everpro

Mudah! Ini Cara Memasang Iklan di Facebook Marketplace

Mengiklankan suatu produk secara online melalui beberapa platform adalah metode yang penting dalam jual beli online karena dapat membuat bisnis semakin ramai. Meski demikian, masih banyak orang yang belum mengerti cara memasang iklan di Marketplace secara baik dan benar.

Salah satu platform yang menawarkan layanan iklan untuk memasarkan produk secara online adalah Facebook, yang sudah terbukti membuat produk laku terjual melalui FB Ads. Jika Anda tahu cara memasang iklan yang baik dan benar di Facebook Marketplace, produk Anda dijamin akan laku terjual!

Baca juga: Facebook Ads vs Instagram Ads, Siapakah yang Terbaik?

Apakah itu Facebook?

facebook ads
Sumber: unsplash.com

Media sosial merupakan salah satu media yang memungkinkan kita untuk mendapatkan informasi, berinteraksi, dan membuat konten di era digital seperti saat ini. Mark Zuckeberg mendirikan sebuah media sosial pada tahun 2004 yang dikenal sebagai Facebook.

Facebook memungkinkan penggunanya untuk saling terhubung dan berkomunikasi dengan pengguna lain melalui pertemanan, komentar, suka, dan saling mengirim pesan secara pribadi.

Tak hanya untuk media berbagi dan berkomunikasi saja, Facebook saat ini memiliki fitur baru bernama Facebook Marketplace. Pada Facebook Marketplace para pengguna dapat beriklan dan menjual produk mereka yang nanti akan muncul di tampilan Facebook pengguna lain. Fitur ini dapat Anda jadikan sebagai sumber pemasukan lho!

Apakah Memasang Iklan di Facebook Marketplace Gratis?

facebook ads
Sumber: unsplash.com

Pertanyaan yang pasti muncul dibenak Anda dalam beriklan adalah apakah dikenakan biaya dalam beriklan? Jangan khawatir! Saat Anda menjadi seller di Marketplace Facebook, Anda tidak akan dikenakan biaya sepeser pun, alias GRATIS!

Hal yang hanya perlu Anda lakukan adalah masuk ke halaman Marketplace Facebook menggunakan akun Anda dan Anda sudah bisa mulai berjualan di Marketplace Facebook.

Setelah mengetahui kalau Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk beriklan, mari simak bagaimana caranya untuk membuat iklan di Facebook Marketplace!

Cara Memasang Iklan di Marketplace Facebook

facebook ads
Sumber: unsplash.com

Saat membuka toko online pertanyaan yang pasti muncul adalah bagaimana caranya agar produk yang dijual laku terjual dan bisa dilihat banyak orang. Nah, salah satu caranya adalah dengan beriklan. 

Tapi Anda harus mengetahui kalau beriklan memiliki caranya agar iklan yang dipasang dapat menarik perhatian dari calon pembeli. Berikut cara memasang iklan yang baik dan benar di Marketplace Facebook: 

  • Pertama, buka Facebook Ads Manager di akun Facebook Anda.
  • Kemudian pilihlan tujuan iklan sesuai dengan kebutuhan Anda. Facebook Ads menyediakan beberapa tujuan beriklan seperti Brand Awareness, Reach, Traffic, Video Views, Lead Generation, Event Responses, Messages, Conversions, Katalog Sales dan Store Traffic.
  • Kalau sudah memilih tujuan iklan, klik tombol Lanjutkan.
  • Pilih target konsumen anda dengan memilih Audience.
  • Klik Automatic Placement atau Edit Placement tentukan pilihan sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Kemudian tentukan Budget dan Schedule untuk iklan Anda. Jika sudah klik Berikutnya.
  • Pilih format iklan.
  • Kemudian klik Selesai dan klik tombol Lakukan Pemesanan, kemudian lakukan pembayaran untuk iklan Anda.

Sebaiknya Anda menggunakan format iklan berupa video atau foto dengan informasi yang sama dengan pesan yang ditampilkan di beranda Facebook Anda ketika sudah mengetahui cara memasang iklan di Marketplace Facebook, karena hal tersebut merupakan format iklan yang penting dan harus diperhatikan.

Sebelum itu perlu ingat bahwa Anda tidak dapat mengedit atau mengunduh iklan dengan ukuran yang anda tentukan sendiri.  Menggunakan ukuran iklan yang tidak sesuai meningkatkan kemungkinan  iklan Anda tidak disetujui di  Facebook Marketplace. 

Jika Anda ingin menggunakan video sebagai format iklan, Anda harus mengetahui cara mengunggah video ke Facebook Marketplace, yaitu dengan memilih iklan video  Anda dan mengunggahnya pada langkah pemilihan format iklan. 

Setelah mengetahui metode beriklan dengan cara membayar, mari kita simak bagaimana cara beriklan di Facebook Marketplace secara gratis!

Baca juga: Mudah Banget! Ini 4 Metode Pembayaran Facebook Ads

Cara Memasang Iklan di Facebook Marketplace Secara Gratis

cara memasang iklan di facebook ads
Sumber: unsplash.com

Tidak punya modal untuk beriklan di Facebook Marketplace?  Tapi ingin tahu cara agar iklan Marketplace Facebook Anda muncul di Beranda Facebook, Anda dapat memasang iklan di Facebook secara gratis! 

Untuk menjawab pertanyaan “Apakah beriklan di Facebook Marketplace gratis? “Anda telah datang ke tempat yang tepat!  Pada dasarnya, Facebook menawarkan layanan periklanan yang membutuhkan uang dari Anda. Tetapi jika Anda ingin beriklan di Facebook secara gratis, Anda juga bisa melakukannya. 

Berikut petunjuk bagaimana cara beriklan secara gratis di Marketplace Facebook:

  • Bergabunglah dengan halaman Facebook Anda dengan masuk.
  • Klik menu Aplikasi, lalu klik More Info
  • Ketik Market pada kotak pencarian di pojok kanan atas, lalu klik Enter.
  • Klik Buka Aplikasi dan tentukan target pasar Anda dengan mengklik Pengaturan Lokal > Indonesia.Tunjukkan jenis iklan Anda pada menu di atas. Jenis iklan termasuk Sell It, Sell For a Cause, Give It Away atau Ask For It.
  • Jika sudah, Anda akan dibawa ke langkah selanjutnya berdasarkan jenis iklan yang Anda pilih. Saat Anda memilih iklan Sell for a Cause, Anda dapat langsung memilih barang yang ingin Anda jual lalu klik Post.
  • Masukkan informasi tentang produk yang Anda jual dan alasan Anda menjual produk tersebut. Kemudian cantumkan juga harga, nilai jual dan deskripsi produk lainnya.
  • Jika sudah diisi semua, centang Terms of Use dan klik Submit. Jika listing produk Anda dalam keadaan pending, Anda dapat langsung mengklik Continue dan tulis sesuatu yang akan ditampilkan di Beranda Facebook Friends. Jika sudah, klik Publish dan iklan Anda berhasil terpasang.

Perbedaan utama antara iklan Facebook  berbayar dan iklan Facebook gratis ada di area pembayaran. Berbeda dengan iklan berbayar, memasang iklan gratis di Facebook tidak akan membawa Anda ke menu pembayaran. 

Sedangkan memasang iklan di Marketplace Facebook mengharuskan Anda membayar untuk pencapaiani target Facebook Ads Anda.

Berapa Biaya Pasang Iklan di Marketplace Facebook?

cara memasang iklan di facebook ads
Sumber: unsplash.com

Biaya untuk beriklan di Marketplace Facebook mulai dari Rp. 10.000 sampai dengan jutaan. Hal ini tergantung kepada tujuan iklan yang Anda tentukan ketika membuat iklan. 

Oleh karena itu kalau Anda ingin iklan yang ada pasang efektif, Anda harus mengeluarkan uang yang lebih banyak lagi agar penjualan Anda bisa meningkat setelah memasang iklan.

Baca juga: Terjangkau! Segini Biaya Iklan Pakai Facebook Ads

Apakah Pasang Iklan di Facebook Marketplace Harus Bayar?

cara memasang iklan di facebook ads
Sumber: unsplash.com

Jika Anda sudah mengetahui cara membuat iklan di Facebook, Selanjutnya Anda mungkin tahu bahwa membuat iklan di Facebook itu berbayar. Jika Anda ingin produk Anda laku terjual di Marketplace Facebook, Anda perlu membayar iklan di Marketplace Facebook. 

Untuk membayar iklan yang Anda pasang, pertama Anda harus menyesuaikan  metode pembayaran yang Anda pilih saat membuat iklan. Namun, ada trik jika ingin beriklan gratis di Facebook Marketplace. Caranya hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas.

Jika Anda ingin melihat iklan yang Anda pasang di Marketplace Facebook, Anda dapat mencoba bertanya langsung kepada salah satu teman Facebook Anda jika Anda memilih target iklan Sell for a Cause. 

Nah setelah penjelasan cara memasang iklan di marketplace tadi apakah Anda memiliki ide untuk berjualan dan beriklan untuk jualan online? Kalau anda ingin produk anda laku terjual, anda harus menggunakan fitur beriklan di Marketplace Facebook.

Iklan yang Anda pasang belum optimal? Sedikit produk yang terjual setelah pasang iklan? Jangan khawatir Everpro Ads Support solusinya!

Everpro Facebook Ads Support membantu pebisnis online untuk beriklan dengan lebih aman.

Benefit Everpro Facebook Ads Support

  • Edukasi Facebook Ads.
  • Kemudahan Scale Up Iklan.
  • Transaksi Terjamin Aman.
  • Top Up Saldo Akun FB Lebih Praktis.

Ayo segera bergabung dengan Everpro Facebook Ads Support!

Daftar Sekarang

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya