everpro

Simak! 6+ Cara Mengatur Dekorasi Toko Tokopedia Beserta Tipsnya!

Ingin mempercantik dekorasi toko Tokopediamu? Yuk, simak artikel ini sampai habis untuk cari tahu dekorasi yang bisa membuat meningkatkan penjualanmu!

Dalam perkembangan terus-menerus dari era digital, pengalaman berbelanja online tidak sekadar transaksi, sebaliknya, ia menjadi perjalanan visual yang memikat. 

Penjual harus memperhatikan dekorasi toko mereka di Tokopedia sebagai hal yang penting. 

Dengan tampilan toko yang menarik dan profesional, pembeli tidak hanya betah tetapi juga tertarik untuk melakukan pembelian. 

Tokopedia bukan hanya tempat berbelanja online, melainkan sebuah platform di mana penjual dapat mengekspresikan kreativitas mereka melalui dekorasi toko. 

Penggunaan dekorasi yang menarik perhatian dapat secara signifikan meningkatkan pengalaman berbelanja yang menyenangkan bagi pelanggan. 

Untuk memberikan panduan lebih lanjut, dalam artikel ini, Everpro akan membagikan informasi tentang dekorasi yang dapat diterapkan pada toko Tokopedia kamu.

Baca Juga: Ini Cara Meningkatkan Penjualan di Tokopedia, Yuk, Ikuti Caranya!

Apa itu Fitur Dekorasi Toko?

dekorasi toko tokopedia
Sumber: google.com

Dekorasi Toko merupakan fitur yang memungkinkan kamu untuk memperindah tampilan halaman toko dengan menggunakan banner/gambar promosi toko, video, dan voucher promo. 

Dengan menggunakan fitur ini, kamu dapat membuat tokomu terlihat lebih menarik dan sekaligus menarik minat pembeli potensial. 

Konten-konten menarik yang kamu tampilkan melalui dekorasi toko akan membantu meningkatkan branding tokomu dan membuatnya berbeda dari kompetitor.

Baca Juga: Mudah Banget! Ini Dia Cara Membuat Harga Coret di Tokopedia

Manfaat Dekorasi Toko

Dekorasi toko memberikan manfaat dengan mengarahkan pembeli langsung ke halaman beranda tokomu. 

Dengan demikian, mereka dapat dengan mudah melihat konten-konten terbaru, termasuk promo terbaru dan produk unggulan. 

Kunjungan yang semakin meningkat ke halaman beranda dengan tampilan yang profesional dan menarik dapat membawa berbagai keuntungan bagi tokomu. 

Ini mencakup peningkatan potensi penjualan (conversion rate), peluang pembeli untuk melakukan pembelian lebih dari satu produk, dan menciptakan kesan pertama yang positif yang membuat brand-mu mudah diingat oleh pembeli.

Baca Juga: 9 Contoh Balasan Otomatis Tokopedia dan Cara Membuatnya!

Jenis Layout Dekorasi Toko di Tokopedia

dekorasi toko tokopedia
Sumber: google.com

Dengan beberapa pilihan layout yang tersedia, seluruh keanggotaan seller Tokopedia dapat aktif menggunakan fitur Dekorasi Toko sebagai berikut.

1. Simple Layout

Mempermudah pembeli dalam mencari produk kebutuhannya adalah fungsi utama dari layout ini. 

Fitur yang diberikan ini mencakup satu tampilan banner, satu konten produk unggulan, voucher toko, dan semua produk. 

Dengan menyajikan produk secara jelas melalui satu tampilan banner, layout ini sangat cocok bagi penjual yang ingin meningkatkan kemudahan pembeli dalam menemukan produk yang dijual.

2. Power Layout

Power Layout menjadi pilihan kedua dengan menampilkan lebih banyak Produk Unggulan, penawaran khusus, dan konten berupa video di tokomu. 

Dengan fitur yang melibatkan dua tampilan banner, dua konten produk unggulan, voucher toko, dan semua produk, layout ini memberikan penjual kemampuan untuk menonjolkan berbagai aspek produk mereka secara lebih eksplisit. 

Pilihan ini cocok bagi penjual yang ingin memberikan pengalaman berbelanja yang lebih kaya dan informatif kepada pembeli.

3. Big Campaign

Layout Big Campaign merupakan pilihan selanjutnya yang menampilkan berbagai promo yang sedang berlangsung di tokomu, serta konten video. 

Dalam layout ini, kamu dapat menampilkan promo besar-besaran di tokomu untuk menarik perhatian pembeli.  Fitur yang tersedia meliputi tiga tampilan banner, dua konten produk unggulan, dan semua produk. 

Dengan menyajikan promosi secara besar-besaran, layout ini memberikan penjual kesempatan untuk membuat tokonya menonjol dan meningkatkan daya tariknya di mata pembeli. 

4. Brand Story

Fitur ini memperkuat citra profesional dari brand-mu dan memiliki kemampuan untuk menampilkan konten video. 

Dengan menyediakan lima tampilan banner dan semua produk, fitur ini memberikan platform yang kuat bagi penjual untuk membangun citra brand yang profesional. 

Melalui tampilan banner yang berlimpah dan pilihan untuk menambahkan konten video, penjual dapat secara efektif mengekspresikan identitas dan nilai brand mereka kepada pembeli. 

5. Super Store

Layout Super Store menjadi solusi bagi mereka yang mengelola banyak brand atau produk dan ingin menampilkan konten video. 

Dengan menyediakan empat tampilan banner, satu konten produk unggulan, dan semua produk, layout ini memberikan fleksibilitas dan ruang yang luas untuk penjual yang memiliki beragam brand atau produk untuk ditampilkan. 

Cara Mengatur Dekorasi Toko di Tokopedia

dekorasi toko tokopedia
Sumber: google.com

Untuk kamu yang masih bingung cara mengatur dekorasi toko di Tokopedia, ayo ikuti cara berdasarkan Panduan dari Tokopedia berikut ini! 

1. Upload Banner Dekorasi Toko

  1. Masuk ke Halaman Tokopedia Seller dan klik menu Dekorasi Toko. Bagi versi beta, seller akan mendapatkan link yang mengarah ke halaman toko.
  2. Pilih tampilan toko (layout) sesuai dengan strategi penjualan tokomu
  3. Sebelum menentukan keputusan, klik opsi Lihat Tampilan terlebih dahulu
  4. Setelah memastikan sesuai dengan pilihanmu, klik tombol Gunakan
  5. Di halaman Pengaturan Konten, pertama-tama pilih banner yang akan kamu atur
  6. Tentukan ukuran banner dan klik Upload Gambar
  7. Pilih file yang diinginkan dan klik Open
  8. Atur rasio gambar, kemudian klik Selanjutnya
  9. Sambungkan banner yang telah diupload ke link produk atau etalase tokomu. Jika produk atau etalase tidak tersedia atau tidak aktif, pesan error akan muncul.
  10. Setelah berhasil mengupload banner, klik Simpan. Banner telah sukses terunggah! Selanjutnya, kamu dapat mengatur konten lain seperti Produk Unggulan atau Voucher Toko.
  11. Jika ingin mengubah atau menyesuaikan banner yang telah diupload, arahkan pointer ke banner dan klik Ubah
  12. Jika perlu mengganti link produk atau etalase yang terhubung ke banner, klik Ubah Link.

2. Cara Mengganti Banner Dekorasi Toko

  1. Masuk Halaman Tokopedia Seller, lalu klik opsi Dekorasi Toko
  2. Klik Ganti Banner
  3. Pilih tipe banner yang kamu inginkan, kemudian tekan tombol Gunakan
  4. Sebagai contoh, apabila kamu memilih video, sisipkan link video (YouTube), dan lalu klik Simpan

3. Cara Upload Produk Unggulan

  1. Buka halaman pengaturan dan pilih opsi Produk Unggulan
  2. Pilih produk unggulan yang ingin ditampilkan, kemudian klik Simpan.

Untuk memilih Produk Unggulan, kamu dapat mengikuti rekomendasi berdasarkan produk terlaris, produk terbaru, atau diskon (khusus official store). 

Power Merchant dan Official Store memiliki kebebasan untuk mengatur sendiri Produk Unggulan tanpa harus mengikuti rekomendasi. 

4. Upload Produk Unggulanmu Sendiri (Power Merchant & Official Store)

  1. Jika kamu belum menentukan Produk Unggulan yang ingin ditampilkan, aktifkan opsi Atur Sekarang
  2. Halaman Produk Unggulan akan ditampilkan, dan kamu dapat memilih Produk Unggulan yang ingin ditampilkan
  3. Jika sudah mengatur Produk Unggulan tokomu dan perlu pembaruan, klik Muat Ulang
  4. Pilih Produk Unggulan yang telah kamu pilih, kemudian klik Simpan. Khusus untuk Official Store, kamu dapat mengaktifkan tombol Tambah ke keranjang agar pembeli dapat langsung berbelanja di tokomu.

5. Cara Menampilkan Voucher Toko

  1. Di bagian pengaturan dekorasi toko, kik bagian Voucher
  2. Jika tokomu belum memiliki Voucher Toko, gunakan opsi Buat Voucher
  3. Kamu akan dipandu ke halaman Voucher Toko. Buat voucher tokomu dengan penawaran semenarik mungkin, kemudian klik Buat Voucher
  4. Setelah membuat Voucher Toko, kembali ke halaman Dekorasi Toko dan klik Muat Ulang
  5. Terakhir, klik tombol Tampilan Voucher, lalu klik Simpan. Voucher toko akan ditampilkan di halaman tokomu.

6. Cara Menampilkan Konten Dekorasi Toko

  1. Setelah mengupload semua bagian konten seperti banner, Produk Unggulan, dan voucher toko, klik opsi Terapkan
  2. Selanjutnya, klik Ya, Terapkan untuk mengonfirmasi. Dengan langkah ini, konten Dekorasi Toko kamu sudah siap untuk ditampilkan di halaman tokomu!

4 Tips Membuat Konten Dekorasi Toko di Tokopedia

1. Identifikasi Tujuan dari Konten Dekorasi Toko

Buatlah pilihan konten dekorasi toko dengan tujuan yang jelas, seperti menawarkan produk, promosi, edukasi, atau memperkuat branding toko. 

Pilih dengan cermat apa yang ingin kamu sampaikan kepada calon pembeli ketika mereka mengunjungi tokomu. 

Apakah yang ingin kamu tampilkan adalah informasi seputar produk terbaru, promosi menarik, atau ulasan tentang produk terlaris di Tokopedia

Dengan mempertimbangkan tujuan konten, kamu dapat merancang dekorasi toko yang lebih efektif dan sesuai dengan kebutuhan bisnismu.

2. Kenali Target Pembeli dan Sesuaikan Tema Toko dengan Preferensi Mereka

Setiap kategori produk memiliki target pembeli dan memerlukan pendekatan yang berbeda. Sesuaikan tema kontenmu dengan karakteristik target pembelimu. 

Seiring dengan beragamnya kategori produk, penting untuk menyesuaikan tema konten toko dengan karakteristik pembeli yang dituju. 

Sebagai contoh, jika toko menjual produk elektronik, pilih tampilan yang bersih dan futuristik. 

Sebaliknya, jika fokus produk adalah fashion muslim, buatlah konten dengan palet warna pastel untuk menarik perhatian target pembeli. 

Dengan penyesuaian yang tepat, konten dekorasi toko dapat memberikan kesan yang sesuai dengan preferensi pembeli dan meningkatkan daya tarik tokomu.

3. Rutin Perbarui Konten Secara Berkala

Gunakan banner atau foto yang memiliki daya tarik visual, gambar dengan kualitas tinggi, dan tulisan yang jelas dan baik. 

Selain itu, pastikan untuk menghapus konten yang tidak lagi relevan, seperti produk yang sudah tidak dijual, guna menjaga kesegaran dan keteraturan halaman toko. 

Dengan menjalankan langkah-langkah ini, kamu dapat meningkatkan kualitas visual dan informasi pada toko onlinemu.

4. Pastikan Kualitas Foto, Video, atau Banner Sesuai Petunjuk Konten

Ikuti petunjuk pembuatan konten dan unggah foto, video, atau banner agar Dekorasi Tokomu lebih optimal.

Itu dia pembahasan mengenai dekorasi toko Tokopedia. Semoga informasi di artikel ini bermanfaat untuk kamu terapkan dalam bisnis onlinemu yang ada di Tokopedia.

Jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosialmu dan nantikan selalu artikel menarik serta informatif lainnya hanya di Everpro!

Benefit Everpro Marketplace Enabler

Kamu pastinya ingin pembeli toko online di marketplacemu betah dan belanja terus? Yuk, gunakan Everpro Marketplace Enabler!

  • Optimasi Toko
  • Jasa CS yang Gercep & Tuntas
  • Pembeli Dapat Menemukan Toko dengan Mudah
  • Performa Iklan Terbaik
  • Maksimalin Penjualan dengan Campaign Terbaru
  • Bantu Kamu Pilih Langkah Bisnis yang Tepat

Daftar sekarang juga dan dijamin pembeli kamu bakalan betah dan belanja terus di toko online marketplacemu!

Daftar Sekarang

Picture of Safira Rasendriya

Safira Rasendriya

SEO Content Writer yang memiliki minat di digital marketing dan bisnis. Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang Digital Marketing, saya telah mengembangkan keterampilan menulis yang kuat. Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dan optimasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan informatif.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya