everpro

Ini Cara Melaporkan Rekening Penipu Dengan Mudah dan Efektif!

Kamu barus saja terkena penipuan? Tenang dulu! sekarang kamu bisa melaporkan kejadian penipuan yang kamu alami. Pada artikel ini kami akan memberikan bagaimana cara melaporkan rekening penipu secara cepat dan mudah.

Penipuan memang sangat merugikan, apalagi kerugian tersebut dalam jumlah yang besar. Oleh sebab itu, ada beberapa cara yang pemerintah lakukan untuk mengurangi tindak kriminal satu ini. Salah satunya adalah dengan menyediakan website online untuk melaporkan tindak penipuan.

Nah, pada artikel ini kami akan memberikan beberapa cara bagaimana melaporkan rekening penipu yang melakukan tindak penipuan. Bagaimana cara dan apa saja yang harus kamu persiapkan? Ikuti terus informasinya di bawah ini!

Baca juga: 7 Cara Melaporkan Penipuan Online Agar Uang Kembali, Resmi!

Modus Penipuan Online

cara melaporkan rekening penipu
Sumber: unsplash.com

Penipuan online merupakan kejahatan yang dilakukan dengan cara menipu korban melalui media internet, seperti email, website, aplikasi atau media sosial. Tujuan dari penipuan online yaitu untuk mendapatkan uang, data pribadi, atau informasi penting dari korban.

Ada beberapa modus penipuan yang sering digunakan oleh pelaku, antara lain:

  • Phising

Modus yang pertama ini merupakan modus dengan cara mengirimkan email atau pesan teks yang seolah-olah berasal dari lembaga resmi, seperti bank, perusahaan atau bahkan pemerintah. Pelaku kemudian akan meminta beberapa korban untuk mengisi atau memberikan informasi penting.

Seperti data pribadi, password, kode OTP, atau informasi penting lainnya yang digunakan untuk mengakses akun penting dari korban.

  • Pharming

Selanjutnya yaitu modus penipuan pharming. Modus penipuan ini adalah modus penipuan dengan cara mengarahkan korban ke website palsu yang mirip dengan website asli. Pelaku kemudian akan memasang malware pada perangkat korban yang dapat menyimpan data yang ditekan atau diklik oleh korban.

Dengan melakukan hal tersebut, korban akan memberikan informasi penting kepada pelaku. Informasi tersebut dapat pelaku gunakan secara ilegal untuk mendapatkan keuntungan.

  • Sniffing

Modus selanjutnya yaitu pelaku akan melakukan peretasan jaringan internet yang digunakan oleh korban, biasanya adalah wifi umum. Pelaku akan mengumpulkan informasi yang dikirimkan atau diterima oleh perangkat korban melalu jaringan yang telah pelaku retas.

Informasi penting yang dapat pelaku dapatkan dari modus ini seperti data pribadi, password, nomor kartu kredit atau transaksi digital.

  • Social Engineering

Modus penipuan yang terakhir merupakan paling sering kita temui. Modus satu ini yaitu dengan cara memanfaatkan sifat psikologis atau emosional korban. Pelaku akan mencoba memberikan kabar palsu seperti mengabarkan jika anak korban kecelakaan dan sejenisnya.

Kemudian jika korban percaya dengan kabar tersebut, pelaku akan memeras dan meminta korban memberikan sejumlah orang dengan cara transfer bank.

Kerugian dari Penipuan

cara melaporkan rekening penipu
Sumber: unsplash.com

Kerugian dari penipuan dapat berupa kerugian materi, kerugian non materi atau keduanya. Tak jarang saat ini kerugian berdampak kepada kesehatan mental dari korban.

Kerugian materi akibat penipuan antara lain seperti uang, barang atau aset lain. Penipuan dapat menyebabkan kerugian materi yang besar, terutama jika korban tertipu dalam jumlah besar atau jika penipuan tersebut melibatkan barang atau aset yang bernilai tinggi.

Sedangkan, kerugian non materi adalah kerugian yang tidak dapat dihitung dari secara finansial. Seperti rasa sakit, penderitaan, kehilangan kepercayaan, dan lain-lain. Penipuan dapat menyebabkan dampak yang cukup besar, terlebih jika korban mengalami trauma psikologis.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk tetap waspada dan berhati-hati terhadap penipuan dan mengambil langkah yang tepat sebagai pencegahan.

Baca juga: Waspadai Ciri-Ciri Penipuan Paket Luar Negeri, Ini Tipsnya!

Cara Cek Rekening Penipu

cara melaporkan rekening penipu
Sumber: unsplash.com

Bagi kamu yang terkena tindak penipuan, kamu saat ini dapat melacak rekening penipu dengan mudah. Saat ini sudah banyak tersedia website untuk mengecek dan melacak rekening dari penipu. Website ini juga sudah dilengkapi dengan bilik pengaduan yang bisa masyarakat akses dengan mudah.

Berikut beberapa website yang bisa kamu gunakan untuk mengecek dan melacak rekening penipu:

1. Melalui Kredibel.com

Website pertama yang bisa kamu gunakan untuk mengecek rekening penipu adalah Kredibel.com. Selain untuk mengecek rekening penipu, pada website ini juga kamu dapat melacak no HP penipu. Bagaimana cara mengecek rekening penipu pada website ini?

Caranya cukup mudah, kamu bisa langsung mengunjungi website kredibel.com lalu kemudian mengisi kolom dengan nomor rekening yang penipu gunakan. Jika sudah kamu dapat klik Cari untuk melacak dan mengecek nomor rekening tersebut.

Jika sudah, kamu akan menemui informasi terkait rekening dari penipu tersebut yang tersimpan di website kredibel.com. Kamu juga dapat melacak no HP penipu dengan cara yang sama.

2. Melalui CekRekening.id

Nah, pemerintah saat ini juga sudah menyediakan website bagi korban penipuan untuk pengaduan tindak penipuan yang mereka alami. Website pengaduan ini dapat masyarakat akses melalui internet dengan mudah. Namanya adalah CekRekening.id.

CekRekening.id saat ini memiliki 3 layanan yang bisa kamu gunakan antara lain memeriksa, mendaftarkan, dan melaporkan rekening. Jika kamu ingin melakukan pemeriksaan, kamu hanya perlu memilih opsi Periksa Rekening dan klik “Cek Sekarang”.

Jika sudah, akan muncul tab yang berisi kolom pengisian data. Pada tab ini isilah semua data yang kamu miliki terkait rekening penipu. Kamu dapat memasukan jenis bank, nama, dan nomor rekening.

Baca juga: Mudah dan Efektif Bikin Jera! Ini 8 Cara Melacak No HP Penipu

Cara Melaporkan Rekening Penipu Secara Online

Setelah kita membahas cara mengecek nomor rekening penipu, kamu pasti sudah mendapatkan informasi terkait identitas pelaku, selanjutnya kamu bisa melaporkan menggunakan informasi yang sudah kamu dapatkan tersebut.

Tapi gimana cara melaporkannya? Caranya cukup mudah. Kamu dapat melakukan pengaduan atau pelaporan kepada pihak berwajib. Kami akan memberikan cara melaporkan rekening penipu secara online dengan mudah.

Berikut adalah beberapa cara melaporkannya:

1. Melalui CekRekening.id

cek rekening id
Sumber: google.com

Selain untuk mengecek dan melacak nomor rekening penipu, pada CekRekening.id kamu juga bisa melaporkan rekening penipu. Karena pada CekRekening.id menyediakan fitur yang bernama Lapor Rekening.

Pada opsi tersebut kamu dapat melaporkan rekening penipu dengan cara mengisi data yang dibutuhkan seperti jenis akun, nama bank, data penipu, data pelapor, kronologi. Jangan lupa untuk melampirkan bukti-bukti yang kamu punya untuk memperkuat laporan kamu.

2. Melalui Kominfo.go.id

kominfo
Sumber: google.com

Selanjutnya kamu juga bisa menggunakan website yang disediakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatikan yang ditujukan khusus bagi masyarakat. Pada website resmi Kominfo ini kamu bisa melaporkan terkait penipuan yang kamu alami dengan cara memilih opsi ADUAN BRTI.

Pada kolom yang tersedia, kamu bisa mengisi berbagai informasi seperti informasi penipu dan informasi kamu sebagai pelapor. Selanjutnya kamu bisa menceritakan kronologi dari penipuan yang kamu alami.

Kamu bisa melakukan obrolan dengan Kominfo melalui menu helpdesk yang tersedia dan lampirkan semua bukti sebagai penguat dari laporan kamu. Ikuti instruksi selanjutnya sampai laporan kamu dibuat oleh Kominfo dan dapat diproses secara hukum.

3. Melalui Lapor.go.id

lapor!
Sumber: google.com

Kamu juga bisa melaporkan penipuan melalui website resmi pemerintah lainnya yaitu Lapor.go.id. Website ini merupakan website yang memang memiliki tujuan untuk pengaduan dan pelaporan tindak penipuan dari pemerintah Indonesia.

Jangan lupa persiapkan semua kebutuhan untuk melapor seperti bukti dan informasi penting lainnya yang dibutuhkan.

Baca juga: Waspada! Ini Cara Melaporkan Penipuan Online via WhatsApp

Demikianlah informasi seputar cara melaporkan rekening penipu agar kamu tidak lagi mendapatkan pesan serupa. Semoga informasi pada artikel ini bermanfaat bagi kamu. Nantikan artikel dan informasi bermanfaat lainnya hanya di Everpro.id!

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya