everpro

Terjangkau! Segini Biaya Iklan Pakai Facebook Ads

Facebook Ads adalah salah satu platform periklanan paling populer saat ini. Biaya iklan di Facebook Ads yang terjangkau serta pengguna Facebook yang sangat banyak membuat Facebook Ads populer. Selain itu Anda juga dapat mengatur sendiri berapa biaya yang dikeluarkan dalam setiap konten iklan yang dipasang.

Daripada bikin Anda semakin penasaran, oleh karena itu pada artikel ini kami akan membahas biaya iklan Facebook Ads dan tips untuk meminimalkan biaya lebih detail. Berikut informasi selengkapnya.

Baca juga: Facebook Ads vs Instagram Ads, Siapakah yang Terbaik?

Biaya Iklan Facebook Ads

biaya iklan facebook ads
Sumber: unsplash.com

Faktanya, tidak ada biaya khusus terkait harga beriklan di Facebook Ads. Hal ini karena biaya iklan tergantung pada konten iklan pilihan anda. Misalnya, Anda berniat untuk meningkatkan traffic situs web dengan memilih Cost Per Click (CPC), di mana Anda kemudian harus membayarkan biaya berdasarkan jumlah klik tersebut.

Namun, menurut laporan dari Facebook Business, biaya iklan Facebook ditaksir diangka $50 sampai $50.000 per minggu. Itu artinya hanya dengan Rp. 10,000 per hari sudah beriklan lho!

Membayar iklan Facebook juga relatif mudah. Ada dua jenis pembayaran yang ditawarkan, yaitu menggunakan kartu debit dan kredit.

Baca juga: Cara Pasang Iklan di Facebook

Faktor yang Menentukan Biaya Iklan Facebook Ads

biaya iklan facebook ads
Sumber: unsplash.com

Karena tidak ada yang tahu pasti berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk Facebook Ads, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu faktor apa saja yang menentukan biaya beriklan di Facebook Ads. Seperti iklan pada media sosial lainnya, Facebook memiliki banyak fitur yang bisa kita pilih berdasarkan konten yang ingin kita tampilkan.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda memperhatikan faktor-faktor berikut ini sebelum memutuskan untuk memasang iklan di Facebook.

1. Tujuan Iklan

Bukan rahasia lagi bahwa Facebook Ads sangat efektif untuk semua jenis tujuan pemasaran pada media sosial. Baik untuk menjual produk atau layanan perusahaan Anda sampai meningkatkan traffic situs web, semuanya dapat dipilih di Facebook Ads. Secara umum, tujuan Facebook Ads dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu awareness, consideration, dan conversion. 

Untuk pilihan awareness tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran akan keberadaan dari produk Anda. Kemudian untuk consideration, lebih kepada meningkatkan feedback penonton karena kontennya cenderung interaktif. Selanjutnya conversion sangat cocok bagi anda yang ingin meningkatkan penjualan melalui website anda.

2. Jenis Iklan Facebook

Kemudian faktor selanjutnya yang sangat menentukan biaya iklan Facebook adalah jenis iklan yang dipilih. Ada berbagai tipe dan jenis berbeda pada Facebook Ads. Antara lain seperti CPC (Cost Per Click), CPM (Cost Per Mille), CPV (Cost Per View), CPL (Cost Per Like). 

CPC dihitung berdasarkan berapa banyak pengguna Facebook yang mengklik iklan produk Anda. Jenis ini cocok jika Anda ingin meningkatkan traffic website atau kunjungan profil. Dengan CPM, Anda membayar untuk 1.000 tayangan iklan. Sementara CPV biaya akan dibayar setiap satu kali views, CPV cocok untuk konten iklan dengan menggunakan video. 

Kemudian CPA yaitu iklan berbayar saat pelanggan melakukan aksi di situs web. Yang terakhir adalah CPL, seperti namanya, jumlah iklan ini berdasarkan jumlah like di halaman Facebook Business Anda.

3. Format Iklan

Seperti fitur iklan pada media sosial lainnya, Facebook juga menawarkan berbagai format konten iklan. Mulai dari foto, video hingga slideshow.

Dengan Facebook Photo Ads, konten iklan terdiri dari satu foto yang berisi semua penawaran yang ingin Anda tawarkan. Sedangkan format video berarti Anda harus menyiapkan konten berupa video berdurasi maksimal 2 menit. Sedangkan jika  ingin mempromosikan konten lebih dari satu foto, Anda bisa menggunakan format slideshow atau carousel. 

4. Target Iklan

Faktor terakhir yang menentukan biaya iklan Facebook  adalah tujuan dari iklan tersebut. Semakin besar jangkauan pasar, semakin tinggi biaya yang harus Anda bayar. 

Ada beberapa kategori yang bisa mempersempit target pasar pada Facebook Ads. Anda dapat memilih target berdasarkan jenis kelamin, usia, dan lokasi. Ada kategori lain yang bisa membuat target iklan menjadi lebih spesifik, seperti minat dan hobi pengguna Facebook.

Baca juga: Mudah Banget! Ini 4 Metode Pembayaran Facebook Ads

Tips Untuk Meminimalkan Biaya Iklan Facebook Ads

biaya iklan facebook ads
Sumber: unsplash.com

Setelah mengetahui berbagai faktor yang menentukan biaya Facebook Ads, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menyiapkan konten yang akan dipromosikan.

Namun, jangan khawatir karena berikut ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk meminimalisir biaya iklan di Facebook. Simak sampai akhir ya!

1. Membuat iklan yang kreatif dan efektif

Banyaknya iklan di Facebook sebenarnya tidak terlalu menentukan kesuksesan iklan Anda. Karena konversi keberhasilannya bervariasi, kualitas konten memainkan peran yang sangat penting terhadap keberhasilan sebuah iklan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk membuat konten iklan sekreatif mungkin. Gunakan desain yang menarik dan modern sehingga menarik perhatian pengguna Facebook yang melihat iklan Anda. 

Namun, harus diperhatikan sisi kreatif dari iklan tersebut jangan membuat bingung pengguna Facebook. Oleh karena itu, faktor efektif dan pesan yang jelas juga sangat penting untuk diperhatikan. Dengan konten yang menarik namun efektif, Anda tidak perlu sering-sering beriklan pada Facebook Ads. 

2. Memilih target pasar yang spesifik

Memang target pasar yang kita pilih menentukan biaya iklan di Facebook. Namun, ini tidak berarti bahwa kita harus memilih target pasar seluas mungkin untuk menarik banyak pelanggan potensial. 

Anda cukup menargetkan secara spesifik calon customer kamu nantinya, alih-alih menargetkan target pasar yang luas jangkauannya. Misalnya, jika Anda ingin memasarkan produk ke konsumen yang sudah tua, Anda tidak perlu mengiklankannya ke pengguna Facebook kepada audiens yang jauh lebih muda.

Iklan Anda tidak hanya akan menjadi tidak efektif, tetapi anggaran Anda akan meningkat jika Anda memilih audiens yang terlalu luas. Karena itu, penting untuk meneliti target pasar terlebih dahulu.

3. Menguasai Tools pada Facebook Ads Manager

Sebelum Anda memutuskan untuk menjalankan iklan online di Facebook, ada baiknya Anda membiasakan diri dengan  semua tools yang ada pada Facebook Ads Manager. Jangan terburu-buru untuk memasang iklan sebelum Anda telah menguasai tools pada Facebook Ads Manager.

Alih-alih mendapatkan keuntungan dari iklan, Anda justru bisa merugi karena tidak menguasai tools pada Facebook Ads Manager.

4. Mempersiapkan Anggaran Terendah dan Tertinggi

Tips terakhir adalah menyiapkan anggaran terendah dan tertinggi untuk iklan Facebook Anda. Anda dapat menggunakannya untuk anggaran harian, mingguan atau bahkan bulanan. 

Dengan anggaran yang dipersiapkan tadi, jangan fokus mengeluarkan terlalu banyak untuk pemasaran media sosial saja. Ingatlah untuk tetap menjaga anggaran yang Anda tetapkan agar iklan yang Anda tayangkan efektif dan mendatangkan keuntungan bagi Bisnis anda pada Facebook Marketplace.

Masih bingung soal iklan di Facebook Ads? Ingin memaksimalkan iklan biar cepet laku? Tenang! Ada Everpro Facebook Ads Account Support yang hadir untuk bikin iklan kamu lebih maksimal di Facebook!

Benefit Everpro Facebook Ads Account Support

  • Edukasi Facebook Ads
  • Kemudahan Scale Up Iklan
  • Transaksi Terjamin Aman
  • Top Up Saldo Akun FB Lebih Praktis

Tunggu apalagi? Ayo segera bergabung dengan Everpro Facebook Ads Account Support!

Daftar Sekarang

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya