.

Dengan mendaftar menjadi seller di salah satu platform marketplace ini, anda bisa memanfaatkan fitur-fitur seperti ratingbroadcast chat, hingga statistik yang bisa mengoptimalkan aktivitas berjualan online.

Berbagai fitur tersebut bisa anda dapatkan melalui aplikasi yang bisa diunduh di Play Store dan App Store. Anda juga bisa menggunakan seller Tokopedia web di desktop laptop atau PC.

Pengertian dan Fitur dari Tokopedia Seller Center

Tokopedia Seller Center adalah platform yang dibuat oleh Tokopedia untuk kebutuhan bisnis para penjual. Melalui layanan ini, para seller.tokopedia dapat menjual berbagai produk dengan lebih mudah, sehingga bisnis mereka dapat berkembang lebih cepat dan berjalan dengan lancar.

Tokopedia Seller Center dirancang sedemikian rupa sehingga hanya dapat diakses melalui Tokopedia web login. Hal ini akan menjaga keamanan toko, karena hanya pemilik akun yang mengetahui login dan dapat mengaksesnya.

Seller Center Tokopedia memungkinkan para seller Tokopedia untuk mengelola toko mereka dengan lebih mudah dan optimal, bahkan dengan cara yang terpusat. Hal ini akan menunjang bisnis mereka agar dapat berjalan lebih lancar, sehingga potensi untuk mendapatkan keuntungan yang besar akan lebih luas.

Penggunaan Tokopedia seller login akan membuat keamanan akun dan privasi penjual tetap terjaga. Berbagai fitur yang disediakan di seller center juga akan memudahkan para seller Tokopedia untuk menyelesaikan berbagai tugas dengan mudah.

Beberapa fitur yang dapat digunakan oleh TokopediaSeller pada seller center Tokopedia diantaranya adalah:

Manajemen Produk

Fitur ini memungkinkan para seller Tokopedia untuk mengelola detail produk yang akan dijual, seperti harga, stok, deskripsi, ukuran dan berat produk, dan lain-lain. Dengan fitur ini, para penjual dapat menjelaskan produk dengan lebih jelas kepada calon pembeli, sehingga kesalahan dan masalah dalam penjualan dapat dihindari.

Chat

Walaupun terlihat sederhana, fitur ini sangat bermanfaat bagi kelancaran bisnis para seller Tokopedia. Selain mudah dan cepat, komunikasi yang lancar melalui fitur ini akan memungkinkan penjualan menjadi lebih sukses. Fitur chat ini memungkinkan para penjual Tokopedia untuk berkomunikasi secara personal dengan pembeli, di mana mereka dapat menjawab pertanyaan pembeli secara langsung.

Diskusi

Fitur ini juga sangat berguna dan banyak digunakan oleh pembeli. Melalui fitur ini, pembeli dapat mengajukan pertanyaan tentang produk tertentu yang akan dibeli. Pertanyaan ini akan muncul pada halaman produk yang berkaitan dan dapat dilihat oleh pembeli lain. Selain menjawab pertanyaan yang bersangkutan, halaman diskusi produk ini juga dapat memberikan informasi kepada pembeli yang tertarik dengan produk tersebut.

Manajemen Penjualan

Fitur ini akan mempermudah pekerjaan para seller Tokopedia. Pengelolaan bisnis akan lebih mudah dengan menggunakan fitur ini, karena penjual dapat melakukan berbagai tugas dengan cepat, seperti melihat informasi tentang pesanan yang masuk, dalam proses, dan yang sudah selesai.

Statistik

Fitur ini juga memungkinkan para seller Tokopedia untuk melihat statistik bisnis dengan lebih mudah, termasuk informasi tentang penjualan dan konsumen. Fitur ini akan membantu penjual untuk memaksimalkan bisnis mereka, termasuk membuat strategi pemasaran, promosi, dan lain-lain.

Search

Fitur ini juga dapat digunakan oleh para TokopediaSeller untuk mengakses berbagai informasi tentang platform Tokopedia Seller Center, seperti informasi tentang penjualan, login penjual, layanan yang tersedia, stok barang, dan lain-lain.

Voucher

Seller Center Tokopedia juga menyediakan fitur yang memungkinkan para penjual untuk menyediakan voucher untuk konsumen mereka. Biasanya, voucher digunakan untuk meningkatkan jumlah penjualan, karena konsumen lebih suka produk yang ditawarkan dengan harga yang lebih murah melalui voucher yang menarik. Ada banyak hal yang dapat dilakukan melalui fitur ini, seperti mengatur periode promosi, memilih jenis promosi, mengatur anggaran promosi, dan lain-lain. seller center menyediakan 2 jenis voucher yang dapat digunakan para penjual, yaitu voucher umum dan voucher khusus.

Rating

Fitur ini juga memungkinkan para penjual untuk mendapatkan rating dari konsumen. Penjual dapat memantau setiap rating dan ulasan yang diberikan oleh konsumen setelah melakukan pembelian di toko mereka. Informasi ini tentu sangat bermanfaat dan dapat digunakan oleh para penjual Tokopedia untuk meningkatkan kualitas layanan mereka.

Keuntungan Menjadi Seller Tokopedia

keuntungan berjualan di toped
Sumber: google.com

Tahukah anda bahwa Tokopedia merupakan marketplace terbesar di Indonesia? Hal ini berdasarkan rata-rata kunjungan per bulan yaitu sebanyak 152,7 juta pada kuartal I 2022.

Tentu bisa menjadi peluang besar untuk anda mulai menjadi seller Tokopedia dan mendapatkan banyak pembeli.

Selain keuntungan tersebut, terdapat beberapa manfaat lain yang bisa anda miliki dengan menjadi seller Tokopedia berikut ini:

  • Membuka Toko Secara Gratis

Keuntungan pertama yang bisa anda dapatkan adalah cara membuka toko di Tokopedia itu gratis! Jadi anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal untuk mulai berjualan.

Bahkan langkahnya pun mudah dan cepat, yang perlu anda miliki hanya device dan koneksi internet yang stabil. Dengan begitu, anda dapat meraih keuntungan dengan menjadi Tokopedia seller.

  • Memiliki Jangkauan yang Luas

Tidak seperti toko tradisional yang hanya berada di suatu wilayah tertentu, dengan menjadi seller Tokopedia anda bisa dilihat oleh calon konsumen dari seluruh wilayah.

Karena cara berjualan yang online dan banyaknya pengguna platform ini, anda bisa menjangkau calon konsumen potensial hingga ke 98% wilayah di Indonesia. 

  • Layanan Pengiriman Lengkap

Banyak jasa pengiriman yang sudah menjadi mitra bisnis Tokopedia. Hal ini memberi anda kemudahan dalam mengirimkan pesanan ke konsumen dimanapun mereka berada.

Dengan banyaknya layanan pengiriman yang tersedia di Tokopedia, dapat mencakup hingga seluruh pelosok Indonesia. Oleh karena itu, anda juga memiliki peluang untuk mendapatkan konsumen yang lebih banyak.

  • Terdapat Banyak Fitur Pendukung

Keuntungan lain yang bisa anda dapatkan dengan menjadi tokopedia seler adalah dapat memanfaatkan banyak fitur yang bisa mengembangkan toko anda. Misalnya fitur TopAds, Broadcast Chat, dan Produk Unggulan.

Anda dapat memanfaatkan fitur-fitur tersebut di sellercenter Tokopedia untuk menarik perhatian pembeli, menjangkau konsumen, hingga menampilkan produk unggulan. Dengan begitu, anda dapat mengoptimalkan strategi dan meningkatkan penjualan.

Baca juga: Raih 8 Keuntungan Memulai Bisnis dan Belanja di Tokopedia

Cara Buat Akun dan Login Tokopedia Seller

tokopedia seller
Sumber: tokopedia

Sebelum membuka toko di seller.tokopedia, anda harus memiliki akun pembeli terlebih dahulu. Anda dapat melakukannya melalui Tokopedia web dan aplikasi.

Jika melalui aplikasi, anda dapat mengunduh melalui AppStore maupun PlayStore di smartphone, berikut adalah langkahnya:

  1. Membuka aplikasi Tokopedia dan masuk ke Menu Utama yaitu tiga garis yang berada di bagian pojok kanan atas.
  2. Kemudian klik Daftar untuk mulai membuat akunnya.
  3. Masukkan informasi mengenai alamat email dan nomor ponsel anda. Lalu klik ‘Daftar’.
  4. Selanjutnya pilih Metode Verifikasi, contoh: melalui SMS ke nomor telepon terdaftar.
  5. Anda akan mendapatkan kode verifikasi dari Tokopedia berupa OTP (One Time Password). Masukkan kode tersebut di kolom yang tersedia untuk mengaktifkan akun anda. Pastikan bahwa kode OTP tidak diketahui orang lain karena sifatnya rahasia.
  6. Jika anda mendaftarkan dengan nomor ponsel, anda hanya diminta memasukkan nama lengkap. Namun apabila mendaftar dengan email, anda harus menuliskan nama lengkap juga buat password akun Tokopedia anda,
  7. Setelah itu klik ‘Lanjut’ dan akun pembeli anda sudah siap digunakan.

Apabila anda sudah memiliki akun, dan ingin melakukan seller Tokopedia Login caranya juga mudah! Cukup akses Tokopedia Web Login di desktop melalui browser, maupun lewat aplikasi seller.tokopedia.

Berikut langkah Tokopedia seller Login Website:

  1. Masuk ke aplikasi atau web Tokopedia.
  2. Masukkan nomor HP atau alamat email yang anda daftarkan.
  3. Klik ‘Selanjutnya’.
  4. Masukkan kata sandi dari akun anda.
  5. Anda dapat mencentang kolom ‘Ingat saya’ agar selanjutnya dapat otomatis login, kemudian klik ‘Masuk’.
  6. Kemudian anda telah sukses login ke akun anda. 

Cara Buka Toko di Tokopedia

tokopedia seller
Sumber: dokumen pribadi

Setelah sukses membuat akun Tokopedia, dan ingin memulai berjualan. Berikut langkah-langkah mudah untuk membuat toko di Tokopedia:

    1. Buka aplikasi Tokopedia dan klik ‘Menu Utama’.
    2. Kemudian klik kolom yang bertuliskan ‘Buka Toko Gratis’.
    3. Aplikasi Tokopedia akan mengarahkan anda ke halaman buka toko, lalu klik ulang ‘Buka Toko Gratis’.
    4. Tuliskan nama toko anda yang sudah pasti, karena nama toko ini tidak bisa diubah kemudian hari. Lalu isi domain toko, hal ini berfungsi sebagai link dari toko anda. Masukkan alamat toko. Pastikan anda telah mencantumkan alamat yang benar dan lengkap, agar memudahkan kurir mengambil barang pesanan di toko anda untuk kelancaran pengiriman.
    5. Langkah terakhir klik ‘Simpan’. Anda telah sukses menjadi Tokopedia Seller!

Baca juga: Cara Menjadi Seller di Tokopedia

Cara Berjualan di Tokopedia

tokopedia seller
Sumber: google.com

Apabila anda sudah berhasil membuat akun dan membuka toko di aplikasi ini, maka anda sudah bisa mulai berjualan. Langkah selanjutnya adalah dengan menambahkan produk jualan dan memproses pesanan.

Agar lebih jelas berikut penjelasan mengenai cara menjadi Tokopediaseller untuk pemula:

Menambahkan Produk Jualan

  1. Buka halaman akun seller Tokopedia milik anda.
  2. lalu pilih produk yang anda jual dengan cara klik ‘Tambah Produk‘.
  3. Kemudian isi data produk meliputi nama, harga, berat, deskripsi, dan informasi lainnya.
  4. Pastikan anda memilih etalase yang sesuai dengan produk jualan tersebut.
  5. Selanjutnya tentukan ‘Status Produk‘. Jika anda memiliki stok produk dan siap dijual maka pilih ‘Stok Tersedia, namun apabila belum tersedia pilih ‘Stok Kosong‘.
  6. Setelah itu klik ‘Simpan‘, apabila masih ingin menambahkan produk lainnya klik ‘Simpan & Tambah Baru‘.

Perlu anda perhatikan bahwa saat menambah dan edit produk untuk dijual, resolusi foto minimal harus 300 x 300 piksel (gambar optimal memiliki ukuran minimal 700 x 700 piksel) serta ukuran maksimal yaitu 2 MB.

Menerima dan Memproses Pesanan

Setelah menambahkan produk di etalase, selanjutnya anda hanya perlu menunggu pesanan masuk. Apabila anda telah menerima pesanan masuk, proses pesanan tersebut dengan langkah berikut ini:

  1. Anda akan menerima notifikasi pesanan baru, tentukan apakah akan menerima atau menolak pesanan tersebut.
  2. Jika anda hendak menolaknya, klik tombol ‘…’ dan pilih Tolak Pesanan. Namun, jika ingin menerima pesanan, klik tombol ‘Terima Pesanan‘.
  3. Kemudian lakukan konfirmasi pesanan dengan mengisi nomor resi pengiriman paket.
  4. Setelah itu klik ‘Konfirmasi Pesanan‘.
  5. Selanjutnya anda hanya perlu memantau status pengiriman pesanan ke alamat pembeli.
  6. Jika pembeli sudah menerima dan melakukan konfirmasi penerimaan, maka anda akan menerima dana penjualan yang masuk ke Saldo Tokopedia.

Jadi itulah cara berjualan di Tokopedia dengan mudah. Selanjutnya anda bisa mengoptimalkan performa toko dengan mengelolanya di Tokopedia Seller Centre.

Baca Juga: biaya admin tokopedia seller

Fitur di Tokopedia Seller App

fitur tokopedia seller app
Sumber: google.com

Banyak manfaat serta keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan mengelola toko online di Tokopedia seller. Anda bisa mengunduh aplikasi di smartphone  dan mulai kelola toko secara optimal.

Berikut fitur-fitur yang terdapat di Tokopedia Seller App yang bisa anda manfaatkan:

  • Membuat Voucher Toko

Seller dapat membuat voucher dari toko online di Tokopedia yang bisa anda sesuaikan dengan budget, periode, dan jenisnya. Contohnya anda bisa membuat Voucher Cashback melalui aplikasi ini.

Dengan memberikan voucher, anda bisa menarik minat calon konsumen untuk membeli dari toko anda.

  • Balas Cepat dengan Quick Chat

Membalas pesan merupakan salah satu hal penting yang harus anda perhatikan untuk menjalin hubungan dengan konsumen. Hal tersebut dapat memberikan kepuasan pelanggan yang dampaknya juga baik untuk meningkatkan penjualan di toko online anda.

Kini anda tidak perlu repot selalu membuka aplikasi untuk membalas pesan, karena terdapat notifikasi pop-up dan fitur quick chat, sehingga bisa langsung membalas dengan cepat.

  • Pantau Rating Produk

Salah satu upaya untuk mengoptimalkan penjualan adalah dengan melihat review serta rating produk yang telah terjual.

Melalui fitur ini, anda dapat memantau juga membalas hasil ulasan dan rating pembeli. Selain itu, tampilan fitur ini mudah untuk anda gunakan melalui aplikasi.

  • Beriklan dengan Top Ads

Tingkatkan peluang penjualan dengan beriklan menggunakan fitur Top Ads. Melalui fitur ini, anda bisa memasang dan membuat promosi iklan terbaik sesuai dengan produk yang terdapat di toko anda.

Setelah melakukan iklan dan promosi, anda juga bisa memantau secara real-time dan melihat efektivitas iklan yang anda jalankan.

  • Update Stok Produk

Menggunakan aplikasi Tokopedia Seller App juga bisa untuk memperbarui stok produk. Anda bisa mengubah status produk dan update produk hanya dengan 1 tombol di fitur ini.

  • COD Tokopedia Seller

Sistem COD (cash on delivery) merupakan salah satu metode pembayaran favorit di Indonesia. Anda bisa dengan mudah mengaktifkan metode “bayar ditempat” melalui aplikasi seller Tokopedia.

Baca juga: daftar seller tokopedia

Kelola Toko di Seller Tokopedia Web

kelola toko di toped penjual web
Sumber: google.com

Selain mengelola toko melalui Tokopedia Seller App, anda juga bisa menggunakan desktop dan kelola toko di Seller Tokopedia Web.

Melalui Seller Tokopedia Web anda bisa menggunakan berbagai fitur operasional dan statistik untuk memantau penjualan toko. Beberapa fitur yang dapat memudahkan jualan online anda antara lain:

  1. Kolom pencarian untuk memudahkan apapun yang anda butuhkan.
  2. Informasi “Penting Hari Ini”, sehingga anda dapat mengerjakan sesuai prioritas.
  3. Melihat rangkuman penjualan melalui fitur statistik toko.
  4. Melihat skor dan tips meningkatkan performa melalui fitur “Performa Toko”.
  5. Melihat produk terlaris dan perbarui stok produk di fitur “Cek Keadaan Produkmu”.

Tak hanya fitur yang berkaitan dengan operasional dan statistik penjualan, di seller.tokopedia anda juga bisa mendapatkan insight untuk mengoptimalkan penjualan melalui konten informatif, edukatif, dan inspiratif yang tersedia di halaman website tersebut.

Tips Jualan di Tokopedia dengan Maksimal

tokopedia seller
Sumber: tokopedia

Agar aktivitas berjualan anda sebagai Tokopedia seller berjalan lancar, anda perlu mengoptimalkan strategi. Dengan begitu anda dapat mendapatkan hasil yang maksimal juga.

Berikut beberapa tips jualan di Tokopedia untuk mendapatkan hasil terbaik:

  • Melakukan branding toko. Hal yang pertama anda perhatikan sebagai sell tokopedia web, yaitu membuat pemasaran tentang toko anda agar lebih dikenal dan menarik perhatian calon pembeli.
  • Memperhatikan penulisan produk. Pastikan nama setiap produk yang anda tuliskan benar dan jelas, agar memudahkan calon pembeli dalam menemukan barang tersebut.
  • Menggunakan foto produk menarik. Tampilan visual menjadi hal pertama yang dilihat dan diperhatikan oleh pembeli. Jadi pasang foto produk yang terbaik dan menarik
  • Penulisan deskripsi produk yang jelas. Selain menulis nama produk, deskripsi juga harus anda informasikan dengan jelas. Sehingga, calon pembeli dapat mendapat membacanya secara cepat dan tepat.
  • Memasang harga kompetitif. Merupakan hal yang umum jika pembeli lebih memilih produk dari toko yang menawarkan harga lebih murah. Jadi, usahakan produk yang anda jual memiliki harga kompetitif.
  • Memantau aktivitas penjualan di Tokopedia seller web. Anda dapat memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia untuk memantau aktivitas penjualan dan mengoptimalkan strategi berjualan.

Tokopedia Seller Center

pusat layanan penjual toped
Sumber: google.com

Untuk memfasilitasi seller dalam menjalankan aktivitas penjualan, telah hadir fitur Tokopedia Seller Centre. Anda dapat mengoptimalkan dan meningkatkan penjualan produk dengan mengelola toko secara terpusat.

Seller Center Tokopedia memudahkan anda dalam mengatur strategi promosi produk, penjualan, hingga laporan keuangan. Jadi anda tidak perlu khawatir dan repot mengatur sendiri banyaknya orderan yang masuk. 

Sellercenter Tokopedia merupakan aplikasi berbeda dengan aplikasi Tokopedia yang hanya untuk berbelanja antara penjual dan pembeli. Melalui aplikasi platform ini anda dapat mengatur beberapa hal berikut ini:

  1. Manajemen produk, yaitu mengatur detail produk yang akan dijual.
  2. Chat, menu untuk melayani pelanggan.
  3. Menampung pertanyaan pembeli terkait produk yang akan dijawab melalui menu diskusi.
  4. Mengatur penjualan terkait order masuk, sedang dalam proses, dan selesai.
  5. Melihat statistik produk, penjualan, dan pembeli.

Demikian penjelasan lengkap mengenai panduan menjadi Tokopedia Seller. Kini anda dapat meraup keuntungan dengan membuka toko di Tokopedia secara cepat dan mudah. Pastikan untuk mengikuti tips yang sudah diberikan agar penjualan anda maksimal ya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda.

Simak artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, download EBook Kiat Sukses Membangun Bisnis Online di Marketplace, Gratis!

Artikel Lainnya