Penasaran sama cara ningkatin penjualan Anda di Tokopedia? Simak artikel ini untuk mengetahui cara meningkatkan penjualan di Tokopedia yang terbukti ampuh!
Bagi Anda yang berjualan di marketplace Tokopedia pasti menginginkan agar penjualan toko tinggi dan bisa memberikan keuntungan. Tapi kenyataannya, untuk berjualan di marketplace terutama Shopee, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.
Seperti menyusun strategi yang matang, beradaptasi, berinovasi serta melakukan evaluasi pada bisnis di marketplace. Namun, kompetisi yang tinggi yang ada di marketplace membuat meningkatkan penjualan pada Shopee bukanlah perkara yang mudah.
Eitss, tapi Anda tidak perlu khawatir karena pada artikel ini kami akan memberikan beberapa langkah dan cara untuk meningkatkan penjualan di Shopee yang ampuh.
Penasaran apa aja caranya? Yuk, simak informasi selengkapnya sampai habis ya!
Baca juga: 5 Contoh Iklan Hard Selling Untuk Meningkatkan Penjualan
Daftar Isi:
Toggle1. Optimalkan Tampilan Produk
Meningkatkan penjualan di Tokopedia dapat dilakukan dengan beberapa strategi efektif. Salah satu langkah awal yang perlu diperhatikan adalah menciptakan tampilan produk yang menarik.
Dalam hal ini, tambahkan konten produk secara cermat, atur dengan rapi, dan pastikan kesan visual yang menarik untuk meningkatkan minat pelanggan. Mengoptimalkan tampilan produk merupakan hal pertama untuk dapat meningkatkan penjualan di Tokopedia.
Penting untuk menggunakan foto produk asli dan memberikan deskripsi produk yang detail. Gunakan gambar berkualitas tinggi dan hindari menggunakan foto dari toko lain agar toko Anda lebih dipercaya oleh konsumen.
2. Terapkan Strategi Marketing Personalized
Selanjutnya, Anda bisa menerapkan strategi marketing yang personalized. Strategi pemasaran yang personal dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan. Siasati dengan memberikan penawaran yang disesuaikan dengan kecenderungan dan perilaku konsumen.
Hal ini menciptakan pengalaman yang relevan dan menarik, mendorong peningkatan penjualan bisnis Anda.
3. Tetapkan Harga yang Kompetitif
Kemudian, Anda juga harus menetapkan harga yang kompetitif. Harga produk memainkan peran penting dalam keputusan pembelian. Pastikan harga yang ditawarkan bersaing dan sesuai dengan nilai produk.
Fitur Rekomendasi Harga dapat membantu Anda menetapkan harga yang tepat dengan menampilkan perkiraan rata-rata harga produk serupa di marketplace.
4. Optimalkan Fitur TopAds
Selanjutnya, manfaatkan fitur TopAds atau fitur iklan di Tokopedia untuk meningkatkan eksposur produk Anda.
Gunakan berbagai jenis iklan seperti iklan toko, iklan produk, kata kunci, dan headline. Gabungkan dengan pemasaran melalui media sosial untuk mencapai pasar yang lebih luas.
5. Manfaatkan Affiliate Marketing
Kolaborasi dengan influencer atau affiliate dapat membantu memperkenalkan merek dan produk Anda kepada audiens yang lebih besar.
Pastikan Tokopedia menyediakan link khusus untuk affiliate, memungkinkan mereka mendapatkan komisi dari penjualan melalui tautan tersebut.
6. Optimalkan Deskripsi Produk
Deskripsi produk yang lengkap dan informatif memberikan nilai tambah. Sertakan fitur produk, keunggulan, garansi (jika ada), dan tips penggunaan.
Deskripsi yang jelas dan relevan bersama dengan foto produk yang baik dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan.
Baca juga: 10 Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee, Dijamin Ampuh!
7. Lakukan Promosi Produk Bundling
Promosikan produk bundling untuk meningkatkan penjualan. Berikan diskon spesial untuk pembelian minimum tertentu, mendorong pelanggan untuk membeli lebih dari satu produk.
8. Aktifkan Fitur Bebas Ongkir
Cara selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan memanfaatkan fitur bebas ongkir dari Tokopedia. Namun, untuk dapat memberikan bebas ongkir untuk pembeli Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu.
Aktifkan fitur bebas ongkir ini untuk menarik pelanggan. Gratis ongkir dapat menjadi faktor penentu dalam keputusan pembelian.
9. Optimalkan SEO untuk Meningkatkan Visibilitas
Cara yang tidak kalah penting selanjutnya adalah dengan mengoptimalkan SEO. Strategi ini memungkinkan Anda untuk meningkatkan visibilitas toko dan produk Anda di Tokopedia.
Gunakanlah strategi SEO ini untuk meningkatkan visibilitas produk di Tokopedia. Pilih kata kunci yang relevan dengan produk Anda untuk meningkatkan peluang penjualan. Anda bisa menggunakan bantuan tools untuk membantu proses ini.
10. Balas Chat Pelanggan dengan Cepat
Terakhir, Anda bisa memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan. Salah satu contohnya adalah dengan merespons chat pelanggan dengan cepat yang mana hal ini merupakan sebuah kunci keberhasilan sebuah toko di marketplace.
Gunakan platform chat commerce untuk merespons chat dari berbagai marketplace dengan efisien. Pastikan jika pelayanan pelanggan Anda baik untuk pelanggan.
Dengan mengimplementasikan beberapa strategi ini, penjualan di Tokopedia Anda dapat meningkat secara signifikan. Itulah beberapa cara yang bisa Anda ikuti untuk meningkatkan penjualan di platform marketplace Tokopedia.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin meningkatkan penjualan bisnis Anda pada platform marketplace Tokopedia. Anda bisa share artikel ini dengan gratis di media sosial Anda dan nantikan informasi bermanfaat lainnya hanya di Everpro.id!
Eitss, bagi Anda yang ingin meningkatkan penjualan dengan cepat, Everpro punya solusinya untuk Anda.
Dengan layanan Everpro Marketplace Enabler, bisnis Anda akan dikelola oleh profesional dari Everpro yang pastinya bisa bikin keuntungannya Anda makin besar!
Emang Everpro bisa kasih apa sih?
Benefit Everpro Marketplace Enabler
- Optimasi Toko
- Jasa CS yang Gercep & Tuntas
- Toko Gampang Dicari Pembeli
- Performa Iklan Terbaik
- Maksimalin Penjualan dengan Campaign Terbaru
- Bantu Anda Pilih Langkah Bisnis yang Tepat
Mari daftar sekarang juga ke layanan Marketplace Enabler, nikmati keuntungannya dan siap-siap omset jualan Anda meningkat!