Serba-serbi Tentang Content Marketing. Yuk, Cari Tahu!

content marketing

Apakah anda sedang mencari cara untuk mengembangkan bisnis? Yuk, kenali Content Marketing untuk mengoptimalkan strategi pemasaran anda.

Kian hari konvensional marketing menjadi semakin tidak efektif. Pasalnya, waktu, tenaga, dan biaya yang dikeluarkan tidaklah sedikit. Kini pebisnis merambah ke dunia digital marketing untuk memaksimalkan strategi pemasarannya.

Ada banyak teknik yang bisa anda terapkan dalam digital marketing, salah satunya adalah content marketing. Apakah anda sudah mengetahuinya?

Mungkin anda pernah mendengarnya, namun tidak terlalu yakin mengenai apa itu content marketing. Tapi tidak perlu khawatir, artikel ini akan membahas tentang hal yang perlu anda ketahui mengenai content marketing.

Simak penjelasannya sampai tuntas ya.

Apa Itu Content Marketing?

content marketing
Sumber: pexels.com

Melansir dari laman Forbes, menjelaskan bahwa content marketing adalah teknik pemasaran dalam menciptakan dan mendistribusikan konten yang berharga, relevan, dan konsisten untuk menarik perhatian target audiens – dengan tujuan untuk mendorong tindakan konsumen yang menguntungkan.

Hal yang perlu ditekankan dari konten marketing adalah “berharga”. Alih-alih menawarkan produk atau layanan anda, dengan menggunakan teknik ini anda menyediakan konten yang benar-benar relevan dan berguna bagi target audiens untuk membantu mereka dalam memecahkan masalah.

Lantas apa tujuannya? Menurut Neil Patel, content marketing ini untuk membangun relasi yang kuat dengan para audiens dalam jangka waktu yang lama. Maka dari itu konten yang anda buat harus dapat membuat audiens merasa butuh agar memiliki kedekatan emosi dengan konten tersebut.

Manfaat Content Marketing

content marketing
Sumber: pexels.com

Marketing content adalah teknik yang terjadi dalam bentuk long-form (contoh: blog, artikel, e-book), short-form (contoh: update Twitter dan Facebook), atau bentuk percakapan (contoh: partisipasi dalam komentar blog atau forum online). 

Everpro

Ada 4 manfaat utama yang anda dapatkan dari content marketing ini, diantaranya adalah:

  • Meningkatkan Sales 

Content Marketing sangat berperan dalam mencapai tahap pembelian. Dapat mendorong penjualan yaitu dengan cara menetapkan target audiens, dan menjaga arus informasi dan trafik organik yang stabil dan andal.

Ketika audiens sudah merasa konten yang anda buat bermanfaat, dan mulai mencari tahu tentang bisnis dan produk anda. Selanjutnya mereka akan mulai mempertimbangkan untuk membeli atau tidak.

Setelah audiens yakin dengan produk atau jasa yang anda jual, sampailah ke tahap pembelian. Dengan catatan, kualitas konten yang anda buat dapat dieksekusi dengan baik.

  • Menghemat Biaya

Dimanapun konten anda tampil, ini menjadi upaya untuk meningkatkan brand awareness, hal ini seringkali memiliki biaya pembuatan yang lebih rendah.

Perlu anda ingat bahwa konten yang bagus juga menawarkan manfaat yang jauh lebih besar dari waktu dan biaya yang dikeluarkan.

Hal ini menjadi strategi untuk menghemat biaya, marketing content yang bagus dapat menghasilkan prospek tiga kali lipat dengan biaya 62% lebih sedikit daripada pendekatan traditional marketing.

  • Memiliki Pelanggan yang Lebih Baik dan Loyal

Dengan memaksimalkan konten pemasaran yang anda buat akan menciptakan pelanggan yang loyal. Artinya, anda sudah mengantisipasi apa yang mungkin dibutuhkan oleh pelanggan anda dan memberikan konten yang memiliki nilai tambah lebih dari apa yang mereka harapkan juga terlibat dalam situasi sosial sesering mungkin.

Dengan melakukan hal ini dapat menciptakan emosi mendalam dan keterlibatan, yang pada akhirnya menjadi kunci loyalitas pelanggan.

  • Content Marketing Sebagai Pusat Keuntungan

Tujuan akhir dari upaya memasarkan ialah untuk meningkatkan penjualan dan memiliki keuntungan. Dengan memanfaatkan content marketing yang efektif, hal ini menjadi lebih mudah untuk dicapai.

Hal ini dapat terjadi karena melalui marketing content anda dapat membangun loyalitas pelanggan yang kemudian secara tidak langsung bisa menjadi agen dalam memasarkan produk melalui rekomendasinya.

3 Konsep Content Marketing

content marketing
Sumber: pexels.com

Untuk dapat memasarkan produk secara efektif, anda tentu harus menggunakan konsep yang tepat dan relevan. Maksudnya, anda harus bisa memperhatikan bagaimana target audiens akan sadar, mempertimbangkan, dan pada akhirnya tertarik dengan konten yang anda sediakan.

Berikut 3 konsep konten pemasaran yang perlu anda ketahui:

  • Awareness atau Kesadaran Audiens

Yang pertama harus dilakukan dari content marketing adalah konten harus fokus pada perhatian utama target audiens. Yaitu bagaimana target audiens mengambil tindakan terhadap konten yang anda buat. 

Anda dapat menggunakan platform seperti blog ataupun media sosial. Misalnya, produk yang akan anda jual adalah mainan anak kecil yang interaktif. Maka anda dapat membuat konten mengenai pentingnya kedekatan emosional dengan si kecil melalui bermain bersama.

  • Consideration atau Pertimbangan Audiens

Anda perlu memikirkan konsep yang menggugah target audiens untuk mengambil tindakan. 

Sebuah konten menarik yang menawarkan apa yang mereka butuhkan,dengan informasi yang cukup. Anda juga bisa menambahkan kalimat CTA agar mereka mulai mempertimbangkannya.

  • Conversion atau Penentuan dari Audiens

Dalam tahap ini, target audiens akan mengambil tindakan atas pertimbangan yang sebelumnya mereka lakukan dari konten yang anda sediakan.

Anda harus memahami betul apa yang target audiens butuhkan, sehingga konten yang anda buat juga harus menunjukkan alasan mengapa produk atau jasa yang anda tawarkan menjadi pilihan terbaik untuk mereka. 

Di tahap ini anda dapat memberikan bukti untuk meyakinkan mereka, misalnya testimoni dari yang sudah membeli, atau laporan penelitian yang membuktikan bahwa produk tersebut bagus untuk digunakan.

Skill Penting dalam Content Marketing

content marketing
Sumber: pexels.com

Jika anda tertarik untuk menggunakan teknik content marketing agar pemasaran lebih optimal, berikut kemampuan dan keterampilan yang perlu anda asah.

1. Komunikasi 

Sebenarnya kemampuan ini menjadi hal penting apapun bidang yang anda tekuni. Namun, pada konten pemasaran anda harus bisa mengasah skill komunikasi baik secara verbal maupun non-verbal.

Hal ini karena konten yang anda buat tentu untuk orang lain, sehingga kemampuan komunikasi ini penting agar dapat menyentuh banyak orang.

Selain itu bukan tidak mungkin anda akan bekerja dalam satu tim, dengan komunikasi yang baik akan mencegah kesalahpahaman.

2. Menulis 

Salah satu bentuk dalam content marketing yaitu tulisan. Karena apapun jenisnya baik itu blog, artikel, post di media sosial pasti mengandung tulisan bahkan video pun berasal dari naskah.

Anda harus bisa beradaptasi untuk bisa menulis dengan berbagai macam gaya sesuai dengan target audiens.

3. Bercerita 

Cerita berguna untuk memberikan nilai-nilai atas konten yang anda buat sehingga lebih menarik dan menyentuh.

Misalnya bentuk konten yang anda buat adalah Podcast atau video, untuk membuat penonton nyaman menyaksikan konten anda perlu kemampuan bercerita yang baik.

Anda dapat mengasahnya dengan mengikuti kelas public speaking, juga perbanyak menonton video mengenai storytelling.

4. Up To Date 

Anda harus selalu peka dan update mengenai tren yang muncul saat ini. Mengikuti perkembangan tentang apa yang sedang terjadi atau digemari banyak orang akan membuat konten anda tidak terkesan “basi”.

Jadi itulah pembahasan mengenai hal yang perlu anda ketahui untuk mengoptimalkan strategi pemasaran anda melalui Content Marketing. Menarik bukan?

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. 

Nantikan artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

 

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?