everpro

10 Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee, Dijamin Ampuh!

Penasaran sama cara ningkatin penjualan kamu di Shopee? Simak artikel ini untuk mengetahui cara meningkatkan penjualan di Shopee yang terbukti ampuh!

Bagi kamu yang berjualan di marketplace Shopee pasti menginginkan agar penjualan toko tinggi dan bisa memberikan keuntungan. Tapi kenyataannya, untuk berjualan di marketplace terutama Shopee, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

Seperti menyusun strategi yang matang, beradaptasi, berinovasi serta melakukan evaluasi pada bisnis di marketplace. Namun, kompetisi yang tinggi yang ada di marketplace membuat meningkatkan penjualan pada Shopee bukanlah perkara yang mudah.

Eitss, tapi kamu tidak perlu khawatir karena pada artikel ini kami akan memberikan beberapa langkah dan cara untuk meningkatkan penjualan di Shopee yang ampuh.

Penasaran apa aja caranya? Yuk, simak informasi selengkapnya sampai habis ya!

Baca juga: Cara Daftar Shopee Seller Center 2023, Mudah Kelola Toko Online!

Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee

cara meningkatkan penjualan di shopee
Sumber: google.com

Sebagai salah satu marketplace terbesar di Indonesia, Shopee tentu saja menawarkan peluang besar bagi para pebisnis online. Tapi ternyata, berjualan di Shopee tidak semudah mengembalikan telapak tangan.

Butuh beberapa hal yang harus kamu lakukan agar bisnis dan juga produk yang kamu tawarkan bisa laku terjual oleh pembeli di tengah ketatnya kompetisi di antara para seller.

Nah, pertanyaan sekarang adalah bagaimana cara atau strategi yang tepat agar penjualan bisnis atau produk yang kamu pasarkan di Shopee meningkat?

Berikut adalah beberapa cara atau strategi yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan penjualan di Shopee:

1. Pasang Foto Produk yang Menarik

Pertama-tama, kamu perlu memastikan bahwa foto produk kamu menarik dan berkualitas tinggi. Foto produk yang menarik akan membuat pembeli tertarik untuk mengunjungi toko kamu dan melihat-lihat produk kamu.

Pastikan foto produk kamu memiliki resolusi yang tinggi, pencahayaan yang baik dan sudut pengambilan gambar yang tepat.

Kamu juga dapat menambahkan keterangan atau deskripsi pada foto produk untuk memberikan informasi yang lebih lengkap kepada calon pembeli.

2. Membuat Deskripsi Produk yang Jelas dan Informatif

Selanjutnya kamu bisa menggunakan deskripsi produk yang jelas dan informatif. Selain foto produk, deskripsi produk yang jelas dan informatif akan memberikan calon pembeli informasi yang mereka butuhkan untuk membuat keputusan pembelian.

Oleh sebab itu, kamu harus memastikan jika deskripsi produk yang kamu tulis menyertakan informasi seperti nama produk, deskripsi produk, ukura, warna, bahan, harga dan garansi.

Kamu juga dapat menambahkan informasi tambahan seperti cara penggunaan produk, manfaat produk, atau testimoni dari pelanggan.

3. Riset Keyword Shopee

Kemudian, cara berikutnya adalah dengan melakukan riset keyword Shopee. Keyword ini merupakan kata atau frasa yang pembeli gunakan untuk mencari suatu produk di Shopee.

Dengan melakukan riset keyword, kamu bisa mengetahui kata atau frasa apa saja yang sering pembeli gunakan untuk mencari produk yang kamu jual.

Pastikan kamu menggunakan keyword yang tepat dalam judul produk, deskripsi produk, dan tag produk yang kamu jual. Dengan melakukan ini akan membantu calon pembeli untuk lebih mudah menemukan produk yang kamu jual di Shopee.

Kamu bisa menggunakan beberapa tools pembantu untuk melakukan riset keyword seperti: Ubersuggerst dan Google Keyword Planner.

4. Mengelola Etalase Toko dengan Efisien

Salah satu hal yang sering dilupakan yaitu mengatur etalase toko dengan lebih efisien. Ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan penjualan di Shopee.

Pastikan kamu menempatkan produk yang paling laris di posisi terdepan dan teratas dalam etalase toko, agar konsumen dengan mudah menemukannya.

Selain memposisikan produk pada etalase toko dengan efisien, kamu juga bisa melakukan pembaharuan secara berkala dengan produk-produk terbaru atau promosi terbaru dari kamu.

5. Riset Kompetitor dan Menentukan Harga yang Bersaing

Kemudian, selain melakukan riset keyword, kamu juga harus melakukan riset kompetitor. Tujuannya adalah untuk mengetahui harga produk yang mereka tawarkan.

Dengan begitu kamu bisa menentukan harga yang kompetitif setelah mengetahui kompetitor serta harga dari produk yang mereka tawarkan di Shopee.

Baca juga: Jasa Iklan Shopee Biar Produk-mu Makin Laku! Yuk Coba!

6. Menampilkan Review Positif Pembeli

Menampilkan ulasan pelanggan pada toko kamu di Shopee dapat meningkatkan kepercayaan dari calon pembeli agar melakukan transaksi di toko kamu.

Oleh sebab itu, kamu harus menampilkan review positif dari pelanggan yang sudah melakukan transaksi pembelian pada toko kamu. Hal ini sangat penting untuk menumbuhkan rasa percaya pada calon pembeli.

Jika kamu belum memiliki review ulasan positif pada toko kamu, kamu bisa menggunakan strategi pemberian insentif kepada pembeli untuk memberikan ulasan, seperti voucher belanja atau diskon.

7. Memberikan Penawaran Promo Gratis Ongkir

Cara yang sangat efektif untuk meningkatkan penjualan adalah dengan menawarkan promo gratis ongkir. Promo ini dapat menarik minat calon pembeli untuk berbelanja di toko kamu.

Karena siapa yang tidak suka dengan promo? Semua orang pasti suka dengan promo menarik. Kamu bisa memberikan tawarkan promo gratis ongkir untuk pembelian dengan minimal transaksi tertentu.

8. Manfaatkan Media Sosial

Media sosial merupakan salah satu platform yang harus dimanfaatkan untuk setiap keperluan terutama bisnis. Dengan memanfaatkan media sosial, kamu bisa meningkatkan penjualan kamu di Shopee.

Kamu bisa membuat akun media sosial untuk toko yang kamu buat pada media sosial apapun. Kemudian, pada akun tersebut kamu bisa membuat konten seperti informasi toko, promo dan kegiatan toko.

9. Memanfaatkan fitur Shopee Live

Saat ini Shopee memiliki fitur Live yang memungkinkan para seller untuk mempromosikan barang mereka secara live conference. Dengan fitur ini para seller juga bisa membangun hubungan dengan calon pembeli.

Dengan interaksi yang terjalin tadi dapat mengarahkan calon pembeli untuk melakukan transaksi pada toko kamu. Berikan juga penawaran menarik agar pembeli melakukan transaksi.

10. Berinovasi pada Produk

Inovasi produk merupakan salah satu cara yang efektif untuk menjaga daya tarik produk kepada calon pembeli dan juga dapat meningkatkan penjualan kamu di Shopee.

Kamu bisa mengembangkan produk dengan mendengarkan masukan dan feedback dari pelanggan untuk memahami produk kebutuhan mereka.

Lalu kamu juga dapat mempertimbangkan untuk mengembangkan produk baru atau melakukan peningkatan pada produk yang sudah ada dengan fitur, spesifikasi, atau bahan yang lebih menarik.

Jangan takut unutk melakukan inovasi pada produk yang kamu tawarkan, namun perlu kamu ketahui inovasi yang kamu lakukan harus relevan dengan pasar dan target audiens kamu.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan penjualan di Shopee terutama bagi kamu yang pemula.

Cara di atas juga merupakan cara meningkatkan penjualan di Shopee tanpa iklan yang bisa kamu lakukan tanpa perlu membayar sejumlah uang untuk melakukan iklan.

Gimana, sudah ada gambaran bagaimana melakukan cara-cara tersebut? Selamat mencoba dan semoga sukses!

Demikianlah artikel yang membahasa cara meningkatkan penjualan di Shopee bagi pemula dan tanpa iklan yang kami berikan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu.

Kamu bisa share artikel secara gratis di media sosial kamu dan nantikan informasi bermanfaat lainnya hanya di Everpro.id!

Nah, biar usaha kamu penjualannya makin meningkat kamu bisa menggunakan layanan Marketplace Enabler dari Everpro. Marketplace Enabler bisa bantuin kamu meraih penjualan yang akan melesat!

Emang Everpro bisa kasih apa aja sih?

Benefit Everpro Marketplace Enabler

  • Optimasi Toko
  • Jasa CS yang Gercep & Tuntas
  • Toko Gampang Dicari Pembeli
  • Performa Iklan Terbaik
  • Maksimalin Penjualan dengan Campaign Terbaru
  • Bantu Kamu Pilih Langkah Bisnis yang Tepat

Mari daftar sekarang juga ke layanan Marketplace Enabler, nikmati keuntungannya dan siap-siap omset jualan kamu meningkat!

Daftar Sekarang

Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya