Everpro

Inilah Cara yang Tepat Memasarkan Produk Kerajinan, Simak!

Punya bisnis menjual produk kerajinan? udah coba berbagai cara tapi produk yang kamu jual masih kurang laku? Coba deh simak artikel ini untuk mengetahui cara memasarkan produk kerajinan yang efektif dan mampu meningkatkan angka penjualan!

Memasarkan produk memang kadang menyulitkan, apalagi kalo produk-produk yang kita tawarkan tidak general dan lebih fokus atau spesifik terhadap jenis tertentu. Hal ini tentu akan memberikan tantangan yang cukup menantang untuk meningkatkan penjualan produk.

Tapi tidak perlu khawatir, karena ada banyak cara yang bisa kamu coba untuk memasarkan produk dari bisnis yang kamu jalankan. Nah, pada artikel kali ini kami akan memberikan beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memasarkan produk kerajinan untuk meningkatkan penjualan. Penasaran apa saja caranya? simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Contoh Iklan Produk Kerajinan untuk Referensi Iklan yang Efektif!

Cara Memasarkan Produk Kerajinan yang Efektif Meningkatkan Penjualan

cara memasarkan produk kerajinan
Sumber: freepik

 

Memasarkan produk kerajinan yang memang kadang memberikan tantangan tersendiri yang sulit untuk diungkapkan. Tapi jangan khawatir, karena jika kamu sedang menjalankan produk kerajinan kamu bisa melakukan beberapa cara di bawah ini untuk memasarkannya. Berikut beberapa cara untuk memasarkan produk kerajinan melansir dari Word Stream:

1. Memberikan Diskon Menarik

Salah satu cara yang sangat efektif untuk memasarkan suatu produk apapun itu adalah dengan memberikan penawaran menarik seperti diskon. Diskon dapat menarik perhatian calon pelanggan sehingga dapat mempertimbangkan untuk membeli.

2. Memberikan Penawaran Cashback

Selanjutnya penawaran yang menarik selain diskon adalah menawarkan penawaran cashback. Penawaran ini artinnya pelanggan akan mendapatkan pengembalian sejumlah uang ketika memutuskan untuk melakukan pembelian. Contohnya pelanggan A membeli tas seharga 1 juta dan mendapatkan penawaran cashback sebesar 10% atau 100 ribu yang akan dikembalikan.

3. Diskon untuk Kelompok Tertentu

Penawaran yang satu ini lebih difokuskan kepada golongan atau kelompok tertentu. Misalnya kamu memberikan penawaran diskon untuk kelompok pelajar dan mahasiswa. Cara ini menjadi salah satu efektif untuk menarik pelanggan.

4. Diskon Referral

Cara memasarkan produk kerajinan yang cukup efektif adalah dengan menggunakan metode diskon referral. Artinya adalah pelanggan bisa mendapatkan harga spesial ketika mereka berhasil mengajak orang lain untuk membeli produk kamu. Kamu bisa memberikan diskon ketika mereka memasukkan kode referral tertentu.

5. Memberikan Program Loyalitas

Menawarkan program loyalitas dapat membantu bisnis yang kamu punya tetap menghasilkan. Program loyalitas ini bisa kamu berikan dengan bentuk seperti memberikan hadiah tertentu, poin bonus atau voucher dan penawaran menarik lainnya.

6. Memberikan Penawaran Bebas Ongkir

Bebas ongkir menjadi salah satu faktor penting yang dapat menjadi deal breaker bagi setiap pembeli. Hal ini karena pada bisnis online terutama diskon ongkir menjadi faktor penting untuk menarik pelanggan untuk membeli suatu produk pada bisnis kamu.

7. Promosi Sekaligus Berdonasi

Menggunakan strategi promosi sekaligus berdonasi juga menjadi salah satu cara memasarkan produk kerajinan yang cukup efektif menarik pelanggan. Berilah keterangan jika setiap produk yang mereka beli mereka sekaligus berdonasi untuk amal.

8. Memberikan Giveaway 

Teknik pemasaran yang cocok digunakan pada era digital saat ini adalah teknik memberikan giveaway. Cara ini sangat efektif sebagai salah satu cara untuk memasarkan produk kerajinan yang kamu punya agar dapat diketahui calon pelanggan kamu.

9. Menawarkan Tester

Memberikan produk tester dapat menjadi daya tarik sendiri bagi para pelanggan. Sebab dengan begitu pelanggan dapat mencoba produk yang kamu punya tanpa perlu mereka mengeluarkan uang terlebih dahulu. Pakailah cara ini untuk mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian.

10. Memberikan Voucher Diskon atau Belanja

Terakhir, strategi memberikan voucher diskon atau belanja adalah strategi yang tidak akan salah. Cara ini menjadi salah satu cara memasarkan produk dengan efektif karena bisa menarik pelanggan.

Dengan melakukan beberapa cara memasarkan produk kerajinan di atas, kamu bisa berpotensi meningkatkan penjualan pada bisnis kamu, lho. Tapi tidak cuma 10 cara di atas aja yang harus kamu coba ada beberapa tips lainnya yang bisa kamu coba di bawah ini.

Baca juga: Yuk, Simak! Ini Contoh Analisis SWOT Produk Kerajinan yang Penting Untuk Bisnis

Tips Memasarkan Produk Kerajinan Agar Penjualan Meningkat

cara memasarkan produk kerajinan
Sumber: freepik

Dengan melakukan promosi dan cara-cara di atas kamu bisa meningkatkan angka penjualan yang kurang baik pada bisnis kamu. Melakukan strategi dan cara yang tepat kamu bisa menarik pelanggan dengan lebih besar lagi. Dengan begitu, bisnis yang kamu punya dapat merasakan dampak dari cara pemasaran yang kamu lakukan.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu pertimbangkan dalam memasarkan produk kerajinan:

1. Memilih Target Pasar yang Sesuai

Tips pertama yang harus kamu pertimbangkan adalah memilih target pasar yang sesuai dengan bisnis kamu. Ini mencakup beberapa kategori seperti siapa yang menyukai barang yang kamu jual dan berminat untuk membeli produk kerajinan tersebut. Jangan lupa untuk terus mengikuti trend dan update terkini tentang gaya hidup.

2. Melakukan Promosi Sesuai Target Pasar yang Dipilih

Melakukan promosi memang merupakan kegiatan pemasaran yang penting, namun promosi yang dilakukan tidak sesuai dengan ranahnya merupakan hal yang percuma. Oleh sebab itu, bijaklah untuk melakukan promosi sesuai dengan target pasar. Lakukan analisis, insight serta tema-tema promosi yang kreatif agar bisa menarik target pasar tersebut.

3. Mengikuti Acara seperti Bazaar

Umumnya produk kerajinan akan muncul di sebuah acara yang bertemakan pameran produk kerajinan atau bazaar dengan tema serupa. Nah, acara-acara seperti ini wajib kamu ikuti apabila ingin produk kamu dikenal oleh masyarakat luas.

4. Promosi Melalui Internet

Internet menjadi teknologi yang banyak digunakan saat ini. Kamu bisa memanfaat sumberdaya dari internet untuk melakukan promosi online. Bisa melalui media sosial seperti Instagram, Facebook atau melakukan periklanan digital seperti Meta.

5. Membuat Produk yang Kreatif dan Unik

Produk kerajinan biasanya akan memberikan kesan tersendiri ketika memiliki kreativitas atau keunikan. Dengan membuat produk yang kreatif dan unik membuat produk yang kamu jual mendapatkan nilai tambah di mata para pembeli.

Itulah beberapa tips yang bisa kami berikan untuk memasarkan produk kerajinan. Demikianlah akhir dari artikel terkait memasarkan produk kerajinan yang bisa kamu coba. Pastikan untuk melakukan cara-cara di atas dengan tepat agar penjualan dapat meningkat dengan signifikan.

Semoga informasi di atas bermanfaat bagi kamu, jangan lupa share artikel ini apabila bermanfaat dan nantikan informasi bermanfaat lainnya seputar bisnis hanya di blog Everpro.id!

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya