everpro

Cara Membuat Desain Ukuran Banner Tokopedia yang Profesional

Ikuti panduan ini untuk membuat desain ukuran banner Tokopedia yang profesional dan menarik untuk maksimalkan penjulan Anda!

Untuk seller di Tokopedia, penting untuk mengetahui ukuran yang sesuai dengan kebijakan Tokopedia agar hasilnya dapat bekerja secara optimal.

Oleh karena itu, artikel ini akan membantu Anda dalam membuat panduan tentang memilih ukuran yang tepat dan mengoptimalkan pesan yang ingin Anda sampaikan kepada pelanggan atau customer.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan tips dan langkah-langkah mengunggah banner secara profesional di Tokopedia.

Baca Juga : Berapa Format Ukuran Banner di Shopee? Ini Jawabannya!

Tentang Tokopedia Banner Display Network

Tokopedia menyediakan Tokopedia Banner Display Network sebagai platform periklanan untuk mempromosikan produk dan layanan seller melalui berbagai jenis banner di situs web dan aplikasi mitra.

Platform ini memiliki jangkauan luas yang membantu meningkatkan eksposur bisnis Anda kepada jutaan pengguna Tokopedia.

Anda dapat mengoptimalkan kampanye Anda dengan memilih ukuran banner yang tepat dan mengatur penargetan yang sesuai untuk mencapai hasil yang optimal.

Kebijakan Ukuran Banner di Tokopedia

Kebijakan ukuran banner di Tokopedia juga mengatur ukuran yang sesuai format tampilan Toko. Tujuannya untuk memastikan tampilan yang optimal dan konsisten di platform Tokopedia. Berikut adalah beberapa ukuran banner yang umum ada di Tokopedia beserta fungsinya:

  • 300×250 piksel (Medium Rectangle): Ukuran ini cocok untuk menampilkan tawaran produk atau promosi yang menarik perhatian pelanggan. Biasanya ditempatkan di sidebar atau bagian tengah halaman.
  • 728×90 piksel (Leaderboard): Ukuran ini sering digunakan di bagian atas halaman untuk menampilkan pesan promosi yang mencolok dan menarik perhatian pelanggan.
  • 320×50 piksel (Mobile Leaderboard): Ukuran ini dioptimalkan untuk tampilan pada perangkat mobile. Biasanya ditempatkan di bagian atas atau bawah halaman pada versi mobile.
  • 160×600 piksel (Wide Skyscraper): Ukuran ini cocok untuk menampilkan pesan promosi yang panjang atau menampilkan beberapa produk secara vertikal.
  • 300×600 piksel (Half Page Ad): Ukuran ini memberikan ruang yang lebih besar untuk menampilkan pesan promosi yang mendalam atau menampilkan gambar produk yang besar.
  • 970×250 piksel (Billboard): Ukuran ini memberikan tampilan yang besar dan mencolok, seringnya untuk menampilkan pesan promosi yang menonjol di bagian atas halaman.

Contoh Banner Toko di Tokopedia

Berikut ini adalah beberapa contoh banner dari official store yang ada di Tokopedia yang bisa jadi inspirasi untuk membuat banner yang menarik dan profesional.

1. Contoh Banner Wardah di Tokopedia

ukuran banner tokopedia
Sumber : Tokopedia.com

2. Contoh Banner Garnier di Tokopedia

ukuran banner tokopedia
Sumber : Tokopedia.com

3. Contoh Banner Sepatu Compas di Tokopedia

ukuran banner tokopedia
Sumber : Tokopedia.com

Baca Juga : Simak! 6+ Cara Mengatur Dekorasi Toko Tokopedia Beserta Tipsnya!

Tips Membuat Banner Tokopedia yang Menarik

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat banner Tokopedia yang menarik dan terlihat profesional:

1. Kualitas Gambar HD

Pastikan gambar yang digunakan dalam banner memiliki resolusi yang baik dan terlihat jelas. Hindari gambar yang buram atau pecah karena dapat mengurangi kesan profesional. Namun perhatikan ukuran pixel yang sesuai jangan terlalu besar sizenya.

2. Sederhana dan Jelas

Buatlah desain banner yang sederhana namun jelas dalam menyampaikan pesan. Hindari penggunaan teks atau elemen yang terlalu banyak sehingga membingungkan atau mengganggu perhatian pelanggan.

3. Pilih Font yang Sesuai

Gunakan jenis huruf yang mudah terbaca dan sesuai dengan identitas merek Anda. Hindari penggunaan font yang terlalu dekoratif atau rumit.

4. Gunakan Warna yang Menarik dan Konsisten

Pilih kombinasi warna yang menarik dan sesuai dengan identitas merek Anda. Pastikan pengunaan warna konsisten dengan branding Anda untuk menciptakan kesan profesional.

5. Call to Action yang Relevan

Sertakan panggilan aksi yang jelas dan memikat untuk mendorong pelanggan melakukan tindakan, seperti “Beli Sekarang” atau “Dapatkan Penawaran Spesial”.

6. Pertimbangkan Ukuran dan Proporsi

Pastikan banner Anda sesuai dengan ukuran yang sesuai format Tokopedia untuk tampilan yang optimal. Perhatikan juga proporsi elemen desain agar tidak terlihat terlalu penuh atau kosong.

7. Uji A/B testing dan Evaluasi

Lakukan percobaan dengan beberapa desain banner yang berbeda dan evaluasi kinerjanya. Perbaiki dan ubah sesuai kebutuhan untuk meningkatkan efektivitas banner Anda.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat menciptakan banner Tokopedia yang menarik, profesional, dan efektif dalam menarik perhatian pelanggan dan meningkatkan penjualan.

Cara Upload Banner  dengan Template Tokopedia

Cara Upload Banner di Fitur Tokopedia Temptale
Sumber : Tokopedia.com

Berikut adalah langkah-langkah persiapan dan proses upload untuk mengunggah banner di Tokopedia dengan template dan ukuran yang sesuai:

1. Tahap Persiapan

  • Pertama, pilih template banner yang telah tersedia di  Tokopedia. Template ini akan membantu Anda dalam membuat desain yang sesuai dengan ukuran dan tata letak yang direkomendasikan.
  • Persiapkan desain banner dengan menggunakan aplikasi desain grafis seperti Adobe Photoshop atau Canva untuk membuat desain banner Anda. Pastikan desain sesuai dengan ukuran yang direkomendasikan oleh Tokopedia. Jika menggunakan template, pastikan untuk mengubah konten dan gambar sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Periksa ukuran dan format file, pastikan bahwa ukuran file banner Anda sesuai dengan format dari Tokopedia. Biasanya, formatnya adalah JPEG, PNG, atau GIF. Jika perlu, sesuaikan ukuran dan format file sebelum mengunggahnya.

2. Proses Upload Banner

  • Masuk ke akun Tokopedia: Buka akun Tokopedia Anda dan masuk ke halaman penjual (seller dashboard). 
  • Pilih “ Dekorasi Toko” lalu klik “Ubah tampilan
  • Lalu pilih “Gunakan “ template layout yang tersedia. Terdapat lima tampilan Layout yang tersedia mulai dari simple layout, power, big campaign dan khusus dua template layout brand story dan super store hanya untuk official store.
  • Lalu atur desain baik itu untuk tampilan di website ataupun mobile. Pilih opsi unggah banner Di halaman penjual, terdapat temukan opsi untuk mengunggah banner. 
  • Unggah banner yang sesuai, Klik tombol “Unggah” dan pilih file banner yang telah Anda siapkan. Pastikan untuk memilih file yang benar dan sesuai dengan ukuran dan format.
  • Setelah mengunggah banner, klik “Simpan” lalu tinjau tampilannya untuk memastikan semuanya terlihat baik. Jika perlu, lakukan perubahan atau penyesuaian terakhir sebelum menyimpan perubahan.

Demikianlah penjelasan terkait panduan untuk membuat desain banner yang sesuai dengan ukuran format dari Tokopedia. Baca juga artikel berikut untuk mengathui fitur lainnya yang ada di Marketplace Tokopedia.

Baca Juga : Mudah Banget! Ini Dia Cara Membuat Harga Coret di Tokopedia

Layanan Everpro MP Enabler

Manfaatkan Everpro MP Enabler untuk konsultasi dan optimasi tampilan toko serta produk Anda. Dapatkan keuntungan berikut ini:

  • Konsultasi Dengan Ahli
  • Optimasi Tampilan Toko & Produk
  • Aktivasi Strategi Iklan Efektif
  • Pilih Layanan Sesuai Kebutuhan

 

DAFTAR SEKARANG

Fenti Perniawati

Fenti Perniawati

Seorang Junior SEO Content Writer, aktif menulis dan mengedit artikel yang berkaitan dengan Bisnis dan Digital Marketing untuk Blog Everpro. Pernah mengerjakan project SEO mulai dari research keyword, produksi content blog dan reporting untuk website otourism.id. Saya terus belajar untuk membuat artikel yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Semoga lewat tulisan artikel yang saya buat, kita bisa saling belajar dan menemukan sudut pandang baru.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya